Pembelajaran Berbasis Online

  • 4.5/5.0
  • 12k Enrolled
  • All levels
  • Start 29 August 2024

Course description

Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A20-TEP
Deskripsi:
Matakuliah media pembelajaran merupakan pembelajaran yang menerapkan IPTEKS dalam Lingkungan Belajar untuk memfasilitasi bagaimana merancang kegiatan belajar dan pembelajaran konteks keilmuan media dengan cara mengembangkan, menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola media pembelajaran dengan efektif. Media pembelajaran secara umum meliputi kegiatan pengembangan media, pemanfaatan media, Pengelolaan media, Assessing/ Evaluasi terhadap media, hingga mengimplementasikan media dalam kondisi pebelajar yang memiliki kebaragaman dengan mempertimbangkan kode etik Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural.
Capaian Pembelajaran

  • Menguasai konsep, lingkup, dan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbasis online sehingga memiliki pemahaman yang sesuai tentang fungsi-fungsi teknologi online dalam pembelajaran
  • Mampu secara kreatif, analitis dan antisipatif dalam menganalisis, merancang, membuat, mengimplementasikan dan mengevaluasi proyek pembelajaran berbasis online untuk memfasilitasi pembejaran dan meningkatkan performansi pebelajar, sesuai konsep, prinsip, dan prosedur pengembangan.
  • Mampu berpikir kritis terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran berbasis online dalam rangka menyikapi resiko pengembangan mendukung pengambilan keputusan pengembangan berbasis online dimasa yang akan datang.
  • Mampu secara kreatif membuat pemaparan secara ilmiah berdasarkan analisis kritis dan evaluasi terhadap kebutuhan dan implementasi pembelajaran berbasis online.

Daftar Pustaka:

  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology (pp. 413-424). New York, NY: Springer.
  • Savin-Baden, M., 2007. A practical guide to problem-based learning online. Routledge
  • Wiley, D.A., 2002. The instructional use of learning objects (Vol. 1). Bloomington, IN: Agency for instructional technology..
  • Carliner, S. and Shank, P., 2008. The E-learning Handbook: a comprehensive guide to online learning. Pfeiffer, April, 25.

What you’ll learn
  • Pertemuan 1: KESEPAKATAN
  • Pertemuan 2: TOPIK PILIHAN
  • Pertemuan 3: TOPIK PILIHAN
  • Pertemuan 4: KONTEKS PILIHAN
  • Pertemuan 5: KONTEKS PBO
  • Pertemuan 6: PRAKTIKUM 1
  • Pertemuan 7: PRAKTIKUM 2
  • Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester
  • Pertemuan 9:Mahasiswa membangun gagasan pengembangan yang efektif, efisien dan menarik
  • Pertemuan 10: Pengembangan pembelajaran berbasis online dari sis teknis (hardware, software) Pegembangan petunjuk penggunaaan sistem pembelajaran online
  • Pertemuan 11: KEGIATAN PRAKTIKUM
  • Pertemuan 12: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN KONTEN
  • Pertemuan 13: PRAKTIKUM PENGEMBANGAN
  • Pertemuan 14: Validasi produk pengembangan menggunakan item keefektifan, efisiensi dan kemenarikan Uji coba dan evaluasi produk pengembangan pembelajaran berbasis online
  • Pertemuan 15:Laporan hasil pengembangan
  • Pertemuan 16:Ujian Akhir Semester

As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.

  • Lectures 30
  • Duration 4h 50m
  • Skills Beginner
  • Deadline 25 February 2025
  • Certificate Yes

  • 4.5/5.0