Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
SEMINAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Universitas Sebelas Maret

SEMINAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIJIANTO

Universitas Sebelas Maret
AREAS:
Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Course Description

Selamat Datang Diperkuliahan Tahun 2022

Course Syllabus

Mata Kuliah: Seminar Pendidikan Kewarganegaraan Kode: KB1014601 Semester/ SKS: 6/ 2 Jurusan/Program Studi: PPKn FKIP-Universitas Sebelas Maret Surakarta Dosen Pengampu/email: Wijianto,S.Pd.,M.Sc./ wijianto@staff.uns.ac.id Raharjo,S.Pd.,M.Sc Anis Suryaningsih,S.Pd.,M.Sc Widya Noventari,S.Pd.,M.Sc.
Course Modules
A. Deskripsi Mata Kuliah
B. RPS (Rencana Pembelajaran Semester)
C. Telegram grup: https://t.me/+wAJ9j6CmxaBiZ...
D. Tatap maya zoom:Topic: Kuliah Seminar PKn/ Seme...
E. Absen
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat membedakan konsep seminar daring dan luring menggunakan peta konsep melalui tanya jawab. 2. Mahasiswa dapat merancang kepanitiaan seminar online secara sistematis dengan berdiskusi. 3. Mahasiswa dapat merancang platform digital untuk seminar online sesuai kebutuhan melalui simulasi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan konsep seminar daring dan luring konsep seminar daring dan luring Teknik merancang kepanitiaan seminar Teknik merancang platform seminar Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan Menyampaikan CPMK Menyampaikan kompetensi yang harus dikuasai mahasiswa Orientasi materi subtansi kajian memotivasi mahasiswa untuk menelusuri dan mempelajari referensi. menjelaskan fitur LMS menjelaskan sistem penilaian menjelaskan peraturan kuliah sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom, RPS,OCW Referensi di perpustakaan digital 10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-1 Dosen menjelaskan materi perbedaan konsep seminar daring dan luring menggunakan peta konsep Mahasiswa merancang kepanitiaan seminar dan menentukan platform seminar melalui diskusi LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-1 80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 10 menit
Course Modules
1.1. Materi Pertemuan 1
1.2. Forum Diskusi Kelompok
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan dan kemasyarakatan sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan dan kemasyarakatan berbasis data dan fakta dengan mengisi lembar kerja. 3. Mahasiswa dapat mengklasifikasikan tema dan sub tema seminar ilmiah sesuai templete dengan berdiskusi. 4. Mahasiswa dapat menentukan keynote speaker, pembicara internal dan eksternal sesuai kriteria dengan berdiskusi. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan isu aktual kewarganegaraan isu persekolahan isu kemasyarakatan tema sub tema, keynote speaker Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-2 dan 3 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom, OCW Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2 Inti Mereview tugas sebelumnya Mahasiswa mengikuti langkah-langkah Team based project - project based learning di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-2 dan 3 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 2x10 menit
Course Modules
Team based project – project based learning(Pertem...
2.1.a. Materi
2.1.b. Pencarian data, fakta, sumber:a. literatur ...
2.2 Lembar kerja kelompok
2.3 Upload lembar kerja kelompok
3. 1 Diskusi lembar kerja dan finalisasi
3.2.a. Templete contoh proposal
3.2 .b Upload proposal
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah untuk penulisan artikal berdasarkan fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan berbasis data dan fakta sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. 2. Mahasiswa dapat mengidentifikasi masalah untuk penulisan artikel berdasarkan fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan kemasyarakatan berbasis data dan fakta sesuai rubrik dengan mengisi lembar kerja. 3. Mahasiswa dapat mengevaluasi proposal seminar nasional sesuai rubrik melalui diskusi di zoom. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan identifikasi masalah masalah persekolahan masalah kemasyarakatan proposal seminar Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran ke-4 dan 5 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas sebelumnya Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-4 dan 5 Mahasiswa mengikuti langkah-langkah Pembelajaran Berbasis Masalah (Case Method ) di LMS LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-4 dan 5 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan melalui LMS dan tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut. 2x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat menyusun artikel ilmiah sesuai templete dan rubrik dengan mengisi lembar kerja melalui workshop. 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi artikel ilmiah sesuai templete dan rubrik melalui workshop. 3. Mahasiswa dapat menguji plagiarisme artikel ilmiah secara mandiri sesuai templete dan rubrik melalui workshop berbantuan apliksasi turnitin. 4. Mahasiswa dapat menyusun artikel ilmiah sesuai templete dan rubrik dengan hasil uji turnitin <= 24 % melalui workshop. 5. Mahasiswa dapat mengelola referensi artikel ilmiah secara mandiri sesuai templete dan rubrik melalui workshop berbantuan apliksasi mendeley desktop. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan artikel ilmiah artikel ilmiah uji plagiarisme turnitin mendeley Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-6 dan 7 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 2x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan materi pertemuan ke-6 dan 7 (di 6.6) Dosen mereview tugas yang diupload di 6.1 menggunakan rubrik di 6.2 Pada pertemuan ke-7 (7.1) dosen mereview artikel-1 setelah menilai artikel- 1 di 6.5. Mahasiswa membuat akun turnitin, dan melakukan uji turnitin artikel (di 6.3.b) Mahasiswa mengikuti langkah-langkah Workshop penyusunan artikel ilmiah di LMS (6.1) mahasiswa simulasi uji plagiarisme dengan turnitin dan manajemen referensi dengan mendeley. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-6 dan 7, www.turnitin.com,mendeley 2x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. Memberikan tugas melalui LMS sebagai tindak lanjut berupa revisi -1 artikel (di 6.5), revisi-2 di 7.2, dan revisi-3 proposal di 7.3 2x10 menit
Course Modules

Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasi fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan atau kemasyarakatan dengan benar dengan menjawab pertanyaan. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan atau kemasyarakatan berbasis data dan fakta dengan menjawab pertanyaan. 3. Mahasiswa dapat mengkonstruksi masalah,LBM,perumusan,tujuan,judul penelitian kualitatif dengan benar dengan mengisi lembar kerja. 4. Mahasiswa dapat mengkonstruksi masalah,LBM,perumusan,tujuan,judul penelitian kuantitatif dengan benar dengan mengisi lembar kerja. Pokok Bahasan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan isu aktual kewarganegaraan isu aktual kewarganegaraan persekolahan isu aktual kewarganegaraan kemasyarakatan masalah,LBM,perumusan,tujuan,judul Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-9 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview hasil UTS Dosen mereview hasil UTS Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital, materi pertemuan ke-9 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengevaluasi hasil identifikasi fenomena, permasalahan/ isu aktual Pendidikan kewarganegaraan persekolahan atau kemasyarakatan dengan benar melalui tanya jawab. 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi konstruksi masalah,LBM,perumusan,tujuan,judul penelitian kualitatif / kuantitatif dengan benar dengan merevisi lembar kerja. 3. Mahasiswa dapat menjelaskan progres tugas kepanitiaan dengan lengkap dengan melaporkan melalui LMS. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan isu aktual kewarganegaraan isu aktual kewarganegaraan persekolahan isu aktual kewarganegaraan kemasyarakatan masalah,LBM,perumusan,tujuan,judul Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-10 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview tugas pertemuan ke-9 (LK.9) Dosen mengkonfirmasi tugas kepanitiaan Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. Tindak lanjut LK 10.1 dan 10.2 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: 1. Mahasiswa dapat mengkonstruksi permasalahan penelitian dengan benar pada outline skripsi. 2. Mahasiswa dapat mengkonstruksi permasalahan penelitian sesuai metode yang digunakan dengan benar pada outline skripsi. 3. Mahasiswa dapat merancang launching seminar nasional sesuai platform dengan mengisi link di LMS. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Outline skripsi 1. komponen outline skripsi 2. SITA (Sistem informasi tugas akhir) Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-11 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mereview kesiapan launching seminar nasional Dosen mengkonfirmasi tugas kepanitiaan Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep digital marketing dalam seminar ilmiah dengan benar melalui diskusi. Mahasiswa dapat mengidentifikasi tujuan digital marketing dalam seminar ilmiah dengan benar melalui diskusi. Mahasiswa dapat mengimplementasikan digital marketing dalam penyelenggaraan seminar ilmiah minimal tiga platform berdasarkan konten yang disiapkan Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Digital merketing 1. digital marketing 2. platform digital Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-12 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mengevaluasi launching seminar nasional Dosen menjelaskan materi digital marketing Dosen menjelaskan LK 12 Digital Marketing Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS. LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Menyampaikan rangkuman materi - tanya jawab dengan mahasiswa. Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran 1. Mahasiswa dapat merancang outline skripsi dengan benar pada lembar kerja 2. Mahasiswa dapat mengevaluasi tugas digital marketing dengan benar melalui tanya jawab Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Outline skripsi 1. komponen outline skripsi 2. SITA (Sistem informasi tugas akhir) Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-13 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen menjelaskan outline skripsi Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS sesuai tujuan pembelajaran LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat Menyusun proposal skripsi (outline) sesuai kriteria dengan mengisi lembar kerja. Mahasiswa dapat mengevaluasi rancangan penelitian sesuai kriteria melalui tanya jawab. Mahasiswa dapat merancang bahan presentasi berupa .ppt sebanyak lima slides melalui penugasan. Mahasiswa dapat melaporkan tugas kepanitiaan dengan benar melalui lembar kerja. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Outline skripsi 1. komponen outline skripsi 2. SITA (Sistem informasi tugas akhir) 3. Evaluasi outline skripsi Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-14 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mengevaluasi tugas sebelumnya Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS sesuai tujuan pembelajaran LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules
Tujuan Pembelajaran: Mahasiswa dapat menyajikan proposal skripsi (outline) sesuai kriteria melalui presentasi. Mahasiswa dapat mengevaluasi tugas kepanitiaan melalui tanya jawab. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan dan Rincian Bahasan Outline skripsi 1. komponen outline skripsi 2. SITA (Sistem informasi tugas akhir) 3. Evaluasi outline skripsi 4. tugas kepanitiaan Satuan Acara Perkuliahan No Tahapan Kegiatan Rincian Kegiatan (Skenario Pembelajaran) Media dan Sumber Belajar Waktu 1 Pendahuluan menjelaskan tujuan pembelajaran pertemuan ke-15 menjelaskan teknik sinkronus,asinkronus. mengisi daftar hadir LMS,Zoom,OCW Referensi di perpustakaan digital 1x10 menit 2 Inti Dosen mengevaluasi tugas sebelumnya Mahasiswa mengikuti kegiatan di LMS dan tatap maya sesuai tujuan pembelajaran berupa: 1. Presentasi secara acak di zoom 2. Mengisi refleksi di LMS 3. Melaporkan tugas kepanitiaan LMS,Zoom,referensi di perpustakaan digital. 1x80 menit 3 Penutup Feed back/umpan balik terhadap materi yang baru saja diberikan, dan kendala yang dihadapi melalui LMS dan atau tanya jawab. 1x10 menit
Course Modules

Course Modules