Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Universitas Negeri Makassar

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

BHAKTI PRIMA FINDIGA HERMUTTAQIEN

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua Selamat datang di mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Mata kuliah ini masuk dalam rumpun Kependidikan dengan bobot SKS sebesar 3 SKS dengan kode Matakuliah : 13D61C604. Sebelum Anda mengawali perkuliahan, alangkah lebih baiknya Anda pelajari mengenai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), materi, dan komponen penilaian yang ada pada mata kuliah ini, Pastikan Anda semua mengikuti semua aktivitas pembelajaran yang ada pada setiap pertemuan. Untuk melihat sejauh mana progres aktivitas pembelajaran yang sudah Anda lakukan silakan perhatikan bagian Progress Bar maupun bagian Grade . Jika ada hal-hal yang tidak atau kurang dimengerti, silakan Anda bisa menghubungi dosen pengampu mata kuliah melalui email maupun kontak HP (WA). Selamat belajar dan tetap semangat rekan-rekan mahasiswa !! Wassalamu'alaikum Wr. Wb Pengampu Mata Kuliah : Kontak Dosen Pengampu: Email : bhakti@unm.ac.id HP (WA) : 085230026044 (Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah belajar dan pembelajaran salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep belajar dan pembelajaran, pendekatan dan metode belajar dan pembelajaran serta hubungannya dengan komponen- kompoenen lain, masalah-masalah kesulitan belajar, dan pembelajaran berbasis nilai. Deskripsi Mata Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK dan Materi Perkuliahan) Bobot Penilaian Bobot penilaian akan ditentukan berdasarkan beberapa komponen dibawah ini : Keaktifan (30%) Latihan Soal per Pokok Bahasan (15%) Tugas (10%) Ujian Tengah Semester (20%) Ujian Akhir Semester (25%) Buku Rujukan Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga. Haling, Abd. 2007.Belajar dan Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM. Suparman, Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenada Media Group.

Course Syllabus

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh... Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua Selamat datang di mata kuliah Belajar dan Pembelajaran Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Mata kuliah ini masuk dalam rumpun Kependidikan dengan bobot SKS sebesar 3 SKS dengan kode Matakuliah : 13D61C604. Sebelum Anda mengawali perkuliahan, alangkah lebih baiknya Anda pelajari mengenai Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), materi, dan komponen penilaian yang ada pada mata kuliah ini, Pastikan Anda semua mengikuti semua aktivitas pembelajaran yang ada pada setiap pertemuan. Untuk melihat sejauh mana progres aktivitas pembelajaran yang sudah Anda lakukan silakan perhatikan bagian Progress Bar maupun bagian Grade . Jika ada hal-hal yang tidak atau kurang dimengerti, silakan Anda bisa menghubungi dosen pengampu mata kuliah melalui email maupun kontak HP (WA). Selamat belajar dan tetap semangat rekan-rekan mahasiswa !! Wassalamu'alaikum Wr. Wb Pengampu Mata Kuliah : Kontak Dosen Pengampu: Email : bhakti@unm.ac.id HP (WA) : 085230026044 (Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien) Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah belajar dan pembelajaran salah satu bentuk kajian yang memberikan pemahaman dan penerapan konsep belajar dan pembelajaran, pendekatan dan metode belajar dan pembelajaran serta hubungannya dengan komponen- kompoenen lain, masalah-masalah kesulitan belajar, dan pembelajaran berbasis nilai. Deskripsi Mata Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK dan Materi Perkuliahan) Bobot Penilaian Bobot penilaian akan ditentukan berdasarkan beberapa komponen dibawah ini : Keaktifan (30%) Latihan Soal per Pokok Bahasan (15%) Tugas (10%) Ujian Tengah Semester (20%) Ujian Akhir Semester (25%) Buku Rujukan Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga. Haling, Abd. 2007.Belajar dan Pembelajaran. Makassar : Badan Penerbit UNM. Suparman, Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta : Erlangga. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Prenada Media Group.
Course Modules
RPS Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Meet Kontrak Kuliah
Sesi Perkenalan
Sesi Perkenalan

Course Modules
Web Meeting Perkuliahan

Course Modules
Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan belajar? I...
Istilah ini bukanlah istilah baru, hampir setiap...
P1.2. Teori Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
P1.3. Materi 2: Video Teori Belajar Behavioristik ...
P1.4. Materi 3: Presentasi TEORI BEHAVIORISTIK Se...
P1.5. Presentasi: Teori Behavioristik
Dari apa yang telah kalian pelajari, secara ring...
P1.6. Forum Diskusi
Kalian telah mempelajari materi tentang teori be...
P1.7. Kuis Pertemuan 1
P1.8. Upload Tugas
P1.9. Web Meeting

Course Modules
Setiap siswa memiliki tahapan perkembangan yang be...
Apa yang dimaksud dengan teori belajar kognitif?...
P2.2. Teori Kognitif dan Penerapannya dalam Pembelajaran
P2.3. Materi 2: Video Teori Belajar Kognitif Dala...
P2.4. Materi 3: Presentasi Teori Belajar Kognitif ...
P2.5. Presentasi : Teori Kognitif
Dalam aplikasi teori belajar kognitif, keterliba...
P2.6. Forum Diskusi
Setelah mempelajari materi tentang teori belajar...
P2.7. Kuis Pertemuan 2
P2.8. Upload Tugas

Course Modules
Selamat berjumpa kembali, setelah mempelajari teor...
Manusia manusia masa depan seperti apa yang ingi...
P3.2. Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Materi 2: Video Teori Belajar Konstruktivistik Se...
Materi 3: Presentasi Teori Belajar Konstruktivisti...
P3.3. Presentasi: Teori Belajar Konstruktivistik
Usaha mengembangkan manusia dan masyarakat yang ...
P3.4. Forum Diskusi
Untuk mengetahui sejauh mana Anda memahami mater... (copy)
P3.5. Kuis Pertemuan 3
P3.6. Upload Tugas
Web Meeting

Course Modules
Istilah melajar adalah upaya memanusiakan manusia ...
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran ...
P4.2. Teori Belajar Humanistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran
Materi 2: Video Teori Humanistik Video ini menjel...
Materi 3: Presentasi Teori Belajar Humanistik Ber...
P4.3. Presentasi: Teori Humanistik
Menurut teori humanistik tujuan belajar adalah u...
P4.4. Forum Diskusi
Anda telah mempelajari materi pada pertemuan 4 i...
P4.5. Kuis Pertemuan 4

Course Modules
Adik-adik mahasiswa yang berbahagia, Semoga Anda s...
Silakan pelajari materi berikut secara urut agar...
P5.2. Pendekatan Saintifik dan Model-model Pembelajaran
P5.3. Materi 2. Penerapan Model Pembelajaran Sebe...
P5.4. Materi 3: Video Penerapan Model Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, dapat disimpulka...
P5.5. Rangkuman Materi P5-P7
P5.6. Forum Diskusi
Anda telah mempelajari materi pada pertemuan ini...
P5.7. Kuis Pertemuan 5-7
Assalamualaikum Mari kita mengawali pertemuan ke-8 ini dengan berdoa menurut agama masing-masing. Semoga kita semua senantiasa dalam sehat, dilindungi oleh Allah, dan semakin bertawakkal pada-Nya. Doa dimulai.... Selesai Nah, di pertemuan ke-8 ini kita akan belajar secara mandiri mengenai kurikulum. Yang harus kalian pahami adalah: Mampu menjelaskan konsep dasar kurkulum, karakteristik kurikulum nasional. Langkah-langkah belajar: Isi daftar hadir di menu presensi, status Telat diberikan jika klik lewat dari 15 menit sesi kelas Nonton video tentang kurikulum Baca file materi berupa PDF Ikuti forum diskusi. Fitur ini baru terbuka jika kalian sudah membaca semua materi PDF yang diberikan Logout, waktunya istirahat Langsung saja, yuk tonton video di bawah ini.
Course Modules
Simaklah video berikut secara berurutan:Video 1: H...
Setelah menonton video di atas, silakan download d...
P8.2. Konsep Dasar Kurikulum
P8.3. Landasan Kurikulum
P8.4. Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum PAUD
P8.5. Presentasi Kurikulum PAUD 2019
Forum Diskusi
Assalamualaikum. Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesehatan selama belajar di rumah Sejujurnya saya menginginkan kita bisa bertemu di kelas, bisa bermain game game yang sebenarnya sudah saya siapkan. Tapi baiklah, kita harus fleksibel menghadapi situasi yang tidak menentu. Ini jaman VUCA. Apa itu VUCA, silakan searching sendiri di google. To the point Di bagian UTS ini, saya juga mengganti format UTS sehingga lebih kontekstual. Sesuai kondisi yang terjadi saat ini. Disini saya tidak meminta hapalan-hapalan kalian terkait teori belajar dan pembelajaran. Tapi lebih dari itu... Bagaimana setelah kalian mempelajari teori-teori tersebut memandang kondisi yang terjadi di lapangan. Apakah sudah sesuai? Dan kalau kurang sesuai. Apa saran Anda? Adek-adek saya harapkan masuk di level ini, level tertinggi di keterampilan kognitif. Yakni berkarya, memberikan ide dan solusi. Dalam multiple intelegrenci, kecerdasan itu kemampuan menyelesaikan masalah. Nah, kalian akan sampai di level itu. Selamat mengerjakan. Dan berharaplah pada Allah agar situasi kembali normal kembali.
Course Modules
Petunjuk UTS

Course Modules
Bagaimana keadaan adik-adik? Tentu sehat dan tetap...
Untuk dapatĀ menguasai capaian pembelajaran pada ...
P10.2. Materi 1: Merencanakan Pembelajaran
P.10.3. Materi 2: Video Mengenai Komponen RPP Vi...
P10.4. Materi 3: Cara Merumuska Tujuan Pembelajaran
Anda telah mempelajari materi pada pertemuan ini... (copy)
P10.5. Kuis Pertemuan ke-10
P10.6. Latihan Merumuskan Tujuan

Course Modules
Assalamualaikum, selamat bertemu kembali. Selamat...
Mengembangkan bahan ajar merupakan salah satu ke...
P11.2. Materi 1: Apa itu Materi Ajar?
P11.3. Materi 2: Pengembangan Bahan Ajar
Selamat, Anda telah selesai mempelajari materi t...
P11.4. Rangkuman P11
Untuk mengetahui sejauh mana Anda memahami mater...
P11.5. Kuis Pertemuan ke-11
Adik-adik mahasiswa, pada pertemuan kali ini kita akan belajar mengenai model, pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apa bedanya? Mana yang lebih umum. Nah, untuk memperjelas, silakan baca materi berikut sambil menunggu sesi video converence
Course Modules
P12.2. Apa bedanya model, metode, strategi, pendekatan dan teknik pembelajaran?
Vicon Pertemuan ke-12

Course Modules
Adik-adik sekalian, dalam mengelola pembelajaran y...
Untuk dapat menguasai capaian pembelajaran ...
P13.2. Materi 1: Media Pembelajaran
Materi 2: Video Media Pembelajaran Video ini akan...
Setelah mempelajari materi pertemuan ke -13, dap...
P13.3. Rangkuman Materi
Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman Anda, sil...
P13.4. Kuis Pertemuan ke-13
Adik-adik mahasiswa. Mengapa suatu proses belajar peserta didik, perlu dilakukan penilaian? Karena, proses pembelajaran pada hakikatnya adalah untuk mengetahui sejauhmana peserta didik mengalami perubahan atau bahkan peningkatan (ranah kognitif, psikomotor atau afektif). Penilaian sebagai tahapan akhir proses pembelajaran, sangat menentukan bahwa proses pembelajaran telah terselaksana secara efektif atau belum. Materi ini akan mengantarkan Anda untuk memahami perbedaan konsep dasar pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi. Selanjutnya Anda akan berinteraksi dengan penilaian otentik (authentic assessment), menulis tes hasil belajar, serta menelaah tes hasil belajar. Capaian Pembelajaran Setelah mempelajari materi ini, Anda diharapkan dapat mengevaluasi hasil belajar sehingga hasil evaluasi dapat berguna dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sub Capaian Menjelaskan batasan pengukuran, penilaian, tes, dan evaluasi Menjelaskan langkah-langkah merencanakan dan mengembangkan tes hasil belajar Membedakan model-model penilaian otentik Menjelaskan langkah-langkah penyusunan penilaian otentik Menyusun tes hasil belajar Menelaah kualitas tes hasil belajar Materi pada pertemuan ini, terdiri dari 4 sub materi yaitu Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi Penilaian Otentik (Authentic Assessment) Menulis Tes Hasil Belajar Menelaah Tes Hasil Belajar Silakan pelajari dengan seksama, dan ikuti kuis yang diberikan setiap bagiannya
Course Modules
P14.2. Materi 1: Pengertian Pengukuran, Penilaian, Tes, dan Evaluasi
P14.3. Kuis Materi 1
P14.4. Materi 2: Penilaian Otentik (Authentic Assessment)
P14.5. Kuis Materi 2
P14.6. Materi 3: Menulis Tes Hasil Belajar
P14.7. Kuis Materi 3
P14.8. Materi 4: Menelaah Tes Hasil Belajar
P14.9. Kuis Materi 4
Alhamdulillah. Anda telah menyelesaikan 4 materi i...
P14.10. Tes Pertemuan ke-14
P14.11. Tugas Penilaian
Rekan-rekan mahasiswa, siapa diantara kalian yang pernah mengalami kesulitan belajar? Tentu semua pernah merasakannya ya? Saya pun demikian. Ada satu waktu dimana kita sulit membagi waktu dalam belajar, kadang juga kita kesulitan untuk memahami satu pelajaran padahal sudah sering di ulang-ulang. Nah sesi kali ini kita akan mencari tahu apa saja penyebab kesulitan belajar, dan bagaimana cara mengatasinya. Langkah-langkah kegiatan belajar Memberi video testimoni (baca: curhat) mengenai pengalaman belajar yang Anda rasakan Membaca materi-materi pendukung tentang penyebab kesulitan belajar dan cara penanganannya Merenung dan memikirkan cara terbaik agar anda dapat belajar dengan baik
Course Modules
Apa kesulitan belajarmu?
Alhamdulillah, akhirnya kalian sampai pada bagian ini dengan baik. Sebagai bentuk aktualisasi ilmu yang telah Anda pelajari selama satu semester ini, silakan kerjakan tantangan UAS berikut dengan sebaik-baiknya. Project UAS dapat Anda kerjakan mulai sekarang. Silakan berkreativitas. Semakin unik ide Anda, maka semakin baik. Saya sangat menghargai hasil karya yang Anda buat sendiri. Saya percaya kalian pasti bisa. Untuk memudahkan mengerjakannya, saya sudah lampirkan contoh2 RPP kreatif untuk dijadikan sumber inspirasi. Selamat berkreasi.
Course Modules
UAS