Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
KONSEP DASAR BIOLOGI DAN IPBA
Universitas Tanjungpura

KONSEP DASAR BIOLOGI DAN IPBA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

KARTONO

Universitas Tanjungpura
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah Konsep Dasar Biologi dan IPBA memberikan pengalam belajar mahasiswa untuk melakukan analisis dan pemecahan masalah berkaitan konsep-konsep dan teori dasar tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan serta Alam Semesta. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menguraikan pengetahuan dasar mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tatasurya, serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari hari. Dalam perkuliahan ini dibahas mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tata surya. Materi Pembelajaran Mahluk Hidup Mahluk Hidup dan Lingkunganya Perkembangbiakan Mahluk Hidup Sistem Pada Manusia Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya Tumbuhan dan Hewan Alam Semesta dan Tata Surya Bumi dan Alam Semesta Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai mahluk hidup dan proses kehidupannya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai tubuh anatomi dan fisiologi tubuh manusia dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai tumbuhan dan hewan beserta struktur dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai bumi dan alam semesta secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari

Course Syllabus

DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah Konsep Dasar Biologi dan IPBA memberikan pengalam belajar mahasiswa untuk melakukan analisis dan pemecahan masalah berkaitan konsep-konsep dan teori dasar tentang Mahluk Hidup dan Proses Kehidupan serta Alam Semesta. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menguraikan pengetahuan dasar mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tatasurya, serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di sekolah dasar dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari hari. Dalam perkuliahan ini dibahas mahluk hidup dan proses kehidupannya, bumi alam dan tata surya. Materi Pembelajaran Mahluk Hidup Mahluk Hidup dan Lingkunganya Perkembangbiakan Mahluk Hidup Sistem Pada Manusia Makanan, Kesehatan, Penyakit dan Pencegahannya Tumbuhan dan Hewan Alam Semesta dan Tata Surya Bumi dan Alam Semesta Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai mahluk hidup dan proses kehidupannya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai tubuh anatomi dan fisiologi tubuh manusia dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari. Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai tumbuhan dan hewan beserta struktur dan fungsinya secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari Mahasiswa mampu menguraikan konsep/pemahaman dasar mengenai bumi dan alam semesta secara komprehensif serta dapat mengaplikasikannya dalam pembelajaran IPAdi sekolah dasar dan memecahkan masalah kehidupan sehari hari
Course Modules
Pada Bab Ini, anda akan membahas kehidupan. Pertanyaan pertama yang ingin dijawab oleh para ilmuwan sejak dahulu kala adalah dari mana kehidupan di bumi berawal. Apakah makhluk hidup tercipta begitu saja atau diciptakan oleh Tuhan? Kajian ini menarik para ilmuwan hingga kini dan belum terjawab secara meyakinkan. Selain itu, anda akan membahas ciri kehidupan. Apakah Anda sudah mengenalnya? Tentu saja, karena materi ini sudah anda pelajari sejak duduk di bangku SD. Mari kenali ciri kehidupan mulai dari diri anda sendiri. Selain itu, anda juga akan membahas organisasi kehidupan, mulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan organisme. Dengan mempelajari materi pada modul ini, kami yakin Anda akan memperoleh bekal yang cukup untuk menguraikan materi yang berkenaan dengan kehidupan dan dapat digunakan untuk membelajarkan konsep tersebut di sekolah dasar. Dengan demikian, sebagai calon seorang guru profesional, Anda akan lebih percaya diri dalam menjalankan tugas yang telah menunggu di masa mendatang. Modul ini disajikan dalam tiga kegiatan belajar, yaitu Kegiatan Belajar 1 tentang asal mula kehidupan; Kegiatan Belajar 2 tentang ciri-ciri makhluk hidup; dan Kegiatan Belajar 3 tentang organisasi kehidupan. Capaian pembelajaran yang diharapkan setelah mempelajari modul ini, anda diharapkan mampu menjelaskan teori asal mula kehidupan, ciri-ciri makhluk hidup, dan organisasi kehidupan. Secara lebih rinci, setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat : menjelaskan dan memberikan contoh teori : abiogenesis, biogenes; evolusi kimia/neoabiogenesis; panspermia, dan penciptaan, membedakan makhluk hidup dari makhluk tak hidup, menjelaskan ciri-ciri fisiologis makhluk hidup yang membedakannya dengan makhluk tak hidup, menjelaskan perbedaan dan persamaan antara hewan dan tumbuhan, membedakan antara sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme, menjelaskan organisasi kehidupan yang terjadi di alam, menjelaskan hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungan.
Course Modules
SYNCROUNUS/TATAP MUKA : 2. MAHLUK HIDUP
KEGIATAN BELAJAR 1 : Asal Mula Kehidupan
BAHAN AJAR
FORUM DISKUSI
Tes Formatif Kegiatan Belajar 1
TUGAS
KEGIATAN BELAJAR 2 : CIRI CIRI MAHLUK HIDUP
KULIAH KB_2 CIRI MAHLUK HIDUP
FORUM DISKUSI
Tugas 2
Tes Formatif Kegiatan Belajar 2
KEGIATAN BELAJAR 3
FORUM DISKUSI
Tes Formatif Kegiatan Belajar 3
Keberadaan makhluk hidup di muka bumi ini tidak terpisahkan dengan lingkungan, diantara keduanya terdapat ketergantungan dalam memenuhi kebutuhan untuk melakukan berbagai aktivitas hidupnya. Oleh karena itu, guna memperoleh pemahaman keduanya dalam mempelajari lingkungan hidup kita perlu memahami konsep - konsep ekologi. Ekologi merupakan salah satu dasar ilmu lingkungan juga merupakan suatu cara pendekatan dalam mempelajari makhluk-makhluk hidup, sedangkan kajian dasar adalah populasi dan komunitas. Mempelajari ekologi sangat penting, karena masa depan kehidupan organisma sangat tergantung pada hubungan ekologi yang berlangsung di bumi. Meskipun perubahan terjadi di tempat lain di bumi ini, namun akibatnya akan kita rasakan pada lingkungan di sekitar kita. Meskipun ekologi adalah cabang dari biologi, namun seorang ahli ekologi harus menguasai ilmu lain seperti kimia, fisika, dan ilmu komputer. Ekologi juga berhubungan dengan bidang ilmu-ilmu tertentu seperti geologi, meteorologi, dan oseanografi, guna mempelajari lingkungan dan hubungannya antara tanah, air, dan udara. Pendekatan dari berbagai ilmu membantu ahli ekologi untuk memahami bagaimana lingkungan nonhidup mempengaruhi mahkluk hidup. Hal ini juga bisa membantu untuk memperkirakan atau meramalkan dampak dari masalah lingkungan seperti hujan asam atau efek rumah kaca. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik (interaksi) antara makhluk hidup dan lingkungannya, baik biotik (makhluk hidup ) maupun abiotik (benda - benda mati). Dalam ekologi kita mempelajari makhluk - makhluk hidup itu sebagai suatu kesatuan atau sistem dengan lingkungannya. Di dalam lingkungan hidup ini terdapat saling hubungan antar komponennya dan membentuk ekosistem. Sedangkan komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivor, karnivor dan omnivor) dan dekomposer atau pengurai (mikroorganisme). Di dalam suatu ekosistem senantiasa terjadi berbagai dinamika kehidupan seperti rantai makanan, jaring - jaring makanan, pembentukan biomassa, piramida makanan, siklus materi, aliran energi dan lain - lain. Dalam mengembangkan kesimpulan rantai makanan yaitu dengan adanya produsen, konsumen dan dekomposer maka dapat digunakan untuk membahas aliran energi dalam ekologi. Pada rantai makanan masing - masing kelompok organisme yang mempunyai jarak transfer makanan dari sumber energi akan menempati suatu tingkatan trofik tertentu. Pada umumnya produsen akan mempunyai tingkat trofik yang paling rendah. Secara umum CAPAIAN PEMBELAJARAN yang diharapkan adalah, menjelaskan tentang ekologi dan saling ketergantungan antara makhluk hidup (aksi interaksi). Setelah mempelajari bahan pembelajaran ini, secara khusus Anda diharapkan dapat : 1. Menjelaskan organisasi makhluk hidup mulai dari individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. 2. Menjelaskan perbedaan antara rantai makanan dengan jaring - jaring makanan. Untuk membantu Anda mencapai capaian pembelajaran tersebut, bahan pembelajaran ini diorganisasikan menjadi dua Kegiatan Belajar, sebagai berikut : Kegiatan Belajar (KB) 1 : Ekologi. Kegiatan Belajar (KB) 2 : Saling ketergantungan antara makhluk hidup (Aksi Interaksi). Untuk membantu Anda dalam mempelajari KEGIATAN BELAJAR ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini : 1. Untuk memperluas wawasan, baca dan pelajari sumber - sumber lain yang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber, termasuk dari internet. 2. Mantapkan pemahaman Anda dengan mengerjakan tugas dan melalui kegiatan diskusi dengan mahasiswa lainnya. 3. Jangan dilewatkan untuk mengerjakan tes formatif yang terdapat pada setiap akhir kegiatan belajar. SELAMAT BELAJAR
Course Modules
Kegiatan Belajar 1
Kegiatan Belajar 2
Web Meeting :Mahluk Hidup dan Lingkungan
    BAHAN PEMBELAJARAN
Materi : File Presentasi
Materi video Ekologi
Video : Ekosistem
Video : Interaksi Mahluk Hidup & Linkungan
FORUM DISKUSI
Tugas : Latihan
Tes Formatif Mahluk Hidup dan Linkungan
PENDAHULUAN Pada materi sebelum nya sudah kita bahas tentang ciri mahluk hudup, mahluk hidup dan lingkungannya. Tentu Anda sudah memahaminya bukan? Kalau begitu marilahkita lanjutkan pembahasan kita pada Bahan ajar Bagian 3, yaitu tentang perkembangbiakan makhluk hidup. Seperti telah kita ketahui bahwa semua makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan cepat atau lambat akan mengalami kematian, oleh karena itulah makhluk hidup perlu berkembang biak. Perkembangbiakan makhluk hidup dapat terjadi secara vegetatif dan atau generatif. Dengan memahami uraian materi pada bahan ajar ini, kami yakin Anda akan memperoleh bekal yang cukup untuk mengajarkan materi perkembangbiakan makhluk hidup di Sekolah Dasar. Selain itu, dalam bahan ajar ini disajikan pula tentang teknik-teknik dasar pemuliaan tanaman dan hewan temak. Bahan ajar ini disajikan dalam tiga kegiatan belajar, yaitu: Kegiatan Belajar 1, Perkembangbiakan pada tumbuhan. Kegiatan Belajar 2, Perkembangbiakan pada hewan dan manusia. Kegiatan Belajar 3, Pemuliaan tanaman dan hewan ternak. Setelah mempelajari bahan ajar ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan bagaimana makhluk hidup melakukan perkembangbiakan. Secara lebih rinci, capaian pembelajaran setelah mempelajari bahan ajar ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan: proses perkembangbiakan pada tumbuhan; proses perkembangbiakan hewan dan manusia; pemanfaatan teknologi dalam peningkatan kualitas keturunan pada tumbuhan; pemanfaatan teknologi dalam meningkatkan kualitas keturunan pada hew an Agar semua capain pembelajaran tersebut dapat tercapai, Anda diharapkan membaca bahan ajar ini dan memahaminya dengan seksama, serta melakukan semua kegiatan yang ada serta memperkaya menggunakan sumber lain yang relevan.
Course Modules
Kegiatan Belajar 1 : Perkembangbiakan pada tumbuhan
Kegiatan Belajar 2 : Perkembangbiakan pada hewan dan manusia
Kegiatan Belajar 3 : Pemuliaan tanaman dan hewan ternak
    BAHAN PEMBELAJARAN (copy)
Bahan ajar : Presentasi
Video Perkembangbiakan Tumbuhan
Video Perkembangbiakan Hewan
Video Reproduksi manusia
Video Organ reproduksi Wanita
Video siklus menstruasi
FORUM DISKUSI : PERKEMBANGBIAKAN MAHLUK HIDUP
Tugas : Latihan Perkembangbiakan Mahluk Hidup
Tes Formatif Perkembangbiakan Mahluk Hidup
Pada bahan ajar ini Anda diajak untuk mengkaji dan mempelajari system pada manusia diantaranya system pencernaan, system pernafasan, system peredaran darah, system gerak, dan system indra. Dengan mempelajari bahan ajar ini dengan baik, Anda akan memiliki pemahaman yang baik tentang beberapa system pada manusia. Bahan ajar ini disajikan dalam 5 kegiatan belajar, yaitu: Kegiatan Belajar 1, System Pencernaan Makanan Kegiatan Belajar 2, System Penafasan. Kegiatan Belajar 3, System Peredaran Darah Kegiatan Belajar 4, System Gerak Kegiatan Belajar 5, System Indra. Setelah mempelajari bahan ajar ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan system pada manusia. Secara lebih rinci, capaian pembelajaran setelah mempelajari bahan ajar ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan: Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada manusia Menentukan kelenjar yang berperan dalam proses pencernaan makanan pada manusia Menganalisis gangguan yang terjadi pada pencernaan manusia Menentukan alat-alat penyusun pernapasan Menjelaskan proses pernapasan yang terjadi pada manusia Mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada pernapasan manusia Menentukan organ penyusun system peredaran darah Menjelaskan proses peredaran darah pada manusia Menganalisis kelainan dan gangguan pada system peredaran darah Menentukan macam-macam alat gerak pada manusia Menjelaskan mekanisme kerja otot untuk menimbulkan gerak Menentukan macam-macam tulang penyusun rangka manusia Membedakan t fungsi otot dan rangka system gerak yang terjadi pada manusia Menentukan salah satu bagian-bagian (struktur) panca indera manusia Menjelaskan proses pendengaran yang terjadi pada manusia Mengidentifikasi gangguan yang terjadi pada salah satu indera manusia. Agar semua capain pembelajaran tersebut dapat tercapai, Anda diharapkan membaca bahan ajar ini dan memahaminya dengan seksama, serta melakukan semua kegiatan yang ada serta memperkaya menggunakan sumber lain yang relevan.
Course Modules
Kegiatan Belajar 1
Kegiatan Belajar 2
Kegiatan Belajar 3
    BAHAN PEMBELAJARAN (copy) (copy)
Video Pembelajaran : Sistem Pencernaan Makanan
Video Pembelajaran : Sistem Pernafasan
Video Pembelajaran : Sistem Pernafasan
Video Pembelajaran : Mekanisme Pernafasan
Video Pembelajaran : Mekanisme Pernafasan Dada dan Perut)
Video Pembelajaran : Gangguan Pernafasan
Video Pembelajaran : Jantung dalam sistem peredaran darah
Video Pembelajaran : Struktur & Fungsi Darah dalam sistem peredaran darah
Video Pembelajaran : Gangguan/Kelainan sistem peredaran darah (copy)
FORUM DISKUSI
Tugas : Latihan
Kegiatan Belajar 4
Kegiatan Belaja 5
    BAHAN PEMBELAJARAN (copy) (copy)
Video Pembelajaran : Sistem Gerak
Video Pembelajaran : Gangguan pada sistem gerak
Video Pembelajaran : Sistem Indra Mata dan telinga
Video Pembelajaran : Sistem Ind Peraba
Video Pembelajaran : Sistem Ind Pembau dll
FORUM DISKUSI
Tugas : Latihan
Tes Formatif Sistem pada Manusia
Selamat, Anda telah menyelesaikan 4 Topik pembelajaran (Ciri Mahluk Hidup, Mahluk Hidup dan Lingkungannya, Perkembangbiakan Mahluk Hidup dan Sistem pada Manusia). Selanjutnya, silahkan Anda kerjakan Ujian Tengah Semester. Ujian Tengah Semester ini sebagai rangkaian penilaian untuk memastikan sejauh mana ketercapain capaian pembelajaran mata kuliah yang telah ditetapkan. Ujian Tengah semester ini memiliki bobot 30 % dari keseluruhan penilaian. Sebelum mengerjakan Ujian Tengah Semester ini persiapkan dengan baik dan perhatikan jadwal dan limit waktu yang disediakan. Selamat Mengerjakan.
Course Modules
UJIAN TENGAH SEMESTER
PENDAHULUAN Pada Topik ini dibahas tentang makanan, kesehatan, penyakit, dan pencegahannya. Makanan merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Makanan memiliki hubungan erat dengan kesehatan dan penyakit. Oleh karena itu, jenis, porsi konsumsi, dan kebersihan makanan berpengaruh terhadap kesehatan dan kernungkinan timbulnya suatu penyakit. Penyakit yang biasa menyerang manusia ada bermacam-macam. Selain penyakit yang mempunyai kaitan dengan makanan, ada pula penyakit yang berkaitan dengan sanitasi lingkungan, kebersihan individu dan keturunan. Penyakit yang jelas diketahui penyebabnya akan lebih mudah untuk diobati dan diupayakanpencegahannya. Dengan memahami materi Topik ini, diharapkan Anda akan mendapatkan bekal yang cukup materi makanan, kesehatan, penyakit, dan pencegahannya untuk bahan pembelajaran di Sekolah Dasar. Topik ini disajikan dalam dua kegiatan belajar, yaitu sebagai berikut. Kegiatan Belajar 1 : Makanan. Kegiatan Belajar 2 : Kesehatan, penyakit, dan pencegahannya. Setelah mempelajari Topik ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan arti dan fungsi makanan, kesehatan, berbagai macam penyakit, dan usaha mencegah timbulnya penyakit. Secara lebih rinci, setelah mempelajari modul ini, Anda diharapkan dapat: menentukan zat makanan yang terdapat pada bahan makanan tertentu; menjelaskan fungsi zat makanan dengan benar; menentukan penyakit/penyimpangan dalam tubuh yang akan terjadi akibat kurang/lebih mengkonsumsi zat makanan tertentu; menentukan penyebab suatu penyakit/penyimpangan dalam tubuh dengan tepat; menjelaskan ciri penyakit yang berhubungan dengan makanan; menganalisis menu sehat dengan berpatokan pada pedoman susunan makanan sehat; menjelaskan cara mengajarkan makanan sehat dengan benar; membedakan usaha kesehatan perorangan dan usaha kesehatan masyarakat; membedakan usaha ke eh atan perorangan dan usaha kesehatan lingkungan; menentukan penyebab penyakit secara tepat berdasarkan data yang diberikan; menentukan organisme penyebab penyakit secara tepat berdasarkan data yang diberikan; menjelaskan pencegahan penyakit menular dengan benar; menjelaskan karakteristik penyakit yang diwariskan; membedakan karakteristik orang tua dari penderita penyakit yang diwariskan; menentukan kemunculan penyakit yang diwariskan pada suatu kasus tertentu; menjelaskan cara mengajarkan kesehatan dan penyakit serta pencegahannya. Agar semua tujuan dapat tercapai, Anda diharapkan membaca modul sampai selesai, memahaminya dan melakukan semua kegiatan yang dirninta. Untuk menunjang terlaksananya kegiatan, Anda perlu menyiapkan semua peralatan dan bahan yang perlu disediakan.
Course Modules
Kegiatan Belajar 1 : Makanan dan Kesehatan
Kegiatan Belajar 2 : Penyakit dan Pencegahannya
Tatap Muka/Web Meeting : 10. Makanan, Kesehatan dan Penyakit
    BAHAN PEMBELAJARAN    
MATERI PEMBELAJARAN
Video Makanan sehat dan bergizi
Video Zat Gizi pada Makanan
Video Pola Makan sehat
Video Penyakit menurun
Video Penyakit menular dan tidak menular
Video Penyakit menurun melalui autosom dan gonosom
FORUM DISKUSI : Makanan, Kesehatan dan Penyakit
Web Meeting : 11. Makanan, Kesehatan dan Penyakit
Tugas : Latihan Makanan Kesehatan dan Penyakit
Tes Formatif : Makanan, Kesehatan dan Penyakit
Pada pembahasan sebelumnya Anda telah mengkaji tentang Manusia sebagai mahluk hidup beserta segala sistem yang terdapat di dalamnya, dilanjutkan pada pembahasan Makanan, keseshatan dan penyakit. Pada topik ini Anda akan mengkaji dan membahas seputar tumbuhan dan hewan sebagai mahluk hidup. Diharapkan setelah mengkaji dan mempelajari topik bahasan ini Anda akan dapat: menjelaskan organ tumbuhan; menjelaskan proses fisiologi pada tumbuhan; menjelaskan dasar klasifikasi tumbuhan; menjelaskan dasar klasifikasi hewan; menjelaskan organ hewan; menjelaskan proses fisiologi pada tubuh hewan. Topik ini disajikan dalam dua kegiatan belajar, yaitu sebagai berikut. Kegiatan Belajar 1 : Tumbuhan. Kegiatan Belajar 2 : Hewan. Selamat Belajar !
Course Modules
Kegiatan Belajar 1 : Tumbuhan
Web Meeting : 12. Tumbuhan
BAHAN PEMBELAJARAN
VIDEO ORGAN TUMBUHAN
VIDEO ORGAN TUMBUHAN @2
FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 1 (TUMBUHAN)
Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 1 (Tumbuhan)
Tes Formatif : Kegiatan Belajar 1 ( Tumbuhan )
Kegiatan Belajar 2 : Hewan
Web Meeting : 13. HEWAN
BAHAN AJAR (Video Pembelajaran Klasifikasi Hewan)
BAHAN AJAR (Video Pembelajaran Klasifikasi Hewan) (copy)
FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 2 ( HEWAN)
Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 2 ( Hewan)
Tes Formatif : Kegiatan Belajar 2 ( Hewan)
PENDAHULUAN Manusia, hewan, dan tumbuhan hidup dipermukaan bumi yang sangat luas. Bumi yang kita tempati ini merupakan planet ketiga dalam tata surya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit-satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksi dengan jarak yang besar dan masing-masing berukuran besar pula. Galaksi kita, yaitu tempat dengan matahari sebagai salah satu anggotanya dinamakan galaksi Bima sakti yang dalam bahasa inggrisnya disebut Milky Way. Pada Topik bahasan ini akan dipelajari mengenai bintang dan galaksi, karakteristik galaksi, bentuk galaksi, alam semesta, teori pembentukan alam semesta yang terdiri dari teori big bang; teori keadaan tunak; serta teori osilasi, tata surya, proses terbentuknya tata surya, karakteristik seluruh anggota tata surya, dan penerbangan angkasa. Capaian Pembelajaran bahasan ini adalah untuk memahami alam semesta dan tata surya, sedangkan sub capaian pembelajarannnya adalah agar mahasiswa dapat : Menjelaskan pengertian-pengertian tentang biintang, galaksi, planet, gerhana, dan sebagainya. Menjelaskan asal-usul teori pembentukan alam semesta Menjelaskan teori-teori pembentukan tata surya Menjelaskan karakteristik anggota tata surya Menjelaskan gejala-gejala yang terjadi pada tata surya Menjelaskan klasifikasi anggota tata surya Menjelaskan klasifikasi planet Menjelaskan mengenai asteroid, meteorid, meteorit, dan meteor Menjelaskan gerak rotasi dan revolusi pada planet Menjelaskan manfaat penerbangan antariksa bagi kehidupan manusia Bahan ajar ini mencakup tiga kegiatan belajar, yaitu Kegiatan belajar 1; Bintang dan Galaksi Kegiatan belajar 2; Tata surya dan karakteristik matahari Kegiatan belajar 3; Planet, komet, meteor, asteroid, serta penerbangan ruang angkasa.
Course Modules
Web Meeting : 14. ALAM SEMESTA DAN TATA SURYA
Kegiatan Belajar 1 : Bintang dan Galaksi
FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 1 ( Bintang dan Galaksi)
Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 1 ( Bintang dan Galaksi)
Tes Formatif : Kegiatan Belajar 1 ( )
Kegiatan Belajar 2 : TATA SURYA
Kegiatan Belajar 3 : PLANET KOMED ASREROID DAN PENERBANGAN RUANAG ANGKASA
FORUM DISKUSI : Kegiatan Belajar 2 & 3 ( TATA SURYA & PLANET)
Tugas : Latihan Kegiatan Belajar 2 ( TATA SURYA DAN PLANET)
Tes Formatif : Kegiatan Belajar 2 & 3 (Tata Surya & Planet)
Oksigen, air, dan kondisi lingkungan merupakan bagian dari kebutuhan dasar yang diperlukan makhluk hidup untuk mampu bertahan. Semua faktor yang diperlukan makhluk hidup tersebut tersedia di planet tempat kita tinggal, yaitu Bumi. Kebutuhan dasar yang diperlukan makhluk hidup seperti yang telah diuraikan sebelumnya. Secara lengkap dan memadai tidak oleh planet lain di manapun di tata surya. Di antara bentangan jagat raya yang luasnya tak terbatas, planet Bumi sebenarnya hanyalah sebuah planet kecil yang tampak tidak lebih dari setitik debu di tata surya. Namun, Bumi begitu unik dan berbeda dari planet maupun benda langit lain. Bumi adalah mukjizat dalam alam semesta. Manusia, hewan, dan tumbuhan hidup dipermukaan bumi yang sangat luas. Bumi yang kita tempati ini merupakan planet ketiga dalam tata surya. Tata surya yang terdiri dari matahari, planet-planet, satelit- satelit, komet, meteor, dan asteroid hanyalah satu dari jutaan bintang yang bergabung dalam suatu kelompok yang dikenal dengan nama galaksi. Dalam alam semesta ini terdapat ribuan galaksi yang berjarak relatif jauh dan berukuran relatif besar. Capaian Pembelajaran Menguasai konsep bumi, kedudukannya dalam sistem alam semesta dan aplikasinya dalam pembelajaran di SD Menguasai konsep alam semesta, teori terbentuknya alam semesta serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD Menguasai konsep tata surya, kedudukan matahari dalam susunan tata surya, serta aplikasinya dalam pembelajaran di SD
Course Modules
Web Meeting 15 :Pengantar Kuliah Bumi dan Alam Semesta
Kegiatan Belajar : BUMI DAN ALAM SEMESTA
Bahan Ajar Presentasi
Video Bumi dan alam Semesta
Video Letosfir Bumi
Video kondisi Bumi, bulan dan gerhana
Video Lapisan Bumi
FORUM DISKUSI : Bumi dan Alam semesta
Tugas : Latihan Bumi dan Alam semesta
Selamat, Anda telah menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan perkuliahan dari Topik pertama sampai dengan topik yang terakhir. Kini saatnya Anda melakukan Ujian Akhir Semester. Ujian akhir semester dilakukan secara online melalui aplikasi ini, dan dilaksanakan sesuai jadwal perkuliahan. Diharapkan mahasiswa untuk mempersiapkan secara baik dan sungguh sungguh ! Terima kasih.
Course Modules
UJIAN AKHIR SEMESTER