Belajar dan Pembelajaran

  • 4.5/5.0
  • 12k Enrolled
  • All levels
  • Start 28 August 2024

Course description

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B13-B13
Deskripsi:

Konsep dasar belajar dan pembelajaran, ragam teori belajar serta implikasinya dalam menentukan aktivitas pembelajaran, karakteristik tiap teori beserta analisa pemilihan teori dan pendekatan belajar, komponen pembelajaran dan analisa kebutuhan dalam pembelajaran, serta ragam teori pembelajaran serta strategi implementasinya.

Pendekatan belajar yang digunakan melibatkan pembelajaran berorientasi pada pengalaman nyata dan penyelesaian masalah pembelajaran dilingkungan kegiatan pendidikan. Materi dan pengalaman belajar dirancang untuk melibatkan mahasiswa lebih aktif dalam berkontribusi menyelesaikan masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru dan pendidik secara umum.

Mahasiswa pada akhirnya dapat merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan hasil kegiatan analisis dari aspek karakteristik peserta didik, landasan pendidikan dalam bingkai budaya Indonesia dan konteks kehidupan global yang beradab, teori belajar dan praktik pembelajaran, dengan memanfaatkan teknologi informasi komunikasi secara bertanggungjawab, dengan memperhatikan tata cara dan etika ilmiah, melalui pemikiran logis, kritis, antisipatif, kreatif, inovatif, dan fleksibel.


Capaian Pembelajaran

  • Mahasiswa mampu menjelaskan hakikat belajar dan pembelajaran.
  • Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori belajar (prinsip dan hukum dasar) berdasarkan paradigma terkemuka.
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara detail bagian-bagian (ranah) dalam keilmuan pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis komponen-komponen pembelajaran baik secara tersendiri maupun sebagai suatu sistem yang saling terkait.

Daftar Pustaka:

  • 4. Dahar, R. W. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti.
  • Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al (Eds..). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group)
  • 2. Arends, R. Learning to Teach. McGraw-Hill Higher Education.
  • 3. Budiningsih, C. A. Teori Belajar dan Pembelajaran.
  • 5. Degeng, I N. S. Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel untuk Pengembangan Teori dan Penelitian. Bandung: Kalam Hidup
  • 6. Dwiyogo, W. D. Pembelajaran Berbasis Blended Learning. Jakarta: Rajawali.
  • 7. Gredler, M. Learning and Insrtuction (Theory and Practice).
  • 8. Hitipeuw, I. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan UM.
  • 9. Joyce, B; M. Weil, & Calhoun, E. Models of Teaching (8th edition).
  • 10. Mayer, R. E. Handbook of Research on Learning and Instruction (Educational Psychology Handbook Series).
  • 11. Schunk, D. H.. Learning Theories. An Educational Perspective. Sixth Edition. Pearson Ed.
  • 12. Slavin, R. E. Educational Psychology: Theory and Practice (8th edition).
  • 13. Uno, H. B. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.

What you’ll learn
  • Pertemuan 3:Teori kognitivististik
  • Pertemuan 4:Teori Sosial
  • Pertemuan 5:Teori konstruktivistik.
  • Pertemuan 6:Teori belajar sosial
  • Pertemuan 3:Modalitas Belajar
  • Pertemuan 1:Orientasi mata kuliah
  • Pertemuan 2:Hakikat belajar dan pembelajaran: Landasan dan pokok-pokok teori.
  • Pertemuan 8:UTS
  • Pertemuan 9:(Pembahasan hasil UTS) - Variabel kondisi dalam pembelajaran - Perencanaan pembelajaran
  • Pertemuan 10:- Project Based Learning
  • Pertemuan 11:- Research-Based Learning
  • Pertemuan 12:- Model-model pembelajaran inovatif
  • Pertemuan 13:- Review Chapter Book dan Proses Templating
  • Pertemuan 14:- Komponen-komponen pokok program pembelajaran
  • Pertemuan 15:- Perangkat rancangan program pembelajaran
  • Pertemuan 16:UAS

As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.

  • Lectures 30
  • Duration 4h 50m
  • Skills Beginner
  • Deadline 24 February 2025
  • Certificate Yes

  • 4.5/5.0