Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MEDIA PEMBELAJARAN PKN
Universitas Sebelas Maret

MEDIA PEMBELAJARAN PKN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Mata kuliah keahlian pendidikan ini mengkaji tentang: ragam strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang mendukung pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah.

Course Syllabus

Mata Kuliah: Media Pembelajaran PKn (Semester 2023-B) Kode: 02093242045 Semester/ SKS: 4/ 2 Jurusan/Program Studi: S-1 PPKn FKIP-UNS Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd.,M.Sc. Widya Noventari,S.Pd.,M.Sc.
Course Modules
A. Deskrepsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan digitalReferensi dapat diakses dij...
D. Telegram grup
E. Link tatap maya zoom
F. Absen
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menjelaskan pentingnya media pembelajaran Menjelaskan konsep media pembelajaran Menjelaskan fungsi dan kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar Menjelaskan ciri-ciri media pembelajaran Menjelaskan sejarah perkembangan media pembelajaran Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan media, teknologi, dan pembelajaran Perkembangan teknologi dan pembelajaran Pentingnya media pembelajaran Konsep media pembelajaran Fungsi media pembelajaran Ciri-ciri media pembelajaran Sejarah media pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Orientasi MK,CPMK Menjelaskan tujuan topik ke-1 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS, RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen menjelaskan materi topik ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-1 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1.a. Materi orientasi
2.1.b. Materi pertemuan ke-1
2.2 Diskusi
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menjelaskan dasar pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran Menganalisis dua kriteria dalam pemilihan media pembelajaran Menganalisis prosedur pemilihan media pembelajaran Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Teknik pemilihan media Dasar pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran Kriteria dalam pemilihan media pembelajaran Prosedur pemilihan media pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-2 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS, RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi topik ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-2 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1 Materi
2.2 Menjawab pertanyaan
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menguraikan teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE Menguraikan teknik perancangan media dengan prosedur ANDERSON Mengkonstruksi teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE dan ANDERSON Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE dan ANDERSON Teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE Teknik perancangan media dengan prosedur ANDERSON Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-3 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi topik ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-3 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 Materi
3.2 LK 3. Model ASSURE
3.3 Lembar Kerja Diskusi Kelompok
3.4 Daftar Kelompok
3.6 Upload Lembar Kerja Diskusi Kelompok
3.7 Upload LK.3
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Mengevaluasi desain pengembangan media model ASSURE Mengkonstruksi perbaikan desain media model ASSURE Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Konstruksi Media Model ASSURE 1. Konstruksi Media Model ASSURE 2. Evaluasi Media Model ASSURE Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-4 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi topik ke-4 Mahasiswa mengikuti Langkah langkah Workshop penyusunan evaluasi media di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-4 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. eed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menjelaskan karakteristik media visual Membuat media pembelajaran visual Mengevaluasi kesesuian media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran Visual Media visual Instrumen menilai produk media No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-5 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi topik ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-5 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menyajikan produk media visual Mengevaluasi produk media visual Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran Visual Media visual Instrumen menilai produk media Penyajian produk Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-6 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-6 (presentasi) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS dan presentasi produk media dengan berpedoman pada rubrik LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-6 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Membuat akun podcast Membuat satu episode podcast Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran Audio Media audio Podcast Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-7 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS ,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-7 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-7 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut, dan informasi UTS. 1x10 menit
Course Modules
Pelaksanaan ujian: ... Jam ... WIB Pengumpulan berkas ujian (jawaban): Paling lambat ... jam ... WIB
Course Modules
Durasi 2 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menjelaskan teori dan proses media digital Menjelaskan tantangan dan keterbatasan dalam menggunakan media digital Menjelaskan elemen dasar media digital Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Teori dan proses media digital 1. Teori dan proses media digital 2. Tantangan dan keterbatasan dalam menggunakan media digital 3. Elemen dasar media digital Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-9 dan ke-10 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2. Inti Dosen mereview UTS Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-9 dan ke-10 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-9 dan ke-10 2x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 2x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menjelaskan empat jenis video instruksional. Mengemukakan alasan menggunakan video instruksional Menjelaskan minimal 10 jenis tekhnik pengambilan video Menganalisis kualitas bidikan video Menyusun naskah video instruksional Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Video Instruksional Jenis video instruksional Teknik pengambilan video. Naskah video. Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-11 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS,Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-11 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-11 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut, dan informasi UTS. 1x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Mengevaluasi naskah video Membuat video secara berkelompok Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Evaluasi Video Evaluasi Video Evaluasi Naskah Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-12 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-12 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-12 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut, dan informasi UTS. 1x10 menit
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran menganalisis pembelajaran online menganalisis blended learning menganalisis hybrid learning merancang pembelajaran online Menelaah AI,AR,VR Merancang AI/AR/VR Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Pembelajaran Online e leraning blended hybrid AI AR VR Satuan Acara Perkuliahan No. Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan Media dan Sumber Belajar Waktu 1. Pendahuluan Menjelaskan tujuan topik ke-13 Menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. Mengisi daftar hadir LMS,RPS, Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2. Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar topik ke-13 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS, bereksplorasi dengan melakukan kajian literatur LMS,referensi di perpustakaan digital, materi topik ke-13 1x80 menit 3. Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
PRESENTASI PADA ... JAM ... WIB KELOMPOK 1-5 DOSEN WIJIANTO KELOMPOK 6-10 DOSEN WIDYA NOVENTARI TEKNIS: PRESENTASI TIAP KELOMPOK 10 MENIT (PEMAPARAN DAN TANYA JAWAB)
Course Modules
Durasi 1 x Pertemuan Capaian Pembelajaran Menyajikan video pembelajaran Mengevaluasi video pembelajaran
Course Modules

Course Modules