Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN I
Universitas Negeri Makassar

PENGENALAN LINGKUNGAN PERSEKOLAHAN I

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

HARTOTO

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

Bagaimana kabar rekan-rekan mahasiswa? Semoga kalian senantiasa dalam sehat dan bahagia. Senang rasanya bisa berjumpa dengan kalian pada mata kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 1 ini. Inti dari kegiatan PLP I adalah aktivitas observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan nantinya Anda dapat membangun jati diri sebagai pendidik. Silakan ikuti prosedur perkuliahan yang ada di LMS ini, jika ada kendala, silakan kontak masing-masing dosen pengampu. Selamat belajar DOSEN PENGAMPU 0002097508 - HAMZAH PAGARRA, S.KOM, M.PD ( M93,M94 ) 0005088005 - MUHAMMAD IRFAN, S.PD, M.PD ( M91, M92 ) 0007117307 - DR. WIDYA KARMILA SARI ACHMAD, S.PD, M.PD ( BC91, BC92, BC93 ) 0011118703 - HARTOTO, S.Pd, M.Pd ( M95,M96 ) 0031125740 - DRA. NURJANNAH, M.PD 0031125890 - DRA. RASMI DJABBA, S.PD, M.PD 0031126452 - DRS. MULIADI, M.KES

Course Syllabus

Bagaimana kabar rekan-rekan mahasiswa? Semoga kalian senantiasa dalam sehat dan bahagia. Senang rasanya bisa berjumpa dengan kalian pada mata kuliah Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) 1 ini. Inti dari kegiatan PLP I adalah aktivitas observasi, analisis dan penghayatan langsung terhadap kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, dan dinamika sekolah sebagai lembaga pengembang pendidikan dan pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan nantinya Anda dapat membangun jati diri sebagai pendidik. Silakan ikuti prosedur perkuliahan yang ada di LMS ini, jika ada kendala, silakan kontak masing-masing dosen pengampu. Selamat belajar DOSEN PENGAMPU 0002097508 - HAMZAH PAGARRA, S.KOM, M.PD ( M93,M94 ) 0005088005 - MUHAMMAD IRFAN, S.PD, M.PD ( M91, M92 ) 0007117307 - DR. WIDYA KARMILA SARI ACHMAD, S.PD, M.PD ( BC91, BC92, BC93 ) 0011118703 - HARTOTO, S.Pd, M.Pd ( M95,M96 ) 0031125740 - DRA. NURJANNAH, M.PD 0031125890 - DRA. RASMI DJABBA, S.PD, M.PD 0031126452 - DRS. MULIADI, M.KES
Course Modules
Kontrak Kuliah (Tatap Maya)
Petunjuk Perkuliahan
Announcements
Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) adalah tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan, yang dilaksanakan pada semester ketiga atau keempat. PLP I dimaksudkan untuk membangun landasan jati diri pendidik melalui beberapa bentuk kegiatan di sekolah. Untuk lebih jelasnya, silakan baca penjelasan berikut ini
Course Modules
Pengertian dan Tujuan PLP 1
Dasar Hukum PLP 1
Ruang Lingkup, Capaian Pembelajaran dan Beban Belajar
Sistem Penilaian
Isi Data Sekolah Tujuan PLP 1
Unduh Surat Pengantar PLP 1
Log Book PLP 1

Course Modules
Kultur sekolah sebagai keyakinan dan nilai-nilai milik bersama yang menjadi pengikat kuat kebersamaan mereka sebagai warga suatu masyarakat (Depdiknas, 2003). Dengan kita mengetahui kultur sekolah, maka diharapkan lebih mudah beradaptasi dengan lingkunagn persekolahan, kelak akan mengadaptasi upaya-upaya baik sekolah perbaikan mutu dan kinerja sekolah.
Course Modules
Lembar Pengamatan 1: Kultur Sekolah
Laporan Hasil Pengamatan 1: Kultur Sekolah
Diskusi Kultur Sekolah
C20C
C20D
C20E
C20F
BC 91 (8 Maret 2022)
BC 92 (9 Maret 2022)
PLP 1 Crossword Puzzle
Pengembangan sekolah haruslah dilakukan secara berencana, terarah dan sistematik. Hal ini memerlukan pengorganisasian dan tata kelola sekolah yang baik. Tantangan utama kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi adalah bagaimana dia dapat memadukan antara kepentingan organisasi sekolah dan berbagai potensi, minat dan bakat para anggotanya sebagai asset demi kemajuan sekolah. Anda sebagai seorang guru dan tidak menutup kemungkinan menjadi kepala sekolah perlu mempelajari peran pengorganisasian sekolah.
Course Modules
Lembar Pengamatan 2: Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah
Laporan Hasil Pengamatan 2: Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah
Permendikbud No 6 tahun 2019
Kuis SOTK Sekolah
BC 91 (Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah)
BC 92 (Struktur Organisasi dan Tata Kelola Sekolah)
Kegiatan FGD 1 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 1, silakan menghubungi dosen masing-masing. Kelas Dosen Jadwal Meeting Link Meeting
Course Modules
FGD 1 BC 92
FGD 1 BC91
Peraturan dan tata tertib sekolah adalah semua ketentuan atau peraturan dan program yang dibuat oleh sekolah yang mengimplementasikannya harus mengandung nilai-nilai budi pekerti dan tidak boleh bertentangan dengan nlai-nilai budi pekerti, sehingga membuat suasana sekolah yang kondusif. Sebagai calon warga sekolah, kita perlu mempelajari praktik-praktik baik mengenai penegakan peraturan dan tata tertib di sekolah.
Course Modules
Lembar Pengamatan 3: Peraturan dan Tata Tertib Sekolah
Laporan Hasil Pengamatan 3: Peraturan dan Tata Tertib Sekolah
Survei Singkat Peraturan dan Tata Tertib Sekolah
Apa saja kegiatan ceremonial yang biasa dilakukan di sekolah? Bagaimana pelaksanaannya di masa pandemi seperti saat ini? Silakan amati dan laporkan temuan Anda di sekolah tempat PLP 1.
Course Modules
Lembar Pengamatan 4: Kegiatan Ceremonial-Formal Sekolah
Laporan Hasil Pengamatan 4: Kegiatan Ceremonial-Formal Sekolah
Diskusi Kegiatan Ceremonial di Masa Covid
KELAS C20C. C20D. C20E. C20F
Diskusi Lembar Pengamatan 3 dan 4
Kegiatan FGD 2 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 2, silakan menghubungi dosen masing-masing. Kelas Dosen Jadwal Meeting Link Meeting
Course Modules
Menekuni kegiatan ekstrakurikuler merupakan hal yang penting disamping aktivitas akademis, namun demikian ketika pandemi Covid-19 seperti saat ini, apakah kegiatan-kegiatan tersebut tetap dilaksanakan seperti biasa, berubah bentuk pelaksanaan, atau malah tidak dilaksanakan sama sekali. SIlakan lakukan pengamatan sesuai panduan yang diberikan
Course Modules
Lembar Pengamatan 5: Kokurikuler dan Ekstrakurikuler
Laporan Hasil Pengamatan 5: Kokurikuler dan Ekstrakurikuler
Datftar Istilah
Setiap sekolah tentunya memiliki keunggulan masing-masing. Ada berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk membentuk kultur yang sehat dan produktif. Tantangan Anda saat ini adalah memotret semua praktik baik dan kegiatan positif di sekolah yang nantinya dapat memberikan Anda inspirasi ketika suatu saat menjadi guru.
Course Modules
Lembar Pengamatan 6: Praktik Baik dan Kegiatan Positif di Sekolah
Laporan Hasil Pengamatan 6: Praktik Baik dan Kegiatan Positif di Sekolah
Ungkapkan 1 contoh praktik baik di sekolah
Kegiatan FGD 3 dilakukan untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan pada saat anda melakukan PLP 1. FGD dilaksanakan secara tatap maya. Untuk jadwal dan tautan FGD 3, silakan menghubungi dosen masing-masing. Kelas Dosen Jadwal Meeting Link Meeting
Course Modules
Alhamdulillah, tidak terasa kita telah memasuki masa akhir perkuliahan PLP 1. Tentunya banyak tantangan dan pengalaman baru yang Anda dapatkan selama di sekolah. Semoga ini dapat memberikan Anda inspirasi. Kini saatnya Anda melaporkan kegiatan PLP 1 berdasarkan temuan-temuan di sekolah. Buatlah laporan dengan detil dan objektif, sertakan bukti-bukti yang menguatkan kegiatan Anda tersebut.
Course Modules
Format Penilaian Laporan Akhir PLP 1
Format Laporan Akhir PLP1
Unggah Laporan Akhir PLP 1
Pada sesi ini, Anda diminta mempresentasikan hasil kegiatan Anda selama PLP 1. Bahan tayang berupa video berdurasi maksimal 5 menit. Video diunggah di youtube / google drive. Kemudian tautannya dikirimkan disini
Course Modules
Bahan Tayang Presentasi Akhir