Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Pemrograman Berorientasi Objek
Universitas Sains dan Teknologi Komputer

Pemrograman Berorientasi Objek

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

PRIYADI

Universitas Sains dan Teknologi Komputer
AREAS:
Program Studi Sistem Komputer

Course Description

Kursus pengantar ini memberikan landasan komprehensif dalam konsep dan prinsip pemrograman berorientasi objek (OOP). Anda akan belajar bagaimana merancang dan mengimplementasikan solusi perangkat lunak dasar menggunakan OOP dan bahasa pemrograman [Bahasa Pemrograman]. Kursus ini dirancang untuk pemula dengan sedikit atau tanpa pengalaman pemrograman.

Course Syllabus

Dosen Pengampu Nama : PRIYADI Email: priyadi@stekom.ac.id Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek Kode : SI18.119.T2P1 Program Studi : S1 Sistem Komputer Perguruan Tinggi : Universitas Sains dan Teknologi Komputer Kursus pengantar ini memberikan landasan komprehensif dalam konsep dan prinsip pemrograman berorientasi objek (OOP). Anda akan belajar bagaimana merancang dan mengimplementasikan solusi perangkat lunak dasar menggunakan OOP dan bahasa pemrograman [Bahasa Pemrograman]. Kursus ini dirancang untuk pemula dengan sedikit atau tanpa pengalaman pemrograman. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Mahasiswa Mampu Memahami prinsip-prinsip dasar pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa Mampu Menjelaskan,dan membedakan konsep dasar pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa Mampu Membuat dan memanipulasi kelas dan objek. Mahasiswa Mampu Membuat,dan mendefinisikan Membuat Kelas dan Objek. Mahasiswa Mampu Menerapkan pewarisan dan polimorfisme dalam pemrograman. Mahasiswa Mampu Menjelaskan,dan menggambarkan Penggunaan Konstruktor Pewarisan. Mahasiswa Mampu Merancang,dan mengembangkan kode program dalam bahasa pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa Mampu Mengembangkan aplikasi perangkat lunak sederhana menggunakan OOP. Mahasiswa Mampu Merancang,dan mengembangkan kode program dalam bahasa pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa Mampu Mengelola,dan merancang Pengujian dan Debugging. Mahasiswa Mampu Membuat debug dan memecahkan masalah kesalahan pemrograman dasar. Mahasiswa Mampu Mengelola,dan merancang Pengujian dan Debugging. Mahasiswa Mampu Menggunakan,dan mengidentifikasi Pemahaman Kesalahan Pemrograman. Mahasiswa Mampu Memahami,dan mengidentifikasi Penyelesaian Kesalahan Sintaksis. Mahasiswa Mampu Memanfaatkan struktur dan koleksi data. Mahasiswa Mampu Menggunakan,dan mengidentifikasi Pemahaman Kesalahan Pemrograman. Mahasiswa Mampu Memahami,dan mengidentifikasi Penyelesaian Kesalahan Sintaksis. Mahasiswa Mampu Menjelaskan,dan membuat struktur Data Dasar. (CPMK-6) (CPMK-7) Mahasiswa Mampu Memahami,dan mengelola data dalam struktur data. Mahasiswa Mampu Menulis kode yang bersih dan dapat dipelihara. Mahasiswa Mampu Menjelaskan,dan membuat struktur Data Dasar. (CPMK-6) (CPMK-7) Mahasiswa Mampu Memahami,dan mengelola data dalam struktur data. Mahasiswa Mampu Menjelaskan prinsip-prinsip dasar kode bersih. Unduh RPS
Course Modules
Announcements
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 1 ini adalah Mahasiswa megetahui gambaran umum paradigma pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa megetahui prinsip-prinsip pemrograman berorientasi objek. Mahasiswa megetahui pentingya pemrograman berorientasi objek. Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Pemaparan tentang berbagai paradigma pemrograman, seperti pemrograman imperatif, deklaratif, dan berorientasi objek. Penjelasan tentang prinsip-prinsip dasar OOP, termasuk enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme. Pengenalan bahasa pemrograman yang akan digunakan dalam kursus (contoh: Java, Python, C++).
Course Modules
Pengantar pemrograman berorientasi objek
File dokumen pengantar dan kontrak perkuliahan PBO.
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 2 ini adalah Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dengan benar dan menyiapkan kebutuhan yang diperlukan untuk belajar PBO dengan tepat. Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Praktek instalasi Netbeans JDK dan Laragon. Demonstrasi menjalankan Netbeans JDK dan Laragon.
Course Modules
Pengenalan konsep dasar PBO
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Mahasiswa mempelajari hubungan kelas, instansiasi, dan objek. Mahasiswa menjelaskan dalam bahasa masing-masing tentang konsep kelas, istansiasi, dan objek. Mahasiwa menjawab pertanyaan tentang konsep kelas, instansiasi, dan objek.
Course Modules
Deklarasi kelas dan objek
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 4 ini adalah Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep kelas, instansiasi, dan objek dengan benar Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan konsep kelas, instansiasi, dan objek. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep kelas, instansiasi, dan objek.
Course Modules
Panduan koding kelas, objek, dan intansiasi
File worksheet kelas, objek, dan instansiasi
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Mahasiswa menyimak penjelasan konsep enkapsulasi pada PBO. Mahasiswa menjelaskan dalam bahasa masing-masing tentang konsep enkapsulasi. Mahasiwa menjawab pertanyaan tentang konsep enkapsulasi.
Course Modules
Penjelasan konsep enkapsulasi
File dokumen penjelasan konsep enkapsulasi PBO
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan konsep enkapsulasi. Problem solving kode program java yang menerapkan kosep enkapsulasi.
Course Modules
Video demonstrasi konsep enkapsulasi pada PBO Java
File dokumen instruksi praktikum enkapsulasi PBO Java
Capaian pembelajaran di pertemuan ke 7 ini adalah Mahasiswa mampu menjelaskan konsep konsep inheritance. Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Mahasiswa menyimak penjelasan konsep inheritance pada PBO. Mahasiswa menjelaskan dalam bahasa masing-masing tentang konsep inheritance. Mahasiwa menjawab pertanyaan tentang konsep inheritance.
Course Modules
Video konsep inheritance
File dokumen materi perkuliahan konsep dan contoh inheritance

Course Modules
File dokumen petunjuk UTS
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 9 ini adalah Mahasiswa mampu menjelaskan konsep konsep polimorfisme Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Mahasiswa menyimak penjelasan konsep polimorfisme pada PBO. Mahasiswa menjelaskan dalam bahasa masing-masing tentang konsep polimorfisme. Mahasiwa menjawab pertanyaan tentang konsep polimorfisme.
Course Modules
Video konsep dan contoh polimorfisme.
File dokumen konsep polimorfisme.
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 10 ini adalah Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep polimorfisme Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan konsep polimorfisme. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep polimorfisme.
Course Modules
Video penjelasan worksheet polimorfisme PBO
File dokumen worksheet polimorfisme
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 11 ini adalah Mahasiswa mampu menjelaskan konsep konsep interface dan abstrak Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Mahasiswa menyimak penjelasan konsep interface dan abstrak pada PBO. Mahasiswa menjelaskan dalam bahasa masing-masing tentang konsep interface dan abstrak. Mahasiwa menjawab pertanyaan tentang konsep interface dan abstrak.
Course Modules
Video konsep abstrak dan polimorfisme
File dokumen penjelasan konsep interface dan abstrak
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 12 ini adalah Mahasiswa mampu membuat program dengan konsep PBO yang menggunakan bahasa pemrograman JAVA terkoneksi database MySQL Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan PBO di JAVA terkoneksi database MySQL. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep PBO terkoneksi database MySQL.
Course Modules
Video program java terkoneksi dengan database Mysql
File dokumen pemrograman PBO java terkoneksi MySQL
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Capaian pembelajaran di pertemuan ke 13 ini adalah Mahasiswa mampu membuat program PBO JAVA-MySQL yang dapat menambah dan menampilkan data Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan PBO di JAVA terkoneksi database MySQL, menambah dan menampilkan data. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep PBO terkoneksi database MySQL, menambah dan menampilkan data.
Course Modules
Video pemrograman Java-MySQL operasi tampil dan tambah
File dokumen penjelasan program java-mysql tampil dan tambah data
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan PBO di JAVA terkoneksi database MySQL, mengubah dan menghapus data. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep PBO terkoneksi database MySQL, mengubah dan menghapus data.
Course Modules
video PBO Java-MySQL operasi edit, hapus, dan bersihkan form
File dokumen PBO Java-MySQL edit, tambah, dan bersihkan form data
Klik Google meet di bawah untuk perkuliahan Sinkronus Perhatian : sebelum membuka Google Meeti di bawah ini, anda harus login ke Google terlebih dulu Sumber belajar yang bisa dipelajari yaitu Koding dengan menerapakan PBO di JAVA terkoneksi database MySQL, pencarian data. Problem solving kode program java yang menerapkan konsep PBO terkoneksi database MySQL, pencarian data.
Course Modules
Video penjelasan PBO Java-MySQL membuat fasilitas pencarian data
File dokumen PBO Java-MySQL membuat fasilitas pencarian.

Course Modules
File dokumen petunjuk mengikuti UAS.