Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

SEJARAH DESAIN GRAFIS

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DIAN CAHYADI

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Desain Komunikasi Visual

Course Description

Deskripsi: Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiwa terkait sejarah, perkembangan, dan tren aliran dan gaya-gaya desaindesain grafis dunia dan di Indonesia. Mata kuliah ini juga memberikan pengetahuan dan kajian-kajian relevansi sejarah terhadap perkembangan desain grafis kekinian dan akan datang. Pengetahuan sejarah desain grafis memberikan Anda kemampuan untuk menggunakan gaya, warna, gerakan, dan komunikasi yang benar dalam mengomunikasikan dengan jelas pesan yang anda tempatkan dalam setiap gagasan visual yang anda berikan kepada audiens Anda. Sebagai desainer grafis, kita dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai komunikasi yang jelas. Jika kita menggunakan gaya dan teknik desain yang salah maka pesan kita akan tidak dapat dikomunikasikan. Pertimbangkan pada poin ini Misalnya, jika Anda menggunakan karya Alexander Rodchenko sebagai inspirasi untuk desain Anda yang mempromosikan kebebasan dan keragaman, maka Anda akan mengirimkan pesan yang sepenuhnya salah dengan gaya yang Anda gunakan. Jika sejarah desain grafis Alexander Rodchenko desain bekerja di Rusia selama pemerintahan komunis berat. Karyanya mempromosikan gerakan komunis dan dikenal sebagai Konstruktivisme. Ketika Anda memahami ini, Anda akan memastikan untuk selalu menggunakan inspirasi yang Anda peroleh dari sejarah desain grafis dengan benar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan riwayat desain Anda secara akurat dan menjadi desainer grafis yang lebih cerdas dan terinformasi.

Course Syllabus

Pengetahuan sejarah desain grafis memberikan Anda kemampuan untuk menggunakan gaya, warna, gerakan, dan komunikasi yang benar dalam mengomunikasikan dengan jelas pesan yang anda tempatkan dalam setiap gagasan visual yang anda berikan kepada audiens Anda. Sebagai desainer grafis, kita dituntut memiliki kemampuan dalam menguasai komunikasi yang jelas. Jika kita menggunakan gaya dan teknik desain yang salah maka pesan kita akan tidak dapat dikomunikasikan. Pertimbangkan pada poin ini Misalnya, jika Anda menggunakan karya Alexander Rodchenko sebagai inspirasi untuk desain Anda yang mempromosikan kebebasan dan keragaman, maka Anda akan mengirimkan pesan yang sepenuhnya salah dengan gaya yang Anda gunakan. Jika sejarah desain grafis Alexander Rodchenko desain bekerja di Rusia selama pemerintahan komunis berat. Karyanya mempromosikan gerakan komunis dan dikenal sebagai Konstruktivisme. Ketika Anda memahami ini, Anda akan memastikan untuk selalu menggunakan inspirasi yang Anda peroleh dari sejarah desain grafis dengan benar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan riwayat desain Anda secara akurat dan menjadi desainer grafis yang lebih cerdas dan terinformasi.
Course Modules
BACALAH: RPS-KONTRAK KULIAH-PENGANTAR
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana komunikasi dua arah secara visual bermula. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana aksara tercipta dalam bentuk-bentuk terstruktur dan disertai rasionalisasi konsepsi visualnya dalam merepresentasikan makna dan keterwakilan bentuk visual dari huruf-huruf tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan tentang proses penciptaan huruf-huruf yang dikenal saat ini. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami proses komunikasi visual bermula. Mahasiswa mengetahui dan memahami proses penciptaan aksara/huruf. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan proses penciptaan huruf-huruf (aksara) Referensi:
Course Modules
PENGANTAR SEJARAH DESAIN
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-1
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana komunikasi dua arah secara visual bermula. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa bagaimana aksara tercipta dalam bentuk-bentuk terstruktur dan disertai rasionalisasi konsepsi visualnya dalam merepresentasikan makna dan keterwakilan bentuk visual dari huruf-huruf tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan tentang proses penciptaan huruf-huruf yang dikenal saat ini. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami proses komunikasi visual bermula. Mahasiswa mengetahui dan memahami proses penciptaan aksara/huruf. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan proses penciptaan huruf-huruf (aksara)
Course Modules
Bahan Ajar Pertemuan ke-2
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-2
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era Renaisans. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era Renaisans. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era Renaisans beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era Renaisans. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era Renaisans. Mahasiswa mengetahui dan memahami karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era Renaisans. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era Renaisans beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era Renaisans.
Course Modules
Bahan Ajar Pertemuan ke-3: GRAFIS ERA RENAISSANS
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-3
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era Revolusi Industri. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era Revolusi Industri. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era Revolusi Industri beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era Revolusi Industri. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era Revolusi Industri. Mahasiswa mengetahui dan memahami karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era Revolusi Industri. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era Revolusi Industri beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era Revolusi Industri.
Course Modules
BAHAN AJARPERTEMUAN KE-4: DESAIN GRAFIS DAN REVOLUSI INDUSTRI
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-4
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era art & crafts movement hingga era art nouveau. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era art & crafts movement hingga era art nouveau. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era art & crafts movement hingga era art nouveau. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era art & crafts movement hingga era art nouveau beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era art & crafts movement hingga era art nouveau. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era art & crafts movement hingga era art nouveau. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era art & crafts movement hingga era art nouveau. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era art & crafts movement hingga era art nouveau. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era art & crafts movement hingga era art nouveau beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut.
Course Modules
MATERI AJAR PERTEMUAN KE-5
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-5
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era Permulaan Abad Dua Puluh. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Permulaan Abad Dua Puluh. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era Permulaan Abad Dua Puluh beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era Permulaan Abad Dua Puluh. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Permulaan Abad Dua Puluh. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era Permulaan Abad Dua Puluh beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut.
Course Modules
MATERI PERTEMUAN KE-6: PERMULAAN ABAD KE DUA PULUH
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-6
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era Moderen dan Pengaruh Seni Moderen. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Moderen. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era Moderen beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era Moderen. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Moderen. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era Moderen beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut.
Course Modules
MATERI PERTEMUAN KE-7
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-7
Setelah melalui proses pengalaman dan pengamalan materi-materi dari pertemuan ke-1 hingga ke-7. Tentunya mahasiswa telah mengetahui dan memahami cakupan dan tujuan pembelajaran. Syarat mengikuti UTS: telah menyelesaikan Tugas Aktivitas Perkuliahan dari Pertemuan ke-1 hingga ke-7. Materi Ujian Tengah Semester, lihat pada bagian berikutnya.
Course Modules
UJIAN TENGAH SEMESTER
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis pada era Pictorial Modernism. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Pictorial Modernism. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis pada era Pictorial Modernism beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis pada era Pictorial Modernism. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain era Pictorial Modernism. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis pada era Pictorial Modernism beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode : Reading (Belajar Mandiri) Key : Mahasiswa memahami esensi langgam gaya pictorial-modernism. Referensi: Meggs, Philip B., and Alston W. Purvis. Meggs' History of Graphic Design. Hoboken: J. Wiley & Sons, 2005. Print.
Course Modules
MATERI PERTEMUAN KE-9
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-9
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis New Language of Form. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain New Language of Form. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis New Language of Form beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis New Language of Form. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain New Language of Form. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis New Language of Form beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode : Reading (Belajar Mandiri) Key : Mahasiswa memahami esensi langgam gaya pictorial-modernism. Referensi: Meggs, Philip B., and Alston W. Purvis. Meggs' History of Graphic Design. Hoboken: J. Wiley & Sons, 2005. Print.
Course Modules
Materi Ajar Pertemuan Ke-10
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-10
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis Bauhaus and NewTypograph. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain Bauhaus and NewTypograph. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis Bauhaus and NewTypograph beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis Bauhaus and NewTypograph. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain Bauhaus and NewTypograph. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis Bauhaus and NewTypograph beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode : Reading (Belajar Mandiri) Key : Mahasiswa memahami esensi langgam gaya Bauhaus and NewTypograph. Referensi: Meggs, Philip B., and Alston W. Purvis. Meggs' History of Graphic Design. Hoboken: J. Wiley & Sons, 2005. Print.
Course Modules
MATERI AJAR PERTEMUAN KE-11: BAUHAUS AND NEW TYPOGRAPH
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-11
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis New York School and Modern Movement in America. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain New York School and Modern Movement in America. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis New York School and Modern Movement in America beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis New York School and Modern Movement in America. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain New York School and Modern Movement in America. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis New York School and Modern Movement in America beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode: Reading (Belajar Mandiri) Key: Mahasiswa mengetahui sejarah era new york school & pergerakan era moderen di Amerika. Referensi:
Course Modules
MATERI PERTEMUAN KE-12
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-12
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana tipe dan ciri grafis InternationalStyle dan Postmodern Design. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa terkait mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain InternationalStyle dan Postmodern Design. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis InternationalStyle dan Postmodern Design beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami tipe dan ciri grafis International Style dan Postmodern Design. Mahasiswa mengetahui dan mengidentifikasi esensi ragam dan langgam gaya desain International Style dan Postmodern Design. Karya-karya grafis yang menjadi pembentuk dan penanda pada era tersebut. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis International Style dan Postmodern Design beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode: Reading (Belajar Mandiri) Key: Mahasiswa mengenal esensi dan kesejarahan international-typographic-style & postmodern-design. Referensi:
Course Modules
MATERI AJAR PERTEMUAN KE-13
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-13
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Corporate Identity and Visual System. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana membangun sistim identitas visual bagi korporasi. Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis Corporate Identity and Visual System beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami Corporate Identity and Visual System. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana Corporate Identity and Visual System. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis Corporate Identity and Visual System beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode: Reading (Belajar Mandiri) Key: Mahasiswa mengenal esensi dan kesejarahan bagaimana identitas dan sistim visual bagi korporasi. Referensi:
Course Modules
MATERI AJAR PERTEMUAN KE-14
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-14
Obyeksi: Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang Digital Revolution and Beyond. Pengetahuan ini memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana Digital Revolution and Beyond mengubah wajah dunia editorial dan wajah desain grafis hingga peranannya sebagai pendukung utama perkembangan teknologi mutakhir . Pengetahuan ini memberikan kepada mahasiswa pengetahuan kesejarahaan visual grafis Digital Revolution and Beyond beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Tujuan: Mahasiswa mengetahui dan memahami Digital Revolution and Beyond. Mahasiswa mengetahui dan memahami bagaimana Digital Revolution and Beyond mengubah wajah dunia editorial dan wajah desain grafis hingga peranannya sebagai pendukung utama perkembangan teknologi mutakhir. Mahasiswa mengetahui dan memahami kesejarahan visual grafis Digital Revolution and Beyond beserta tokoh-tokoh yang memberikan pengaruhnya yang memberikan gagasan dan membentuk ciri dan tipikal visual grafis pada era tersebut. Metode: Reading (Belajar Mandiri) Key: Mahasiswa mengetahui hakikat dan esensi era Digital Revolution and Beyond dan arah masa akan datangnya. Referensi:
Course Modules
MATERI AJAR PERTEMUAN KE-15
TUGAS AKTIVITAS PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-15
Setelah melalui proses pengalaman dan pengamalan materi-materi dari pertemuan ke-1 hingga ke-7. Tentunya mahasiswa telah mengetahui dan memahami cakupan dan tujuan pembelajaran. Syarat mengikuti UAS: telah menyelesaikan: (1) UTS; (2) Tugas Aktivitas Perkuliahan dari Pertemuan ke-9 hingga ke-15. Materi Ujian Akhir Semester , lihat pada bagian berikutnya.
Course Modules
UJIAN AKHIR SEMESTER