Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

PENDIDIKAN PANCASILA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MUHAMMAD AMIN

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKTU.... SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA... . Mari kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas kehadirat, rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga bisa mengikuti proses perkuliahan daring mata kuliah ini dengan baik. Adapun kontrak mata kuliah yang perlu kalian ketahui: 1. Persentasi kehadiran minimal 80% dari 14 Kali Pertemuan. Jika dikonversikan ke dalam angka maka, maksimal 3 (tiga) kali alpa. Jika sudah 4 (empat) kali alpa (tidak hadir kuliah tanpa keterangan yang jelas), maka anda tidak bisa mengikuti UJIAN TENGAH SEMESTER dan UJIAN AKHIR SEMESTER. 2. Buku Wajib (pilih minimal satu): Kemenristekdikti. (2016). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kaelan (2013). Negara Pancasila, Paradigma: Yogyakarta Kaelan (2016). Pendidikan Pancasila. Paradigma: Yogyakarta Yudi Latif (2018). Wawasan Pancasila. Mizan: Jakarta 3. Aktivitas Perkuliahan: Mahasiswa wajib berpartisipasi secara aktif dalam proses perkuliahan dengan cara membaca materi perkuliahan secara mandiri, berkomentar dalam forum diskusi , serta mengerjakan tugas, sedangkan dosen berperan sebagai fasilitator dalam proses perkuliahan. 4. Sistem Penilaian: Aktivitas Partisipasi dalam kelas (mengisi daftar hadir, keaktifan diskusi) (50%) Tugas (12%) Kuis (3%) Ujian Tengah Semester (15%) Ujian Akhir Semester (20%)

Course Syllabus

ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKTU.... SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA... . Mari kita senantiasa memanjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas kehadirat, rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua, sehingga bisa mengikuti proses perkuliahan daring mata kuliah ini dengan baik. Adapun kontrak mata kuliah yang perlu kalian ketahui: 1. Persentasi kehadiran minimal 80% dari 14 Kali Pertemuan. Jika dikonversikan ke dalam angka maka, maksimal 3 (tiga) kali alpa. Jika sudah 4 (empat) kali alpa (tidak hadir kuliah tanpa keterangan yang jelas), maka anda tidak bisa mengikuti UJIAN TENGAH SEMESTER dan UJIAN AKHIR SEMESTER. 2. Buku Wajib (pilih minimal satu): Kemenristekdikti. (2016). Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kaelan (2013). Negara Pancasila, Paradigma: Yogyakarta Kaelan (2016). Pendidikan Pancasila. Paradigma: Yogyakarta Yudi Latif (2018). Wawasan Pancasila. Mizan: Jakarta 3. Aktivitas Perkuliahan: Mahasiswa wajib berpartisipasi secara aktif dalam proses perkuliahan dengan cara membaca materi perkuliahan secara mandiri, berkomentar dalam forum diskusi , serta mengerjakan tugas, sedangkan dosen berperan sebagai fasilitator dalam proses perkuliahan. 4. Sistem Penilaian: Aktivitas Partisipasi dalam kelas (mengisi daftar hadir, keaktifan diskusi) (50%) Tugas (12%) Kuis (3%) Ujian Tengah Semester (15%) Ujian Akhir Semester (20%)
Course Modules
PENGUMUMAN UNTUK MAHASISWA
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Course Modules
Pengumuman Bagi Mahasiswa
Assalamualaikum warahmtullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Ini adalah pertemuan pertama mata kuliah PENDIDIKAN PANCASILA . Kata PANCASILA pasti terasa familiar ditelinga dan dipikiran anda, sebab kalian telah mempelajarinya selama 12 tahun lamanya, mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA. Sekarang anda adalah mahasiswa program studi PGSD, tapi mengapa anda masih belajar Pancasila, menurut anda apa pentingnya belajar Pancasila? Lalu mengapa Pancasila itu harus diajarkan kepada warga negara melalui pendidikan ?, untuk memperluas wawasan anda, maka silahkan dipelajari materi dibawah ini CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan konsep dan urgensi pendidikan Pancasila Mampu menjelaskan visi dan misi pendidikan Pancasila PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label
Kuliah Tatap Maya kls BC 91,BC 92, BC 93
Kuliah Tatap Maya Kelas PGSD Bone
Label
Setiap mahasiswa diharapkan mempelajari materi per...
MATERI KULIAH 1. Orientasi Pendidikan Pancasila
PROFIL PELAJAR PANCASILA-KEMENDIKBUD
VIDEO PEMBELAJARAN
https://youtu.be/EYXTLch4mvM
Label
Setelah mahasiswa mempelajari materi dan menyimak ...
Tugas Mandiri 1. Essay tes Kelas PGSD BONE
Assalamualaikum warahmtullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, materi kuliah yang kalian pelajari adalah "LANDASAN, DINAMIKA dan TANTANGAN PENDIDIKAN PANCASILA." Pengajaran ideologi Pancasila melalui pendidikan ternyata mengalami pasang surut. Untuk menguatkan pelaksanaan pendidikan Pancasila, maka diperlukan suatu landasan agar Pancasila tetap diajarkan melalui pendidikan dari generasi ke generasi, tentu saja tujuannya adalah agar setiap warga negara tahu, menghayati dan mengamalkan Pancasila. Pada masa kini, ada banyak tantangan untuk tetap menghadirkan nilai-nilai Pancasila dalam diri warga Indonesia, terlebih lagi tantangan yang kita hadapi di masa mendatang akan semakin menantang dan mungkin saja sulit untuk diprediksi. apa sajakah landasan dan bagaimana dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila? untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan landasan Pendidikan Pancasila Mampu menjelaskan dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label (copy)
Kuliah Tatap Maya PGSD Makassar
Label (copy)
Setiap mahasiswa diharapkan mempelajari materi per... (copy)
MATERI KULIAH 2. Landasan, Dinamika dan Tantangan Pendidikan Pancasila
https://youtu.be/xd9a6bS5DO4
Forum Diskusi: Literasi Pendidikan Pancasila
Label (copy)
Setelah mahasiswa mempelajari materi pembelajaran ...
Tugas 2. Landasan, Dinamika dan Tantangan Pendidikan Pancasila Kelas PGSD BONE
KUIS-Literasi Pendidikan Pancasila
Tugas Pertemuan 2. Landasan, Dinamika, Tantangan Pendidikan Pancasila (kelas BC.91,BC.92, BC 93)
Assalamualaikum warahmtullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, materi kuliah yang kalian pelajari adalah KAJIAN SEJARAH PANCASILA PADA MASA PRA KEMERDEKAAN DAN KEMERDEKAAN." sebagai warga negara yang baik, kalian harus tahu sejarah asal-usul Pancasila, karena Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia. Mungkin anda bertanya-tanya, dari manakah asal Pancasila itu? apakah Pancasila itu sudah ada pada masa pra kemerdekaan dan kemerdekaan? kalau iya, lalu seperti apa wujud pelaksanaannya pada masa pra kemerdekaan dan kemerdekaan? untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis sejarah Pancasila pada masa pra kemerdekaan Mampu menganalisis sejarah Pancasila pada masa kemerdekaan PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Para mahasiswa sekalian, untuk ketiga pertemuan ke...
NAMA ANGGOTA KELOMPOK PENYAJI
Label (copy) (copy)
Kuliah Tatap Maya Kelas PGSD Bone
Kuliah Tatap Maya PGSD Makassar Kelas BC 21.1, BC 21.2 , BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M.21.2
Label (copy) (copy)
Setiap mahasiswa diharapkan mempelajari materi per...
MATERI KULIAH 3. Kajian Sejarah Pancasila pada Masa Pra Kemerdekaan dan Kemerdekaan
Label (copy) (copy)
Kumpulkan makalah dan slide ppt untuk kelompok pen...
TUGAS KELOMPOK-SEJARAH PANCASILA PADA MASA PRA KEMERDEKAAN DAN KEMERDEKAAN
TUGAS KELOMPOK pertemuan 3
Assalamualaikum warahmtullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari KAJIAN SEJARAH PANCASILA. Namun, kajiannya sejarahnya berfokus pada dua periode yaitu orde lama (1945-1966) dan orde baru (1996-1998). Seperti apa wujud pelaksanaan Pancasila pada masa orde lama, dan orde baru? untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis sejarah Pancasila pada orde lama Mampu menganalisis sejarah Pancasila pada orde baru PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Para mahasiswa sekalian, aktivitas kalian hari ini...
Label (copy) (copy) (copy)
Kuliah Tatap Maya Kelas PGSD BONE
Kuliah Tatap Maya Kelas BC.21.1, BC 21.2, BC.21.3, BC 21.4 , M 21.1, M 21.2
Label (copy) (copy) (copy)
Setiap mahasiswa diharapkan mempelajari materi per... (copy)
MATERI KULIAH 4. Kajian Sejarah Pancasila pada Masa Orde Lama dan Orde Baru
Silahkan di simak tayangan video berikut ini. Lalu...
Label (copy) (copy) (copy)
Kumpulkan makalah dan slide ppt untuk kelompok pen... (copy)
TUGAS KELOMPOK-SEJARAH PANCASILA PADA ORDE LAMA DAN ORDE BARU
Kumpul Tugas Mandiri- Rangkuman Diskusi
TUGAS KELOMPOK-SEJARAH PANCASILA PADA MASA Orde Lama dan Orde Baru Kelas BC 21.1, B C 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Kumpul tugas mandiri (kesimpulan diskusi kelompok) Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC.21.3, BC 214, M 21.1, M 21.2
Assalamualaikum warahmtullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari KAJIAN SEJARAH PANCASILA. Namun, kajiannya sejarahnya berfokus pada era reformasi (1999 sampai sekarang). Meskipun Pancasila telah disahkan sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia. Ternyata pada ketiga periode tersebut, Pancasila menghadapi dinamika dan tantangan yang sulit. Pancasila seringkali mendapatkan ujian yang berat, Namun, Atas rahmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa serta perjuangan dari segenap bangsa Indonesia. Pancasila masih tetap eksis sampai sekarang. Seperti apa wujud pelaksanaan Pancasila pada era reformasi ? untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis sejarah Pancasila pada era reformasi PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Para mahasiswa sekalian, aktivitas kalian hari ini...
Label
Kuliah Tatap Maya Kelas BC 21.1, BC 21.2,BC 21.3, BC 21.4, M 21.1,M 21.2
Kuliah Tatap Maya (PGSD BONE)
Label (copy) (copy) (copy) (copy)
Setiap mahasiswa diharapkan mempelajari materi per... (copy) (copy)
MATERI KULIAH 5. Kajian Sejarah Pancasila pada Masa Reformasi
Label (copy) (copy) (copy) (copy)
Kumpulkan makalah dan slide ppt untuk kelompok pen... (copy) (copy)
TUGAS KELOMPOK-KAJIAN PANCASILA PADA MASA REFORMASI
Tugas Kelompok Kajian Pancasila pada Masa Orde Reformasi Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21 4, M 21.1, M 21.2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian mempelajari KONSEP dan URGENSI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA. Syarat untuk mendirikan suatu negara yang merdeka, adil dan makmur adalah negara itu harus punya dasar negara. kalau kalian ditanya, apakah dasar negara Indonesia? maka pasti jawabannya adalah Pancasila. Lalu, seperti apa konsep Pancasila sebagai dasar negara? Untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan konsep negara Mampu menjelaskan tujuan negara Mampu menjelaskan urgensi dasar negara Mampu menjelaskan konsep dan urgensi Pancasila sebagai dasar negara PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Kuliah Tatap Tatap maya kelas BC 21.1, Bc 21.2, BC 21.3. BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Materi Pertemuan 6
MATERI KULIAH 6. Pancasila sebagai Dasar Negara
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS PERTEMUAN 6 KELAS BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Kuis Pertemuan 6. Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Dasar Negara (Kelas 30A, 30B dan 30C)
Tugas Kelompok Kelas M91, M92, M93, M94, M95, M96
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA. Fokus kajiannya adalah LANDASAN dan DINAMIKA PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA. untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis landasan Pancasila sebagai dasar negara Mampu menganalisis dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar negara PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Kuliah Tatap Maya Kelas BC 91, BC 92, BC 93
Kuliah Tatap Maya (PGSD BONE)
Forum Diskusi. Kelas 30A, 30B, 30C
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
MATERI KULIAH 7. Landasan, Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara
Silahkan anda simak tayangan video berikut ini: La...
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Tugas 7. Landasan, Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara (Kelas BC 91, BC 92,BC 93
Tugas 7. Landasan, Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara (Kelas 30A, 30B, 30C)
Alhamdulillah , puji syukur kita senantiasa panjatkan atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia dan rahmat-NYA sehingga kita sudah menyelesaikan perkuliahan selama 7 kali, tibalah saatnya pada pertemuan ke-8 ini, kalian UJIAN TENGAH SEMESTER , untuk mengukur pengetahuan kalian atas materi kuliah yang telah dipelajari. Untuk menguji wawasan kalian, silahkan kerjakan Soal Ujian Tengah Semester Berikut:
Course Modules
Soal UTS C20D dan C20E (Ritha Tuken)
Soal UTS C20F (Ritha Tuken)
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (Kelas BC 21.1, BC.21.2, BC 21.3, BC.21.4, M 21.1, M 21.2
SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (PGSD BONE)
Tugas Kelompok (PGSD BONE)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian mempelajari PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA. Tahukah kalian, setiap bangsa yang ingin berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas ke arah mana tujuan yang ingin dicapainya, sangat memerlukan pandangan hidup (ideologi). Tanpa memiliki ideologi maka negara dapat terombang-ambing dalam menghadapi persoalan-persoalan besar, baik yang persoalan persoalan dalam masyarakat itu sendiri maupun dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di dunia. jika kalian ditanya, apakah ideologi negara Indonesia, maka pasti jawabannya adalah Pancasila, lalu seperti apakah konsep dan urgensi Pancasila sebagai ideologi negara?, Untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan konsep Ideologi Mampu menjelaskan konsep dan urgensi Pancasila sebagai ideologi negara PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Kuliah Tatap Maya Kelas BC 21.1, BC. 21.2. B C 21.3,BC 21.4 , M 21.1, M 21.2
FORUM DISKUSI
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Materi perkuliahan Pertemuan 9. KONSEP DAN URGENSI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
MATERI KULIAH-Konsep dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Tugas Pertemuan 9 Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M21.2
Tugas Mandiri (KELAS PGSD BONE)
Setelah mahasiswa mempelajari materi kuliah dan telah menyelesaikan aktivitas diskusi hari ini di syam-ok, maka selanjutnya mahasiswa mengerjakan kuis berikut ini
KUIS-KONSEP DAN URGENSI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA (KELAS 31A dan 31B) PGSD BONE
KUIS-KONSEP DAN URGENSI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA (KELAS BC 21.1, BC 21.2, BC.21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Tugas C19F (Ritha Tuken)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA. Fokus kajiannya adalah Pancasila sebagai ideologi terbuka dan perbandingan Ideologi Pancasila dengan ideologi lain didunia ini, Untuk memperluas wawasan anda, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis konsep Pancasila sebagai ideologi terbuka Mampu menganalisis perbandingan Ideologi Pancasila dengan ideologi lain didunia PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
FORUM DISKUSI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA (KELAS 31A, 31B, 31C, 31D, 31E, 31F, 31G)
Forum Diskusi Kelas BC 21.1, BC 2`1.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
MATERI KULIAH 9. Pancasila sebagai Ideologi Terbuka dan Ideologi Lain di Dunia
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Tugas 10. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA (KELAS 31A, 31B, 31C, 31D, 31E, 31F, 31G)
Tugas C20F (Ritha Tuken)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian mempelajari KONSEP DAN URGENSI PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT. Untuk mendalami lebih lanjut tentang Pancasila, maka kalian perlu mengkajinya melalui perspektif filsafat. Sama halnya yang dilakukan oleh founding fahter, mereka berkontemplasi merumuskan dasar negara dan ideologi negara, merenungkan nilai-nilai filosifis yang menjadi identitas bangsa Indonesia hingga akhirnya menemukan PANCASILA. Untuk memperluas wawasan anda tentang Pancasila, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan konsep sistem dan filsafat Mampu menjelaskan konsep dan urgensi Pancasila sebagai sistem filsafat PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Kuliah Tatap Maya Pertemuan XI Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21 4, M 21.1 M 21.2
Kuliah Tatap Maya
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
Materi Kuliah-Pancasila sebagai Sistem Filsafat
MATERI KULIAH 10. Pancasila sebagai Sistem Filsafat
Materi Pertemuan XI
Label (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS PROYEK BELAJAR PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Tugas Pertemuan 11 Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1 M 21.2
Tugas C20D (Rhita Tuken)
Tugas C20E (Ritha Tuken)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT. Fokus kajiannya ialah ontologi, epistemologi dan aksiologi Pancasila. Untuk memperluas wawasan anda tentang Pancasila, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis ontologi Pancasila Mampu menganalisis epistemologi Pancasila Mampu menganalisis aksiologi Pancasila PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Kuliah Tatap Maya
Label
FORUM DISKUSI KELAS 30A, 30B, 30C
FORUM DISKUSI KELAS BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Label
MATERI KULIAH 11. Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pancasila
Materi Kuliah- Pancasila sebagai Sistem Filsafat
Label
Tugas 11. ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI PANCASILA (30A, 30B, 30C)
Tugas 11. ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI PANCASILA (KELAS BC.21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian mempelajari PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA. Selain menjadi dasar dan ideologi negara, Pancasila juga menjadi sistem etika yang disusun untuk memberikan panduan kepada setiap negara dalam bersikap dan berperilaku. Anda sebagai mahasiswa termasuk bagian dari anggota masyarakat ilmiah-akademik memerlukan etika dalam membuat dan mengambil keputusan. Sebab keputusan ilmiah yang diambil tanpa pertimbangan moralitas, dapat menjadi bumerang bagi dunia ilmiah itu sendiri sehingga menjadikan dunia ilmiah itu hampa nilai (value -free). lalu seperti apakah konsep Pancasila sebagai etika?... Untuk memperluas wawasan anda tentang Pancasila, silahkan anda membaca materi kuliah berikut CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menjelaskan konsep etika Mampu menjelaskan konsep dan urgensi Pancasila sebagai sistem etika PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Pertemuan 13. KuliahTatap Maya kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Kuliah Tatap Maya
Materi Kuliah Pancasila Sebagai Sistem Etika
MATERI KULIAH 12. Pancasila sebagai Sistem Etika
Label
Tugas Belajar: Proyek Belajar Pancasila sebagai Sistem Etika
Tugas Pertemuan 13 Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA. Seringkali dalam pelaksanaannya Pancasila sebagai sistem etika mengalami tantangan, mengikuti dinamika dan perkembangan kehidupan masyarakat, bangsa Indonesia bahkan dalam tatanan pemerintahan (birokrasi), seperti apakah tantangannya?, silahkan anda pelajari materi berikut: CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis dinamika Pancasila sebagai sistem etika Mampu menganalisis tantangan Pancasila sebagai sistem etika PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Kuliah Tatap Maya
MATERI KULIAH 13. Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Etika
Label
Tugas 14. DINAMIKA DAN TANTANGAN PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA (Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2)
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu salam sejahtera bagi kita semua.... Pada pertemuan hari ini, kalian masih mempelajari AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA. jTerkadang, mahasiswa bahkan masyarakat masih bingung seperti apa wujud nilai dari setiap sila-sila Pancasila. Inilah salah faktor yang juga ikut mempengaruhi pengamalan dari nilai-nilai Pancasila. Anda sebagai mahasiswa, calon pendidik punya kewajiban untuk mensosialisasikan dan mempraktikkan nilai-nilai Pancasila, lalu seperti apakah wujudnya nilai-nilai Pancasila itu?, silahkan anda pelajari materi berikut: CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mempelajari materi perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan: Mampu menganalisis aktualisasi nilai-nilai Pancasila PERHATIAN : Harap dibaca secara teliti setiap petunjuk yang telah dituliskan agar kuliah daring terlaksana dengan efektif.
Course Modules
Kuliah tatap Maya Pertemuan 15 Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M 21.1, M 21.2
MATERI KULIAH 14. Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila
45 BUTIR NILAI-NILAI PANCASILA
Label (copy)
Tugas Proyek. Mengkampanyekan Nilai-Nilai Pancasila Di Media Sosial
Tugas Pertemuan ke-15 (Kelas BC 21.1, BC 21.2, BC 21.3, BC 21.4, M21.1, M21.2
Alhamdulillah , puji syukur kita senantiasa panjatkan atas karunia yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia dan rahmat-NYA sehingga kita sudah menyelesaikan perkuliahan selama 15 kali, tibalah saatnya pada pertemuan ke-16 ini, kalian UJIAN AKHIR SEMESTER , untuk mengukur pengetahuan kalian atas materi kuliah yang telah dipelajari. Untuk menguji wawasan kalian, silahkan kerjakan Soal Ujian Akhir Semester Berikut:
Course Modules
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER (Kelas BC 91, BC 92, BC 93)
FINAL C20D, C20E, DAN C20F (Ritha Tuken)
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER