Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

GARAP PAKELIRAN II

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SRI HARTI

Institut Seni Indonesia Surakarta
AREAS:
Program Studi Seni Pedalangan

Course Description

Mata kuliah Garap Pakeliran II ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa untuk berekplorasi dalam menggarap unsur pakeliran baik garap lakon, garap sabet, garap catur dan garap iringan pakeliran, kemudian menyusunnya menjadi sebuah lakon dan menyajikan karyanya

Course Syllabus

Assalamu'alaikum Wr Wb Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa di manapun berada, semoga semua dalam keadaan sehat. Selamat bergabung di mata kuliah Garap Pakeliran. Mata kuliah Garap Pakeliran merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Prodi Pedalangan di ISI Surakarta. Mata kuliah ini membekali mahasiswa yang akan menempuh Tugas Akhir terutama untuk Tugas Akhir Skripsi Karya Seni. Mata kuliah Garap Pakeliran memiliki peran penting bagi mahasiswa karena target pembelajaran adalah mengasah kreativitas mahasiswa terhadap pengolahan lakon yang akan disajikan meliputi unsur garap adegan, garap penokohan, garap catur (narasi dalang), garap sabet, dan garap iringan pakeliran. Mahasiswa setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan bisa memahami konsep garap pakeliran dan mampu mengimplementasikan ke dalam sebuah karya, sehingga mahasiswa siap dan matang baik secara teknik maupun konsep dalam kekaryaannya.Garap Pakeliran adalah usaha seniman dalang untuk menjadikan pertunjukan wayang kulit (pakeliran) menjadi lebih berbobot dan berkualitas dalam penyajiannya. Aspek-aspek garap dalam pertunjukan wayang meliputi struktur adegan, teks narasi, gerak wayang, dan iringan diolah sedemikian rupa yang bermuara pada kualitas sajian yang lebih bagus . Garap pakeliran sebagai suatu proses kreatif memiliki peran penting bahkan syarat wajib bagi seorang dalang dalam rangka memperoleh sebuah pertunjukan yang berkualitas. Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah Garap Pakeliran II memberikan bekal mahasiswa dalam mengembangkan kompetensi untuk menggarap unsur-unsur pakeliran, baik garap lakon, garap sabet, garap catur dan garap iringan serta mengimplementasikan konsep ke dalam sebuah karya yang menarik dan berbobot Capaian Mata Kuliah : Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu membedakan antara pakeliran garap dengan pakeliran konvensional, memahami konsep pakeliran garap dan mengimplementasikannya ke dalam sebuah karya.
Course Modules
Announcements
PAKELIRAN GARAP LAKON CIPTONING oleh Ki Cahyo Kuntadi, M.Sn.
Selamat datang di Mata Kuliah Garap Pakeliran II. Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa, semoga semua dalam keadaan sehat. Untuk mengawali mata kuliah ini, saya beritahukan bahwa makul Garap Pakeliran II kali ini menghadirkan dosen dan narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya. Silahkan di lihat profil mereka. Sudah saya lampirkan cakupan materi, RPS untuk 16x pertemuan dan kontrak kuliah silahkan di lihat. Selamat belajar
Course Modules
PROFIL DOSEN PENGAMPU GARAP PAKELIRAN- Ki Purbo Asmoro, S.Kar., M.Hum
Profil Empu Paripurna ISI Surakarta : Ki H. Manteb Soedharsono
Profil Narasumber Ki Dr Bambang Suwarno, S.Kar., M.Hum
Profil Narasumber Ki Blacius Subono, S.Kar., M.Sn
Profil Dosen Ki Cahyo Kuntadi, S.Sn., M.Sn.
PENGANTAR MATA KULIAH DAN KONTRAK KULIAH
Profil Dosen Sri Harti, M.Sn.
Profil Dosen - Dr. Bagong Pujiono, M.Sn
Profil Dosen - Catur Nugroho, M.Sn.
Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa Selamat bertemu kembali dalam makul Garap Pakeliran II. Di pertemuan pertama sudah saya berikan video contoh pakeliran garap untuk diapresiasi, bagaimana pendapat kalian tentang pakeliran garap? Kali ini kita akan membahas tentang : Pengertian Garap Pakeliran, Pentingnya mempelajari Garap Pakeliran, Bekal yang harus dimiliki dalam menggarap pakeliran dan Konsep Estetika Pakeliran/Pedalangan. Untuk itu silahkan disimak video di bawah ini, dan unduh materi pdf untuk dipelajari. Selamat belajar
Course Modules
PENGANTAR GARAP PAKELIRAN
KONSEP ESTETIKA PEDALANGAN
KONSEP ESTETIKA PEDALANGAN
PENGANTAR GARAP PAKELIRAN : Bekal yang harus dimiliki dalam menggarap pakeliran
Semangat pagi dan selamat bertemu kembali di makul Garap Pakeliran. Untuk pertemuan kali ini kita akan mempelajari Konsep Garap Pakeliran, Bagaimana penerapannya di dalam sebuah lakon dan apa saja unsur-unsur Garap Pakeliran. Untuk itu silahkan disimak video dibawah ini, silahkan diunduh dan dipelajari materinya. Juga saya berikan beberapa sample video Pakeliran Garap, silahkan dilihat semoga bisa membantu dalam pemahaman konsep dan unsur garap. Selamat belajar, salam sehat selalu.
Course Modules
Konsep Garap Pakeliran
PAKELIRAN GARAP "SANDOSA"
KONSEP GARAP PAKELIRAN
Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa di manapun berada semoga semua dalam keadaan sehat. Bagaimana apakah sudah dipahami konsep pakeliran garap? Untuk pertemuan kali ini kita akan membahas langkah-langkah dalam menyusun sebuah karya. Ada beberapa langkah yang harus kita lalui. Untuk langkah pertama adalah kita harus menentukan tema dan ide penciptaan (gagasan pokok). Apa itu tema, bagaimana ciri-cirinya, apakah ide penciptaan itu dan apa yang harus dijabarkan di dalamnya, bagaimana ciri-cirinya. Simak dan pelajari video dan materi di bawah ini. Kemudian cobalah merumuskan sebuah tema dan jabarkan tema ke dalam ide penciptaan. Selamat mempelajari dan selamat mengerjakan.
Course Modules
Menyusun tema dan Gagasan Pokok
TEMA DAN IDE PENCIPTAAN (Gagasan Pokok)
E-Handout LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN KARYA: Tema dan Ide Penciptaan
Semangat pagi Pertemuan kali ini kita akan mempelajari cara membedah lakon, dan berikut akan saya berikan beberapa contoh lakon yang akan dibedah oleh dalang kondang, Empu Paripurna di Prodi Pedalangan yaitu Ki Manteb Sudharsono yang sudah malang melintang di dunia pedalangan. Simak dan perhatikan video simulasi bedah lakon berikut ini. Selamat mempelajari.
Course Modules
Simulasi Bedah Lakon I
Simulasi Bedah Lakon II
Simulasi Bedah Lakon III
Simulasi Bedah Lakon IV
BEDAH LAKON : Struktur Adegan Lakon Babad Wanamarta
Semangat pagi, semangat bertemu kembali di makul Garap Pakeliran II. Pertemuan kali ini akan menjelaskan langkah-langkah dalam penyusunan karya, setelah tema dan ide penciptaan tersusun langkah berikutnya adalah menggarap lakon. Langkah yang diambil adalah: 1. Inventarisasi lakon sesuai tema yang dipilih, 2. Menentukan lakon 3. Menentukan judul lakon 4. Mencari Referensi lakon 5. Pemilihan tokoh dan perannya silahkan simak video dan unduh materi, kemudian cobalah menginventarisasi kira-kira lakon apa saja yang dapat mewadahi temamu, dari beberapa lakon pilihlah lakon dan tentukan judul yang menarik dan mewadahi tema dan lakon tersebut. Tentukan tokoh-tokoh beserta perannya. Ok, selamat mencoba.
Course Modules
JUDUL LAKON
GARAP LAKON: Mendata lakon, menentukan lakon dan judul, mencari referensi lakon
E-Handout KONSEP GARAP LAKON : Langkah-langkah menggarap lakon
Selamat bertemu kembali di makul Garap Pakeliran II, semoga semua dalam keadaan sehat. Tetap semangat ya, Pertemuan hari ini membahas Garap Lakon, Sanggit lakon dan Analisis Lakon dengan cara: 1. Mencermati dan mengkritisi sanggit lakon yang sudah ada 2. Menginventarisasi peristiwa-peristiwa lakon Silahkan disimak video dan dibaca materi e-handout di bawah ini. selamat belajar dan tetap semangat ya.
Course Modules
BEDAH LAKON : mengkritisi sanggit lakon
GARAP LAKON: Simulasi dalam menggarap lakon
Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa, di pertemuan kali ini kita akan menginjak langkah selanjutnya dalam penyusunan karya, meliputi: 1. Garap Penokohan 2. Garap adegan 3. Menyusun Struktur adegan Bagaimana kita menentukan tokoh utama dan menggarap karakternya, menggarap adegan dengan menginventarisasi peristiwa-peristiwa lakon, kemudian disusun dalam struktur adegan yang menarik dan berbobot. Silahkan disimak video berikut dan pelajari materi dalam E-handout dibawah ini. Setelah itu dari Lakon yang kalian pilih tentukan peristiwa-peristiwa lakonnya, lalu susunlah menjadi struktur adegan dari lakon yang kalian garap.
Course Modules
GARAP LAKON
GARAP ADEGAN : Menyusun Struktur Adegan
Selamat pagi saudara-saudara mahasiswa, semua sehat? Tetap semangat ya meskipun materi mungkin semakin rumit, tapi saya yakin dengan keseriusan kalian pasti bisa. Untuk Pertemuan ini kita akan membahas tentang Garap Catur, meliputi 1. Konsep Garap Catur 2. Unsur-unsur Catur 3. Sample Garap Catur dalam Pakeliran OK, kita simak video berikut dan unduh juga materi E-handoutnya untuk dibaca dan dipelajari ya. Semangat belajar, optimis kamu bisa !
Course Modules
GARAP CATUR
E-HANDOUT GARAP CATUR : Konsep Garap Catur
SAMPLE GARAP CATUR
Selamat bertemu lagi di makul Garap Pakeliran II, masih semangat ya? OK di Pertemuan ke-10 kali ini kita akan membahas Tehnis-tehnis dalam menyusun unsur-unsur catur, meliputi: 1. Tehnis menyusun Janturan 2. Tehnis Menyusun Pocapan 3. Tehnis Menyusun Ginem 4. Sample Janturan, Pocapan dan Ginem Garap Silahkan disimak video dan e-handout di bawah ini, perhatikan contoh-contohnya dan cobalah menyusun janturan, pocapan dan ginem. Selamat belajar dan mencoba ya.
Course Modules
Janturan Garap
GARAP JANTURAN
GARAP CATUR : Tehnik dalam menyusun Janturan, Pocapan dan Ginem
Sanggit Ginem - Lakon Mayangkara
Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa, Setelah kita mengikuti langkah-langkah dalam penyusunan karya, langkah selanjutnya yaitu kita menyusun naskah, tentunya naskah di sini adalah penggarapan unsur catur dalam bentuk janturan, pocapan dan ginem. Lalu apa yang harus kita perhatikan dalam penyusunan naskah? Kita harus memperhatikan: 1. Permasalahan Lakon 2. Konfliks Lakon 3. Penyelesaian Lakon 4. Permasalahan adegan, konfliks adegan dan penyelesaian dalam adegan 5. Penyusunan naskah Ok, silahkan diperhatikan video berikut dan cobalah untuk menyusun dan menyelesaikan naskah. Tetap semangat ya
Course Modules
GARAP LAKON- GARAP CATUR
Semangat pagi saudara-saudara mahasiswa, Pertemuan kali ini akan membahas garap sabet, konsep dan unsurnya.Sabet adalah gerak gerik wayang di atas panggungan. Bahwa mendalang bukanlah memainkan boneka wayang namun bagaimana dalang bisa menghidupkan boneka wayang. Perlu tehnik-tehnik untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu latihan yang terus menerus. Untuk dapat menyajikan sebuah pertunjukan wayang dengan visual yang menarik perhatikan konsep dan sample berikut 1. Konsep Garap Sabet 2. Beberapa sample Garap Sabet Semangat belajar ya
Course Modules
KONSEP GARAP SABET
KONSEP GARAP SABET
GARAP SABET "BRUBUH ASTINA"
E-HANDOUT GARAP SABET : Unsur dan konsep sabet
KONSEP GARAP SABET oleh Ki Purbo Asmoro
Hai saudara-saudara mahasiswa, tetap semangat ya. Pertemuan ini akan membahas tentang Garap Sabet dan Sabet Tematik, meliputi : 1. Pengertian sabet tematik 2. Menentukan dan menyusun prolog sebagai pengantar sebuah cerita 3. Beberapa sample sabet tematik 4. Eksplorasi sabet tematik Silahkan diperhatikan video berikut dan cobalah bereksplorasi sabet sesuai lakon yang kalian buat. Selamat Bereksplorasi dan tetap semangat
Course Modules
Sample Sabet Tematik "Lakon Dewaruci"
Sample Sabet Tematik "Lakon Gathutkaca Gugur"
SABET TEMATIK- CIPTANING
Pemilihan wayang dan Sabet Tematik Lakon Basudewa Grogol
Semangat pagi dan tetap semangat ya Pokok bahasan pada pertemuan ini adalah Garap Iringan (Karawitan pakeliran), meliputi : 1. Konsep Garap karawitan pakeliran 2. Unsur karawitan pakeliran 3. Bekal dalam menggarap karawitan pakeliran 4. Contoh repertoar iringan dalam berbagai suasana adegan 5. Kesesuaian iringan dengan suasana adegan dan situasi batin tokoh Silahkan simak video berikut
Course Modules
GARAP IRINGAN
KONSEP GARAP IRINGAN KARAWITAN PAKELIRAN
GARAP IRINGAN oleh Ki Purbo Asmoro, S.Kar., M.Hum
GARAP IRINGAN
Perkembangan iringan dalam pakeliran
Selamat bertemu kembali di makul Garap Pakeliran II. Pembahasan di pertemuan ini adalah : 1. Implementasi konsep garap ke dalam pakeliran 2. Mengolah berbagai unsur garap menjadi satu kesatuan karya Simak video berikut dan selamat mencoba
Course Modules
IMPLIKASI KONSEP KE DALAM SEBUAH KARYA
PROSES PENYUSUNAN KARYA Semangat pagi adik-adik mahasiswa, setelah kita mempelajari konsep dan mengimplikasikan konsep ke dalam sebuah karya, silahkan karya tersebut dideskripsikan dalam bentuk Naskah pakeliran. Deskripsi dari tema, ide penciptaan, deskripsi sajian meliputi naskah catur, diskripsi sabet, dan diskripsi iringan. selesaikan karya kalian hingga karya siap disajikan.
Course Modules
NASKAH PAKELIRAN PADAT KARYA TUGAS AKHIR PRODI PEDALANGAN