Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MEDIA PEMBELAJARAN PKN
Universitas Sebelas Maret

MEDIA PEMBELAJARAN PKN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat Datang Diperkuliahan Tahun 2022

Course Syllabus

Mata Kuliah: Media Pembelajaran PKn Kode: KB1016407 Semester/ SKS: 4/ 2 Jurusan/Program Studi: PPKn FKIP-UNS Dosen Pengampu: Wijianto,S.Pd.,M.Sc. Widya Noventari,S.Pd.,M.Sc.
Course Modules
A. Deskrepsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Perpustakaan digitalReferensi dapat diakses dij...
D. Telegram grup
E. Link tatap maya zoom
F. Absen
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya media pembelajaran dengan benar melalui tanya jawab. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep media pembelajaran dengan benar dengan berdiskusi 3. Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi dan kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sebanyak 3 fungsi melalui tanya jawab. 4. Mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri media pembelajaran minimal 3 ciri melalui diskusi 5. Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perkembangan media pembelajaran dengan runtut melalui diskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan media, teknologi, dan pembelajaran pentingnya media pembelajaran konsep media pembelajaran fungsi media pembelajaran ciri-ciri media pembelajaran sejarah media pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Orientasi MK,CPMK menjelaskan tujuan pembelajaran ke-1 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW,RPS Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-1 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1.a. Materi orientasi
2.1.b. Materi pertemuan ke-1
2.2 Diskusi
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat menjelaskan dasar pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran sebanyak dua dasar serta penjabaranya melalui tanya jawab 2. mahasiswa dapat menganalisis dua kriteria dalam pemilihan media pembelajaran melalui tanya jawab 3. mahasiswa dapat menganalisis prosedur pemilihan media pembelajaran melalui diskusi di zoom Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan teknik pemilihan media dasar pertimbangan dalam pemilihan media pembelajaran kriteria dalam pemilihan media pembelajaran prosedur pemilihan media pembelajaran Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-2 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-2 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
2.1 Materi
2.2 Menjawab pertanyaan
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menguraikan teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE sesuai kriteria rubrik dengan berdiskusi melalui big blue button. 2. Mahasiswa dapat menguraikan teknik perancangan media dengan prosedur ANDERSON sesuai kriteria rubrik dengan berdiskusi melalui big blue button. 3. Mahasiswa dapat mengkonstruksi teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE dan ANDERSON berdasarkan kompetensi dasar sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE dan ANDERSON teknik perancangan media dengan prosedur ASSURE teknik perancangan media dengan prosedur ANDERSON Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-3 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-3 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
3.1 Materi
3.2 LK 3. Model ASSURE
3.3 Lembar Kerja Diskusi Kelompok
3.4 Daftar Kelompok
3.6 Upload Lembar Kerja Diskusi Kelompok
3.7 Upload LK.3
Tujuan pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengevaluasi desain pengembangan media model assure sesuai rubrik melalui workshop. 2. Mahasiswa dapat mengkonstruksi perbaikan desain media model assure sesuai rubrik melalui workshop. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Konstruksi Media Model ASSURE Konstruksi Media Model ASSURE Evaluasi Media Model ASSURE Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 Mahasiswa mengikuti langkah-langkah Workshop penyusunan evaluasi media di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik media visual dengan benar melalui tanya jawab. Mahasiswa dapat membuat media pembelajaran visual sesuai kompetensi dasar mengacu rubrik melalui praktek. Mahasiswa dapat mengevaluasi kesesuian media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran mengacu rubrik melalui workshop. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran Visual media visual instrumen menilai produk media Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-5 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-5 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menyajikan produk media visual sesuai KD masing-masing melalui presentasi dan workshop. Mahasiswa dapat mengevaluasi produk media visual sesuai KD melalui presentasi dan workshop Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran Visual media visual instrumen menilai produk media penyajian produk Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-6 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-6 (presentasi) Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS dan presentasi produk media dengan berpedoman pada rubrik di 5.1 LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat membuat akun podcast dengan benar melalui aplikasi anchor. 2. Mahasiswa dapat membuat satu episode podcast sesuai KD masing-masing melalui aplikasi anchor. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Media Pembelajaran audio media audio podcast Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-7 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-7 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, anchor podcast. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut, dan informasi UTS. 1x10 menit
Course Modules
Pelaksanaan ujian: Sabtu, 23 April 2022 Jam 07.30-09.00 WIB (absen di ocw) Pengumpulan berkas ujian (jawaban): Palinglambat 25 April 2022 jam 23.59 WIB
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menjelaskan teori dan proses media digital dengan benar melalui penelusuran literatur. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan tantangan dan keterbatasan dalam menggunakan media digital dengan benar melalui diskusi. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan elemen dasar media digital sebanyak lima elemen dengan melalui tanya jawab. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Teori dan proses media digital teori dan proses media digital tantangan dan keterbatasan dalam menggunakan media digital elemen dasar media digital Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-9 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview UTS Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-9 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital,materi pertemuan ke-9 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. mahasiswa dapat menjelaskan empat jenis video instruksional melalui tanya jawab. 2. mahasiswa dapat mengemukakan alasan menggunakan video instruksional dengan benar melalui diskusi 3. mahasiswa dapat menjelaskan minimal 10 jenis tekhnik pengambilan video melalui tanya jawab 4. mahasiswa dapat menganalisis kualitas bidikan video dengan benar melalui diskusi 5. mahasiswa dapat menyusun naskah video instruksional dengan mengisi lembar kerja Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Video Instruksional Jenis video instruksional Teknik pengambilan video Naskah video Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-11 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-11 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital,materi pertemuan ke-11 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan pembelajaran: 1. mahasiswa dapat mengevaluasi naskah video sesuai kriteria yang ditetapkan berdasarkan LK masing-masing 2. mahasiswa dapat membuat video secara berkelompok sesuai hasil evaluasi naskah yang dilakukan. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Evaluasi video evaluasi video Naskah video Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-12 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-12 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menganalisis pembelajaran online dengan benar melalui kajian literatur secara berkelompok. 2. Mahasiswa dapat menganalisis blended learning dengan benar melalui kajian literatur secara berkelompok. 3. Mahasiswa dapat menganalisis hybrid learning dengan benar melalui kajian literatur secara berkelompok. 4. Mahasiswa dapat merancang pembelajaran online berbantuan e learning sesuai desain yang benar dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan pembelajaran online e leraning blended hybrid Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-13 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan kegiatan belajar pertemuan ke-13 Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS, bereksplorasi dengan melakukan kajian literatur. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 1x10 menit
Course Modules
PRESENTASI DI ZOOM 16-6-2022 JAM 07.30-09.10 WIB ROOM-1 (KELOMPOK 1-5) DOSEN WIJIANTO ROOM-2 (KELOMPOK 6-10) DOSEN WIDYA NOVENTARI TEKNIS: PRESENTASI TIAP KELOMPOK 10 MENIT (PEMAPARAN DAN TANYA JAWAB)
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menyajikan video pembelajaran sesuai KD yang dipilih melalui diskusi kelas secara hybrid. 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi video pembelajaran sesuai kriteria yang ditetapkan melalui diskusi kelas secara hybrid.
Course Modules

Course Modules