SELAMAT DATANG PADA MATAKULIAH Digital Business and E-Commerce Management Dosen Pengampu Willy Gunadi, S.Kom., M.M., Ph.D. wgunadi@binus.edu Deskripsi Mata Kuliah Revolusi industri keempat (4.0) telah menuntut semua bisnis untuk berubah menjadi bisnis yang berbasis digital atau dikenal dengan istilah digital business. Pada setiap industri, model-model bisnis dan proses-proses bisnis yang bersifat tradisional telah mengalami transformasi seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan munculnya ancaman-ancaman yang bersifat disruptif. Transformasi ini dinamakan dengan transformasi digital. Transformasi digital ini dampaknya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan revolusi-revolusi industri yang sebelumnya. Transformasi digital ini akan mengubah seluruh strategi bisnis dari setiap perusahaan. Pada umumnya, transformasi digital ini akan memberikan dampak pada 5 buah domain utama yaitu pelanggan (customer), persaingan (competition), data, inovasi dan nilai (value). Setiap perusahaan akan dituntut untuk memanfaatkan customer network dengan sebaik mungkin, membuat digital platform, mengubah data menjadi aset utama, melakukan inovasi dengan cepat serta biaya yang rendah, dan dapat mengadaptasikan value proposition dengan kebutuhan pasar di era digital ini. Oleh karena itu, untuk dapat mengantisipasi perubahan tersebut, setiap organisasi membutuhkan para pemimpin dan profesional yang dapat berpikir secara strategi dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk menciptakan nilai-nilai baru bagi pelanggan dan peluang bisnis yang baru. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang sesuai dengan fenomena perkembangan dunia bisnis dalam era digital khususnya di Indonesia. Diharapkan dalam pengambilan mata kuliah ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai literatur dan praktek dari digital business dan e-commerce. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami strategi digital business & e-commerce dalam meningkatkan performa perusahaan yang berkelanjutan. Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management adalah mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Peta Kompetensi Topik Introduction to Digital Business and E-Commerce Marketplace Analysis for e-Commerce Managing Digital Business Infrastructure E-Environment Digital Business Strategy E - Procurement Digital Marketing Customer Relationship Management Change Management Analysis and Design Digital Business Service Implementation and Optimization Komponen Penilaian Assesment Activity Weight Attendance (F2F) 10% Discussion Forum Activity 10% Assignment 20% Quiz 10% UTS 20% UAS 30% Cara Mempelajari Materi Metoda pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management terdiri dari: Pembelajaran didahului dengan membaca course outline. Materi yang disediakan dalam bentuk powerpoint presentasi, lecture note (LN), dan video pembelajaran. Setelah membaca materi, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi kuis dan berpartisipasi dalam forum diskusi yang telah disediakan untuk setiap sesi. Tugas personal dan tugas kelompok akan disediakan pada sesi-sesi tertentu. Sebagai evaluasi pembelajaran, maka akan diadakan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Alur pembelajaran untuk mata kuliah ini adalah sebagai berikut: Buku Chaffey, David. (2015). Digital Business and E-Commerce Management (6th Ed.). Pearson International Edition. Print ISBN: 97802737865422. Rogers, David. L. (2016). The Digital Transformation Playbook: ReThink Your Business for The Digital Age. Columbia University Press. New York. ISBN: 9780231175449 Rogers, David. L. (2010). The Network is Your Customer: Five Strategies to Thrive in a Digital Age. Yale University Press. New Haven & London. ISBN: 9780300165876
Course Modules Announcements
Video Overview