Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
OPTIK
Universitas Muhammadiyah Makassar

OPTIK

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MA RUF

Universitas Muhammadiyah Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Fisika

Course Description

1. SALAM PEMBUKA Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar adik-adik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga rencana pembelajaran kalian dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah kalian susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA. ?????? ???????? ????? ???????????????? ??????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ???? ???? ????????????????????? ???????? Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik" Pada Topik 1 ini akan dilakukan pertemuan sebanyak 1 kali pertemuan yakni untuk menyelesaikan pokok bahasan sejarah perkembangan optik dan keterkaitan konsep optik dengan surah dalam Al Qur'an. Selamat Belajar. 2. IDENTITAS MATA KULIAH Nama mata kuliah : Optik Kode mata kuliah : CP684203276 Beban SKS : 2 SKS Semester : VII Nama program studi : Pendidikan Fisika Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 3. DESKRIPSI MATA KULIAH Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar menganalisis konsep teoretis dan matematis dari materi optik geometri dan optik fisis, yang meliputi materi : sejarah perkembangan optik; optik geometri (cermin datar lengkung, jenis lensa, pembentukan bayangan pada lensa, aberasi, dan alat-alat optik); optik fisis (sifat cahaya, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi). 4. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) Sikap : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Keterampilan : Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika) Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah 5. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik geometri Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik fisis 6. BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR) Sejarah perkembangan optik Optik geometri Cermin datar dan lengkung Jenis-jenis lensa Pembentukan bayangan pada lensa Alat-alat optik Aberas 3. Optik fisis Interferensi : Difraksi : Polarisasi Dispersi 7. SKEMA (RENCANA) PERKULIAHAN Proses perkuliahan pada mata kuliah Optik dilakukan dengan konsep pembelajaran daring kolaboratif dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) secara kolaboratif antara mahasiswa Pendidikan fisika Unismuh Makassar dengan mahasiswa Pendidikan fisika Uhamka. 8. RENCANA ASESMEN (PENILAIAN) Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas kolaboratif online. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA, sebagai berikut: Kuis (online); Forum diskusi (online) Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek (tatap muka) Aktivitas kehadiran (online dan tatap muka) Tes formatif Tes sumatif 9. INFORMASI DOSEN PENYUSUN Dr. Ma'ruf, S.Pd., M.Pd. |0929128102| +6285255185333, maruf@unismuh.ac.id Dewi Hikmah Marisda, S.Pd., M.Pd. |0914018701|+6285255510205, dewihikmah@unismuh.ac.id \ Ana Dhiqfaini Sultan, S.Si., M.Pd. |0916028601| +6282293033339, anadhiqfaini@unismuh.ac.id Feli Cianda Adrin B, S.Pd., M.Sd Wahyu Dian L, S.Pd., M.Si 11. REFERENSI Frank L Pedrotti, Leno M Pedrotti, Leno S Pedrotti. Introduction to Optics, Third Edition. Tipler, P.A. 1991. Physics for Scientists and Engineers. Worth Publisher Inc. Taufik Rahman R. 2004. Common Textbook Gelombang dan Optik edisi Revisi. Bandung: IMSTEP JICA. Hecht E. 1987. Optics 2nd edition. Addition Wesley Publishing Company. Inc. Francis Jenkins, Harvey White, Fundamentals of optics, Fourth Edition (2001) Sharma K. K., Optics Principles and Applications (2006) Zahara Muslim. 1994. Gelombang dan Optik. Depdiknas. Dikti

Course Syllabus

1. SALAM PEMBUKA Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar adik-adik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga rencana pembelajaran kalian dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah kalian susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA. ?????? ???????? ????? ???????????????? ??????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ???? ???? ????????????????????? ???????? Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik" Pada Topik 1 ini akan dilakukan pertemuan sebanyak 1 kali pertemuan yakni untuk menyelesaikan pokok bahasan sejarah perkembangan optik dan keterkaitan konsep optik dengan surah dalam Al Qur'an. Selamat Belajar. 2. IDENTITAS MATA KULIAH Nama mata kuliah : Optik Kode mata kuliah : CP684203276 Beban SKS : 2 SKS Semester : VII Nama program studi : Pendidikan Fisika Fakultas : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Perguruan Tinggi : Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka 3. DESKRIPSI MATA KULIAH Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar menganalisis konsep teoretis dan matematis dari materi optik geometri dan optik fisis, yang meliputi materi : sejarah perkembangan optik; optik geometri (cermin datar lengkung, jenis lensa, pembentukan bayangan pada lensa, aberasi, dan alat-alat optik); optik fisis (sifat cahaya, interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi). 4. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) Sikap : Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri Keterampilan : Memahami prinsip, karakteristik, fungsi, dan aplikasi piranti lunak pada bidang fisika Memahami metodologi penelitian pendidikan fisika Memahami konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang Fisika Mampu melaksanakan kegiatan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar yang sahih, andal, obyektif, dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran Fisika) Mampu melakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah 5. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik geometri Menganalisis konsep teoretis dan matematis dari optik fisis 6. BAHAN KAJIAN (MATERI AJAR) Sejarah perkembangan optik Optik geometri Cermin datar dan lengkung Jenis-jenis lensa Pembentukan bayangan pada lensa Alat-alat optik Aberas 3. Optik fisis Interferensi : Difraksi : Polarisasi Dispersi 7. SKEMA (RENCANA) PERKULIAHAN Proses perkuliahan pada mata kuliah Optik dilakukan dengan konsep pembelajaran daring kolaboratif dengan menggunakan aplikasi SPADA Unismuh Makassar. Pembelajaran daring ditempuh untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa(i) secara kolaboratif antara mahasiswa Pendidikan fisika Unismuh Makassar dengan mahasiswa Pendidikan fisika Uhamka. 8. RENCANA ASESMEN (PENILAIAN) Berdasarkan sistem perkuliahan yang dijelaskan di atas, maka sistem penilaian mengacu pada proses dan aktivitas yang dilakukan oleh mahasiswa melalui halaman mata kuliah ini dan aktivitas kolaboratif online. Berikut ini beberapa instrumen penilaian yang dapat ditemukan pada proses pembelajaran online di SPADA, sebagai berikut: Kuis (online); Forum diskusi (online) Tugas (online) dan pemaparan tugas proyek (tatap muka) Aktivitas kehadiran (online dan tatap muka) Tes formatif Tes sumatif 9. INFORMASI DOSEN PENYUSUN Dr. Ma'ruf, S.Pd., M.Pd. |0929128102| +6285255185333, maruf@unismuh.ac.id Dewi Hikmah Marisda, S.Pd., M.Pd. |0914018701|+6285255510205, dewihikmah@unismuh.ac.id \ Ana Dhiqfaini Sultan, S.Si., M.Pd. |0916028601| +6282293033339, anadhiqfaini@unismuh.ac.id Feli Cianda Adrin B, S.Pd., M.Sd Wahyu Dian L, S.Pd., M.Si 11. REFERENSI Frank L Pedrotti, Leno M Pedrotti, Leno S Pedrotti. Introduction to Optics, Third Edition. Tipler, P.A. 1991. Physics for Scientists and Engineers. Worth Publisher Inc. Taufik Rahman R. 2004. Common Textbook Gelombang dan Optik edisi Revisi. Bandung: IMSTEP JICA. Hecht E. 1987. Optics 2nd edition. Addition Wesley Publishing Company. Inc. Francis Jenkins, Harvey White, Fundamentals of optics, Fourth Edition (2001) Sharma K. K., Optics Principles and Applications (2006) Zahara Muslim. 1994. Gelombang dan Optik. Depdiknas. Dikti
Course Modules
Assalamualaikum wr. wb. Apa kabar adik-adik mahasiswa(i), semoga kita semua tetap sehat walafiat, sehingga rencana pembelajaran kalian dapat dilaksanakan sesuai apa yang telah kalian susun. Sebelum Anda melanjutkan aktivitas pembelajaran online ini, mari sejenak memanjatkan doa belajar semoga ilmu yang Anda pelajari menjadi berkah dan memberi manfaat...Aamiin YRA. ?????? ???????? ????? ???????????????? ??????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ???? ???? ????????????????????? ???????? Artinya: "Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik" Pada Topik 1 ini akan dilakukan pertemuan sebanyak 1 kali pertemuan yakni untuk menyelesaikan pokok bahasan sejarah perkembangan optik dan keterkaitan konsep optik dengan surah dalam Al Qur'an. Selamat Belajar. 1. Deskripsi Materi Ajar Deskripsi sejarah perkembangan optik. Salah satu cabang ilmu dalam fisika yang mengalami perkembangan secara signifikan adalah Ilmu Optika. Ilmu Optika adalah cabang dari fisika yang menyelidiki seputar sifat-sifat cahaya serta interaksinya dengan suatu materi. Ada 2 (dua) bidang dalam ilmu optika, yaitu optik geometri dan optik fisis. Optik geometri menjabarkan tentang perambatan cahaya sebagai vektor yang disebut sinar. Sedangkan optik fisis mendeskripsikan mengenai fenomena yang terjadi pada optik geometri dengan penjabaran yang matematis. (Suwarna, 2013). Perkembangan Optik tidak telepas dari perubahan-perubahan dari teori lama ke teori baru. Perkembangan ini dimulai dari zaman prasejarah sampai ke zaman optik modern. Perkembangan ilmu optik dibahas dalam beberapa periodesasi. Periode I (Zaman Prasejarah (SM) s.d. 1500 M), Periode II (1550 M - 1800 M), Periode III (Periode singkat, 1800 M s.d. 1890 M), dan yang terakhir Perkembangan Optika Periode IV (1887 M s.d. 1925). (Jailani, 2018). Relevansi Revolusi sains merupakan penggantian paradigma lama ke paradigma baru. Menurut Khun kunci revolusi mengenai paradigma keilmuan adalah pendekatan atau metode yang dilakukan ilmuwan dalam memecahkan persoalan ilmiah. Salah satu paradigma dalam sains adalah perkembangan pada ilmu fisika cabang Optika. Optika adalah ilmu yang mengkaji tentang sifat-sifat cahaya pada suatu materi. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur atau studi kepustakaan yang dilakukan pada materi Optika. Literatur diambil dari beberapa buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelusuran di ketahui bahwa Revolusi Saintifik dalam optika terdiri dari 4 (empat) periode. Periode pertama di tandai dengan ditemukannya sebuah kanta optik. Pada periode pertama ini pendapat ilmuwan tidak disertai dengan percobaan. Periode kedua para ilmuwan sudah melakukan percobaan untuk mendukung teori-teori yang dikemukakan. Salah satu fenomena alam yang diamati ilmuwan pada periode ini adalah pelangi. Periode ketiga merupakan periode tersingkat dalam sejarah perkembangan optika. Pada periode ini Thomas Young menerangkan tentang konsep cahaya dapat melentur yang sebelumnya tidak terjawab oleh teori emisi Newton. Periode keempat adalah periode optika modern, dimana sudah ditemukannya efek fotolistrik dan serat optik. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Menjelaskan perkembangan optik pada periode I (zaman prasejarah) dengan jelas; memaparkan bukti perkembangan optik pada periode I dengan jelas; Mendeskripsikan eksperimen fisika yang berkaitan dengan perkembangan optik periode II dengan baik; Memaparkan temuan teori yang ditemukan ilmuwan optik pada perkembangan optik periode 3 dengan tepat; Menjelaskan perkembangan optik periode IV dengan tepat; Mengenal dan menjelaskan tokoh-tokoh yang berjasa pada perkembangan ilmu optik. 3. Skenario Pembelajaran Pada pembelajaran daring perlu Anda pahami bahwa terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain. 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses!
Course Modules
MATERI AJAR
Label
A. Pengantar
B. Materi Sejarah Perkembangan Optik
C. Materi Ajar: Sejarah Perkembangan Optik
D. Link Perkuliahan Pertemuan Pertama: Sejarah perkembangan Optik
E. Diskusi Topik Sejarah Perkembangan Optik
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
F. Tugas 1: Sejarah Perkembangan Optik
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Cermin Datar dan Cermin Lengkung , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." Pada Topik 2 ini akan dilakukan pertemuan sebanyak 6 kali pertemuan yakni untuk menyelesaikan pokok bahasan optik geometri. 1. Deskripsi Materi Ajar Pada materi optik geometri, mahasiswa diperkenalkan tentang peristiwa pemantulan pada cermin (datar, cekung, dan cembung), pembiasan pada lensa (cekung, cembung, dan rangkap). Selain itu, pada kajian optik geometri, mahasiswa dibimbing untuk memahami prinsip dari hukum refraksi (pembiasan) dengan prinsip Huygens dan Fermat, peristiwa aberasi, dan konsep optik pada alat-alat optik. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Mendeskripsikan peristiwa refleksi pada cermin datar dan lengkung, serta membuktikan hukum refleksi berdasarkan prinsip Huygens dengan benar, Memahami jenis-jenis lensa dan pembentukan bayangan pada lensa dengan tepat, Memahami pembentukan bayangan pada lensa, Memahami prisip dan hukum refraksi (pembiasan) dengan prinsip Huygens dan Fermat, Menjelaskan peristiwa aberasi yang terjadi ketika cahaya melewati cermin atau lensa dengan tepat, Memahami konsep optik geometri pada alat-alat optik dengan jelas. 3. Skenario Pembelajaran Pada pembelajaran daring, selain aktivitas perkuliahan yang berlangsung secara daring melalui tatap maya, juga terdapat tagihan penugasan terstruktur baik individu maupun kelompok. Tagihan penugasan perkuliahan daring adalah assignment, kuis, choice, forum diskusi, dan sebagainya. Oleh karena itu, adik-adik mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti perkuliahan secara maksimal. 4. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
MATERI AJAR
Label
A. Media persentase pertemuan kedua
B. Materi Ajar: Optik Geometri
C. Link Perkuliahan Pertemuan Kedua
Label
A. Materi Persentase Pertemuan Ketiga
B. Materi Ajar: Video Pembelajaran
C. Materi Ajar: Cermin Datar dan Cermin Lengkung (Lesson)
D. Diskusi Topik 2
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Evaluasi Topik II: Optik Geometri
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri pada Topik Pembentukan Bayangan Pada Lensa , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Lensa adalah benda bening yang memiliki permukaan berbentuk cekung atau cembung dan berfungsi untuk membiaskan cahaya. Lensa secara umum ada yang berbentuk cembung dan cekung. Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tebal daripada bagian tepi dan bisa juga disebut dengan lensa cembung disebut juga lensa positif. Lensa cembung memiliki sifat mengumpulkan cahaya atau konvergen. Sedangkan lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya lebih tipis daripada bagian tepi atau sering disebut juga dengan lensa negatif. Lensa cekung bersifat menyebarkan cahaya (divergen) dan membentuk bayangan maya. Kedua jenis lensa tersebut banyak digunakan dalam alat optik yang dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh pemanfaatan lensa dalam kehidupan sehari-hari sebagai berikut. Misalnya, kacamata minus (lensa cekung) digunakan oleh penderita rabun jauh (myopia), bayangannya jatuh di depan kornea mata, untuk itu diperlukan lensa cekung sehingga bayangan jatuh di kornea. Kacamata plus (lensa cembung) digunakan oleh orang yang rabun dekat (hypermyopia), bayangannya jatuh di belakang kornea mata, untuk itu diperlukan lensa cembung sehingga bayangan jatuh di kornea. Bila rabun jauhnya karena usia (presbyopia), juga diperlukan lensa cembung. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep pembentukan bayangan pada lensa dengan baik 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk : Memahami sifat sinar-sinar istimewa pada lensa cembung Memahami pembentukan bayangan pada lensa cembung Memahami sifat sinar-sinar istimewa pada lensa cekung Memahami pembentukan bayangan pada lensa cekung memahami pembentukan bayangan pada lensa gabungan menghitung kuat lensa 4. Skenario Pembelajaran Topik pemebntukan bayangan pada lensa akan dibahas dalam dua kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain. 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
MATERI AJAR
Label
Pembiasan pada Permukaan Bola
Pembiasan pada Plan Paralel dan Prisma
Label
Jenis-jenis Lensa
Pembentukan Bayangan pada Lensa
Pembentukan Bayangan pada Lensa Gabungan
Diskusi 3
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Evaluasi 3
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Aberasi Siatem Optik , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Aberasi pada sistem optik merupakan penyimpangan cahaya yang terjadi ketika cahaya melewati lensa atau cermin yang mengakibatkan gambar yang terbentuk tidak dapat sempurna atau terlihat buram. Istilah aberasi sering digunakan untuk menggambarkan penyimpangan optik yang terjadi pada sistem optik yang digunakan untuk memfokuskan cahaya. Beberapa jenis aberasi : Aberasi Sferis (Koma, Distorsi dan Astigmatisme); Aberasi Kromatik; dan Aberasi Monokromatik (aberasi defokus dan kurva medan). 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep aberasi sistem optik dengan baik. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk: Memahami aberasi pada sistem optik. Membedakan aberasi sferis, kromatik dan monokromatik . Memahami penyebab dari coma dan astigmatism. Mengetahui konsep distorsi. 4. Skenario Pembelajaran Topik aberasi sistem optik akan dibahas dalam satu kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain. 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
Label
MATERI AJAR
Aberasi Sistem Optik
Diskusi 4
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Evaluasi 4
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Alat-alat Optik , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Alat optik merupakan alat yang bekerja berdasarkan prinsip pemantulan dan pembiasan cahaya. Alat optik dibuat dengan berbagai macam tujuan tetapi memiliki fungsi pokok yang sama, yaitu membantu meningkatkan daya penglihatan manusia. Dengan bantuan alat optik manusia dapat melihat benda-da yang berukuran sangat kecil seperti virus atau bakteri dan dapat pula melihat benda yang berjarak sangat jauh seperti benda-benda luar angkasa. Alat optik terbagi menjadi dua jenis yaitu alat optik alami seperti mata dan alat optik buatan seperti mikroskop, teleskop dan lup. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep optik geometri pada alat-lat optik dengan jelas. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk : Memahami konsep optik geometri pada alat-alat optik Menjelaskan prinsip kerja alat-alat optik 4. Skenario Pembelajaran Topik alat-alat optik akan dibahas dalam satu kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain. 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
Label
MATERI AJAR
Alat-alat Optik
Diskusi 5
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Tugas 5 : Alat-alat Optik
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS/MID)
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Interferensi , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Interferensi merupakan perpaduan dua gelombang atau lebih yang memiliki beda fase konstan dan amplitudo yang hampir sama yang dapat menghasilkan suatu pola gelombang baru. Interferensi cahaya adalah penjumlahan superposisi dua gelombang cahaya atau lebih yang menghasilkan suatu radiasi yang menyimpang dari jumlah masing-masing komponen radiasi gelombangnya.Dalam topik ini akan meninjau fenomena interferensi yang terjadi dalam berbagai keadaan. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep optik fisis pada peristiwa interferensi dengan baik. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk : Memahami peristiwa interferensi pada cahaya. Memahami percobaan interferensi yang dilakukan Young. Memahami koherensi cahaya. Mengetahui cara menentukan intensitas pada interferensi celah ganda. Memahami peristiwa interferensi pada film tipis, keeping sejajar maupun fenomena cincin Newton. 4. Skenario Pembelajaran Topik interferensi akan dibahas dalam tiga kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
MATERI AJAR
Label
A. Materi Ajar: Media Presentasi (Belum Ada)
B. Interferensi (Bagian 1)
Label
C. Interferensi (Bagian 2)
Diskusi 7 (Belum ada)
Kuis 7 (Belum ada)
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Tugas 7 (Belum ada)
Evaluasi 7 (Belum ada)
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Difraksi , sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Difraksi atau disebut juga lenturan adalah kecenderungan gelombang yang dipancarkan dari sumber melewati celah yang terbatas untuk menyebar ketika merambat. Menurut prinsip Huygens, setiap titik pada front gelombang cahaya dapat dianggap sebagai sumber sekunder gelombang bola. Gelombang ini merambat ke luar dengan kecepatan karakteristik gelombang. Gelombang yang dipancarkan oleh semua titik pada muka gelombang mengganggu satu sama lain untuk menghasilkan gelombang berjalan. Prinsip Huygens juga berlaku untuk gelombang elektromagnetik. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep optik fisis pada peristiwa difraksi dengan baik. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk : Memahami peristiwa difraksi pada cahaya. Membedakan difraksi Fraunhofer dan difraksi Fresnel. Memahami difraksi celah sempit, celah rangkap, kisi difraksi, dan difraksi sinar X. Memahami pengertian batas resolusi, daya pisah kisi dan dispersi kisi. 4. Skenario Pembelajaran Topik difraksi akan dibahas dalam dua kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
MATERI AJAR
Label
A. Pengantar
B. Difraksi (Bagian 1)
Label
C. Difraksi (Bagian 2)
Label
D. Difraksi (Bagian 3)
Diskusi 8 (Belum ada)
Kuis 8 (Belum Ada)
TAGIHAN PENGALAMAN BELAJAR
Tugas 8 (Belum Ada)
Evaluasi 8 (Belum ada)
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik Polarisasi ini, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Polarisasi cahaya atau pengkutuban adalah peristiwa perubahan arah getaragelombang cahaya yang acak menjadi satu arah getaran. Poarisasi hanya terjadi padagelombang transvesal, yang berarti bahwa cahaya merambat tegak lurus terhadap arahosilasinya. Syaratnya adalah bahwa gelombang tersebut mempunyai arah osilasi tegaklurus terhadap bidang rambatnya. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep optik fisis pada peristiwa polarisasi dengan baik. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan memiliki kemampuan untuk : Memahami peristiwa polarisasi pada cahaya. Memahami perbedaan jenis polarisasi linier dan polarisasi lingkaran. Memahami peristiwa polarisasi karena refleksi dan hamburan. Memahami derajat polarisasi, polarisasi kromatik dan polarimater. 4. Skenario Pembelajaran Topik polarisasi akan dibahas dalam satu kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
Label
MATERI AJAR
A. Polarisasi
?????????? ?????????? ?????????? ????? ????????????? Alhamdulillah, Anda sekarang dapat memulai aktivitas pembelajaran secara mandiri dimulai pada Topik I ini, sebelum lanjut melakukan aktivitas pembelajaran dan agar lebih mudah dalam menerima pelajaran dan supaya ilmu yang diterima dapat bermanfaat mari melafazkan doa berikut: ????? ??????? ???????? ????????????? ??????? ????????????? ???? ??????????????. Robbi zidnii 'ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-sholihiin Artinya: "Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang soleh." 1. Deskripsi Materi Ajar Dispersi cahaya adalah penguraian cahaya polikromatik (cahaya putih) menjadi cahaya monokromatik (merah, jingga, kuing, hijau, birunila, ungu) lewat pembiasan atau pembelokan. Cahaya merupakan gelombang transversal yang termasuk gelombang elektromagnetik. Salah satu contoh peristiwa dispersi dapat dilihat dari peristiwa gelembung sabun, kita dapat melihat warna-warni di permukaannya yang tipis. Tidak seperti pelangi, warna pada gelembung sabun berubah-ubah sesuai dengan pergerakkannya. Warna-warni tersebut berasal dari dispersi atau penguraian cahaya tampak yang masuk ke dalam gelembung. 2. Sub-Capaian Pembelajaran Mata kuliah (Sub-CPMK) Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan untuk memiliki kemampuan memahami konsep optik fisis pada peristiwa dispersi dengan baik dan tepat. 3. Indikator Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti aktifitas pembelajaran pada topik ini, maka mahasiswa diharapakan mendeskripsikan terjadinya dispersi optik dengan tepat. 4. Skenario Pembelajaran Topik dispersi akan dibahas dalam satu kali pertemuan. Hal penting yang perlu Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuka materi ajar yang telah disiapkan adalah memahami capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mengikuti pertemuan ini . Aktivitas belajar berisi materi yang disajikan dalam bentuk powerpoint, file, lesson, dan sumber belajar lainnya. Kemudian terdapat tagihan pengalaman belajar yang dikemas melalui instrumen penilaian, seperti kuis, forum diskusi, tugas, dan lain-lain. Oleh karena itu, selayaknya Anda mempersiapan diri dalam melakukan aktivitas belajar mandiri maupun secara kolaboratif dengan teman yang lain 5. Petunjuk Belajar Cermati sumber belajar dan sumber aktivitas yang tersedia dibawah ini Mulailah Anda mengakses dan menelaah sumber belajar yang tersedia baik secara terstruktur maupun tidak terstruktur Kerjakan sumber aktivitas yang tersedia, seperti: tugas, forum diskusi, kuis, evaluasi, dll Catatan : Rekam jejak aktivitas belajar Anda terekam oleh sistem di SPADA Unismuh Makassar Selamat Belajar dan Semoga Sukses
Course Modules
Label
MATERI AJAR
A. Dispersi
Ujian Akhir Semester (UAS)