Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Sistem Administrasi Negara Indonesia
Universitas Swadaya Gunung Djati

Sistem Administrasi Negara Indonesia

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

HERY NARIYAH

Universitas Swadaya Gunung Djati
AREAS:
Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Course Description

Assalaamualaikum wr.wb Apa Kabar Adik-Adik Mahasiswa semua, semoga selalu sehat dan selalu bersemangat. Pada hari ini, bertepatan dengan perkuliahan yang ke-2 yaitu Penyempurnaan Administrasi RI. Silahkan materi-materi untuk Topik Perkuliahan dapat diunduh dan dibaca-baca yang telah di posting di bawah. Atas perhatiannya, diucapkan terimakasih.

Course Syllabus


Course Modules
Pengumuman

Course Modules
Pembukaan Kuliah Perdana IPD (Video Rekaman)
Assalaamualaikum wr.wb Apa Kabar Adik-Adik Mahasiswa semua, semoga selalu sehat dan selalu bersemangat. Pada hari ini, bertepatan dengan perkuliahan yang ke-2 yaitu Penyempurnaan Administrasi RI. Silahkan materi-materi untuk Topik Perkuliahan dapat diunduh dan dibaca-baca yang telah di posting di bawah. Atas perhatiannya, diucapkan terimakasih.
Course Modules
Penyempurnaan Administrasi RI (Pdf. Text)
Penyempurnaan Administrasi RI (PPT)
Penyempurnaan Administrasi RI (Rekaman Pertemuan Ke-2)
Tugas Penyempurnaan Negara RI (Tugas 1)
Penyempurnaan Administrasi RI (Chat Room)
Rencana Asesment Penyempurnaan Administrasi RI
RPS Topik Penyempurnaan Administras RI
Peta Kompetensi Topik: Penyempurnaan Administrasi RI
Assalaamualaikum wr.wb Kita sekarang sudah masuk ke pertemuan ke-3 ya. Adapun topik yang dipelajari ialah Kerangka Sistem Pemerintahan Negara Indonesia. Kepada adik-adik Mahasiswa silahkan di unduh file-file yang telah di upload di bawah ini. Terimakasih atas perhatiannya, dan salam sehat selalu.
Course Modules
Kerangka Sistem Pemerintahan Negara (Buku Referensi Pdf. text)
PPT Materi Kerangka Sistem Pemerintahan Negara
Tugas Kerangka Sistem Pemerintahan Negara (Tugas 2)
Video Rekaman Perkuliahan Topik: Kerangka Sistem Pemerintahan Negara (Pertemuan Ke-3)
Forum Diskusi Mahasiswa Topik Kerangka Sistem Pemerintahan Negara
Assalaamualaikum wr.wb Selamat siang Adik-Adik semua, Pada pertemuan perkuliahan hari ini tiba saatnya kita masuk ke topik perkuliahan: Asas-Asas kelembagaan. Silahkan unduh materi-materi yang telah di upload. Atas perhatiannya diucapkan terimakasih.
Course Modules
Asas-Asas Kelembagaan (File pdf. text)
Asas-Asas Kelembagaan (PPT)
Asas-Asas Kelembagaan (Video Rekaman)
Tugas Kelompok Topik: Asas Asas Kelembagaan (Tugas 3)
Rencana Asesment Tugas Topik: Asas-Asas Kelembagaan
Peta Kompetisi Topik Kuliah: Asas-Asas Kelembagaan
RPS Topik Kuliah: Asas-Asas Kelembagaan
Assalaamualaikum wr.wb Hallo Adik-Adik Mahasiswa semua yang mengikuti program perkuliahan IPD yang berasal dari 5 Universitas berbeda dan sebagai Mitra UGJ yaitu, UNMA, UNTAG, UNWIR, UNPAS dan UGJ. Semoga masih tetap semangat ya, dan diberi kesehatan. Tidak terasa, kita sudah berada di Pertemuan Ke-5. Berikut ini file-file yang telah di upload untuk kegiatan perkuliahan Inovasi di pertemuan ke-5. Selamat mengikuti perkuliahan, dan salam sehat selalu.
Course Modules
Administrasi Kepegawaian Negara (File Pdf. Text)
PPT topik Perkuliahan: Administrasi Kepegawaian Negara
Video Rekaman Perkuliahan Online Topik: Administrasi Kepegawaian Negara
Rencana Asesment Pada Topik Perkuliahan: Administrasi Kepegawaian Negara
Peta Kompetisi Kemampuan Mahasiswa Pada Topik Perkuliahan: Administrasi Kepegawaian Negara
Assalaamualaikum wr.wb Hallo Adik-Adik Mahasiswa program IPD Kemendikbudristek RI. Apa kabar semuanya? Kami berharap selalu sehat, semangat dan luar biasa ya. Tidak terasa kita sudah sampai ke pertemuan ke-6 yaitu dengan topik perkuliahan: Lembaga-Lembaga Negara RI. Silahkan unduh materi-materi yang telah kami upload ya. Tujuannya untuk memudahkan kalian semua dalam mempelajari topik perkuliahan untuk hari ini yaitu Lembaga-Lembaga RI. Untuk model pembelajaran nanti ada permainan Role Play. Jadi siapkan timnya ya. Nanti ada pula penilaian keaktifan adik-adik semua dalam perkuliahan online hari ini. Terimakasih atas perhatiannya, tetap semangat ya. Wassalaamualaikum wr.wb Salam hangat, selalu.
Course Modules
Lembaga-Lembaga Negara RI (Pdf. Text)
Topik: Lembaga-Lembaga Negara RI (FILE PPT) Pertemuan Ke-6
Video Rekaman dengan Topik: Lembaga-Lembaga Negara RI
Assalaamualaikum wr.wb Bagaimana Perkuliahan hingga pertemuan ke-7 pada hari ini? Kami berharap Adik-Adik semua masih tetap semangat ya. Walupun perkuliahan daring ini dilakukan secara PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) yang mana full online, tapi tidak mengurangi semangat dan motivasi Adik-Adik Mahasiswa untuk mengikuti program Course IPD yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristekdikti ini. Dan kami cek tugas-tugas sangat lengkap dan bagus-bagus semua hasilnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada Adik-Adik Mahasiswa semua atas dedikasi dan tanggungjawabnya hingga dapat mengikuti perkuliahan dengan aktif sampai di pertemuan ke-7 ini. Seperti biasa, kami menguplaod bahan materi untuk perkuliahan hari ini, agar kalian dapat memiliki persiapan untuk diskusi pada perkuliahan hari ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih. salam hangat selalu.
Course Modules
Amandemen UUD 1945 (Pdf. Text)
AMANDEMEN UUD 1945 (REKAMAN PERKULIAHAN) PERTEMUAN KE-7
Glosarium Amandemen UUD 1945
Rencana Asesmen pada topik Perkuliahan: Amandemen UUD 1945
RPS untuk Topik Perkuliahan: Amandemen UUD 1945
Assalaamualaikum wr.wb Apa kabar Adik-Adik Mahasiswa semua? tetap sehat dan semangat ya. Alhamdulillaah, hari ini ialah penyelenggaraan UTS (Ujian Tengah Semester) Program IPD Kemendikbudristek RI. Berikut ini diberikan beberapa ketentuan dalam penyelenggaraan UTS ini, yaitu: 1. Mahasiswa wajib pakai baju hitam-putih dengan Laki-Laki Berdasi. 2. Waktu UTS selama 120 menit dan hasil jawaban UTS langsung di kumpulkan di media pengumpulan tugas yang telah di setting. 3. UTS Berlangsung secara online menggunakan zoom meeting room dan camera setiap Mahasiswa di ON kan. 4. Hendaknya Mahasiswa mengikuti tata tertib dan UTS berlangsung diawasli oleh pengawas UTS di zoom. Atas perhatian dari Adik-Adik Mahasiswa semua, kami ucapkan terimakasih. Semoga sukses UTS nya, dan salam hangat selalu.
Course Modules
PENGUMUMAN UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) PROGRAM IPD 2021
Video Rekaman UTS Mata Kuliah Sistem Administrasi Negara (SANI)
Naskah Soal UTS Program IPD 2021 (Pdf. text)
Pengumuman hasil UTS Program IPD Kemendikbudristek RI
Asslaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-9. Adapun topik perkuliahan ialah: Keuangan Negara. Tentunya ini perkuliahan yang sangat menarik karena merupakan topik yang sangat strategis dan banyak sekali projek-projek yang dapat digali dari topik ini. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Jigsaw. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Jigsaw dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam sukses selalu.
Course Modules
Slide PPT Topik: Keuangan Negara
Referensi File PDF Keuangan Negara
Video Rekaman Topik Perkuliahan Keuangan Negara
Tugas Keuangan Negara (Tugas Ke-4)
Peta Kompetisi Pada Topik: Keuangan Negara
Rencana Asesmen untuk Topik: Keuangan Negara
RPS Topik Perkuliahan : Keuangan Negara
Asslaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-10. Adapun topik perkuliahan ialah: Masyarakat Madani. Tentunya ini perkuliahan yang sangat menarik karena merupakan topik yang sangat strategis dan banyak sekali projek-projek yang dapat digali dari topik ini. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Role Play. Jadi siapkan tim kelompoknya ya. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Role Play dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam sukses selalu.
Course Modules
Slide PPT Topik Perkuliahan: Masyarakat Madani
Video Rekaman Perkuliahan dengan Topik: Masyarakat Madani
Perkuliahan Topik Masyarakat Madani (Pdf. text)
Asslaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-11. Adapun topik perkuliahan ialah: Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia. Tentunya perkuliahan ini sangat menarik karena merupakan topik yang sangat banyak diperbicangkan berbagai macam kalangan dan sangat layak diangkat untuk bahan diskusi terutama menggunakan model PjBl. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Jigsaw. Jadi siapkan tim kelompoknya ya. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Jigsaw dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam sukses selalu.
Course Modules
Slide PPT Topik Perkuliahan : Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia
Referensi Pada Topik: Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia
Video Rekaman Topik Pekuliahan: Kepemimpinan Pemerintahan Indonesia
Assalaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-12. Adapun topik perkuliahan ialah: Good Governance. Tentunya perkuliahan ini sangat menarik karena merupakan topik yang sangat banyak diperbicangkan berbagai macam kalangan dan sangat layak diangkat untuk bahan diskusi terutama menggunakan model PjBl. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Jigsaw. Jadi siapkan tim kelompoknya ya. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Jigsaw dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam Hangat
Course Modules
Referensi untuk Topik: Good Governance
Video Perkuliahan Topik: Good Governance
Slide PPT topik Perkuliahan: Good Governance
UPLOAD TUGAS INDIVIDU GOOD GOVERNANCE (TUGAS KE-5)
RPS topik perkuliahan: Good Governance
Assalaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-13. Adapun topik perkuliahan ini ialah: Rakyat Menantikan Good Governance. Tentunya perkuliahan ini sangat menarik karena merupakan topik yang sangat banyak diperbicangkan berbagai macam kalangan dan sangat layak diangkat untuk bahan diskusi terutama menggunakan model PjBl. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Jigsaw. Jadi siapkan tim kelompoknya ya. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Jigsaw dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam Hangat
Course Modules
Video Rekaman dengan Topik Perkuliahan: Rakyat Menantikan Good Governance
Referensi dengan topik: Rakyat Menantikan Governance
slide PPT Rakyat Menantikan Good Governance
PENGUMUMAN
Assalaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, tidak terasa kita telah sampai ke pertemuan ke-14. Adapun topik perkuliahan ini ialah: Reinventing Government. Tentunya perkuliahan ini sangat menarik karena merupakan topik yang sangat banyak diperbicangkan berbagai macam kalangan dan sangat layak diangkat untuk bahan diskusi terutama menggunakan model PjBl. Kami ingin bertanya dulu kepada Adik-Adik Mahasiswa, apa kabar semua? selalu sehat dan semangat ya. Siapkan ide terbaik untuk diskusi hari ini, dan dosen pengampu sudah konfirmasi bahwa ada taktik pembelajaran pada hari ini yaitu Jigsaw. Jadi siapkan tim kelompoknya ya. Walupun perkuliahan dilakukan seara online, tapi dosen pengampu yakin dapat menerapkan taktik Jigsaw dalam pembelajaran hari ini. Untuk Materi sudah kami upload dengan lengkap untuk Adik-Adik Mahasiswa semua. Jadi silahkan di unduh dan di baca baca terlebih dahulu ya. Salam Hangat
Course Modules
video REKAMAN PERKULIAHAN REINVENTING GOVERMENT
Buku Referensi Topik: Reinventing Government (Text. Pdf)
Slide PPT REINVENTING GOVERMENT, Pertemuan Ke-14 (Tanggal 19 Agustus 2021)
Tugas Reinventing Government (Tugas Ke-6)
Assalaamualaikum wr.wb Alhamdulillah, perkuliahan Sistem Administrasi Negara Indonesia (SANI) Telah selesai. Kami mengucapkan terimakasih kepada Adik-Adik Mahasiswa dan dosen pengampu Mata Kuliah yang telah aktif dan rutin memberikan perkuliahan online di program IPD Kemendikbudristekdikti ini. Hari ini ialah evaluasi pembelajaran digital yang telah dilakukan hingga 14 kali pertemuan. Nanti akan dibuatkan zoom online, sehingga Adik-Adik Mahasiswa dapat berdiskusi dan memberikan saran serta masukan akan proses penyelenggaraan kuliah daring PJJ program IPD ini. Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih. Salam hangat,
Course Modules
Video Rekaman Evaluasi Pembelajaran Digital Setelah UTS
Assalaamualaikum wr.wb Apa kabar adik-adik Mahasiswa semua? Semoga tetap sehat dan semangat ya. Hari ini tepat dengan penyelenggaran UAS untuk program IPD Kemendikbudristek RI. Sebelum UAS dimulai, ada tata tertib yang harus di ikuti ya. 1. UAS menggunakan zoom online dan dimulai pukul 08.00 sd 10.00 wib. 2. Peserta datang ke zoom onlilne maksimal pukul 07.55 wib. 3. Peserta menggunakan baju hitam putih dengan laki-laki menggunakan Dasi dan ber jas Almamater (sesuai dengan PT asal) 4. Setelah UAS, silahkan upload hasil jawaban ke menu pengumpulan tugas yang telah di setting. 5. Berdoa sebelum UAS dilaksanakan dari kediaman rumah masing-masing. Semoga penyelenggara UAS mata kuliah SANI pada program IPD Kemendikbudristekdikti ini berjalan sukses dan lancar. Terimakasih, Selamat mengerjakan Soal UAS dan sukses selalu.
Course Modules
Naskah Soal Ujian Akhir Semester (UAS)
Video Pelaksanaan UAS Program IPD tahun 2021
Data File Jawaban UAS Program IPD tahun 2021
Rencana Asesment UAS mata kuliah SANI
Assalaamualaikum wr.wb Apa kabar Adik-Adik Mahasiswa semua? Berikut ini kami umumkan beberapa point yang harus diperhatikan pada saat perkuliahan online program IPD.
Course Modules
Video program diseminasi dari hasil Program IPD kepada masyarakat luas, salah satunya ialah guru-guru se-wilayah Ciayumajakuning
Diseminasi hasil program IPD Kemendikbudristek RI tahun 2021 dimuat di media massa online yaitu klik aktual.
Daftar Hadir Mahasiswa Program IPD selama 16 Kali Pertemuan
Monitoring dan Evaluasi Mata Kuliah SANI