Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

SAINS DASAR

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

LENI RUMIYANTI

Universitas Lampung
AREAS:
Program Studi Fisika

Course Description

Capaian Pembelajaran yang dibebankan pada Mata Kuliah ini mahasiswa mampu: Mengenal beragam fakta, konsep, prinsip, hukum dan teori-teori serta metode yang berkembang dalam bidang fisika, kimia, biologi, geologi, dan astronomi. Memahami aplikasi dan keterkaitan konsep, prinsip, hukum, dan teori sains dalam beragam kegiatan dalam kehidupan sehari-hari: kesehatan, pertanian, kelautan, transportasi, forensik, dan sertan isu-isu lingkungan global ke-kinian. Menerapkan sikap ilmiah dalam kehidupan sehari-hari.

Course Syllabus


Course Modules
Announcements
Profile Of Basic Science Course
Course Modules
Salam Pembuka Mata Kuliah Sains Dasar
CURICULUM VITAE
Deskripsi Mata Kuliah
Capaian Pembelajaran Lulusan
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan
Peta Program Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Semester
Model Asesmen
Bobot Penilaian
Buku Ajar Sains Dasar
Zoom Meeting
Tutorial Kuis Online (Quizizz)
Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Membandingkan Perkembangan Sains Dari Masa Yunani Purba H ingga Modern . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sejarah Sains didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom) . Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Salam Perubahan Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Pertama "Sejarah Sains"
Materi Pembelajaran Pertemuan Pertama "Sejarah Sains"
Video Pembelajaran Pertemuan Pertama "Sejarah Sains"
Forum Diskusi Pertemuan Pertama "Sains Dasar"
Rangkuman Pertemuan Pertama
Tugas Pertemuan Pertama
Kuis Pertemuan Pertama
Inovasi Modul Digital Pertemuan Pertama
Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan Kedua ini, yakni Membandingkan ranah (bidang) kajian sains murni, sains terapan, dan teknologi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Ranah Sains yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Selamat mengikuti Pertemuan Kedua Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kedua
Materi Pembelajaran Pertemuan Kedua
Video Pembelajaran Pertemuan Kedua
Tugas Pertemuan Kedua
Kuis Pertemuan Kedua
Inovasi Modul Digital Pertemuan Kedua
PENDAHULUAN PERTEMUAN KETIGA Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketiga Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketiga ini, yakni Menyimpulkan langkah-langkah pengungkapan fenomena alam menjadi pengetahuan ilmiah dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Metode Ilmiah yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Selamat mengikuti Pertemuan ketiga Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Ketiga
Materi Pembelajaran Pertemuan Ketiga
Forum Diskusi Pertemuan Ketiga
Tugas Pertemuan Ketiga
Kuis Pertemuan Ketiga
Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keempat Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keempat ini, yakni Mengkaji Prinsip dan Klasifikasi Materi dan Energi dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Materi dan Energi yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Selamat mengikuti Pertemuan keempat Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Keempat
Forum Diskusi Petemuan Keempat
Materi Pembelajaran Pertemuan Keempat
Tugas Pertemuan Keempat
Kuis Pertemuan Keempat
PENDAHULUAN PERTEMUAN KELIMA Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Kelima Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan kelima ini, yakni Mengkaji Prinsip dan Klasifikasi Makhluk Hidup dapat tercapai dengan baik. Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Makhluk Hidup yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Selamat mengikuti Pertemuan kelima Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kelima
Materi Pembelajaran Pertemuan Kelima
Forum Diskusi Pertemuan Kelima
Tugas Pertemuan Kelima
Kuis Pertemuan Kelima
Inovasi Modul Digital Pertemuan Kelima
Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Keenam Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan keenam ini, yakni Memecahkan Permasalahan Berkaitan Dengan Besaran dan Satuan Fisika dapat tercapai dengan baik. Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Besaran dan Satuan yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Selamat mengikuti Pertemuan keenam Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Keenam
Materi Pembelajaran Pertemuan Keenam
Forum Diskusi Pertemuan Keenam
Tugas Pertemuan Keenam
Kuis Pertemuan Keenam
Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik pada Pertemuan Ketujuh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat sehingga Kemampuan Akhir yang diharapkan pada Pertemuan ketujuh ini, yakni Menghitung Tentang Pengukuran Fisika dapat tercapai dengan baik. Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini membahas topik Pengukuran dan Alat Ukur yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran (PDF dan Video Pembelajaran), (iv) Hiburan (Ice Breaking); (v) Forum Diskusi, (vi) Kuis (Quizizz), dan (vii) Tugas (Virtual Class) . Mohon dipastikan peserta didik melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar hasil pembelajaran menjadi maksimal. Selamat mengikuti Pertemuan ketujuh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!!
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Ketujuh
Materi Pembelajaran Pertemuan Ketujuh
Forum Diskusi Pertemuan Ketujuh
Tugas Pertemuan Ketujuh
Kuis Pertemuan Ketujuh
Inovasi Modul Digital Pertemuan Ketujuh
PENDAHULUAN PERTEMUAN KEDELAPAN Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedelapan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Pertama adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Variabel dan Data Hasil Penelitian . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Variabel Dan Data Hasil Penelitian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan kedelapan Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Variabel Dan Data Hasil Penelitian . Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan kedelapan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut:
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kedelapan
Materi Pembelajaran Pertemuan Kedelapan
Forum Diskusi Pertemuan Kedelapan
Tugas Pertemuan Kedelapan
Kuis Pertemuan Kedelapan
Inovasi MOdul Digital Pertemuan Kedelapan
Simulasi UTS
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEMBILAN Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesembilan adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji prinsip dan aplikasi metode-metode sains dalam bidang kesehatan . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Pertama Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kesehatan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom) . Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesembilan Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Salam Perubahan Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kesembilan
Materi Pembelajaran Pertemuan Kesembilan
Forum Diskusi Pertemuan Kesembilan
Tugas Pertemuan Kesembilan
Kuis Pertemuan Kesembilan
PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEPULUH Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesepuluh adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Forensik . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Forensik didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Kesepuluh Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kesepuluh
Materi Pembelajaran Pertemuan Kesepuluh
Forum Diskusi Pertemuan Kesepuluh
Tugas Pertemuan Kesepuluh
Kuis Pertemuan Kesepuluh
PENDAHULUAN PERTEMUAN KESEBELAS . Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kesebelas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Pertanian . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Pertanian didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Kesebelas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kesebelas
Materi Pembelajaran Pertemuan Kesebelas
Forum Diskusi Pertemuan Kesebelas
Tugas Pertemuan Kesebelas
Kuis Pertemuan Kesebelas
PENDAHULUAN PERTEMUAN KEDUA BELAS Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kedua belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Kelautan & Perikanan . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kedua Belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Kelautan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom) . Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Kedua belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kedua belas
Materi Pembelajaran Kedua Belas
Forum Diskusi Pertemuan Kedua Belas
Tugas Pertemuan Kedua Belas
Kuis Pertemuan Kedua Belas
PENDAHULUAN PERTEMUAN KETIGA BELAS Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Ketiga belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Transportasi . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Transportasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Ketiga belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Ketiga Belas
Materi Pembelajaran Pertemuan Ketiga Belas
Forum Diskusi Pertemuan Ketiga Belas
Tugas Pertemuan Ketiga Belas
Kuis Pertemuan Ketiga Belas
PENDAHULUAN PERTEMUAN KEEMPAT BELAS Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keempat belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Mengkaji Prinsip Dan Aplikasi Metode-Metode Sains Dalam Bidang Navigasi . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sains Navigasi didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keempat belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan keempat belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Keempat Belas
Materi Pembelajaran Pertemuan Keempat Belas
Forum Diskusi Pertemuan Keempat Belas
Tugas Pertemuan Keempat Belas
Kuis Pertemuan Keempat Belas
PENDAHULUAN PERTEMUAN KELIMA BELAS Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Kelima belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Konsep Dan Prinsip Sains Yang Terkait Dengan Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim . Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Pemanasan Global dan Perubahan Iklim didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Kelima belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Kelima Belas
Materi Pembelajaran Pertemuan Kelima Belas
Forum Diskusi Pertemuan Kelima Belas
Tugas Pertemuan Kelima belas
Kuis Pertemuan Kelima Belas
PENDAHULUAN PERTEMUAN KEENAM BELAS Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science. Semoga peserta didik dalam keadaan baik dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan semangat. Gambaran umum Pertemuan Keenam belas adalah peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 diharapkan menguasai Kemampuan Akhir berupa kemampuan Menafsirkan Konsep dan Prinsip Sains yang Terkait dengan Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, maka pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science yang membahas topik Sumber Daya Alam dan Energi Terbarukan didesain terdiri atas beberapa bagian, yaitu : (i) Tujuan Pembelajaran, (ii) Peta Konsep, (iii) Materi Pembelajaran dalam bentuk PDF, (iv) Video Pembelajaran, (v) Hiburan (Ice Breaking), (vi) Rangkuman, (vii) Forum Diskusi, (viii) Kuis (Quizizz), (ix) Tugas, dan (x) Modul Digital (Scrom). Mohon dipastikan peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 melaksanakan setiap tahapan dalam Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science secara sistematis agar dapat menjawab tantangan berupa soal yang disajikan melalui Quizizz untuk melihat seberapa besar pemahaman peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 terhadap Sejarah Sains. Tantangan didesain terdiri atas 20 soal dengan berbagai tipe soal yang mampu mengasah kemampuan Mengingat (C1), Memahami (C2), Mengaplikasikan (C3), Menganalisis (C4), dan Mengevaluasi (C5) menurut Taksonomi Bloom yang dilengkapi dengan gambar dan musik menarik sehingga peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 dalam mengerjakannya secara optimal. Peserta didik Generasi Millennial Era Digital 4.0 juga diberikan tugas berupa soal essay yang terdiri atas empat soal agar Skill pada abad 21, yakni Problem Solving, Critical Thinking, Creativity, & Emotional Intelligence dapat dikuasai dengan baik. Adapun tujuan pembelajaran pada Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science adalah sebagai berikut: Selamat mengikuti Pertemuan Keenam belas Mata Kuliah Basic Science ini dengan Happy, Confident, Never Give Up, and Pray agar setiap langkah anda dalam belajar dicatat sebagai Ibadah Allah SWT. God Bless You and Good Luck. Salam Perjuangan!!! Leni Rumiyanti, S.Pd, M.Sc.
Course Modules
Peta Konsep Pertemuan Keenam Belas
Materi Pembelajaran Pertemuan Keenam Belas
Forum Diskusi Pertemuan Keenam Belas
Tugas Pertemuan Keenam Belas
Kuis Pertemuan Keenam Belas
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Daftar Istilah Basic Science
Daftar Pustaka