Adik-adik mahasiswa. Mengapa suatu proses belajar peserta didik, perlu dilakukan penilaian? Karena, proses pembelajaran pada hakikatnya adalah untuk mengetahui sejauhmana peserta didik mengalami perubahan atau bahkan peningkatan (ranah kognitif, psikomotor atau afektif). Penilaian sebagai tahapan akhir proses pembelajaran, sangat menentukan bahwa proses pembelajaran telah terselaksana secara efektif atau belum. Materi ini akan mengantarkan Anda untuk memahami perbedaan konsep dasar pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi. Selanjutnya Anda akan berinteraksi dengan penilaian otentik (authentic assessment), menulis tes hasil belajar, serta menelaah tes hasil belajar. Capaian Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan dapat mengevaluasi hasil belajar sehingga hasil evaluasi dapat berguna dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sub Capaian Menjelaskan batasan pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi Menjelaskan langkah-langkah merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Membedakan model-model penilaian otentik Menjelaskan langkah-langkah penyusunan penilaian otentik Menyusun tes hasil belajar Menelaah kualitas tes hasil belajar Materi pada pertemuan ini, terdiri dari 4 sub materi yaitu Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi Penilaian Otentik (Authentic Assessment) Menulis Tes Hasil Belajar Menelaah Tes Hasil Belajar Silakan pelajari dengan seksama, dan ikuti kuis yang diberikan setiap bagiannya
Course Modules P14.2. Materi 1: Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
P14.3. Kuis Materi 1
P14.4. Materi 2: Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
P14.5. Kuis Materi 2
P14.6. Materi 3: Menulis Tes Hasil Belajar
P14.7. Kuis Materi 3
P14.8. Materi 4: Menelaah Tes Hasil Belajar
P14.9. Kuis Materi 4
Alhamdulillah. Anda telah menyelesaikan 4 materi i...
P14.10. Tes Pertemuan ke-14
P14.11. Tugas Penilaian