Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Perpindahan Panas
Institut Teknologi Indonesia

Perpindahan Panas

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DWITA SUASTIYANTI

Institut Teknologi Indonesia
AREAS:
Program Studi Teknik Mesin

Course Description

Pembelajaran Daring Kolaboratif Institut Teknologi Indonesia - Universitas Pattimura

Course Syllabus

Info Penting Pastikan peserta kuliah harus mengupdate profile, alamat email untuk notifikasi perkuliahan, dan photo supaya dikenali dalam diskusi. Pastikan peserta kuliah sudah membaca dan memahami Panduan Penggunaan Student Centered E-Learning Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Kemampuan memahami, melakukan perhitungan dan menganalisa prinsip perpindahan panas yang mencakup perpindahan panas konduksi satu dimensi (CPL 1, 2, 3, 4). Kemampuan memahami, melakukan perhitungan dan menganalisa mekanisme fisik konveksi pada berbagai boundary layer dan aliran serta menghitung laju perpindahan panas konveksi pada berbagai geometri untuk menganalisis dan menyelesaikan persoalan keteknikan, dengan tingkat keberhasilan minimal 85 %. (CPL 1, 2, 3, 4, 5, 6. 7). Kemampuan menjelaskan, memahami, melakukan perhitungan perpindahan panas radiasi. Kemampuan menjelaskan dan melakukan perhitungan terhadap fenomena pendidihan (boiling) dan kondensasi (condensation). Kemampuan mendesain komponen, sistem dan atau proses perpindahan panas untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan dengan pendekatam analitis rekayasa berbasis ilmu dan teknologi mutakhir dan mepertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, serta kemudahan penerapan dan atau memanfaatkan potensi sumber daya lokaL dan nasional dengan wawasan global (CPL 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7) Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) Sub CPMK 1 Mahasiswa mampu mengklasifikasikan metode-metode dan prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi beserta parameter-parameter perpindahan panas dan karakteristiknya. Sub CPMK 2 Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola. Sub CPMK 3 Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konduksi pada plat datar komposit, pipa komposit dan bejana bola komposit dengan parameter koefisien panas keseluruhan. Sub CPMK 4 Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup. Sub CPMK 5 Mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi bebas beserta parameternya. Sub CPMK 6 Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan proses perpindahan panas radiasi beserta parameternya. Sub CPMK 7 Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi. Sub CPMK 8 Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project. Deskripsi Mata Kuliah Bobot SKS: Deskripsi Singkat Mata Kuliah :Kuliah ini menjelaskan tentang prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi, fenomena pendidihan dan kondensasi dan penerapannya dalam sistem penukar kalor (heat exchanger) berdasarkan paremater-parameter desain. Materi Pembelajaran : 1. Perpindahan konduksi keadaan steady satu dimensi pada pelat datar, pipa dan bejana bola pada lapisan tunggal atau komposit. 2. Perpindahan panas konduksi dengan pembangkit panas internal dan pada permukaan yaang diperluas (axpanded surface) 3. Perpindahan panas koveksi paksa forced convection) aliran laminar dan turbulen pada pelat datar, dalam pipa dan bejana bola. 4. Parameter karakteristik serta korelasi empiris pada konveksi bebas (natural convection) 5. Fenomena pendidihan (boiling) dan kondensasi (condensation) pada sistem. 6. Pemahaman dan desain penukar kalor atau heat exchanger dalam bentuk project base learning. Pustaka Utama 1. Rajput R. K., Heat and Mass Tranfer, Ram Nagar New Delhi, 2012 2. Theodore L. Bergman, Adrienne S. Lavine, Frank P. Incropera, David P. DeWitt. 2011, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Purdue, Ed.7th., John Wiley ans Sons, Inc. 3. Cengel Y. A & Boles M. A. 2015., Heat and Mass Transfer: Fundamental & Applications, Ed. 5th, McGraw-Hill Book Company. 4. William Kays, Michael Crawford, Bernhard Weigand, 2012, Convective Heat and Mass Transfer, Ed.4th, McGraw-Hill Book Company, Toronto. 5. Frank Kreith and Mark S. Bohn, Principles of Heat Transfer, Harper & Row, Publishers, New York Pustaka Pendukung Basic Heat Transfer; D. H. Bacon; October 22, 2013; Elsevier Fundamental Principles of Heat Transfer; Stephen Whitaker; October 22, 2013; Elsevier Thomas Lestina Robert W., Process Heat Transfer: Principles, Applications and Rules of Thumb, 5, Serth; July 28, 2010 J.R. Simonson, Engineering Heat Transfer, Edition 2, July 28, 1988; Springer Donald R Pitts dan Leighton E. Sissom, "Heat Transfer", Mc Graw-Hill Book Company. Penilaian Perkuliahan Default nilai Perkuliahan : Kehadiran = 10 %, Tugas / PBL = 65%, UTS = 10%, UAS = 15%.
Course Modules
Pengumuman
RPS Perpindahan Panas
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Learning outcome / Sub-CPMK dari topik atau pertemuan ini: Mahasiswa mampu mengklasifikasikan metode-metode dan prinsip-prinsip perpindahan panas konduksi, konveksi dan radiasi beserta parameter-parameter perpindahan panas dan karakteristiknya Sub Topik : Sub topik 1: Aspek umum perpindahan panas yang berhubungan dengan termodinamika dan parameter-parameter yang berkaitan (konduktivitas termal, koefisien konveksi, densitas, kalor spesifik, difusivitas termal, viskositas) Sub topik 2: Dasar-dasar perpindahan panas steady satu dimensi secara konduksi, konveksi dan radiasi. Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan. Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : [Chapter 1-Pustaka 1] [Chapter 1-Pustaka 2] Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran: Tanya Jawab dan Diskusi di kelas
Course Modules
Forum Pertemuan 1
1. Pendahuluan
Tugas 1
Materi pertemuan-1: Pendahuluan
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola. Sub Topik : Sub topik 1: Konduksi panas satu dimensi melalui dinding datar dan dinding komposit. Sub topik 2: Konduksi panas satu dimensi melalui pipa hollow dan pipa hollow komposit. Sub topik 3: Konduksi panas satu dimensi melalui bejana berbentuk bola hollow dan bola komposit. Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat : 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : Chapter 2-Pustaka 1 Chapter 2,3-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 2
2. Perpindahan Kalor Konduksi
Tugas 2 Konduksi_PDK_5 OKTOBER 2023
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola. Sub Topik : Sub topik 1: Ketebalan kritis insulasi. Sub topik 2: Konduksi panas dengan pembangkitan panas internal. Sub topik 3: Perpindahan panas untuk permukaan yang diperluas/extanded surfaces (mis: sirip/fin) Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Bobot Penilaaian: 5% Referensi : Chapter 2-Pustaka 1 Chapter 2,3-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 3
Konduksi 1-D Dinding Komposit
Tugas Pertemuan-3
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup. Sub Topik : Sub topik 1: Konveksi paksa aliran laminar pada Plat datar (saluran terbuka). Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Bobot Penilaian: 4% Referensi : Chapter 7-Pustaka 1 Chapter 7,8-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 4
Materi p-4 (Tebal isolasi kritis, Panas Internal, & Permukaan diperluas)
Tugas p-4
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup Sub Topik : Sub topik 1: Konveksi paksa aliran laminar pada pipa (saluran tertutup). Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab Referensi : Chapter 7-Pustaka 1 Chapter 7,8-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 5
6. Konveksi Paksa
Tugas 5_25 Oktober 2023_Perpindahan Kalor Konveksi Paksa_PDK
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi paksa aliran laminar atau turbulen pada seluran terbuka atau saluran tertutup Sub Topik : Sub topik 1: Konveksi paksa aliran turbulen pada pipa (saluran tertutup). Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : Chapter 7-Pustaka 1 Chapter 7,8-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 6
Perpindahan Panas Konveksi Paksa
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konveksi bebas/alami beserta parameternya. Sub Topik : Sub topik 1: Transisi dan turbulensi dalam konveksi bebas. Sub topik 2: Korelasi empiris konvesi bebas. Sub topik 3: Kombinasi konveksi paksa dan konveksi bebas untuk external flow dan internal flow. Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Bobot Penilaian: 5% Referensi : Chapter 8-Pustaka 1 Chapter 9-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 7
7. Perpindahan Panas Konveksi Bebas
Informasi UTS Related Learning Outcome / Capaian Pembelajaran : LO 1 : Mampu menghitung perpindahaan panas konduksi keadaan steady satu dimensi pada plat/bidang datar, pipa dan bejana berbentuk bola. LO 2 : Mahasiswa mampu menghitung dan menganalisa proses perpindahan panas konduksi pada plat datar komposit, pipa komposit dan bejana bola komposit dengan parameter koefisien panas keseluruhan Materi Yang Di UTS-kan / Kisi - Kisi Materi/Sub topik 1: Konduksi panas satu dimensi melalui dinding datar dan dinding komposit. Materi/Sub topik 2: Konduksi panas satu dimensi melalui pipa hollow dan pipa hollow komposit. Materi/Sub topik 3: Perpindahan panas untuk permukaan yang diperluas/extanded surfaces Pelaksanaan UTS Hari / Tanggal : Kamis, 9 November 2023 Waktu : 120 menit Sifat Ujian : Tutup Buku
Course Modules
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan proses perpindahan panas radiasi beserta parameternya. Sub Topik : Sub topik 1: Hubungan mendasar radiasi thermal. Sub topik 2: Perpindahan panas radiasi antara permukaan benda Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kesesuaian jawaban dengan penjelasan yang diberikan Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : Chapter 11, 12-Pustaka 1 [Chapter 12-Pustaka 2] Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 9
9. Perpindahan Kalor Radiasi
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi Sub Topik : Sub topik: Perpindahan panas pada pendidihan (boiling): boiling regime; bentuk, ukuran, pertumbuhan dan colapse dari bubble; faktor-faktor penyebab nucleate boiling dan boiling correlation. Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Bentuk dan Bobot Penilaian: Tuliskan bentuk dan bobot penilaian pada pertemuan ini Referensi : Chapter 9-Pustaka 1] Chapter 10-Pustaka 2] Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Forum Pertemuan 10
10. Pendidihan (Boiling)
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan menganalisa fenomena pendidihan dan kondensasi Sub Topik : Sub topik: Perpindahan panas pada proses kondensasi: Kondensasi lapisa film laminar pada plat vertikal. Kondensasi lapisan film turbulen. Kondensasi lapisan film pada pipa horisontal. Kondensasi lapisan film dalam pipa horisontal. Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini Bentuk dan Bobot Penilaian: Tuliskan bentuk dan bobot penilaian pada pertemuan ini Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : [Chapter 9-Pustaka 1] Chapter 10-Pustaka 2] Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
11. Pengembunan (Condensation)
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 :Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project. Sub Topik : Sub topik 1: Jenis-jenis heat exchanger. Sub topik 2: Analisa heat exchanger Sub topik 3: Logarithmic Mean Temperature Difference Sub topik 4: Pembagian tugas PBL Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Bentuk dan Bobot Penilaian: Tuliskan bentuk dan bobot penilaian pada pertemuan ini Referensi : Chapter 10-Pustaka 1 Chapter 11-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
12. Heat Exchanger (1)
Video Pembelajaran Peralatan Heat Exchanger
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project Sub Topik : Sub topik 1: Koefisen perpindahan panas keseluruhan. Sub topik 2: Faktor-faktor koreksi multipass arrangment Sub topik 3: Efektivitas Heat exhanger dan number of transfer unit (NTU) Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : Chapter 10-Pustaka 1 Chapter 11-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
13. Heat Exchanger (2)
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project. Sub Topik : Sub topik 1: Pressure drop dan pumping power. Sub topik 2: Evaporator Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Tuliskan indikator penilaian dilakukan pada pertemuan ini Bentuk dan Bobot Penilaian: Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : Chapter 10-Pustaka 1 Chapter 11-Pustaka 2 Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Topik Perkuliahan : Kemampuan Akhir Tiap Tahapan Belajar (Sub-CPMK) : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project Skema : Project/Problem Based Learning (PBL) Sub Topik : Sub topik 1: Asistensi Project Karakteristik Proses Pembelajaran (pilih minimal 1): Sifat: 1) Interaktif, 2) Holistik, 3) Integratif, 4) Saintifik, 5) Kontekstual, 6) Tematik, 7) Efektif, 8) Kolaboratif, dan 9) Berpusat pada mahasiswa (PBL) Indikator Penilaian : Kriteria: Rubrik nilai penyelesaian masalah kuantitatif Teknik: Non-test : Kemampuan bertanya dan kemampuan menjawab. Referensi : 1. Rajput R. K., Heat and Mass Tranfer, Ram Nagar New Delhi, 2012 2. Theodore L. Bergman, Adrienne S. Lavine, Frank P. Incropera, David P. DeWitt. 2011, Fundamentals of Heat and Mass Transfer, Purdue, Ed.7th., John Wiley ans Sons, Inc. 3. Cengel Y. A & Boles M. A. 2015., Heat and Mass Transfer: Fundamental & Applications, Ed. 5th, McGraw-Hill Book Company. William Kays, Michael Crawford, Bernhard Weigand, 2012, Convective Heat and Mass Transfer, Ed.4th, McGraw-Hill Book Company, Toronto. Sumber Daya / Aktifitas Pembelajaran:
Course Modules
Informasi UAS Related Learning Outcome / Capaian Pembelajaran : LO 1 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengevaluasi dan mendesain jenis penukar kalor dalam bentuk project. Materi Yang Di UAS-kan / Kisi - Kisi Materi/Sub topik 1: Perancangan heat exchanger Materi/Sub topik 2: Presentasi Pelaksanaan UAS Hari / Tanggal : 25 Januari 2024 Waktu : 120 menit Sifat Ujian : Presentasi Rancangan
Course Modules