Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

EVALUASI DAN ASESMEN PEMBELAJARAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SIRAJUDDIN

Universitas Muhammadiyah Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

Assalamualaikum wr.wb. Bagaimana kabar Anda hari ini? Apakah Anda sudah siap melakukan aktivitas pembelajaran secara daring ? Sebelum kita melakukan aktivitas pembelajaran daring ini saya mengajak Anda untuk sejenak berdoa dengan membaca doa berikut ini! ?????? ???????? ????? ???????????????? ??????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ???? ???? ????????????????????? ???????? "Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan." Artinya : "Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik." IDENTITAS MATA KULIAH Nama Mata Kuliah: Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran , Kode Mata Kuliah: xxxxxxx , Beban Satuan Kredit: 2 sks , Jenjang: Strata Satu (S1) Pendidikan , Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Makassar DESKRIPSI MATA KULIAH Evaluasi hasil belajar dan asesmen pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah memahami konsep dan implementasi evaluasi dan asesmen dalam pembelajaran, yang mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan peserta didik dalam memahami materi ajar. Pembuatan instrumen tes perlu memperhatikan validitas dan reliabilitas. Disamping itu, penyusunan item tes harus memperhatikan derajad kesukaran tes dan daya beda, sehingga instrumen tes yang diujikan betul-betul dapat mengukur kemampuan peserta didik. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) CPL yang dibebankan pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini adalah, sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (S1) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S7) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya (KU7) Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. (KK5) Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar (P5) CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) CPMK pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini adalah, sebagai berikut: Memahami konsep dasar evaluasi dan asesmen dilihat dari perbedaan asesmen, tes, pengukuran, dan evaluasi. Memahami fungsi, prinsip, dan teknik asesmen dan mampu mengaplikasikannya dalam menilai proses dan hasil belajar. Menguasai sasaran dan fungsi evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Memahami, menyusun/merancang prosedur evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Menunjukkan kemampuan dalam mengelolah bebagai bentuk baik berupa tes maupun non tes. Terampil menghitung/mengukur validitas dan reliabilitas tes dengan sikap bertanggung jawab. Terampil mengolah hasil tes serta menginterpretasi hasilnya dengan sikap bertanggung jawab. Menginterpretasi item tes hasil belajar secara logis dan sistematis. TOPIK MATERI AJAR Mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini terdiri beberapa topik materi ajar untuk mendukung capaian pembelajaran yang ingin dicapai, sebagai berikut: Konsep Dasar Evaluasi dan Asesmen (2 kali pertemuan: 25 September & 2 Oktober 2021) Fungsi, Prinsip, dan Teknik Asesmen (2 kali pertemuan: 9 & 16 Oktober 2021) Sasaran dan Fungsi Evaluasi (2 kali pertemuan: 23 & 30 Oktober 2021) Prosedur Evaluasi (2 kali pertemuan: 6 & 13 November 2021 ) Teknik Tes dan non Tes (2 kali pertemuan: 20 & 27 November 2021) Validitas dan Reliabilitas Tes (2 kali pertemuan: 4 & 11 Desember 2021 ) Pengolahan Hasil Tes (2 kali pertemuan: 8 & 15 Desember 2021 ) Analisis Item Hasil Tes (2 kali pertemuan: 1 & 8 Januari 2022) RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Anda dapat mengunduh RPS mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran di sini RENCANA PERKULIAHAN DAN SISTEM PENILAIAN Rencana Perkuliahan Perkuliahan pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran100% dilakukan secara online dengan type flipped learning . Flipped learning adalah pelaksanaan pembelajaran yang diawali mahasiswa belajar secara mandiri ( asynchronous ) terlebih dahulu melalui halaman LMS Online Course ini dan dilanjutkan dengan kegiatan tatap maya ( synchronous ) bersama dosen. Pada bagian asynchronous mahasiswa mengkaji materi-materi ajar yang tersedia pada bagian Bahan Ajar Belajar Mandiri , sedangkan pada bagian pelaksanaan synchronous dengan bentuk tatap maya bersama dosen, mahasiswa bersama dosen mengkaji ulang materi bahan ajar belajar mandiri dan menyelesaikan tugas dan tes sumatif yang tersedia. Sistem Penilaian Pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran sistem penilaian yang diterapkan untuk menentukan nilai akhir dari mata kuliah ini diperoleh dari data-data sebagai berikut: Laporan aktivitas belajar mandiri yang terekam pada aplikasi layanan pembelajaran daring ini, Aktivitas kehadiran tatap maya, Quis yang tersedia pada bagian bahan ajar belajar mandiri, Forum diskusi, Tugas, Tes sumatif. DOSEN PENGAMPU

Course Syllabus

Assalamualaikum wr.wb. Bagaimana kabar Anda hari ini? Apakah Anda sudah siap melakukan aktivitas pembelajaran secara daring ? Sebelum kita melakukan aktivitas pembelajaran daring ini saya mengajak Anda untuk sejenak berdoa dengan membaca doa berikut ini! ?????? ???????? ????? ???????????????? ??????? ????????????? ??????? ??????????? ????? ???? ???? ????????????????????? ???????? "Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan." Artinya : "Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik." IDENTITAS MATA KULIAH Nama Mata Kuliah: Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran , Kode Mata Kuliah: xxxxxxx , Beban Satuan Kredit: 2 sks , Jenjang: Strata Satu (S1) Pendidikan , Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Makassar DESKRIPSI MATA KULIAH Evaluasi hasil belajar dan asesmen pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah memahami konsep dan implementasi evaluasi dan asesmen dalam pembelajaran, yang mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan peserta didik dalam memahami materi ajar. Pembuatan instrumen tes perlu memperhatikan validitas dan reliabilitas. Disamping itu, penyusunan item tes harus memperhatikan derajad kesukaran tes dan daya beda, sehingga instrumen tes yang diujikan betul-betul dapat mengukur kemampuan peserta didik. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) CPL yang dibebankan pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini adalah, sebagai berikut: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious (S1) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S7) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya (KU7) Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar. (KK5) Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar (P5) CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK) CPMK pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini adalah, sebagai berikut: Memahami konsep dasar evaluasi dan asesmen dilihat dari perbedaan asesmen, tes, pengukuran, dan evaluasi. Memahami fungsi, prinsip, dan teknik asesmen dan mampu mengaplikasikannya dalam menilai proses dan hasil belajar. Menguasai sasaran dan fungsi evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Memahami, menyusun/merancang prosedur evaluasi sesuai dengan indikator pembelajaran yang ingin dicapai. Menunjukkan kemampuan dalam mengelolah bebagai bentuk baik berupa tes maupun non tes. Terampil menghitung/mengukur validitas dan reliabilitas tes dengan sikap bertanggung jawab. Terampil mengolah hasil tes serta menginterpretasi hasilnya dengan sikap bertanggung jawab. Menginterpretasi item tes hasil belajar secara logis dan sistematis. TOPIK MATERI AJAR Mata kuliah Evaluasi dan Asesmen dalam Pembelajaran ini terdiri beberapa topik materi ajar untuk mendukung capaian pembelajaran yang ingin dicapai, sebagai berikut: Konsep Dasar Evaluasi dan Asesmen (2 kali pertemuan: 25 September & 2 Oktober 2021) Fungsi, Prinsip, dan Teknik Asesmen (2 kali pertemuan: 9 & 16 Oktober 2021) Sasaran dan Fungsi Evaluasi (2 kali pertemuan: 23 & 30 Oktober 2021) Prosedur Evaluasi (2 kali pertemuan: 6 & 13 November 2021 ) Teknik Tes dan non Tes (2 kali pertemuan: 20 & 27 November 2021) Validitas dan Reliabilitas Tes (2 kali pertemuan: 4 & 11 Desember 2021 ) Pengolahan Hasil Tes (2 kali pertemuan: 8 & 15 Desember 2021 ) Analisis Item Hasil Tes (2 kali pertemuan: 1 & 8 Januari 2022) RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) Anda dapat mengunduh RPS mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran di sini RENCANA PERKULIAHAN DAN SISTEM PENILAIAN Rencana Perkuliahan Perkuliahan pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran100% dilakukan secara online dengan type flipped learning . Flipped learning adalah pelaksanaan pembelajaran yang diawali mahasiswa belajar secara mandiri ( asynchronous ) terlebih dahulu melalui halaman LMS Online Course ini dan dilanjutkan dengan kegiatan tatap maya ( synchronous ) bersama dosen. Pada bagian asynchronous mahasiswa mengkaji materi-materi ajar yang tersedia pada bagian Bahan Ajar Belajar Mandiri , sedangkan pada bagian pelaksanaan synchronous dengan bentuk tatap maya bersama dosen, mahasiswa bersama dosen mengkaji ulang materi bahan ajar belajar mandiri dan menyelesaikan tugas dan tes sumatif yang tersedia. Sistem Penilaian Pada mata kuliah Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran sistem penilaian yang diterapkan untuk menentukan nilai akhir dari mata kuliah ini diperoleh dari data-data sebagai berikut: Laporan aktivitas belajar mandiri yang terekam pada aplikasi layanan pembelajaran daring ini, Aktivitas kehadiran tatap maya, Quis yang tersedia pada bagian bahan ajar belajar mandiri, Forum diskusi, Tugas, Tes sumatif. DOSEN PENGAMPU
Course Modules
Announcements
Pengantar Topik I Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas mengenai konsep dasar evaluasi pembelajaran, membicarakan tentang hakikat evaluasi, pengukuran, penilaian dan tes. Bagian ini merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti prinsip dasar evaluasi, ciri-ciri evaluasi, jenis evaluasi dan tujuan evaluasi. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik. Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pe ngukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi Capaian Pembelajaran Mampu memahami dan memiliki wawasan tentang konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian, memiliki wawasan tentang evaluasi pembelajaran. Kompotensi dasar ini terdiri dari tiga indikator yakni: Menjelaskan perbedaan asesmen, tes, pengukuran, dan evaluasi Menjelaskan konsep asesmen, tes, pengukuran, dan evaluasi Menjelaskan ruang lingkup asesmen, tes, pengukuran, dan evaluasi Rancangan Pertemuan Materi Topik I Konsep Dasar Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali.
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Perbedaan Asesmen, Tes, Pengukuran, dan Evaluasi
C. Ruang Lingkup Asesmen, Tes, Pengukuran, dan Evaluasi
Forum Diskusi
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik II Deskripsi Singkat Pada bab II akan dibahas tentang tujuan prinsip, ciri, dan jenis evaluasi pembelajaran. Bagian ini merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti sasaran, fungsi dan klasifikasi evaluasi. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik. Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi. Capaian Pembelajaran Mampu menjelaskan tujuan, prinsip dasar evaluasi, ciri dan jenis evaluasi, serta evaluasi. Kompetensi dasar ini terdiri dari tiga indikator antara lain: Menjelaskan fungsi evaluasi Mendeskripsikan tujuan dasar evaluasi Menjelaskan prinsip evaluasi Menjelaskan jenis-jenis dan ciri-ciri evaluasi Rancangan Pertemuan Materi Topik II Fungsi, Tujuan dan Prinsip Asesmen Pembelajaran ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali.
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B.Fungsi dan Prinsip Asesmen Pembelajaran
C. Teknik Asesmen Pembelajaran
Forum Diskusi Topik II
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik III Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang sasaran, fungsi dan klasifikasi evaluasi pembelajaran dan merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti memahami prosedur kegiatan evaluasi. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik. Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pe ngukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi Capaian Pembelajaran Kompetensi dasar ini terdiri dari tiga indikator yakni : Menjelaskan sasaran evaluasi pembelajaran Mendiskripsikan fungsi evaluasi pembelajaran Mendeskripsikan klasifikasi evaluasi pemblajaran Rancangan Pertemuan Materi Topik III Konsep Dasar Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali.
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Sasaran Evaluasi
C. Fungsi Evaluasi
Forum Diskusi
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik IV Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang Prosedur atau langkah- langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi, yaitu: (1) membuat perencanaan, yang meliputi: menyusun kisi-kisi dan uji-coba, (2) mengumpulkan data, (3) mengolah data, (4) menafsirkan data, dan (5) menyusun laporan, dan merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti memahami teknik tes dan non tes. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pe ngukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi. Sub-CPMK Mampu menjelaskan langkah-langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi, mendeskripsikan rancangan pembuatan kisi-kisi dan uji coba mendeskripsikan pengumpulan data, pengolahan, penafsiran data dan menyusun laporan. Kompetensi ini terdiri dari enam indikator yakni: Menjelaskan prosedur pelaksanaan kegiatan evaluasi Mendiskripsikan rancangan pembuatan kisi-kisi dan uji coba Mendeskripsikan langkah-langkah pengumpulan data Menjelaskan langkah-langkah pengolahan data Menjelaskan langkah-langkah penafsiran data Mendeskripsikan langkah-langka penyusunan laporan Rancangan Pertemuan Materi Topik IV Prosedur Evaluasi Pembelajaran ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A.Pendahuluan
B. Membuat Perencanaan Evaluasi
Forum Diskusi
C. Pelaksanaan Evaluasi
D. Pengolahan Data
E. Penafsiran Hasil Evaluasi
F. Laporan
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik V Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang memahami teknik tes dan non tes, dan merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti memahami validitas dan reliabilitas tes. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi. Capaian Pembelajaran Mampu memahami dan menjelaskan tentang teknik evaluasi tes dan non tes. Kompetensi ini terdiri dari 5 indikator yakni: Menjelaskan macam-macam teknik tes dan non tes.. Menjelaskan Fungsi Tes Membedakan antara observasi, interview, dan angket. Menjelaskan fungsi tes dan penggolongan tes Mempratekkan tes pada proses pembelajaran Rancangan Pertemuan Materi Topik V Teknik Tes dan Non Tes ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Teknik Penilaian Proses dan Hasil Belajar
C. Teknik Tes
Forum Diskusi
D. Teknik Non Tes
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik VI Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang memahami validitas dan reliabilitas, dan merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti memahami teknik pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan hasil tes hasil belajar. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh maha- siswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pe ngukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi. Capaian Pembelajaran Mampu memahi dan menjelaskan konsep validitas dan reliabilitas dalam evaluasi pembelajaran. Kompetensi dasar ini terdiri atas empat indikator yakni : Menjelaskan konsep validitas Menjelaskan macam-macam validitas Memahami dan menjelaskan konsep reliabilitas Memahami dan menjelaskan macam-macam reliabilitas Rancangan Pertemuan Materi Topik VI Validitas dan Reliabilitas Tes ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Validitas (Kesahihan)
C. Reliabilitas (Keterandalan)
Forum Diskusi
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik VII Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang memahami, teknik pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan hasil tes dan merupakan dasar bagi bab-bab selanjutnya seperti memahami teknik penganalisisan item tes hasil belajar. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik. Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi Capaian Pembelajaran Mampu memahami teknik pemeriksaan hasil tes tertulis, memahami teknik pemberian skor, tes hasil belajar, memahami teknik pengolahan dan pengubahan skor tes hasil belajar menjadi nilai. Kompetensi ini terdiri dari 4 (empat) indikator yakni Menjelaskan dan memahami teknik pemeriksaan hasil tes tertulis. Menjelaskan dan memahami teknik pemberian skor hasil tes hasil belajar. Menjelaskan pengolahan tes hasil belajar. Menjelaskan pengubahan skor Mentah hasil tes hasil belajar menjadi nilai standar Rancangan Pertemuan Materi Topik VII Teknik Pemeriksaan, Pemberian Skor, dan Pengolahan Hasil Tes ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali.
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Teknik Pemeriksaan Hasil Tes Tertulis
C. Teknik Pemberian Skor Tes Hasil Belajar
D. Teknik Pengolahan Tes Hasil Belajar
Forum Diskusi
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas
Pengantar Topik VIII Deskripsi Singkat Pada bab ini akan dibahas tentang memahami teknik penganalisisan item tes hasil belajar. Oleh karena itu diharapkan Anda dapat memahami materi ini secara baik. Relevansi Pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki oleh mahasiswa ketika masih berada pada jenjang SMA dan semester awal, akan lebih diasah, karena mahasiswa akan memahami dengan jelas konsep evaluasi, pengukuran dan penilaian. Selain itu, materi pada bab-bab selanjutnya di mata kuliah evaluasi pembelaran ini merupakan penunjang ketika mahasiswa akan mengolah data dalam penyusunan skripsi. Capaian Pembelajaran Mampu memahami dan menjelaskan tentang teknik analisis derajad kesukaran item, teknik analisis daya pembeda item, fungsi distraktor. Kompetensi ini terdiri dari 4 indikator yakni: Membuat analisis derajad kesukaran item. Menyusun analisis daya pembeda item. Membuat teknik distraktor. Membedakan antara analisis derajad kesukaran item dan teknik daya pembeda item Rancangan Pertemuan Materi Topik VIII Teknik Pemeriksaan, Pemberian Skor, dan Pengolahan Hasil Tes ekuivalen dengan pertemuan tatap muka sebanyak 2 kali.
Course Modules
Bahan Ajar Belajar Mandiri
A. Pendahuluan
B. Teknik Analisis Derajat Kesukaran Item
C. Teknik Analisis Daya Pembeda Soal
D. Fungsi Distraktor (Pengecoh)
Forum Diskusi
Bahan Evaluasi
Tes Sumatif
Tugas