Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEBERBAKATAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ZULFITRAH

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Luar Biasa

Course Description

Salam Sejahtera untuk kita semua Agar anak berbakat yang mempunyai potensi unggul tersebut dapat mengembangkan potensinya dibutuhkan program dan layanan pendidikan secara khusus. Mereka lahir dengan membawa potensi luar biasa yang berarti telah membawa kebermaknaan hidup. Oleh karena itu, tugas pendidikan adalah mengembangkan kebermaknaan tersebut secara optimal sehingga mereka dapat berkiprah dalam memajukan bangsa dan negara. Dalam perkuliahan ini, anda akan mengkaji tentang karakteristik dan pendidikan anak berbakat. Secara terperinci mencakup definisi, karakteristik, kebutuhan pendidikan, dan jenis layanan bagi anak berbakat. Dosen Pengampu Dr. Usman, M.Si Zulfitrah, S.Pd., M.Pd

Course Syllabus

Salam Sejahtera untuk kita semua Agar anak berbakat yang mempunyai potensi unggul tersebut dapat mengembangkan potensinya dibutuhkan program dan layanan pendidikan secara khusus. Mereka lahir dengan membawa potensi luar biasa yang berarti telah membawa kebermaknaan hidup. Oleh karena itu, tugas pendidikan adalah mengembangkan kebermaknaan tersebut secara optimal sehingga mereka dapat berkiprah dalam memajukan bangsa dan negara. Dalam perkuliahan ini, anda akan mengkaji tentang karakteristik dan pendidikan anak berbakat. Secara terperinci mencakup definisi, karakteristik, kebutuhan pendidikan, dan jenis layanan bagi anak berbakat. Dosen Pengampu Dr. Usman, M.Si Zulfitrah, S.Pd., M.Pd
Course Modules

Course Modules
KELAS KONFRENSI 2-B
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua Pemahaman yang memadai mengenai anak berbakat akan mendukung keberhasilan layanan pendidikan bagi anak-anak tersebut. Pengertian anak berbakat dalam perkembangannya telah mengalami perubahan dari pengertian yang berdasarkan pada pendekatan faktor tunggal (berdasarkan IQ) ke pendekatan yang bersifat multi dimensional (faktor jamak). Faktor tunggal menggunakan kriteria keberbakatan berdasarkan inteligensia yang tinggi; sedangkan faktor jamak menggunakan kriteria keberbakatan tidak semata-mata ditentukan oleh faktor inteligensia, tetapi juga hasil perpaduan atau hasil interaksi dengan lingkungan. Demikian pula dalam memandang tentang karakteristik anak berbakat yang tidak hanya ditinjau dari keberbakatan akademik, tetapi ditinjau pula dalam keberbakatan sosial, emosional, penampilan dan pemeliharaan kesehatan. Dalam kegiatan belajar ini kita akan mengkaji definisi dan karakteristik anak berbakat secara luas. Fokuskan perhatian Anda pada uraian dan latihan sehingga Anda dapat menguasai kemampuan yang diharapkan. Penguasaan Anda terhadap materi ini diharapkan akan melancarkan tugas Anda sebab tidak mustahil anak-anak berbakat ini hadir di kelas Anda dan belajar bersama-sama dengan anak biasa (normal). Oleh sebab itu, setelah menyelesaikan modul ini Anda diharapkan dapat menjelaskan: definisi berbakat; karakteristik anak berbakat; kebutuhan pendidikan anak berbakat; jenis layanan bagi anak berbakat. Semangat Belajar Semoga Sukses ??
Course Modules
Kelas Konferensi (B)
TUGAS PERTEMUAN 2
Kelas Konferensi (C)

Course Modules
Assalamu alaikum WW... Selamat siang & salam s...
Label
GLOSARIUM PERTEMUAN KE-3
UMPAN BALIK
TUGAS INDIVIDU TOPIK 3
Kelas Konferensi (2C)
kelas konferensi (2A)
Kelas Konferensi (2B)
KOMPETENSI DAN INDIKATOR pada mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami konsep dasar pengembangan kreativitas dan keberbakatan, Hubungan kreativitas dan kecerdasan manusia, Faktor pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas , Kebutuhan dan startegi anak terhadap aktivitas kreatif, Pengembangan kreativitas melalui menciptakan produk, melalui imajinasi, melalui eksplorasi dan eksperimen, melalui proyek dan bahasa, serta melalui musik dan lagu dan mampu mempraktekkan hasil dari pengembangan kreativitas.
Course Modules
Pahami video yang disajikan, berikan ulasan Saudar...
Ulasan Video saudara
Resume Perkuliahan
TEKA TEKI
Kelas Konferensi (B)
Fokus topik pertemuan 5 ini adalah tentang Lingkungan yang merangsang perkembangan bakat & kreativitas anak. Konteks lingkungan perkembangan mengacu pada teori Bronfenbrenner dlm Ecological Psychology yang melukiskan lingkungan perkembangan anak dengan istilah Konteks yang memiliki level, yaitu lingkungansebagai suatu sistem dari tempat tinggal, mulai dari interaksi yang langsung dengan orang lain sampai pada hal-hal yang bersifat umum, yang kesemuanya melibatkan sistem-sistem kepercayaan kultural. Selain itu, topik 5 ini juga berisi tentang peran orang tua, guru & masyarakat serta kerjasama diantara ketiganya dalam memupuk bakat & kreativitas anak.
Course Modules
KLS KONFRENSI 2B
Label
GLOSARIUM PERTEMUAN KE-5 KLS 2B
UMPAN BALIK KLS 2B
TUGAS PERTEMUAN KE-5 (CHAPTER REPORT)
Label
Fokus topik pertemuan ini adalah tentang konsep Kreativitas keberbakatan yang berisi tentang definisi kreativitas dalam beberapa perpektif ahli, ciri berpikir kreatif, kreatifivitas dalam perspektif Neurosains, strategi penelitian kreativitas serta konsep kreativitas keberbakatan dalam perspektif Clark & Renzullli
Course Modules
KLS KONFRENSI 02/2B
Label
UMPAN BALIK
GLOSARIUM PERTEMUAN 6 (KLS 02)
TUGAS INDIVIDU PERTEMUAN 6
Kurikulum secara umum mencakup semua pengalaman yang diperoleh siswa di sekolah, di rumah, dan di dalam masyarakat dan yang membantunya mewujudkan potensi-potensinya. jika kurikulum umum bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak pada umumnya, maka kurikulum berdiferensiasi merupakan jawaban terhadap perbedaan dalam minat dan kemampuan anak didik (Utami Maanandar, 1992). Untuk melayani kebutuhan pendidikan anak berbakat perlu diusahakan pendidikan yang berdiferensiasi, yaitu yang memberi pengalaman pendidikan yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan intelektual siswa (Ward, 1980). Satu hal yang tidak boleh dilupakan Iyalah keberbakatan tidak akan muncul apabila kegiatan belajar terlalu mudah dan tidak mengandung tantangan bagi anak berbakat sehingga kemampuan mereka yang unggul tidak akan tampil (Stanley, di di kutip Utami Munandar,1992).
Course Modules
Label
Analisis Video
TUGAS INDIVIDU PERTEMUAN 7

Course Modules
UTS KELAS 02

Course Modules
KLS KONFRENSI PERTEMUAN 9 KLS B
Label
Label
Label
TUGAS PERTEMUAN 9 KLS 02
Label
Masalah adalah pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan segera. Masalah seringkali terbuka, paradoks dan terkadang tidak dapat dipecahkan, dan membutuhkan investigasi sebelum seseorang mendekati solusi. Masalah sering juga diartikan sebagai kesenjangan (discrepancy) antara kenyataan/fakta dengan harapan/yang seharusnya. Oleh karena itu umumnya masalah disadari "ada" saat seorang menyadari keadaan yang ia hadapi tidak sesuai dengan keadaan yang diinginkan/diharapkan.
Course Modules
KLS KONFRENSI B
Label
Glosarium Pertemuan ke-10
UMPAN-BALIK PERTEMUAN 10
TUGAS PERTEMUAN KE-10
Label

Course Modules
Fokus topik pada pertemuan ini adalah Empat faktor...
Label
GLOSARIUM PERTEMUAN 11
UMPAN-BALIK PERTEMUAN 11 KHUSUS UNTUK KLS 02
TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 11

Course Modules
KLS KONFRENSI 02 (KLS B)
MATERI DISKUSI PERTEMUAN 12
Label
TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 12
Label

Course Modules
KLS KONFRENSI B PERTEMUAN 13
MATERI DISKUSI PERTEMUAN 13
Label
TUGAS RESUME PERTEMUAN 13

Course Modules
KLS KONFRENSI PERTEMUAN 14 (KLS 02/KLS B)
MATERI DISKUSI KLP PERTEMUAN 14
TUGAS RESUME MATERI DISKUSI
Label

Course Modules
KLS KONFRENSI 02/KLS B PERTEMUAN 15
MATERI DISKUSI PERTEMUAN 15
Label
GLOSARIUM PERTEMUAN 15
TUGAS RESUME MATERI PERTEMUAN 15
Label

Course Modules
ANALISIS ARTIKEL TENTANG KREATIVITAS & KEBERBAKATAN