Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Belajar dan Pembelajaran
Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Belajar dan Pembelajaran

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MUHIBUDDIN FADHLI

Universitas Muhammadiyah Ponorogo
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Course Description

Tahun Akademik: Gasal 2022/2023 Kelas-Offr: B13-B13 Deskripsi: Konsep dasar belajar dan pembelajaran, ragam teori belajar serta implikasinya dalam menentukan aktivitas pembelajaran, karakteristik tiap teori beserta analisa pemilihan teori dan pendekatan belajar, komponen pembelajaran dan analisa kebutuhan dalam pembelajaran, serta ragam teori pembelajaran serta strategi implementasinya. Pendekatan belajar yang digunakan melibatkan pembelajaran berorientasi pada pengalaman nyata dan penyelesaian masalah pembelajaran dilingkungan kegiatan pendidikan. Materi dan pengalaman belajar dirancang untuk melibatkan mahasiswa lebih aktif dalam berkontribusi menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan pendidik secara umum. Mahasiswa pada akhirnya dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan hasil kegiatan analisis dari aspek karakteristik peserta didik, landasan pendidikan dalam bingkai budaya Indonesia dan konteks kehidupan global yang beradab, teori belajar dan praktik pembelajaran, dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara bertanggungjawab, dengan memperhatikan tata cara dan etika ilmiah, melalui pemikiran logis, kritis, antisipatif, kreatif, inovatif, dan fleksibel. Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar (prinsip dan hukum dasar) berdasarkan paradigma terkemuka. Mahasiswa mampu menganalisis secara detail bagian-bagian (ranah) dalam keilmuan pembelajaran Mahasiswa mampu menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait. Daftar Pustaka: 4. Dahar, R. W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti. Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds..). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group) 2. Arends, R. Learning to Teach. McGraw-Hill Higher Education. 3. Budiningsih, C. A. Teori Belajar dan Pembelajaran. 5. Degeng, I N. S. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup 6. Dwiyogo, W. D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Jakarta: Rajawali. 7. Gredler, M. Learning and Insrtuction (Theory and Practice). 8. Hitipeuw, I. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM. 9. Joyce, B; M. Weil, & Calhoun, E. Models of Teaching (8th edition). 10. Mayer, R. E. Handbook of Research on Learning and Instruction (Educational Psychology Handbook Series). 11. Schunk, D. H.. Learning Theories. An Educational Perspective. Sixth Edition. Pearson Ed. 12. Slavin, R. E. Educational Psychology: Theory and Practice (8th edition). 13. Uno, H. B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

Course Syllabus


Course Modules
Announcements
Assalamualaikum w.w Selamat pagi rekan-rekan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Terimakasih telah mengikuti perkuliahan dengan baik dan bahagia. Kalo baik saja tanpa bahagia, kadang bisa pura-pura. Hehe. Baik, untuk pertemuan kali ini saya ijin untuk mengupload materi dari kelompok pertama sekaligus notulensi hasil diskusi teman-teman pada pertemuan kemarin. Aktifitas pada mata kuliah ini adalah refleksi, jadi tidak ada pendalaman materi hanya testimoni dan me-recall atau mengingat kembali diskusi kemarin. Silahkan mengisi aktifitas disini sebagai "sangu" pada pertemuan kedua kemarin Terimakasih Wassalamualaikum w.w Muhibuddin Fadhli
Course Modules
Power Point Kelompok 1
Artikel Kelompok 1
Power Point Teori Kognitif
Feedback Pertemuan Kedua
Assalamualaikum w.w Selamat pagi rekan-rekan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Terimakasih telah mengikuti perkuliahan dengan baik dan bahagia. Baik, untuk pertemuan kali ini saya ijin untuk mengupload materi dari kelompok pertama sekaligus notulensi hasil diskusi teman-teman pada pertemuan kemarin. Aktifitas pada mata kuliah ini adalah refleksi, jadi tidak ada pendalaman materi hanya testimoni dan me-recall atau mengingat kembali diskusi kemarin. Silahkan mengisi aktifitas disini sebagai "sangu" pada pertemuan keempat Terimakasih Wassalamualaikum w.w Muhibuddin Fadhli
Course Modules
Assalamualaikum w.w Selamat pagi rekan-rekan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Terimakasih telah mengikuti perkuliahan dengan baik Silahkan pelajari video berikut Youtube Aktifitas pada mata kuliah ini terdapat beberapa kegiatan 1. Mereview video, setelah kalian mereview video silahkan kalian lakukan aktifitas mereview video, terdapat tiga topik silahkan menjawab semua topik tersebut sesuai dengan pemahaman kalian. 2. Pengayaan mereview buku, silahkan mereview buku seperti pada pertemuan keempat kemarin 3. Bagi kelompok, silahkan kalian mengupload aktifitas sesuai dengan ketentuan. Terimakasih Wassalamualaikum w.w Muhibuddin Fadhli
Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules
Assalamualaikum w.w Selamat pagi rekan-rekan mata kuliah Belajar dan Pembelajaran. Terimakasih telah mengikuti perkuliahan dengan baik dan bahagia. Baik, tidak terasa kita sudah berada di tengah semester, artinya kita harus memenuhi kewajiban untuk mengelola Ujian Tengah Semester Aktifitas pada UTS ini adalah project based learning, dimana seperti saya sampaikan pada awal perkuliahan kita akan membuat bersama-sama chapter book tentang Belajar dan Pembelajaran. Silahkan pelajari ketentuan pembuatan chapter book pada bagian UTS ini Terimakasih Wassalamualaikum w.w Muhibuddin Fadhli
Course Modules

Course Modules
Assalamualaikum w.w Selamat pagi rekan-rekan. Pada pertemuan ke 10 kalian akan mempraktekkan model pembelajaran inovatif PJBL atau Project based learning Aktifitas yang harus kalian lakukan adalah menganalisis beberapa jurnal rujukan, silahkan berkelompok sesuai dengan kelompok presentasi dan lakukan analisis berikut. 1. Temukan Kata kunci 2. Temukan subyek penelitian 3. Temukan metode penelitian 4. Temukan kesimpulan Rangkai ke empat pon tersebut ke dalam sebuah rangkuman di Jamboard berikut https://jamboard.google.com/d/1VJa1BYe8UMVwaagbbphb5DGDTZJm2fRjLImpk6X21NE/edit?usp=sharing
Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules

Course Modules