Teman-Teman mahasiswa yang saya banggakan. Kita berjumpa dalam matakuliah PTEPUM6002 / Komunikasi Pendidikan . Dengan mempelajari mata kuliah ini, Teman-Teman diharapkan akan memiliki kemampuan dalam memahami topik yang mampu mengkontruksi pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam matakuliah Komunikasi Pendidikan . Silahkan mengikuti sesi daring ini dengan baik dan kerjakan tugas yang telah diberikan. Partisipasi Teman-Teman dalam forum diskusi juga menjadi pertimbangan dalam pemberian nilai. Setiap sesi daring pada SIPEJAR bertujuan untuk membantu Teman-Teman bila menghadapi kesulitan dalam mempelajari materi pembelajaran. Saya berharap Teman-Teman tetap berperan aktif untuk melaksanakan proses pembelajaran daring melalui SIPEJAR ini. DOSEN PENGAMPU Saya Eka Pramoni Adi, mengucapkan selamat bergabung untuk teman-teman mahasiswa pada kelas komunikasi pendidikan. Semoga rekan-rekan bisa semakin bersemangat dan selalu bersemangat. Kami harapkan teman-teman mahasiswa dapat selalu berperan aktif dalam proses pembelajaran semester ini. Terima Kasih eka.pramono.fip@um.ac.id IDENTITAS MATAKULIAH Nama Matakuliah : Komunikasi Pendidikan Kode Matakuliah : PTEPUM6002 Semester : Ganjil SKS/JS : 2/2 Jenjang : S1 Nama Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Malang (UM) Deskripsi Matakuliah Matakuliah komunikasi pendidikan merupakan matakuliah transdisiplin pada jurusan teknologi pendidikan dan memiliki nilai strategis bagi semua bidang keilmuan. Matakuliah dengan karakteristik bagaimana memfasilitasi komunikasi dan meningkatkan performansi mahasiswa dalam komunikasi sesuai dengan kebutuhan keterampilan abad 21. Matakuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa konsep-konsep dasar komunikasi, teori komunikasi, tipe-tipe komunikasi dalam pemanfaatannya pada proses belajar mengajar. Kuliah ini disajikan dengan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Terlebih lagi dimasa pandemi Covid 19 ini, metode pembelajaran yang digunakan adalah asinkronous. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah menggunakan heutagogy yaitu pembelajaran yang berpusat dan ditentukan oleh pebelajar itu sendiri. Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL) Mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam komunitas praktik yang mendukung. Secara khusus mahasiswa mampu menjelaskan pengertian komunikasi, konsep dasar komunikasi, teori komunikasi, tipe dan aras komunikasi, konsep komunikasi pendidikan, mengkaji fungsi, ruang lingkup, dan kedudukan komunikasi pendidikan, serta kajian tentang teori dan implementasi komunikasi dalam bidang teknologi pendidikan. CPMK 1. Topik afirmasi 2. Konteks dan kasus 3. Rancangan keilmuan 4. Tahap pemaknaan 5. Diseminasi dan publikasi RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER (RPS) RPS Komunikasi Pendidikan (klik disini)
Course Modules