Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
METODE WAWANCARA
Universitas Negeri Makassar

METODE WAWANCARA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

HAERANI NUR

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Psikologi

Course Description

MATA KULIAH : METODE WAWANCARA Selamat dating mahasiswa (i) di Mata Kuliah Metode Wawancara semester ganjil tahun akademik 2022-2023. Kuliah ini akan disajikan secara luring selama 16 kali pertemuan dengan 1 pertemuan UTS. Materi dan desain aktifitas pembelajaran akan disajikan dalam kelas dengan rincian kegiatan walking gallery, ceramah, diskusi, praktik serta menggunakan menu forum, chat, atau assignmen baik melalui google form maupun pada menu syam oke. Mohon kesiapan mahasiswa untuk mengikuti setiap tahapan dalam pembelajaran yang akan diberikan oleh dosen dengan menyiapkan referensi yang disarankan. Selamat Belajar :D Koordinator Mata Kuliah Eva Meizara Puspita Dewi, S.Psi., M.Si., Psikolog Team Teaching : 1. Dr. Hilwa Anwar, S.Psi. M.Si. Psikolog. 2. Dr. Resekiani Mas Bakar, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 3. Dr. Haerani Nur, S.Psi., M.Si 4. Rahmawati Syam, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 5. Ismalandari Ismail, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 6. Novianti Pratiwi, S.Psi. M.Psi. Psikolog. Deskripsi Mata Kuliah Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar dan berlatih dalam menggunakan teknik wawancara yang dimulai dengan pemahaman mengenai konsep dasar wawancara, komunikasi interpersonal yang dibangun dalam melakukan wawancara, jenis-jenis pertanyaan dan kapan pertanyaan tersebut dapat digunakan dalam wawancara serta mampu menyusun persiapan hingga melakukan beberapa bentuk wawancara yaitu wawancara informasi, wawancara survei, wawancara rekrutmen, wawancara klinis dan Focus Group Discussion yang diberikan secara luring maupun daring. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 1. Mampu memahami pendekatan dalam metode wawancara 2. Mampu mengaplikasikan metode wawancara yang sesuai secara mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengaplikasikan kemampuan pengambilan keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam melakukan wawancara bidang ilmu psikologi 4. Mampu mengaplikasikan penggunaan metode wawancara, observasi, yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan struktur wawancara yang meliputi kegiatan pra wawancara (persiapan) dan tahapan wawancara tahapan wawancara (opening, body dan closing) 5. Mampu menghasilkan karya dalam bentuk laporan dan video konsep dasar asesmen psikologis dalam hal analisa gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat 6. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara survey 7. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara informasional 8. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara FGD 9. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara klinis (anamnesa) 10. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis rekrutmen Indikator Penilaian Untuk dapat melulusi mata kuliah Metode Wawancara , mahasiswa perlu memperhatikan acuan pemberian penilaian. Penilaian mata kuliah Psikologi Industri dan Organiasai dilakukan dengan kriteria sebagai berikut : 1. UTS dalam bentuk Kuis/pertemuan : 25 % 2. Aktifitas Partisipatif +Tugas : 35% 3. Kuis : 5% 4. Laporan Praktikum (Hasil Proyek) : 35% Netiket Perkuliahan: 1. Login menggunakan akun sendiri dan tidak memberikan akun kepada orang lain termasuk ketika mengisi daftar hadir 2. Standby di waiting room meeting, lima menit sebelum jadwal perkuliaham synchronous. 3. Aktifkan video agar wajah dapat terlihat pada seluruh partisipan, kecualli ada kebijakan tertentu dari dosen yang mengajar 4. Mic dalam posisi on (hanya jika ingin merespons atau bertanya pada saat perkuliahan) 5. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat dipersilahkan berbicara. 6. Tidak terpancing emosi ketika berkomunikasi, termasuk ketika diskusi forum/chat 7. Berpenampilan sopan, rapi dan sopan (tidak menggunakan mukenah bagi perempuan dan berambut rapi bagi laki2) 8. Menunjukkan gerak tubuh yang sopan dan wajar, menjaga sikap dan tingkah laku yang baik ( cara duduk yang siap, tidak sibuk melakukan aktifitas lain seperti menerima telepon, membuka media sosial dll) 9. Meminta izin melalui chat room ketika akan izin meninggalkan tempat 10. Tugas, UTS atau UAS disubmit/dikumpulkan tepat waktu. Jika menemui kendala seperti jaringan yang tiba2 drop atau gagal melakukan submit, maka segera screen shoot sebagai bukti untuk kemudian dilaporkan pada hari H atau sesaat setelah kejadian tersebut. 11. Mengerjakan dengan percaya diri dan tidak melakukan plagias terhadap tugas-tugas yang diberikan. Referensi : o Stewart, C. J. & Cash, W. B. (2006). Interviewing: Principles and Practices. Singapore: McGraw Hill. o Brinkmann, S. (2013). Qualitative Interviewing: Understanding Qualitative Research. New York: Oxford University Press. o Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Depok: Rajagrafindo Persada.Widjaja, H. (2000). Ilmu Pernyataan. Bandung: UPT Fakultas Psikologi UNPAD. o Prawitasari, J. E. (2011). Psikologi klinis. Pengantar Terapan Mikro dan Makri. Jakarta: Erlangga. o Lesmana, J. M. (2006). Panduan Praktikum Interviu. Jakarta: UI-Press. o Rahayu, I. T. & Ardani, T. A. (2004). Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing.

Course Syllabus

MATA KULIAH : METODE WAWANCARA Selamat dating mahasiswa (i) di Mata Kuliah Metode Wawancara semester ganjil tahun akademik 2022-2023. Kuliah ini akan disajikan secara luring selama 16 kali pertemuan dengan 1 pertemuan UTS. Materi dan desain aktifitas pembelajaran akan disajikan dalam kelas dengan rincian kegiatan walking gallery, ceramah, diskusi, praktik serta menggunakan menu forum, chat, atau assignmen baik melalui google form maupun pada menu syam oke. Mohon kesiapan mahasiswa untuk mengikuti setiap tahapan dalam pembelajaran yang akan diberikan oleh dosen dengan menyiapkan referensi yang disarankan. Selamat Belajar :D Koordinator Mata Kuliah Eva Meizara Puspita Dewi, S.Psi., M.Si., Psikolog Team Teaching : 1. Dr. Hilwa Anwar, S.Psi. M.Si. Psikolog. 2. Dr. Resekiani Mas Bakar, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 3. Dr. Haerani Nur, S.Psi., M.Si 4. Rahmawati Syam, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 5. Ismalandari Ismail, S.Psi. M.Psi. Psikolog. 6. Novianti Pratiwi, S.Psi. M.Psi. Psikolog. Deskripsi Mata Kuliah Pada mata kuliah ini, mahasiswa belajar dan berlatih dalam menggunakan teknik wawancara yang dimulai dengan pemahaman mengenai konsep dasar wawancara, komunikasi interpersonal yang dibangun dalam melakukan wawancara, jenis-jenis pertanyaan dan kapan pertanyaan tersebut dapat digunakan dalam wawancara serta mampu menyusun persiapan hingga melakukan beberapa bentuk wawancara yaitu wawancara informasi, wawancara survei, wawancara rekrutmen, wawancara klinis dan Focus Group Discussion yang diberikan secara luring maupun daring. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah : 1. Mampu memahami pendekatan dalam metode wawancara 2. Mampu mengaplikasikan metode wawancara yang sesuai secara mandiri, bermutu, dan terukur. 3. Mampu mengaplikasikan kemampuan pengambilan keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data dalam melakukan wawancara bidang ilmu psikologi 4. Mampu mengaplikasikan penggunaan metode wawancara, observasi, yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan struktur wawancara yang meliputi kegiatan pra wawancara (persiapan) dan tahapan wawancara tahapan wawancara (opening, body dan closing) 5. Mampu menghasilkan karya dalam bentuk laporan dan video konsep dasar asesmen psikologis dalam hal analisa gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat 6. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara survey 7. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara informasional 8. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara FGD 9. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara klinis (anamnesa) 10. Mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis rekrutmen Indikator Penilaian Untuk dapat melulusi mata kuliah Metode Wawancara , mahasiswa perlu memperhatikan acuan pemberian penilaian. Penilaian mata kuliah Psikologi Industri dan Organiasai dilakukan dengan kriteria sebagai berikut : 1. UTS dalam bentuk Kuis/pertemuan : 25 % 2. Aktifitas Partisipatif +Tugas : 35% 3. Kuis : 5% 4. Laporan Praktikum (Hasil Proyek) : 35% Netiket Perkuliahan: 1. Login menggunakan akun sendiri dan tidak memberikan akun kepada orang lain termasuk ketika mengisi daftar hadir 2. Standby di waiting room meeting, lima menit sebelum jadwal perkuliaham synchronous. 3. Aktifkan video agar wajah dapat terlihat pada seluruh partisipan, kecualli ada kebijakan tertentu dari dosen yang mengajar 4. Mic dalam posisi on (hanya jika ingin merespons atau bertanya pada saat perkuliahan) 5. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat dipersilahkan berbicara. 6. Tidak terpancing emosi ketika berkomunikasi, termasuk ketika diskusi forum/chat 7. Berpenampilan sopan, rapi dan sopan (tidak menggunakan mukenah bagi perempuan dan berambut rapi bagi laki2) 8. Menunjukkan gerak tubuh yang sopan dan wajar, menjaga sikap dan tingkah laku yang baik ( cara duduk yang siap, tidak sibuk melakukan aktifitas lain seperti menerima telepon, membuka media sosial dll) 9. Meminta izin melalui chat room ketika akan izin meninggalkan tempat 10. Tugas, UTS atau UAS disubmit/dikumpulkan tepat waktu. Jika menemui kendala seperti jaringan yang tiba2 drop atau gagal melakukan submit, maka segera screen shoot sebagai bukti untuk kemudian dilaporkan pada hari H atau sesaat setelah kejadian tersebut. 11. Mengerjakan dengan percaya diri dan tidak melakukan plagias terhadap tugas-tugas yang diberikan. Referensi : o Stewart, C. J. & Cash, W. B. (2006). Interviewing: Principles and Practices. Singapore: McGraw Hill. o Brinkmann, S. (2013). Qualitative Interviewing: Understanding Qualitative Research. New York: Oxford University Press. o Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi, dan Focus Groups. Depok: Rajagrafindo Persada.Widjaja, H. (2000). Ilmu Pernyataan. Bandung: UPT Fakultas Psikologi UNPAD. o Prawitasari, J. E. (2011). Psikologi klinis. Pengantar Terapan Mikro dan Makri. Jakarta: Erlangga. o Lesmana, J. M. (2006). Panduan Praktikum Interviu. Jakarta: UI-Press. o Rahayu, I. T. & Ardani, T. A. (2004). Observasi dan Wawancara. Malang: Bayumedia Publishing.
Course Modules
Announcements
Announcements
Announcements
Announcements
Selamat Datang

Course Modules
Salam Apakabar semuanya? semoga semua dalam keadaan sehat ya.. Hari ini pertemuan pertama untuk MK Metode Wawancara Kita awali dengan kontrak kuliah ya.. Sila dibaca deskripsi perkuliahan dan aturan perkuliahan.. Sesuai aturan akademik, perkuliahan ini meski berlangsung luring, tetap akan ada pertemuan/kegiatan daring/asyncronous sebayak minimal 30% dari total pertemuan Metode Wawancara adalah mata kuliah aplikatif, disertai praktikum, dikemas dengan metode project based learning dan untuk pertemuan hari ini kita akan membahas tentang konsep dasar wawancara yuk, sila dilihat deskripsi aktivitasnya...
Course Modules
Kontrak Perkuliahan
Materi 1
Kelas E_tugas kelompok
Halloooo Apa kabar semuanya? Seperti minggu lalu kita masih membahas tentang konsep dasar wawancara Hari ini yang dibahas adalah proses komunikasi interpersonal Komunikasi interpersonal tentu saja bukan hal yang asing bagi kita. Semua kita setiap hari pasti terlibat dengan komunikasi interpersonal dengan jumlah orang, dengan berbagai topik, dan berbagai setting. Harusnya komunikasi interpersonal menjadi hal yang biasa untuk kita semua. Namun rupaya, dalam wawancara , komunikasi interpersonal yang berlangsung sering dinilai proses yang kompleks. bertulkah begitu? kok bisa ya? Nah.. untuk memahaminya, Kami sudah simpan bahan bacaannya ya dek, silakan dinikmati, puaskan keingintahuan kalian ada beberapa poin penting yang dibahas dalam chapter tersebut antara lain: 1. Hubungan di antara parties dalam wawancara 2. Peran dalam wawancara 3. Persepsi R terhadap E 4. Interaksi komunikasi: Level interaksi dan variabel yang memengaruhinya 5. Umpan balik 6. Situasi interviu
Course Modules
Chapter 2
Aktivitas kelompok kelas KL
Aktivitas kelompok kelas E
Hollaaa.... Apakabar? Semoga terus bersemangat ya di MK Metode Wawancara ini Kalau minggu lalu kita sudah membahas tentang komunikasi intersonal dalam wawancara, kalian juga sudah mengidentifikasi sejumlah variabel yang dapat merintanginya dan mengamati bagaimana level komunikasi terbentuk dalam suatu wawancara.. Nah, hari ini kita akan membahas komponen kunci dalam wawancara, yaitu pertanyaan dan etika dalam wawancara Kami sudah menyiapkan bahan bacaannya (sila diakses yaa) dan juga kita lanjutkan lagi aktivitas kelompok untuk pertemuan hari ini Selamat menikmati... having fun!
Course Modules
Bahan bacaan
Aktivitas Kelompok KL
Aktivitas Kelompok E
Haloo semuanyaa.. Salam Sehat selalu.. Apa kabarnya hari ini? semoga tetap semangat yaa Selamat datang di pertemuan ke 4, Mata Kuliah Metode Wawancara Sesuai Rencana Pembelajaran Semester (RPS), hari ini kita akan mebahas tentang STRUKTUR WAWANCARA. Materi ini akan kita bahas dalam dua pertemuan (4 dan 5) Hari ini kita akan membahas tentang Kegiatan Pra-Wawancara dan Pelaksanaan Wawancara Kami drop bahan bacaannya yaa... Silahkan semua membacanya..
Course Modules
Pertemuan 5
Structuring the Interview
struktur wawancara
Proyek Kelompok 1_Kelas KL
Proyek Kelompok 1_Kelas E
Jumpa lagi dengan Metode Wawancara.. Apa kabar semuanya? Semoga selalu sehat, semangat dan, jangan lupa bahagia yaa... Sesuai RPS, hari ini kita akan melanjutkan materi minggu lalu, yaitu stuktur wawancara pada pertemuan ini, kita akan awali dengan Role Play wawancara, dengan menyimak, mengoreksi, dan me-reviu wawancara yang sudah dilakukan. kemudian kita akan melanjutkannya dengan materi Pasca Wawancara. Sudah ada aktivitas yang kami siapkan yaa... dengan kegiatan ini kalian semua akan memiliki pengalaman bagaimana melakukan tahapan pasca wawancara Selamat Beraktivitas having fun!
Course Modules
Untuk Pasca Wawancara..disimak yaa videonyahttps:/...
Aktivitas Kelompok_Kelas KL
Aktivitas Kelompok_Kelas E
Salam.. Selamat pagi semuanyaa Semoga selalu sehat, semangat, dan bahagia.. Masih di belajar daring dengan mata kuliah Metode Wawancara.. Hari ini kita akan membahas tentang konsep wawancara informasional Setelah kita belajar tentang konsep wawancara maka saatnya kita akan melakukan praktek wawancara yang lebih spesifik, klo menurut steward wawancara informasional dibahas dan dipraktekkan diawal. sebenarnya prakteknya telah kita coba kemarin, namun sekarang karena ini adalah penilaian praktikum maka tentunya lebih sistematis lagi dan dilakukan secara berkelompok. Mengapa? supaya kalian lebih bisa berkolaborasi dari pengalaman masing2 role play minggu lalu. Minggu depan kita akan evaluasi hasil praktikum kelompok, cobalah melakukan dengan sebaik mungkin karena ini masuk dalam penilaian praktikum Pertama.
Course Modules
Wawancara Informasional
Overview materi kita hari inisilahkan disimakhttps...
Wawancara Informasional
Petunjuk Praktikum Wawancara Informasional
Kelas KL_Kegiatan Kelompok_Wawancara Informasional
Kelas E_Kegiatan Kelompok_Wawancara Informasional
Halloo.. Apa kabar semuanya? Bagaimana pelaksanaan praktikum wawancara informasionalnya? Hari ini kita akan membahas tentang praktik wawancara informasional yang kalian lakukan secara berkelompok ya.. Setiap kelompok sudah punya transkrip wawancara, yang selanjutnya kita akan 1. Reviu proses pengumpulan data dengan wawancara informasional 2. Analisis data 3. Menyusun laporan wawancara Ingatlah kegiatan ini bagian dari praktikum, bobot penilainannya besar, pastikan kalian semua bisa melakukannya dengan baik tetap semangat ya!
Course Modules
Petunjuk Praktikum_wawancara informasional

Course Modules
Kelas CDE_Laporan Wawancara informasional
Peer Review
UTS_Kelas F, H, I & G
UTS Kelas C (Rabu, 19 Oktober 2022)
UTS Kelas I (Kamis, 20 Oktober 2022)
UTS Susulan Metode Wawancara (Jumat, 21 Oktober 20...
Dear Mahasiswa MK Wawancara Kelas CDE Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Wawamcara Survey . Tujuan dari pembelajaran pada pertemuan kesembilan adalah untuk memperkenalkan dasar-dasar dalam wawancara survey dan bagaimana tata cara dalam melaksanakan wawancara survey. Sebuah wawancara survei harus dipersiapkan secara matang dan cermat karena bertujuan untuk membangun dasar yang kuat yang diambil dari fakta di lapangan, membuat kesimpulan serta interpretasi dari hasil survei untuk kemudian menentukan aksi selanjutnya
Course Modules
LINK ZOOM KELAS CDE
TUGAS 4: SURVEY CDE
Petunjuk Praktikum Wawancara Survey
Materi Wawancara Survey
Dear Mahasiswa Kelas A,B dan J Setelah melakukan praktikum, mengumpulkan laporan dan video wawancara survey, kita akan melakukan proses feedback secara syncronous melalui zoom meeting. Berikut tautan untuk bergabung : Time: 02:41 PM Makassar Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/92268829853?pwd=YVh2UklMZXFCZzNTQ0djSzZQSWU2UT09 Meeting ID: 922 6882 9853 Passcode: 123
Course Modules
LAPORAN WAWANCARA SURVEY KELAS C,D,E
FEEDBACK HASIL VIDEO WAWANCARA KELAS C, D, DAN E

Course Modules
Kelas C, D, dan E
FGD

Course Modules
Kelas C, D, E
Laporan Praktikum Wawancara FGD Kelas C, D, dan E
TAUTAN VIDEO WAWANCARA FGD
Dear All, Pada pertemuan kali ini kita akan membahas terkait wawancara klinis. adapun hal yang ingin dicapai pada pertemuan ini adalah mahasiswa mampu melakukan teknik wawancara sebagai salah satu alat dalam mengumpulkan data, untuk jenis wawancara Klinis (Anamnesa)
Course Modules
WAWANCARA KLINIS C, D, E
UTS Kelas CDE_Senin, 11 Oktober 2021https://forms.... (copy)

Course Modules
Wawancara Rekrutmen
Rubrik Wawancara Rekrutmen

Course Modules
TUGAS INTERVIEW REKRUTMEN
FORMAT LAPORAN WAWANCARA REKRUTMEN

Course Modules

Course Modules
Kumpulan Materi