Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Digital Business & E-Commerce Management
Universitas Bina Nusantara

Digital Business & E-Commerce Management

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WILLY GUNADI

Universitas Bina Nusantara
AREAS:
Program Studi Manajemen

Course Description

SELAMAT DATANG PADA MATAKULIAH Digital Business and E-Commerce Management Dosen Pengampu Willy Gunadi, S.Kom., M.M., Ph.D. wgunadi@binus.edu Deskripsi Mata Kuliah Revolusi industri keempat (4.0) telah menuntut semua bisnis untuk berubah menjadi bisnis yang berbasis digital atau dikenal dengan istilah digital business. Pada setiap industri, model-model bisnis dan proses-proses bisnis yang bersifat tradisional telah mengalami transformasi seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan munculnya ancaman-ancaman yang bersifat disruptif. Transformasi ini dinamakan dengan transformasi digital. Transformasi digital ini dampaknya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan revolusi-revolusi industri yang sebelumnya. Transformasi digital ini akan mengubah seluruh strategi bisnis dari setiap perusahaan. Pada umumnya, transformasi digital ini akan memberikan dampak pada 5 buah domain utama yaitu pelanggan (customer), persaingan (competition), data, inovasi dan nilai (value). Setiap perusahaan akan dituntut untuk memanfaatkan customer network dengan sebaik mungkin, membuat digital platform, mengubah data menjadi aset utama, melakukan inovasi dengan cepat serta biaya yang rendah, dan dapat mengadaptasikan value proposition dengan kebutuhan pasar di era digital ini. Oleh karena itu, untuk dapat mengantisipasi perubahan tersebut, setiap organisasi membutuhkan para pemimpin dan profesional yang dapat berpikir secara strategi dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk menciptakan nilai-nilai baru bagi pelanggan dan peluang bisnis yang baru. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang sesuai dengan fenomena perkembangan dunia bisnis dalam era digital khususnya di Indonesia. Diharapkan dalam pengambilan mata kuliah ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai literatur dan praktek dari digital business dan e-commerce. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami strategi digital business & e-commerce dalam meningkatkan performa perusahaan yang berkelanjutan. Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management adalah mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Peta Kompetensi Topik Introduction to Digital Business and E-Commerce Marketplace Analysis for e-Commerce Managing Digital Business Infrastructure E-Environment Digital Business Strategy E - Procurement Digital Marketing Customer Relationship Management Change Management Analysis and Design Digital Business Service Implementation and Optimization Komponen Penilaian Assesment Activity Weight Attendance (F2F) 10% Discussion Forum Activity 10% Assignment 20% Quiz 10% UTS 20% UAS 30% Cara Mempelajari Materi Metoda pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management terdiri dari: Pembelajaran didahului dengan membaca course outline. Materi yang disediakan dalam bentuk powerpoint presentasi, lecture note (LN), dan video pembelajaran. Setelah membaca materi, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi kuis dan berpartisipasi dalam forum diskusi yang telah disediakan untuk setiap sesi. Tugas personal dan tugas kelompok akan disediakan pada sesi-sesi tertentu. Sebagai evaluasi pembelajaran, maka akan diadakan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Alur pembelajaran untuk mata kuliah ini adalah sebagai berikut: Buku Chaffey, David. (2015). Digital Business and E-Commerce Management (6th Ed.). Pearson International Edition. Print ISBN: 97802737865422. Rogers, David. L. (2016). The Digital Transformation Playbook: ReThink Your Business for The Digital Age. Columbia University Press. New York. ISBN: 9780231175449 Rogers, David. L. (2010). The Network is Your Customer: Five Strategies to Thrive in a Digital Age. Yale University Press. New Haven & London. ISBN: 9780300165876

Course Syllabus

SELAMAT DATANG PADA MATAKULIAH Digital Business and E-Commerce Management Dosen Pengampu Willy Gunadi, S.Kom., M.M., Ph.D. wgunadi@binus.edu Deskripsi Mata Kuliah Revolusi industri keempat (4.0) telah menuntut semua bisnis untuk berubah menjadi bisnis yang berbasis digital atau dikenal dengan istilah digital business. Pada setiap industri, model-model bisnis dan proses-proses bisnis yang bersifat tradisional telah mengalami transformasi seiring dengan berkembangnya teknologi digital dan munculnya ancaman-ancaman yang bersifat disruptif. Transformasi ini dinamakan dengan transformasi digital. Transformasi digital ini dampaknya akan jauh lebih besar dibandingkan dengan revolusi-revolusi industri yang sebelumnya. Transformasi digital ini akan mengubah seluruh strategi bisnis dari setiap perusahaan. Pada umumnya, transformasi digital ini akan memberikan dampak pada 5 buah domain utama yaitu pelanggan (customer), persaingan (competition), data, inovasi dan nilai (value). Setiap perusahaan akan dituntut untuk memanfaatkan customer network dengan sebaik mungkin, membuat digital platform, mengubah data menjadi aset utama, melakukan inovasi dengan cepat serta biaya yang rendah, dan dapat mengadaptasikan value proposition dengan kebutuhan pasar di era digital ini. Oleh karena itu, untuk dapat mengantisipasi perubahan tersebut, setiap organisasi membutuhkan para pemimpin dan profesional yang dapat berpikir secara strategi dan memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk menciptakan nilai-nilai baru bagi pelanggan dan peluang bisnis yang baru. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang sesuai dengan fenomena perkembangan dunia bisnis dalam era digital khususnya di Indonesia. Diharapkan dalam pengambilan mata kuliah ini dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai literatur dan praktek dari digital business dan e-commerce. Mata kuliah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami strategi digital business & e-commerce dalam meningkatkan performa perusahaan yang berkelanjutan. Capaian Pembelajaran Capaian pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management adalah mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Peta Kompetensi Topik Introduction to Digital Business and E-Commerce Marketplace Analysis for e-Commerce Managing Digital Business Infrastructure E-Environment Digital Business Strategy E - Procurement Digital Marketing Customer Relationship Management Change Management Analysis and Design Digital Business Service Implementation and Optimization Komponen Penilaian Assesment Activity Weight Attendance (F2F) 10% Discussion Forum Activity 10% Assignment 20% Quiz 10% UTS 20% UAS 30% Cara Mempelajari Materi Metoda pembelajaran untuk mata kuliah Digital Business & E-Commerce Management terdiri dari: Pembelajaran didahului dengan membaca course outline. Materi yang disediakan dalam bentuk powerpoint presentasi, lecture note (LN), dan video pembelajaran. Setelah membaca materi, setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi kuis dan berpartisipasi dalam forum diskusi yang telah disediakan untuk setiap sesi. Tugas personal dan tugas kelompok akan disediakan pada sesi-sesi tertentu. Sebagai evaluasi pembelajaran, maka akan diadakan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Alur pembelajaran untuk mata kuliah ini adalah sebagai berikut: Buku Chaffey, David. (2015). Digital Business and E-Commerce Management (6th Ed.). Pearson International Edition. Print ISBN: 97802737865422. Rogers, David. L. (2016). The Digital Transformation Playbook: ReThink Your Business for The Digital Age. Columbia University Press. New York. ISBN: 9780231175449 Rogers, David. L. (2010). The Network is Your Customer: Five Strategies to Thrive in a Digital Age. Yale University Press. New Haven & London. ISBN: 9780300165876
Course Modules
Announcements
Video Overview
VIDEO CONFERENCE Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Introduction to Digital Business and E-Commerce Marketplace Analysis for e-Commerce Managing Digital Business Infrastructure E-Environment Digital Business Strategy
Course Modules
Topik 1 - Introduction to Digital Business and E-Commerce Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: The impact of electronic communications on traditional businesses The difference between digital business and e-commerce Digital business opportunities Risks and barriers to digital business adoption
Course Modules
Materi Video Topik 1
Materi Topik 1 - Introduction to Digital Business and E-Commerce
Forum Topik 1 - Introduction to Digital Business and E-Commerce
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Introduction to ...
Topik 2 - Marketplace Analysis for e-Commerce Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Online marketplace analysis Location of trading in the marketplace Business models for e-commerce
Course Modules
Materi Video Topik 2
Materi Topik 2 - Marketplace Analysis for e-Commerce
Forum Topik 2 - Marketplace Analysis for e-Commerce
Tugas Personal 1
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Marketplace Analy...
Topik 3 - Managing Digital Business Infrastructure Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Digital business infrastructure components Management issues in creating a new customer- facing digital service Managing internal digital communications through intranets and extranets
Course Modules
Materi Video Topik 3
Materi Topik 3 - Managing Digital Business Infrastructure
Forum Topik 3 - Managing Digital Business Infrastructure
Tugas Personal 2
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Managing Digital ...
Topik 4 - E-Environment Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya. CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Social and legal factors Environmental and green issues related to Internet usage Economic and competitive factors Political factors Technological innovation and technology assessment
Course Modules
Materi Video Topik 4
Materi Topik 4 - E-Environment
Forum Topik 4 - E-Environment
Tugas Kelompok 1
DAFTAR PUSTAKA-   PPT E-Environment ...
Topik 5 - Digital Business Strategy Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Strategic analysis Strategic objectives Strategy definition Strategy implementation
Course Modules
Materi Video Topik 5
Materi Topik 5 - Digital Business Strategy
Forum Topik 5 - Digital Business Strategy
Quiz 1
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Digital Business ...
Face to Face Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Introduction to Digital Business and E-Commerce Marketplace Analysis for e-Commerce Managing Digital Business Infrastructure E-Environment Digital Business Strategy
Course Modules

Course Modules
Video Conference Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: E - Procurement Digital Marketing Customer Relationship Management Change Management Analysis and Design Digital Business Service Implementation and Optimization
Course Modules
Topik 6 - E - Procurement Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya. CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Barriers and risks of e-procurement adoption Implementing e-procurement
Course Modules
Materi Video Topik 6
Materi Topik 6 - E – Procurement
Forum Topik 6 - E – Procurement
DAFTAR PUSTAKA-   PPT E-Procurement ...
Topik 7 - Digital Marketing Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya. CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Digital marketing planning Situation analysis Objective setting Strategy, Tactics, Actions & Control
Course Modules
Materi Video Topik 7
Materi Topik 7 - Digital Marketing
Forum Topik 7 - Digital Marketing
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Digital Marketing...
Topik 8 - Customer Relationship Management Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Conversion marketing The online buying process Customer acquisition management Customer retention management Customer extension Technology Solutions for CRM
Course Modules
Materi Video Topik 8
Materi Topik 8 - Customer Relationship Management
Forum Topik 8 - Customer Relationship Management
Tugas Personal 3
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Customer Relation...
Topik 9 - Change Management Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Sub-Topic The challenges of digital business transformation Sub-Topic Different types of change in business Planning change Sub-Topic Human resource requirements Sub-Topic Approaches to managing change Sub-Topic Risk management
Course Modules
Materi Video Topik 9
Materi Topik 9 - Change Management
Forum Topik 9 - Change Management
Tugas Personal 4
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Change Management...
Topik 10 - Analysis and Design Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Analysis for digital business Process modelling Data modelling Design for digital business
Course Modules
Materi Video Topik 10
Forum Topik 10 - Analysis and Design
Forum Topik 10 - Analysis and Design
Tugas Kelompok 2
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Analysis and Desi...
Topik 11 - Digital Business Service Implementation and Optimization Tujuan pembelajaran: CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: Alternatives for acquiring digital business systems Testing Changeover
Course Modules
Materi Video Topik 11
Materi Topik 11 - Digital Business Service Implementation and Optimization
Supporting Material-   System Developme...
Forum Topik 11 - Digital Business Service Implementation and Optimization
Quiz 2
DAFTAR PUSTAKA-   PPT Digital Business ...
Face to Face Tujuan pembelajaran: CP1: Mengidentifikasi cakupan digital business dan e-commerce beserta elemen-elemennya CP2: Mengidentifikasi masalah-masalah atau isu-isu terkini terkait dengan implementasi digital business dan e-commerce dalam perusahaan. CP3: Memahami bagaimana pengunaan teknologi dapat membuat proses bisnis pada sebuah organisasi menjadi lebih baik bahkan menciptakan lini bisnis yang baru. CP4: Menerapkan strategi digital business dalam mengembangkan strategi perusahaan. Terdiri dari sub-topik sebagai berikut: E - Procurement Digital Marketing Customer Relationship Management Change Management Analysis and Design Digital Business Service Implementation and Optimization
Course Modules

Course Modules