Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

Bahasa Indonesia

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DEWI RATNANINGSIH

Universitas Muhammadiyah Kotabumi
AREAS:
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Course Description

Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dalam berbagai aspek kebahasaan, ilmu sastra, ilmu pendidikan, dan keterampilan berbahasa serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, dalam sub-matakuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai konsep dalam kebahasaan, seperti hakikat bahasa, sifat dan fungsi bahasa, sejarah bahasa Indonesia, dan pengelompokan kata baku sesuai perkembangan ejaan bahasa Indonesia. Mereka juga akan memahami jenis-jenis teks dan memproduksi teks berdasarkan penulisan yang benar. Selain itu, teknik menulis karya ilmiah dan manajemen referensi (daftar pustaka) juga akan diajarkan.

Course Syllabus


Course Modules
Announcements
Pendahuluan
Persiapan Pembelajaran Melalui LMS
Ringkasan Materi Pembelajaran
Pada pertemuan ini, kita akan membahas hakikat bahasa dalam bahasa Indonesia. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan sehari-hari dan juga merupakan sistem lambang bunyi. Dalam video ini, kita akan memahami konsep dasar bahasa, termasuk definisi bahasa menurut beberapa ahli linguistik seperti George Yule dan Abdul Chaer. Mereka sepakat bahwa bahasa adalah sistem komunikasi manusia yang menggunakan lambang bunyi atau tanda. Daftar Item Materi: Pengertian bahasa. Sistem lambang bunyi. Konsep dasar bahasa. Definisi bahasa menurut George Yule. Definisi bahasa menurut Abdul Chaer. Perbandingan definisi bahasa menurut Yule dan Chaer. Sistem komunikasi dalam bahasa. Lambang bunyi dalam bahasa. Arbitrer dan konvensional. Penggunaan bahasa untuk berkomunikasi. Makna dalam bahasa. Keragaman bentuk komunikasi dalam bahasa. Pada pertemuan ini, kita telah memahami bahwa bahasa adalah sistem komunikasi manusia yang menggunakan lambang bunyi atau tanda. Definisi bahasa oleh George Yule dan Abdul Chaer memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang hakikat bahasa. Bahasa digunakan untuk berkomunikasi dan mengungkapkan pemikiran serta perasaan. Selain itu, bahasa dapat berbentuk suara, tulisan, atau gerakan. Tantangan untuk sahabat pembelajar adalah menjawab beberapa pertanyaan terkait pengertian bahasa dengan benar. Semoga materi ini telah meningkatkan pemahaman kita tentang bahasa dan bagaimana kita menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih atas perhatian sahabat pembelajar, dan mari terus semangat dalam pembelajaran!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Hakikat Bahasa Secara Umum
1.4 Hakikat Bahasa Menurut Ahli
1.5 Video Pejelasan Tentang Hakikat Bahasa
Pada pertemuan ini, kita akan membahas sifat-sifat bahasa dalam bahasa Indonesia. Bahasa memiliki beberapa sifat yang memengaruhi cara kita berkomunikasi dan memahami dunia. Dalam video ini, kita akan menjelajahi lima sifat bahasa yang penting untuk dipahami. Daftar Item Materi: Sifat Arbitrer dalam Bahasa. Sifat Dinamis Bahasa. Sifat Beragam dalam Bahasa. Sifat Manusia dalam Bahasa. Sifat Produktif Bahasa. Pada pertemuan ini, kita telah mempelajari beberapa sifat penting bahasa: (1) Sifat Arbitrer dalam Bahasa : Bahasa bersifat arbitrer, yang berarti bahwa hubungan antara lambang bunyi (kata) dengan makna tidaklah jelas. Misalnya, kata "buku" tidak memiliki hubungan langsung dengan makna "kumpulan halaman terikat berisi teks atau gambar."; (2) Sifat Dinamis Bahasa : Bahasa bersifat dinamis, yang berarti bahasa selalu mengalami perkembangan. Contohnya, munculnya kata-kata baru seperti "sosmed," "streaming," atau "baper" adalah bukti dari sifat dinamis bahasa. (3) Sifat Beragam dalam Bahasa : Bahasa bersifat beragam karena variasi dalam penggunaannya tergantung pada faktor-faktor seperti geografi, budaya, sosial, dan historis. Hal ini menyebabkan perbedaan dalam pengucapan, tata bahasa, kosakata, dan gaya berbicara. (4) Sifat Manusia dalam Bahasa : Bahasa adalah atribut khas manusia dan digunakan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, ide, dan konsep abstrak. Ini membedakan bahasa manusia dari komunikasi pada makhluk lain. (5) Sifat Produktif Bahasa : Bahasa bersifat produktif, yang berarti dengan sejumlah unsur terbatas, kita dapat membuat berbagai ungkapan, kalimat, dan makna baru. Bahasa memungkinkan kita untuk secara kreatif menghasilkan komunikasi baru dengan menggunakan aturan dan elemen yang sudah ada dalam bahasa tersebut.
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Sifat Bahasa Arbitrer
1.4 Sifat Bahasa Dinamis
1.5 Sifat Bahasa Beragam
1.6 Sifat Bahasa Manusiawi
1.7 Sifat Bahasa Produktif
1.8 Video Penjelasan Tentang SIfat Bahasa
1.9 Tugas
Pada pertemuan ini, kita akan membahas pengertian bahasa Indonesia dan kedudukannya dalam konteks Republik Indonesia. Bahasa Indonesia memiliki peran penting sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang bahasa Indonesia dan kedudukannya. Daftar Item Materi Pengertian Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara. Pada pertemuan ini, kita telah mempelajari beberapa hal penting tentang bahasa Indonesia: (1) Pengertian Bahasa Indonesia : Bahasa Indonesia adalah varian dari bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan seluruh bangsa Indonesia. (2) Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi : Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi didasarkan pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928, yang menekankan penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. (3) Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan : Bahasa Indonesia menjadi lambang persatuan di tengah keragaman bahasa yang ada di Indonesia, memungkinkan komunikasi efektif antarwilayah dan antarkelompok. (4) Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Negara : Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945, Bab XV, Pasal 36, yang menyatakan bahwa "Bahasa negara adalah bahasa Indonesia." (5) Penetapan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi dan bahasa negara mencerminkan pentingnya bahasa ini dalam memelihara persatuan dan komunikasi di antara beragam kelompok dan daerah di Indonesia. Terima kasih atas perhatian sahabat pembelajar, dan mari kita terus bersemangat dalam memahami lebih dalam tentang bahasa Indonesia!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian Bahasa Indonesia
1.4 Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Resmi
1.5 Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional/Persatuan
1.6 Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia
1.7 Video Penjelasan Tentang Kedudukan dan Fungsi Bahasa
1.8 Video Penjelasan Tentang Fungsi Bahasa Indonesia sebagi Bahasa Nasional dan Bahasa Negara
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang bahasa Indonesia, terutama fokus pada bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mari kita simak materi ini dengan seksama. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Pengertian Bahasa Indonesia : Memahami apa itu bahasa Indonesia dan bagaimana kedudukannya. Sifat Bahasa : Menjelaskan sifat-sifat bahasa, seperti arbitrer, dinamis, beragam, manusiawi, dan produktif. Kedudukan Bahasa Indonesia : Menggali kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara. Sejarah Ejaan : Memahami berbagai ejaan yang pernah berlaku di Indonesia. Kata Baku : Mempelajari konsep kata baku dalam bahasa Indonesia. Melalui pemahaman tentang bahasa Indonesia yang baik dan benar, kita dapat lebih efektif berkomunikasi dan menghargai kekayaan bahasa kita. Semoga materi ini membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia sahabat pembelajar, serta memperdalam pengetahuan tentang bahasa dan budaya kita. Teruslah belajar dan berkembang!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Bahasa dan Kata Baku
1.4 Ejaan yang pernah Berlaku di Indonesia
1.5 Video Penjelasan Tentang Kata Baku
4.6 Video Penjelasan Tentang Sejarah Ejaan
1.7 Tugas
Pada pertemuan ini, kita akan membahas kaidah-kaidah penting terkait penulisan dan tampilan teks, yaitu: Kaidah Huruf Kapital Kaidah Huruf Miring Kaidah Huruf Tebal Ketiga kaidah ini memiliki peran yang sangat penting dalam penulisan. Kaidah huruf kapital membantu kita untuk mengenali nama diri dan judul, kaidah huruf miring memberikan penekanan pada karya tertentu, sedangkan kaidah huruf tebal digunakan untuk menyoroti kata-kata penting dalam teks. Dengan memahami dan mengikuti kaidah-kaidah ini, kita dapat meningkatkan kejelasan dan kekonsistenan dalam penulisan dokumen. Teruslah berlatih untuk menguasai penggunaan kaidah-kaidah ini dalam tulisan Anda.
Course Modules
5.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pedoman Ejaan
5.4 Pengertian Huruf Kapital, Miring, dan Tebal
5.5 Video Penjelasan Tentang Kaidah Penggunaan Huruf Kapital
5.6 Video Penjelasan Tentang Kaidah Penggunaan Huruf Kapital Selanjutnya
1.7 Video Penjelasan Tentang Kaidah Huruf Miring
1.8 Video Penjelasan Tentang Kaidah Huruf Tebal
Pada pertemuan ini, kita akan mendalami kaidah penggunaan huruf dan tanda baca sesuai dengan ejaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Berikut adalah beberapa poin utama yang akan kita bahas: Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Kaidah Tanda Titik Kaidah Tanda Koma Kaidah Tanda Titik Koma Kaidah Tanda Titik Dua Pemahaman yang kuat tentang penggunaan huruf dan tanda baca sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah kunci untuk penulisan yang jelas dan benar dalam bahasa Indonesia. Dengan memahami kaidah-kaidah ini, kita dapat menyampaikan pesan dengan tepat dan efektif. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan menulis Anda!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pedoman Ejaan
1.4 Pengertian Tanda Titik, Koma, Titik Koma, dan Titik Dua
1.5 Video Penjelasan Tentang Tanda Titik
1.6 Video Penjelasan Tentang Tanda Koma
1.7 Video Penjelasan Tentang Tanda Titik Koma
1.8 Video Penjelasan Tentang Tanda Titik Dua
Pada pertemuan ini, kita akan memahami lebih dalam mengenai kaidah penggunaan huruf dan tanda baca sesuai dengan ejaan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Hal ini adalah aspek penting dalam penulisan yang jelas dan benar. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Kaidah Tanda Hubung Kaidah Tanda Pisah Kaidah Tanda Tanya Kaidah Tanda Seru Kaidah Tanda Elipsis Kaidah Tanda Petik dan Petik Tunggal Kaidah Tanda Kurung Kaidah Tanda Kurung Siku Pemahaman yang baik tentang penggunaan huruf dan tanda baca sesuai dengan ejaan yang berlaku sangat penting dalam penulisan bahasa Indonesia yang benar dan jelas. Kaidah-kaidah ini membantu kita menyampaikan pesan dengan tepat dan menghindari kebingungan dalam komunikasi tertulis. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan menulis Anda!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pedoman Ejaan
1.4 Video Penjelasan Tentang Tanda Hubung
1.5 Video Penjelasan Tentan Tanda Pisah dan Tanda Tanya
1.6 Video Penjelasan Tentang Kaidah Penggunaan Tanda Seru dan Elipsis
1.7 Video Penjelasan Tentang Tanda Petik dan Tanda Petik Tunggal
1.8 Video Penjelasan Tentang Tanda Kurung
1.9 Video Penjelasan Tentang Tanda Kurung Siku dan Garis Miring

Course Modules
Soal UTS
Pada pertemuan ini, kita akan membahas mengenai jenis teks, khususnya jenis teks ulasan buku. Teks ulasan buku adalah salah satu bentuk penulisan yang memiliki ciri khusus dalam menyampaikan pandangan dan evaluasi terhadap suatu buku. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Jenis Teks: Jenis teks merujuk pada kategori atau genre dari suatu penulisan. Jenis teks dapat bervariasi, seperti deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi, dan lain sebagainya. Jenis teks memengaruhi cara penulis menyampaikan pesan kepada pembaca. Teks Ulasan Buku: Teks ulasan buku adalah salah satu jenis teks yang berfokus pada pembahasan dan evaluasi terhadap suatu buku. Dalam teks ini, penulis memberikan pandangan pribadi mengenai isi, gaya penulisan, dan nilai keseluruhan buku yang diulas. Model Teks Ulasan Buku: Model teks ulasan buku adalah contoh atau pola penulisan yang dapat diikuti oleh seseorang yang ingin membuat ulasan buku. Model ini mencakup struktur, gaya penulisan, dan komponen-komponen yang umumnya terdapat dalam ulasan buku. Aspek Penilai: Aspek penilai adalah kriteria atau faktor-faktor yang digunakan untuk menilai kualitas ulasan buku. Beberapa aspek penilai yang umum meliputi analisis isi, bahasa, alur pemikiran, kesan keseluruhan, dan sebagainya. Pemahaman mengenai jenis teks, khususnya teks ulasan buku, sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan menulis dan analisis. Dengan memahami ciri-ciri dan aspek penilai dalam ulasan buku, kita dapat menghasilkan ulasan yang informatif dan berkualitas. Teruslah belajar dan mengasah kemampuan menulis Anda!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Jenis Teks
1.4 Video Penjelasan Tentang Definisi dan Jenis Teks
1.5 Video Penjelasan Tentang Teks Akademik dan Nonakademik
1.6 Video Penjelasan Tentang Teks Ulasan Buku
Pada pertemuan ini, kita akan menjelajahi topik mengenai karya ilmiah. Karya ilmiah adalah bentuk penulisan yang memiliki karakteristik dan struktur tertentu, umumnya digunakan untuk menyampaikan penelitian, temuan, atau argumen ilmiah. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Pengertian : Karya ilmiah adalah jenis tulisan atau penulisan yang didasarkan pada metode ilmiah dan berisi pemahaman mendalam tentang suatu topik tertentu. Karya ilmiah bertujuan untuk menyampaikan informasi yang dapat dipercaya, verifikasi, dan berdasarkan bukti-bukti. Jenis : Terdapat berbagai jenis karya ilmiah, termasuk artikel jurnal, tesis, disertasi, makalah ilmiah, dan banyak lagi. Jenis karya ilmiah dapat berbeda tergantung pada tujuan penulisan dan format yang digunakan. Ciri : Karya ilmiah memiliki ciri-ciri khas, seperti: Menggunakan bahasa formal dan jelas. Menyertakan pendahuluan, kerangka teori, metodologi, hasil penelitian, dan kesimpulan. Mengacu pada sumber-sumber referensi yang relevan. Menyajikan data atau temuan secara obyektif. Mengikuti gaya penulisan dan format yang sesuai dengan bidang ilmu tertentu (APA, MLA, Chicago, dll.). Contoh : Contoh-contoh karya ilmiah dapat berupa artikel jurnal, makalah ilmiah, tesis, atau disertasi dalam berbagai bidang seperti ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, atau humaniora. Contoh-contoh ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang struktur dan gaya penulisan yang digunakan dalam karya ilmiah. Pemahaman yang baik mengenai karya ilmiah penting untuk penelitian dan komunikasi ilmiah. Dengan menguasai ciri-ciri dan jenis-jenis karya ilmiah, kita dapat menghasilkan tulisan yang lebih efektif dalam berbagai disiplin ilmu.
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Jenis Karya Ilmiah
1.4 Tugas
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang dua topik penting yang berkaitan dengan karya ilmiah, yaitu produksi karya ilmiah dan analisis kesalahan penulisan karya ilmiah. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Produksi Karya Ilmiah : Ini adalah proses pembuatan karya ilmiah yang melibatkan langkah-langkah seperti perencanaan, penelitian, penulisan, dan penyuntingan. Produksi karya ilmiah melibatkan pemilihan topik yang sesuai, pengumpulan data atau informasi yang relevan, serta menyusun argumen atau temuan secara logis dan sistematis. Proses ini juga melibatkan penerbitan karya ilmiah di jurnal, konferensi, atau media lain yang sesuai. Analisis Kesalahan Penulisan Karya Ilmiah : Ketika menghasilkan karya ilmiah, seringkali terjadi kesalahan dalam penulisan yang dapat memengaruhi kualitas dan validitas karya tersebut. Analisis kesalahan penulisan karya ilmiah melibatkan pengecekan dan perbaikan terhadap aspek-aspek seperti ejaan, tata bahasa, kutipan, dan format. Kesalahan dalam penulisan karya ilmiah dapat mengurangi kredibilitas dan kemampuan karya untuk dipahami oleh pembaca. Penting untuk memahami proses produksi karya ilmiah secara menyeluruh dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas penulisan. Analisis kesalahan penulisan adalah langkah penting dalam proses penyempurnaan karya ilmiah. Dengan demikian, kita dapat menghasilkan karya ilmiah yang lebih baik dan efektif dalam berbagi pengetahuan dan temuan ilmiah. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan Anda dalam memproduksi dan menganalisis karya ilmiah!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Jenis Karya Ilmiah
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang dua topik penting yang berkaitan dengan karya ilmiah, yaitu produksi karya ilmiah dan analisis kesalahan penulisan karya ilmiah. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Produksi Karya Ilmiah : Ini adalah proses pembuatan karya ilmiah yang melibatkan langkah-langkah seperti perencanaan, penelitian, penulisan, dan penyuntingan. Produksi karya ilmiah melibatkan pemilihan topik yang sesuai, pengumpulan data atau informasi yang relevan, serta menyusun argumen atau temuan secara logis dan sistematis. Proses ini juga melibatkan penerbitan karya ilmiah di jurnal, konferensi, atau media lain yang sesuai. Analisis Kesalahan Penulisan Karya Ilmiah : Ketika menghasilkan karya ilmiah, seringkali terjadi kesalahan dalam penulisan yang dapat memengaruhi kualitas dan validitas karya tersebut. Analisis kesalahan penulisan karya ilmiah melibatkan pengecekan dan perbaikan terhadap aspek-aspek seperti ejaan, tata bahasa, kutipan, dan format. Kesalahan dalam penulisan karya ilmiah dapat mengurangi kredibilitas dan kemampuan karya untuk dipahami oleh pembaca. Penting untuk memahami proses produksi karya ilmiah secara menyeluruh dan selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas penulisan. Analisis kesalahan penulisan adalah langkah penting dalam proses penyempurnaan karya ilmiah. Dengan demikian, kita dapat menghasilkan karya ilmiah yang lebih baik dan efektif dalam berbagi pengetahuan dan temuan ilmiah. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan Anda dalam memproduksi dan menganalisis karya ilmiah!
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Jenis Karya Ilmiah
Pada pertemuan ini, kita akan memahami lebih dalam mengenai artikel ilmiah, termasuk pengertian, model, dan strukturnya. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Pengertian Artikel Ilmiah : Artikel ilmiah adalah tulisan yang berisi penelitian atau kajian ilmiah yang sistematis dan mendalam mengenai suatu topik tertentu. Artikel ini biasanya ditulis oleh peneliti atau ahli dalam bidang tertentu dan diterbitkan di jurnal ilmiah atau media ilmiah lainnya. Tujuan utama artikel ilmiah adalah untuk menyampaikan temuan, metodologi, dan pemahaman baru kepada komunitas ilmiah. Model Artikel Ilmiah : Model artikel ilmiah dapat bervariasi tergantung pada bidang ilmu dan jenis penelitian yang dilakukan. Namun, ada beberapa elemen umum yang biasanya ada dalam artikel ilmiah, seperti judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. Model artikel ilmiah juga dapat mencakup bagian tambahan seperti tinjauan pustaka, kerangka teoritis, atau analisis statistik, tergantung pada kebutuhan penelitian. Struktur Artikel Ilmiah : Struktur artikel ilmiah mencakup langkah-langkah atau bagian-bagian yang harus ada dalam penulisan artikel. Struktur umum artikel ilmiah meliputi: Judul : Deskripsi singkat dan informatif tentang isi artikel. Abstrak : Ringkasan singkat yang mencakup tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan. Pendahuluan : Penjelasan latar belakang, tujuan, dan masalah penelitian. Metodologi : Penjelasan tentang bagaimana penelitian dilakukan, termasuk metode pengumpulan data. Hasil : Penyajian temuan atau data yang telah ditemukan. Pembahasan : Analisis dan interpretasi terhadap hasil penelitian. Kesimpulan : Ringkasan dari temuan utama dan implikasinya. Daftar Pustaka : Referensi kepada sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Memahami model dan struktur artikel ilmiah penting untuk menghasilkan artikel yang jelas, terstruktur, dan bermanfaat dalam komunitas ilmiah. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan Anda dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas.
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Jenis Artikel Ilmiah
Pada pertemuan ini, kita akan memahami lebih dalam mengenai artikel ilmiah, termasuk pengertian, model, dan strukturnya. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Pengertian Artikel Ilmiah : Artikel ilmiah adalah tulisan yang berisi penelitian atau kajian ilmiah yang sistematis dan mendalam mengenai suatu topik tertentu. Artikel ini biasanya ditulis oleh peneliti atau ahli dalam bidang tertentu dan diterbitkan di jurnal ilmiah atau media ilmiah lainnya. Tujuan utama artikel ilmiah adalah untuk menyampaikan temuan, metodologi, dan pemahaman baru kepada komunitas ilmiah. Model Artikel Ilmiah : Model artikel ilmiah dapat bervariasi tergantung pada bidang ilmu dan jenis penelitian yang dilakukan. Namun, ada beberapa elemen umum yang biasanya ada dalam artikel ilmiah, seperti judul, abstrak, pendahuluan, metodologi, hasil, pembahasan, dan daftar pustaka. Model artikel ilmiah juga dapat mencakup bagian tambahan seperti tinjauan pustaka, kerangka teoritis, atau analisis statistik, tergantung pada kebutuhan penelitian. Struktur Artikel Ilmiah : Struktur artikel ilmiah mencakup langkah-langkah atau bagian-bagian yang harus ada dalam penulisan artikel. Struktur umum artikel ilmiah meliputi: Judul : Deskripsi singkat dan informatif tentang isi artikel. Abstrak : Ringkasan singkat yang mencakup tujuan penelitian, metode, hasil, dan kesimpulan. Pendahuluan : Penjelasan latar belakang, tujuan, dan masalah penelitian. Metodologi : Penjelasan tentang bagaimana penelitian dilakukan, termasuk metode pengumpulan data. Hasil : Penyajian temuan atau data yang telah ditemukan. Pembahasan : Analisis dan interpretasi terhadap hasil penelitian. Kesimpulan : Ringkasan dari temuan utama dan implikasinya. Daftar Pustaka : Referensi kepada sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan. Memahami model dan struktur artikel ilmiah penting untuk menghasilkan artikel yang jelas, terstruktur, dan bermanfaat dalam komunitas ilmiah. Teruslah berlatih dan tingkatkan kemampuan Anda dalam menulis artikel ilmiah yang berkualitas.
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Bahan Ajar
1.3 Pengertian dan Struktur Artikel Ilmiah
1.4 Tugas
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang manajemen referensi, dengan fokus pada dua alat manajemen referensi yang populer, yaitu Mendeley dan Zotero. Hal-hal yang diungkapkan pada pertemuan ini: Mendeley : Mendeley adalah salah satu alat manajemen referensi yang banyak digunakan oleh peneliti dan akademisi. Fungsi utama Mendeley adalah membantu pengguna dalam mengumpulkan, mengatur, dan mengelola referensi ilmiah. Beberapa fitur penting Mendeley meliputi: Kemampuan untuk mengimpor referensi dari berbagai sumber, termasuk basis data jurnal, situs web, dan dokumen PDF. Penyusunan otomatis daftar pustaka dalam berbagai gaya penulisan, seperti APA, MLA, atau Chicago. Sinkronisasi referensi dan dokumen antara berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan smartphone. Kolaborasi dengan rekan penelitian dalam proyek bersama. Anotasi dan highlighting pada dokumen PDF. Zotero : Zotero adalah alat manajemen referensi lainnya yang populer dan berfungsi serupa dengan Mendeley. Zotero memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan mengelola referensi serta menyusun daftar pustaka secara efisien. Beberapa fitur Zotero meliputi: Ekstensi browser yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menyimpan referensi dari situs web. Penyusunan otomatis daftar pustaka dalam berbagai format gaya penulisan. Kolaborasi dengan rekan penelitian dalam kelompok proyek. Sinkronisasi antara perangkat untuk akses yang mudah ke referensi dan dokumen. Integrasi dengan Microsoft Word atau LibreOffice untuk menyisipkan kutipan dan daftar pustaka secara langsung dalam dokumen. Manajemen referensi menjadi sangat penting dalam penelitian akademik, karena membantu peneliti untuk menjaga keteraturan dan akurasi dalam penulisan referensi dan daftar pustaka. Kedua alat ini, Mendeley dan Zotero, adalah pilihan yang baik untuk membantu dalam tugas ini, dan pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Teruslah mempelajari dan menguasai alat-alat ini untuk meningkatkan efisiensi dalam penelitian dan penulisan ilmiah Anda.
Course Modules
1.1 Pengantar Perkuliahan
1.2 Pengertian Manajemen Referensi

Course Modules
Soal UAS