Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
EVALUASI DAN REMEDIAL PEMB. B. S. EKONOM
Universitas Negeri Makassar

EVALUASI DAN REMEDIAL PEMB. B. S. EKONOM

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

RAHMATULLAH

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Ekonomi

Course Description

Puji Syukur kehadirat Allah subehanahu wata'ala karena pada hari ini kembali dipertemukan dalam proses pembelajaran mata kuliah belajar dan pembelajaran, meskipun perkuliahan kita masih berlangsung secara daring di sebabkan karena pandemic covid 19, namun tidak menjadi alasan bagi adik-adik mahasiswa untuk tetap semangat dalam belajar karena kita meyakini bahwa semua yang terjadi pasti ada hikmah dibalik musibah ini, TETAPLAH BERPRASANGKAN BAIK,,,,BERSUNGGUH-SUNGGUH, dalam mengikuti perkuliahan dari awal sampai akhir. Sukses Selalu menyertai adik-adik mahasiswa. Mata kuliah Micro teaching akan diampuh oleh Bapak Prof. Dr. H. Thamrin tahir, M.Si, dan I bu Dr. Inanna, S.Pd., M.Pd . dan ., Sehingga apabila ada kendala dalam proses perkuliahan maka dapat dikomunikasikan melalui kontak 081334257443

Course Syllabus

Puji Syukur kehadirat Allah subehanahu wata'ala karena pada hari ini kembali dipertemukan dalam proses pembelajaran mata kuliah belajar dan pembelajaran, meskipun perkuliahan kita masih berlangsung secara daring di sebabkan karena pandemic covid 19, namun tidak menjadi alasan bagi adik-adik mahasiswa untuk tetap semangat dalam belajar karena kita meyakini bahwa semua yang terjadi pasti ada hikmah dibalik musibah ini, TETAPLAH BERPRASANGKAN BAIK,,,,BERSUNGGUH-SUNGGUH, dalam mengikuti perkuliahan dari awal sampai akhir. Sukses Selalu menyertai adik-adik mahasiswa. Mata kuliah Micro teaching akan diampuh oleh Bapak Prof. Dr. H. Thamrin tahir, M.Si, dan I bu Dr. Inanna, S.Pd., M.Pd . dan ., Sehingga apabila ada kendala dalam proses perkuliahan maka dapat dikomunikasikan melalui kontak 081334257443
Course Modules
Announcements
A. PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN Evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Sesuai dengan pengertian tersebut maka setiap kegiatan evaluasi atau penilaian merupakan suatu proses yang sengaja direncanakan untuk memperoleh informasi atau data, berdasarkan data tersebut kemudian dicoba membuat suatu keputusan. Sedangkan pembelajaran adalah suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan sistemik, yang bersifat interaktif dan komunikatif antara pendidik (guru) dengan peserta didik, sumber belajar dan lingkungan untuk menciptakan suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya tindakan belajar peserta didik, baik di kelas maupun di luar kelas, dihadiri guru secara fisik atau tidak, untuk menguasai kompetensi yang telah ditentukan. Jadi evaluasi pembelajaran adalah proses perencanaan dan proses memperoleh informasi terhadap kegiatan belajar mengajar untuk mengetahui kompetensi yang telah dikuasai oleh siswa dan keberhasilan guru dalam mengajar. B. TUJUAN EVALUASI PEMBELAJARAN Tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi sistem pembelajaran,baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, metode, media, sumber belajar, lingkungan, maupun sistem penilaian itu sendiri. Adapun tujuan penilaian hasil belajar adalah: a. Untuk mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap. b. Untuk mengetahui kecakapan, motivasi, bakat, minat, dan sikap peserta didik terhadap program pembelajaran. c. Untuk mengetahui tingkat kemajuan dan kesesuaian hasil belajar peserta didik dengan standar kompetensi dan kempetensi dasar yang telah ditetapkan. d. Untuk mendiagnosis keunggulan dan kelemahan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. e. Untuk seleksi, yaitu memilih dan menentukan peserta didik yang sesuai dengan jenis pendidikan tertentu. f. Untuk menentukan kenaikan kelas. g. Untuk menempatkan peserta didik sesuai dengan potensi yang dimilikinya.
Course Modules
RPS. EVALUASI PEMBELAJARAN
DISKUSI KELAS 02
Pertemuan 1. Sinkronous GM. Konsep Evaluasi Pembelajaran
Diskusi Kelas 03
Tugas Proyek; Team Based Learning
Diskusi kelas 04

Course Modules
Diskusi Kelas 01
MATERI FUNGSI DAN JENIS EVALUASI, ALAT EVALUASI DAN PRINSIP EVALUASI
DISKUSI KELAS 03
Diskusi Kelas 04
PROYEK BOOK CHAPTER KELAS 04
DISKUSI KELAS 02
PROYEK BOOK CHAPTER KELAS 02

Course Modules
MATERI
Diskusi Kelas 02
Diskusi Kelas 01
Diskusi Kelas 03
Diskusi Kelas 04

Course Modules
MATERI
Diskusi Kelas 01
Penyusunan Kisi-Kisi
Diskusi Kelas 03
Quiz Kelas 03
Diskusi Kelas 04
Quiz Kelas 04
Diskusi Kelas 02
Quiz Kelas 02

Course Modules
MATERI TES URAIAN
TUGAS KELAS 01. LATIHAN MEMBUAT KISI-KISI
TUGAS KELAS 03. LATIHAN MEMBUAT KISI-KISI TES URAIAN
TUGAS KELAS 04
Tugas Kelas 02

Course Modules
MATERI PENGEMBANGAN INSTRUMEN NON TES
FORUM DISKUSI KELAS 01
Forum Diskusi Kelas 03
Forum Diskusi Kelas 04
Forum Diskusi Kelas 02

Course Modules
MATERI PENGEMBANGAN DAN PENYUSUNAN TES OBJEKTIF
Latihan Menyusun Soal Tes Objektif Kelas 02
Latihan Menyusun Soal Objektif
Latihan Menyusun Soal Objektif Kelas 03
Latihan Menyusun Soal Objektif Kelas 04

Course Modules
UPLOAD TUGAS PBL KELAS 02
UPLOAD TUGAS PBL KELAS 01
UPLOAD TUGAS PBL KELAS 03
UPLOAD TUGAS PBL KELAS 04

Course Modules
MATERI ASPEK-ASPEK PERILAKU DALAM pENGAJARAN DAN PENILAIAN
Sinkronous Kelas C

Course Modules
MATERI CIRI-CIRI TES HASIL BELAJAR YANG BAIK, TUJUAN DAN FUNGSI TES
FORUM DISKUSI KELAS 01

Course Modules
Materi Kaidah-Kaidah Umum Penyusunan Tes Hasil Belajar
G-MEET

Course Modules
Materi Prosedur Penyusunan Tes Hasil Belajar
Forum Diskusi Kelas 02
Forum Diskusi Kelas 01
Contoh dapat diakses berikut ini http://aksi.puspendik.kemdikbud.go.id/membacadigital/kelas-4/select-informasi.html
Course Modules
bahan contoh

Course Modules
MATERI PENYUSUNAN TES HASIL BELAJAR
Forum Diskusi Kelas 01
Forum Diskusi Kelas 02
Pertemuan 14. Penyusunan Tes Hasil Belajar

Course Modules
MATERI SYARAT-SYARAT TES YANG BAIK
FORUM DISKUSI KELAS 01
FORUM DISKUSI KELAS 02

Course Modules
MATERI MENGUKUR INTELEGENSIA

Course Modules
link penugasan kelas 04
UAS KELAS 01
UAS KELAS 02