Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PERENCANAAN PEMBELAJARAN PKn
Universitas Sebelas Maret

PERENCANAAN PEMBELAJARAN PKn

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat Datang Diperkuliahan Tahun 2022

Course Syllabus

Mata Kuliah: Perencanaan Pembelajaran PKn Kode: PB 1011402 Semester/ SKS: 2/ 2 Jurusan/Program Studi: PPKn FKIP-Universitas Sebelas Maret Surakarta Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd.,M.Sc email: wijianto@staff.uns.ac.id
Course Modules
A. Deskrepsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan digitalSumber referensi:e book dan...
D. Telegram gruphttps://t.me/+apzstBbS0aw3Y2I1
E. Zoom untuk tatap maya Topic: Kuliah Perencanaa...
F. Absen
Tujuan Pembelajaran: a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep,dasar manfaat,komponen dengan benar melalui tanya jawab b. Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan sistem pembelajaran dengan benar melalui diskusi c. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar perencanaan pembelajaran dengan benar melalui tanya jawab. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Konsep dasar, manfaat, komponen, kriteria dan variabel- variabel dalam sistem pembelajaran, perencanaan konsep,dasar manfaat,komponen pendekatan sistem pembelajaran konsep dasar perencanaan pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK, CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke- menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW,RPS Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
1.1.a Materi
1.1.b Kompetensi guru
1.2 KD (Kompetensi Dasar)
1.3 Form Pembagian KD (Kompetensi Dasar)
1.4 Menjawab pertanyaan
Tujuan Pembelajaran: a. Mahasiswa dapat menjelaskan hakekat desain pembelajaran dengan benar melalui tanya jawab b. Mahasiswa dapat membandingkan model- model desain pembelajaran dengan benar ketika mengisi lembar kerja. c. Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip- prinsip desain pembelajaran minimal 5 prinsip melalui diskusi. d. Mahasiswa dapat menunjukkan langkah-langkah pengembangan desain pembelajaran secara sistematis dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Model Desain Pembelajaran hakekat desain pembelajaran model- model desain pembelajaran prinsip- prinsip desain pembelajaran langkah-langkah pengembangan desain pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1.a Materi
2.1.b Kelompok dan pembagian KD
2.2 matrix perbandiangan model desain pembelajaran (lembar kerja)
2.3 Diskusi
Tujuan pembelajaran: 1. Melalui tanya jawab mahasiswa dapat menjelaskan konsep indikator pencapaian kompetensi dengan benar 2. Diberikan contoh mahasiswa dapat menganalisis ketentuan perumusan indikator pencapaian kompetensi dengan benar 3. Diberikan kompetensi dasar mahasiswa dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi minimal 3 indikator dalam lembar kerja 4. melalui tanya jawab mahasiswa dapat menjelaskan manfaat tujuan pembelajaran dengan benar 5. Mahasiswa dapat menganalisis ketentuan tujuan pembelajaran dengan benar melalui diskusi kelompok 6. Diberikan indikator pencapaian kompetensi mahasiswa dapat merumuskan tujuan pembelajaran minimal 3 tujuan dalam lembar kerja. 7. DIberikan lembar kerja mahasiswa dapat mengkonstruksi taksonomi pendidikan dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan dengan benar. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran pengetahuan konsep indikator pencapaian kompetensi ketentuan perumusan indikator pencapaian kompetensi tujuan pembelajaran taksonomi pendidikan dalam perspektif pendidikan kewarganegaraan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 dan 4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 dan 4 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 dan 4 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 2x10 menit
Course Modules
Desain Pertemuan Ke-3
3.1 Materi pertemuan ke-3
3.2 Diskusi pertemuan ke-3
3.3 Lembar Kerja 3.1 dan 3.2
3.4 Upload LK 3.1
3.5 Upload LK 3.2
3.6 Upload ppt
Desain Pertemuan Ke-4
4.1 Evaluasi Lembar Kerja 3.1 dan 3.2Mahasiswa aka...
4.2 Revisi LK 3.1
4.3 Revisi LK 3.2
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian perangkat pembelajaran dengan benar melalui tanya jawab. 2. Mahasiswa dapat menganalisis perangkat pembelajaran di sekolah dengan benar melalui workshop. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan manfaat perangkat pembelajaran dengan benar melalui workshop. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan format RPP 3 komponen dengan benar melalui tanya jawab. 5. Mahasiswa dapat menjelaskan garis besar isi panduan pengenalan lapangan persekolahan dengan benar melalui tanya jawab. 6. Mahasiswa dapat menganalisis contoh RPP 3 komponen sesuai rubrik melalui diskusi di forum. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Perangkat Pembelajaran perangkat pembelajaran RPP 3 komponen panduan pengenalan lapangan persekolahan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 dan 6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 dan 6 Mahasiswa mengikuti langkah-langkah Workshop bahan tayang .ppt perangkat pembelajaran di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 dan 6 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 2x10 menit
Course Modules
Tujuan pembelajaran: 1. Diberikan kompetensi dasar mahasiswa dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi sikap minimal 3 indikator pada lembar kerja. 2. Diberikan kompetensi dasar mahasiswa dapat merumuskan indikator pencapaian kompetensi keterampilan minimal 3 indikator pada lembar kerja 3. Mahasiswa dapat merumuskan tujuan pembelajaran minimal 3 tujuan dengan mengisi lembar kerja. 4. Mahasiswa dapat merumuskan tujuan pembelajaran minimal 3 tujuan dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Tujuan Pembelajaran Sikap dan Keterampilan. Indikator pencapaian kompetensi sikap KD KI-1 dan 2 Indikator pencapaian kompetensi keterampilan KD KI-4 Tujuan pembelajaran kompetensi sikap KD KI-1 dan 2 Tujuan pembelajaran kompetensi keterampilan KD KI-4 Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-7 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-7 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-7, mentimeter. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Ujian Tengah Semester (UTS) Jam 07.30-09.00 WIB ( 90 Menit)
Course Modules
Tujuan pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan definisi desain pembelajaran dengan benar setelah menyimak penjelasan dosen. 2. Mahasiswa dapat menganalisis tahap-tahap kegiatan pembelajaran minimal tiga tahap melalui tanya jawab. 3. Mahasiswa dapat menerapkan desain pembelajaran model ADDIE sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan benar melalui tanya jawab. 5. Mahasiswa dapat menganalisis komponen utama desain pembelajaran sebanyak lima komponen melalui diskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Desain instruksional komponen utama desain tahapan pembelajaran model ADDIE pendekatan pembelajaran PKn Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-9 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-9 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan kompetensi dasar masing-masing sesuai rubrik berbantuan aplikasi e RPP. 2. Mahasiswa dapat mengembangkan instrumen penilaian dengan benar dengan mengisi lembar kerja. 3. Mahasiswa dapat mengembangkan media pembelajaran sesuai materi masing-masing dengan benar melalui penugasan. 4. Mahasiswa dapat mengembangkan bahan ajar berdasarkan kompetensi dasar masing-masing ssesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. 5. Mahasiswa dapat mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan materi masing-masing sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pengembangan perangkat pembelajaran RPP Instrumen penilaian Bahan ajar Media LKPD Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-10 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-10 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-10, aplikasi e rpp 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat merancang bahan ajar sesuai KD masing-masing dengan benar melalui penugasan 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi rancangan bahan ajar dengan benar melalui workshop. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Bahan ajar Bahan ajar Evaluasi bahan ajar Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-12 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-12 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-12, aplikasi e rpp 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat merancang LKPD berdasarkan KD masing-masing sesuai rubrik melalui penugasan 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi LKPD sesuai rubrik melalui workshop dan diskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan LKPD LKPD Evaluasi LKPD Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-13 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-13 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-13. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat merancang penilaian berdasarkan KD masing-masing sesuai rubrik melalui penugasan 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi penilaian sesuai rubrik melalui workshop dan diskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan penilaian penilaian evaluasi penilaian Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-14 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-14 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-14. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menganalisis perangkat pembelajaran kurikulum merdeka dengan benar melalui diskusi. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik kurikulum merdeka merdeka dengan benar melalui diskusi. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan kurikulum merdeka platform merdeka belajar perangkat kurikulum Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-15 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom link di kode E,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-15 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-15 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules