Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

MANAJEMEN KOMUNIKASI STRATEGIS

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ASTRI YOGATAMA

Universitas Kristen Petra
AREAS:
Program Studi Ilmu Komunikasi

Course Description

Manajemen Komunikasi Strategis

Course Syllabus


Course Modules
Announcements

Course Modules
Video Peta Pembelajaran Praktikum Analisis Sentimen untuk Matakuliah Manajemen Komunikasi Strategis dengan Machine Learning

Course Modules
Big Data, Text Mining, & Analisis Sentimen
Pada bagian ini akan dijabarkan keterkaitan antara big data, text mining dan analisis sentimen, untuk menghantarkan pembelajar pada praktek analisis sentimen untuk manajemen komunikasi strategis.
Course Modules
Video Big Data, Text Mining, Analisis Sentimen
Melanjutkan bagian sebelumnya, proses pengumpulan dan analisis big data termasuk dalam proses kerja Artificial Intelligent (AI). Salah satu cara mengumpulkan big data dalam bentuk teks adalah dengan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP). Sedangkan mesin yang dipergunakan untuk mengumpulkan atau memproses data termasuk dalam mesin pintar yang bisa dilatih mengenali struktur bahasa manusia (Machine Learning). Semua hal tersebut akan dijelaskan secara ringkas di sini.
Course Modules
Video AI-NLP-ML
Platform yang dipergunakan untuk praktikum adalah Orange. Orange adalah sebuah platform yang berbasis open source, sehingga dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma bagi para pembelajar atau pengembang machine learning. Platform ini sangat ramah (user friendly) untuk dipergunakan oleh orang awam karena berbasis visual programming, artinya pengguna awam tidak perlu belajar secara spesifik bahasa pemrograman python. Yang perlu dipelajari adalah logika kerja machine learning ini, sehingga dapat menghasilkan sebuah perhitungan sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Untuk analisis yang lebih rumit tentu saja diperlukan waktu lebih untuk menguasai seluruh ikon (widget) visual programming di Orange.
Course Modules
Video Praktikum Pengukuran Analisis Sentimen dengan Orange
Buku Praktikum Analisis Sentimen dengan Orange
Hasil perhitungan machine learning masih perlu diolah secara visual untuk dapat disajikan dalam proses pengambilan keputusan. Di sini akan dipelajari secara singkat, bagaimana proses perjalanan dari data mentah ke sajian untu disampaikan pada pengambil keputusan.
Course Modules
Video Data Storytelling untuk Komunikasi Strategis