Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

PERENCANAAN DAN EVALUASI PROMOSI KESEHATAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WINDI CHUSNIAH RACHMAWATI

Universitas Negeri Malang
AREAS:
Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Course Description

Tahun Akademik: Gasal 2023/2024 Deskripsi: Analisis Situasi Masyarakat; Teori perencanaan dan evaluasi program promosi kesehatan; Model Perencanaan promosi kesehatan; Pengembangan Work Plan; Pengembangan Indikator dan Target; Evaluasi Program Promosi Kesehatan; Model Evaluasi promosi kesehatan; Keberlangsungan Program; Implementasi dan evaluasi program promosi kesehatan Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasikan konsep dasar perencanaan dan evaluasi program promosi kesehatan serta mengidentifikasi permasalahan kesehatan masyarakat berbasis evidence. Daftar Pustaka: Dignan, M.B dan Carr, P.A.1992. Program Planning for Health Education and Promotion. Second Edition. Pennsylvania: Lea and Febiger Fertman, C.L. dan Allensworth, D.D. 2010. Health Promotion Program. United States of America: Josey-bass A Wiley Imprint Green, L.W., Kreuter, M.W., Deeds, S.g., and Patridge, K.B. 1980. Health Education Planning : A diagnostic Approach. USA: Mafied Publishing Company Kholid, Ahmad. 2012. Promosi Kesehatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Hartono, Bambang. 2010. Promosi kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Jakarta : Rineka Cipta Maulana, H.D., Sos, S. and Kes, M., 2009. Promosi kesehatan. EGC. Eldredge, L.K.B., Markham, C.M., Ruiter, R.A., Kok, G. and Parcel, G.S., 2016. Planning health promotion programs: an intervention mapping approach. John Wiley & Sons. Bauman, A., & Nutbeam, D. (2013). Evaluation in a nutshell: a practical guide to the evaluation of health promotion programs. Mcgraw hill. Edelman, C.L., Mandle, C.L. and Kudzma, E.C., 2017. Health Promotion Throughout the Life Span-E-Book. Elsevier Health Sciences.

Course Syllabus


Course Modules
HALO!!
Halo teman-teman mahasiswa, pada pertemuan pertama saat ini membahas tentang kontrak dan pengantar perkuliahan selama 15 minggu kedepan. Dibawah ini terdapat RPS dan SAP yang dapat teman-teman baca untuk lebih memahami rencana perkuliahan kita.
Course Modules
Pada pertemuan minggu ke 2 ini kita sudah mulai belajar tentang Konsep Perencanaan dan Evaluasi serta Masalah kesehatan di Indonesia. Selain teman-teman belajar dengan mendengarkan dosen melalui media PPT, teman-teman juga akan belajar bersama dengan menggunakan modul interaktif yang sudah kita download sebelumnya!! MARI KITA MULAI!!
Course Modules
Konsep Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan beserta Masalah Kesehatan di Indonesia
Pada minggu sebelumnya kita telah mempelajari tentang berbagai masalah kesehatan di Indonesia. Disetiap daerah atau wilayah akan berbeda jenis masalah kesehatan yang dialami oleh masyarakat, oleh karena itu kita sebagai petugas kesehatan sebaiknya melakukan identifikasi dan perumusan masalah agar lebih fokus dalam menentukan program yang akan kita rencanakan. Bacalah bahan ajar berupa PPT ini untuk lebih memperdalam pemahaman teman-teman. SELAMAT MEMBACA!!
Course Modules
Identifikasi dan Perumusan Masalah
Pada minggu sebelumnya kita telah mempelajari tentang konsep dan cara melakukan identifikasi dan perumusan masalah , tahap selanjutnya yang sebaiknya dilakukan adalah menganalisis penyebab-penyebab dari permasalah yang timbul, karena dengan demikian program yang akan kita rencanakan dapat membantu memecahkan masalah pada akar penyebabnya. Bacalah bahan ajar berupa PPT ini untuk lebih memperdalam pemahaman teman-teman. SELAMAT MEMBACA!!
Course Modules
Perumusan dan Prioritas Masalah

Course Modules
Problem Cycling
Pada pertemuan 6 ini kita akan membahas tentang Konsep Precede-Proceed yang biasanya digunakan Promotor Kesehatan sebagai alat untuk membantu dalam melakukan analisis kebutuhan maupun permasalahan kesehatan masyarakat melalui Program Promosi Kesehatan yang sesuai dengan keadaan di lapangan atau berbasis data dan fakta yang ada dimasyarakat. Simak PPT dibawah ini dan jangan lupa untuk mengakses video penjelasan dan infograsi tentang PRECEDE pada Modul berbasis aplikasi diatas yaa!! Selamat belajar!!
Course Modules

Course Modules
Penentuan Alternatif Solusi
Jangan lupa belajar yaa, kerjakan secara jujur. Semoga mendapatkan hasil yang maksimal! SEMANGAT!! - Awali dengan berdoa - Kerjakan sesuai dengan waktu yang ditentukan - Klik start quiz jika teman-teman sudah siap mengerjakan - Jangan lupa dengan batas waktu pengerjaan
Course Modules

Course Modules
Perencanaan Promosi Kesehatan

Course Modules
Contoh Proposal Promosi Kesehatan
Pada pertemuan 11 ini teman-teman mahasiswa melakukan presentasi proposal kegiatan. Aturan presentasi sebagai berikut :
Course Modules
SELAMAT!! Teman-teman sudah sukses melakukan Implementasi kegiatan. Bagaimana seru bukan melakukan Promosi Kesehatan.
Course Modules
Tahap perencanaan sampai dengan pelaksanaan program sudah teman-teman lakukan. Jangan lupa untuk mengerjakan laporan kegiatan yaa.
Course Modules
Berikut merupakan format laporan akhir yang dapat digunakan teman-teman dalam menyusun Laporan akhir beserta seluruh substansinya.
Course Modules
Pada pertemuan 15 ini teman-teman mahasiswa melakukan pengumpulan laporan akhir secara individu dan presentasi proposal kegiatan. Aturan presentasi sebagai berikut : Laporan individu dikumpulkan melalui link yang telah tersedia sesuai dengan offering masing-masing, dengan ketentuan : Diunggah masing-masings secara individu Format dokumen .pdf Format nama dokumen : OFF_NIM_NAMA Pertemuan 15 ini teman-teman kita akan bertemu secara vitual melalui link zoom meeting, dengan agenda teman-teman akan memaparkan Laporan Akhir dan Luaran kegiatan promosi kesehatan. Pertemuan 15 ini juga akan menentukan masing-masing item kegiatan yang telah teman-teman lakukan, serta sistem evaluasi yang akan digunakan. Sekaligus menampilkan pencapaian luaran mata kuliah.
Course Modules
Tidak terasa kita sudah dalam penghujung pertemuan di mata kuliah Perencanaan dan Evaluasi Promkes. Teman-teman juga sudah melaksanakan implementasi kegiatan dengan sangat baik. Pada pertemuan 16 ini teman-teman akan diminta untuk melakukan penilaian sejawat, dimana ini juga menjadi salah satu indikator penilaian pada mata kuliah ini. Diharapkan diisi sesuai dengan kinerja dari kelompok yaa. Isilah sesuai dengan Offering masing-masing, perhatikan setiap petunjuk pengisian yang sudah tertera dalam g.form. Selamat menilai!!!
Course Modules