Course Description
Tahun Akademik: Gasal 2021/2022 Kelas-Offr: A20-TEP Deskripsi: Matakuliah media pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan media dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola media pembelajaran dengan efektif. Media pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural. Capaian Pembelajaran Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis online sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek pembelajaran berbasis online untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan. Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang. Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi pembelajaran berbasis online. Daftar Pustaka: Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer. Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology.. Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.
Course Syllabus
Course Modules Rekan-rekan semua, selamat datang pada perkuliahan...
Rekan-rekan berikut adalah Inovasi Modul Digital y...
Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.
Course Modules TAUTAN MEDIA SOSIAL (KLIK DI SINI)
Membangun Kesepakatan BersamaRekan-rekan, kita per...
RANCANGAN PERKULIAHAN SATU SEMESTER
PENJELASAN KESEPAKATAN PBO
Rekan-rekan, saya persilahkan untuk memasukki rung...
FORM KESEPAKATAN (KLIK DI SINI)
CEK KESEPAKATAN (KLIK DI SINI)
MENGECEK PLAGIAT SECARA MANDIRIMEMASUKKAN KONTEN K...
Pemilihan topik merupakan dasar dari keseluruhan proses proses pembelajaran. Topik-topik yang diangkat dimaksudkan dalam rangka menguatkan mahasiswa agar fokus pada sesuatu yang benar-benar ingin dilihat atau terjadi pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online dan yang berpotensi memberi pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pebelajar, penguatan agar terus berubah, dan menjadi temuan yang strategis.
Course Modules PETUNJUK CEK PLAGIAT (KLIK DI SINI)
PEMBELAJARAN ONLINE DALAM BERBAGAI VERSI (KLIK DI SINI)
Pembelajaran Berbasis Online
MEMANUSIAKAN PEMBELAJARAN ONLINE (KLIK DI SINI)
Pembelajaran Berbasis Online II
MEMFASILITASI BELAJAR DALAM KONDISI NORMAL BARU (KLIK DI SINI)
KEBUTUHAN SEKOLAH DAN PERGURUAN TINGGI
Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online
Course Modules MENGUAK MISTERI (KLIK DI SINI)
SEJARAH TAK TERLUPAKAN (KLIK DISINI)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN (KLIK DI SINI)
PETUNJUK KEGIATAN : PENCARIAN LITERASI (KLIK DISINI)
PETUNJUK KEGIATAN : PEMILIHAN LITERASI (KLIK DI SINI)
PETUNJUK KEGIATAN : ALIH BAHASA
PETUNJUK KEGIATAN : PENGUMPULAN TUGAS (KLIK DI SINI)
LITERASI MAHASISWA WEB BASED LEARNING (KLIK DISINI)
PENJELASAN LITERASI MAHASISWA (KILK DI SINI)
LITERASI MAHASISWA ONLINE BASED LEARNING (KLIK DISINI)
PENJELASAN LITERASI MAHASISWA (KILK DI SINI)
TUTORIAL PEREKAM LAYAR
Pertemuan kita laksanakan pukul 7.30 wib sd Selesa...
Mahasiswa pada matakuliah Pembelajaran Berbasis Online akan mewujudkan pengakuan bahwa hal yang terbaik dari apa yang terjadi sekarang, bisa saja berubah dan semuanya adalah realitas. Menemukan konteks adalah upaya membangun realitas baru yang melibatkan pengumpulan data dan eksplorasi yang berkaitan dengan topik matakuliah Pembelajaran Berbasis Online
Course Modules Label
PENGEMBANGAN KELAS ON-LINE
Video Presentasi WEB BASED LEARNING
VIDEO PRESENTASI WEB BASED LEARNING SUSULAN
PENILAIAN SEJAWAT PBO WBL
Video Presentasi ONLINE BASED LEARNING
VIDEO PRESENTASI ONLINE BASED LEARNING SUSULAN
PENILAIAN SEJAWAT PBO OBL
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online, pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Course Modules MEMBANGUN RANCANGAN PEMBELAJARAN
Rekap Penilaian Teman Sejawat WBL A
Rekap Penilaian Teman Sejawat OBL kelas A
Saya berharap, rekan-rekan yang belum memenuhi seg...
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online , pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Course Modules BUATLAH RANCANGAN PEMBELAJARAN
VIDEO PETUNJUK KEGIATAN PRAKTIKUM
MODUL PRAKTIKUMModul praktikum 1 merupakan penggun...
KEGIATAN PRAKTIKUM 1
CEK KEGIATAN PARKTIKUM 1
KEGIATAN PRAKTIKUM 2
CEK KEGIATAN PRAKTIKUM 2
KEGIATAN PRAKTIKUM 3
CEK KEGIATAN PRAKTIKUM 3
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menciptakan visi yang berorientasi pada hasil yang dikonstruksi secara bersama untuk masa depan matakuliah Pembelajaran Berbasis Online , pebelajar diperkuat untuk berpartisipasi dalam mendiskusikan visi individu mereka tentang konteks yang ideal dan menggambarkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
Course Modules BUATLAH RANCANGAN PEMBELAJARAN
Label
TEKNOLOGI ADAPTIF MULTIPLAYERHenry PraherdhionoTek...
KEGIATAN PRAKTIKUM 1
URAIAN KEGIATANRekan-rekan semua, kegiatan kali in...
SELAYANG PANDANG PRAKTIKUM 1
PERSEPSI TINGKAT KEBERMANFAATAN MULTIPLAYER
CEK PERSEPSI
KEGIATAN PRAKTIKUM 2
URAIAN KEGIATANSebagaimana software aplikasi, Hal ...
TUTORIAL PRAKTIKUM 2
KEPEMILIKAN RUANG MULTIPLAYER PRAKTIKUM 2
CEK REGISTRASI
KEGIATAN PRAKTIKUM 3
URAIAN KEGIATANRekan-rekan akan menggunakan seluru...
MEMBUAT TUTORIAL PRAKTIKUM 3
CEK TUTORIAL PRAKTIKUM 3
Rekan-rekan, saya mengucapkan terimakasih. Karena selama ini, walaupun kita semua mengalami kondisi pandemi, kita tetap bersemangat untuk tetap belajar. Secara khusus saya meminta rekan-rekan berpartisipasi dalam survei perbaikan perkuliahan yang harus saya lakukan. Karena saya menyadari ... betapa sulitnya menyatukan dan mengkompromikan kegiatan belajar pada saat kita benar-benar terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Survei ini saya lakukan murni karena saya ingin meningkatkan layanan belajar untuk rekan-rekan semua. dan saya mengharapkan survei ini menjadi acuan saya kedepan dalam layanan belajar.
Course Modules RANCANGAN PEMBELAJARAN
Survei Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.
Course Modules Ranah Praktis Pembelajaran Berbasis Online
Desain Pembelajaran Universal dalam PBO
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.
Course Modules KEGIATAN DESAIN PEMBELAJARAN SISTEM ONLINE
Rancangan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran
TEORI ABCD
Penjelasan Teori ABCD
INPUT KEGIATAN 1
CEK INPUT KEGIATAN 1
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bersama-sama dalam rencana aksi. Proposisi provokatif dikembangkan oleh pengajar sebagai scaffolding dalam matakuliah pbo, sehingga mampu mengkontruksi pernyataan berani dari komunitas belajar terhadap kondisi masa depan yang seolah-olah atau bahkan sudah terjadi realitas baru di matakuliah PBO Rencana implementasi kemudian dikembangkan oleh individu, kelompok kerja kecil hingga keseluruhan komunitas belajar. Untuk memastikan kelengkapan, fase desain dapat fokus pada hal-hal spesifik seperti kepemimpinan, strategi, budaya, praktik bisnis, kemampuan, pengembangan profesional, sistem dll.
Course Modules AKUN PBO KELAS A
Petunjuk Praktikum 1
Petunjuk Praktikum 2
Diakhir inkuiri dalam fase pembelajaran adalah melihat implementasi dan ulasan mahasiswa terhadap topik melalui publikasi dan pengakuan. Di tingkat organisasi, proses transformasi positif Pembelajaran Berbasis Online dilakukan melalui pemberdayaan pebelajar secara terkoneksi, bekerja sama dan berkolaborasi, hasilnya akan terus muncul dengan cara baru, berinovasi, dan berani.
Course Modules URAIAN KEGIATAN PRAKTIKUMKegiatan praktikum dilaku...
KERANGKA KEGIATAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN ONLINE...
MENAMBAHKAN AKTIVITAS BELAJAR
MENAMBAHKAN KONTEN PEMBELAJARAN
FORUM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN
Course Modules rekan-rekan, diatas merupakan contoh kegiatan pemb...
LAPORAN KEGIATAN BERKALA
Course Modules PENILAIAN HASIL SEJAWATSilahkan rekan-rekan nilai ...