Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENELITIAN PENGAJARAN MATEMATIKA
Universitas Kristen Indonesia Toraja

PENELITIAN PENGAJARAN MATEMATIKA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SURI TODING LEMBANG

Universitas Kristen Indonesia Toraja
AREAS:
Program Studi Pendidikan Matematika

Course Description

Yusem Ba'ru.M.Pd NIDN:0929078903 Universitas Kristen Indonesia Toraja Yunda Victorina Tobondo, M.Pd NIDN:0928069301 Universitas Kristen Indonesia Tentena

Course Syllabus

Yusem Ba'ru.M.Pd NIDN:0929078903 Universitas Kristen Indonesia Toraja Yunda Victorina Tobondo, M.Pd NIDN:0928069301 Universitas Kristen Indonesia Tentena
Course Modules
Course Description
RPS
"Halo, mahasiswa! Selamat datang dalam mata kuliah "Penelitian Pengajaran Matematika". Hari ini, kita akan memulai perjalanan kita dalam memahami konsep dasar penelitian, yang akan menjadi dasar bagi semua penelitian yang kita lakukan selama mata kuliah ini. Konsep dasar penelitian adalah pondasi yang penting dalam pemahaman kita tentang bagaimana penelitian dilakukan. Di dalam mata kuliah ini, kami akan membantu Anda untuk: Menjelaskan konsep dasar penelitian secara umum. Memahami pengertian penelitian menurut para ahli dan bagaimana mereka mendefinisikannya. Pemahaman tentang konsep dasar penelitian ini akan membantu Anda memahami tujuan, metode, dan proses penelitian dengan lebih baik. Ini juga akan menjadi landasan bagi kita dalam mengembangkan penelitian kita sendiri di masa depan. Jadi, mari kita mulai dengan semangat tinggi dan tekad untuk memahami konsep dasar penelitian dengan baik. Pengetahuan ini akan menjadi bekal berharga dalam perjalanan akademik dan profesional Anda. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Diskusi
Tugas 1
"Halo, mahasiswa! Pada pertemuan ini kita akan memulai sebuah perjalanan dalam memahami penelitian kualitatif dan kuantitatif, serta tahapannya. Ini adalah topik yang sangat penting dalam dunia penelitian, dan pemahaman yang baik akan membantu Anda menjadi peneliti yang lebih kompeten. Sebelum kita mulai, mari kita pahami mengapa kita perlu melakukan penelitian. Penelitian membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin kita miliki tentang suatu fenomena atau topik tertentu. Dalam mata kuliah ini, kita akan fokus pada pemahaman tentang latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan penelitian. Selain itu, kita akan memahami perbedaan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam penelitian, serta tahapannya. Ini akan membantu Anda dalam memilih pendekatan yang tepat untuk penelitian Anda sendiri di masa depan. Ingatlah bahwa penelitian adalah proses yang sistematis dan teliti. Saat kita memahami tahap-tahapnya, kita akan lebih siap untuk merancang dan melaksanakan penelitian kita sendiri. Jadi, mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat belajar yang tinggi. Pengetahuan yang akan Anda peroleh dalam mata kuliah ini akan membantu Anda menjadi peneliti yang lebih baik dan membuka peluang baru dalam pemahaman dunia di sekitar kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Vidio Pembelajaran
Materi
Tugas 2
"Halo, mahasiswa! Hari ini, kita akan memasuki bab yang penting dalam perjalanan penelitian, yaitu memahami aspek-aspek awal yang membentuk dasar dari sebuah penelitian. Kita akan membahas lima hal utama yang harus diperhatikan dalam tahap perencanaan penelitian: latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan batasan penelitian. Latar Belakang Masalah : Ini adalah bagian di mana kita menjelaskan mengapa penelitian ini perlu dilakukan. Kita akan membahas mengapa topik ini relevan dan apa isu-isu yang mendorong kita untuk melakukan penelitian. Rumusan Masalah : Setelah kita memahami latar belakang, kita akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian. Rumusan masalah yang tepat adalah kunci untuk penelitian yang efektif. Tujuan Penelitian : Kita akan mendefinisikan apa yang ingin kita capai melalui penelitian ini. Apa yang ingin kita ketahui atau buktikan? Manfaat Penelitian : Kita akan membahas mengapa penelitian ini bermanfaat, baik dalam konteks akademik maupun praktis. Batasan Penelitian : Terakhir, kita akan mengidentifikasi batasan-batasan yang akan kita terapkan dalam penelitian ini. Ini mencakup batasan-batasan metodologi, sumber daya, dan lingkup penelitian. Semua elemen ini sangat penting dalam merancang penelitian yang kuat dan relevan. Dengan memahami dengan baik bagian-bagian ini, kita akan memiliki dasar yang kokoh untuk melanjutkan perjalanan penelitian kita. Jadi, mari kita mulai dengan mendalam memahami setiap aspek ini. Ini akan menjadi langkah awal yang penting dalam perjalanan penelitian kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Vidio Talksow
Tugas 3
alo, mahasiswa! Hari ini, kita akan melanjutkan perjalanan kita dalam memahami bagian-bagian penting dari perencanaan penelitian. Kita akan membahas tiga aspek utama: kajian literatur, definisi operasional, dan hipotesis penelitian. Kajian Literatur : Kajian literatur adalah langkah awal yang sangat penting dalam penelitian. Ini adalah saat kita menjelajahi penelitian-penelitian sebelumnya tentang topik yang kita teliti. Kita akan memahami apa yang sudah diketahui tentang topik tersebut dan bagaimana penelitian sebelumnya telah dilakukan. Ini membantu kita menentukan gap dalam pengetahuan yang perlu diisi melalui penelitian kita. Definisi Operasional : Setelah kita memiliki pemahaman yang kuat tentang topik kita, kita akan membahas definisi operasional. Ini adalah langkah di mana kita mengartikan konsep-konsep dalam penelitian kita menjadi variabel yang dapat diukur secara empiris. Definisi operasional membantu kita mengukur dan mengamati fenomena yang sedang kita teliti dengan cara yang objektif. Hipotesis Penelitian : Hipotesis adalah pernyataan yang mengemukakan hubungan antara dua atau lebih variabel dalam penelitian kita. Kita akan memahami bagaimana merumuskan hipotesis yang sesuai dengan penelitian kita. Hipotesis ini akan menjadi dasar untuk pengujian dalam penelitian kita. Semua tiga aspek ini saling terkait dan membantu kita merencanakan dan menjalankan penelitian yang efektif. Dengan mendalam memahami kajian literatur, definisi operasional, dan hipotesis penelitian, kita akan siap untuk melangkah lebih jauh dalam penelitian kita. Jadi, mari kita fokus dan aktif dalam pemahaman materi ini. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan penelitian kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Diskusi
Projek
"Halo, mahasiswa! Hari ini, kita akan melanjutkan perjalanan kita dalam memahami bagian-bagian penting dari perencanaan penelitian yakni terkait hipotesis penelitian. Hipotesis Penelitian : Hipotesis adalah pernyataan yang mengemukakan hubungan antara dua atau lebih variabel dalam penelitian kita. Kita akan memahami bagaimana merumuskan hipotesis yang sesuai dengan penelitian kita. Hipotesis ini akan menjadi dasar untuk pengujian dalam penelitian kita. Aspek ini saling terkait dengan materi sebelumnya dan membantu kita merencanakan dan menjalankan penelitian yang efektif. Dengan mendalam memahami kajian literatur, definisi operasional, dan hipotesis penelitian, kita akan siap untuk melangkah lebih jauh dalam penelitian kita. Jadi, mari kita fokus dan aktif dalam pemahaman materi ini. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan penelitian kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Projek
"Halo, mahasiswa! Hari ini kita akan menjelajahi salah satu bagian yang sangat krusial dalam proses penelitian, yaitu Metodologi Penelitian. Metodologi adalah panduan yang akan kita gunakan untuk melakukan penelitian kita dengan cara yang sistematis dan terstruktur. Dalam mata kuliah ini, kita akan belajar bagaimana merancang dan menjalankan penelitian dengan benar. Apa itu Metodologi Penelitian? Kenapa Metodologi Penting? Mari bersiap untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dalam metodologi penelitian. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan penelitian kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Vidio Pembelajaran
"Halo, mahasiswa! Hari ini kita akan menjelajahi salah satu bagian yang sangat krusial dalam proses penelitian, yaitu Metodologi Penelitian. Metodologi adalah panduan yang akan kita gunakan untuk melakukan penelitian kita dengan cara yang sistematis dan terstruktur. Dalam mata kuliah ini, kita akan belajar bagaimana merancang dan menjalankan penelitian dengan benar. Apa itu Metodologi Penelitian? Metodologi penelitian adalah langkah-langkah dan teknik yang kita gunakan untuk merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil penelitian kita. Ini adalah panduan yang akan membantu kita menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian kita dan mencapai tujuan penelitian. Kenapa Metodologi Penting? Metodologi penelitian adalah tulang punggung dari penelitian yang berkualitas. Tanpa metodologi yang tepat, penelitian kita dapat kehilangan arah dan validitas. Oleh karena itu, memahami metodologi adalah kunci untuk penelitian yang berhasil. Topik dalam Metodologi Penelitian: Dalam mata kuliah ini, kita akan mempelajari berbagai aspek dalam metodologi penelitian, termasuk: Desain Penelitian : Bagaimana merancang penelitian yang sesuai dengan pertanyaan penelitian kita. Teknik Pengumpulan Data : Bagaimana mengumpulkan data yang akurat dan relevan. Teknik Analisis Data : Bagaimana menganalisis data kita untuk mendapatkan temuan yang bermakna. Validitas dan Keandalan : Bagaimana memastikan bahwa penelitian kita dapat dipercaya. Mari bersiap untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep dalam metodologi penelitian. Ini adalah langkah penting dalam perjalanan penelitian kita. Selamat belajar!"
Course Modules
Materi
Vidio Pembelajaran
Kumpulkan Tugas Projek Kalian
Course Modules