Dr. Widyasari, M.Pd. e-mail: widyasari@unida.ac.id Phone: +6281-282-176-156 Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah pengembangan media pembelajaran SD merupakan salah satu mata kuliah wajib di program studi pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran SD merupakan suatu disiplin ilmu yang membekali mahasiswa prodi PGSD dalam melaksanakan proses pembelajaran tentang Pengembangan Media Pembelajaran di SD. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan, merancang, menggunakan serta mengevaluasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu, mata kuliah ini terdiri dari materi sebagai berikut. 1) Pengertian Media Pembelajaran 2) Fungsi dan Peran Media Pembelajaran 3) Pengelompokkan Media Pembelajaran 4) Media Sederhana (kelebihan dan keterbatasannya) 5) Pemilihan Media Pembelajaran 6)Pengembangan Multimedia Pembelajaran berbasis Komputer 7) Evaluasi Media Pembelajaran CAPAIAN PEMBELAJARAN Aspek Capaian Pembelajaran Kkni Level 6 Indikator Capaian Pembelajaran Sikap Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (Tauhid). Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Menunjukkan sikap religius sebagai guru guru sekolah dasar yang bertauhid Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan mandiri atas pekerjaan sebagai guru sekolah dasar. Pengetahuan Menguasai prinsip dan teori pendidikan di Sekolah Dasar. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar. Menguasai prinsip dan teori pengembangan media pembelajaran di sekolah dasar Menguasai konsep tentang karakteristik peserta didik di sekolah dasar, baik secara fisik, psikologi, dan sosial dalam mengembangkan media pembelajaran Menguasai konsep dan praktik pengembangan bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar Keterampilan Umum Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan media pembelajaran Keterampilan Khusus Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri. Mampu menganalisis, merancang, dan memproduksi bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
Course Modules