Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MASRA LATJOMPOH

Universitas Negeri Gorontalo
AREAS:
Program Studi Pendidikan Biologi

Course Description

Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi merupakan matakuliah yang akan membekali mahasiswa sebagai calon guru khususnya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah serta kemampuan dalam merefleksi seluruh rangakaian kegiatan pembelajaran.

Course Syllabus

Kode MK : 431430352 SKS : 2 Semester : V MK Prasyarat : Pengantar Pendidikan Biologi & Belajar dan Pembelajaran Biologi Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Biologi merupakan matakuliah yang akan membekali mahasiswa sebagai calon guru khususnya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang efektif di sekolah serta kemampuan dalam merefleksi seluruh rangakaian kegiatan pembelajaran. IDENTITAS PENGAMPU: 1. Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd 2. Dr. Elya Nusantari, M.Pd 3. Dr. Masra Latjopoh, M.Pd 4. Nurrijal, M.Pd Daftar Referens Utama: Ashih W. Wisudawati dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Arends, Richard. 1997. Classroom Instruction and Management. Allyn and Bacon McGraw Hill. Arends, Richard. 2004. Learning to Teach, Sixth Edition. Boston: McGraw Hill. Delisle, R 1997. How to Use Problem-based Learning in the Classroom. Alexandria: ASCD. Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Materi perkuliahan Biologi Sekolah Menengah A/as don Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 SMA: Pedoman Khusus Pengembangan Silabus don Penilaian Mata Materi perkuliahan Biologi. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Heinich. 1982. Intructional Media and New Technologies of Instruction. New York: John Willey and Sons. Indriwati, E. dan Basuki, S. 1996. Pengajaran Biologi: Metodologi. Malang. Indriwati, E. 1999. Media Pembelajaran Biologi. Louisell, RD. and Descamp, J. 1992. Developing of Teaching Style. Martin, Ret all. 1997. & Science Teaching for All Children. Boston: Allyn and Bacon. Partomisastro, K. dan Hadisuparto, D. 1984. Diagnosa don Pemecahan Kesulitan Belajar. Ricahardson, J.S. 1957. Science Teacfting in Secondary Schools. Englewood Cliffs: Prentice Hall. Sri Anitah W, dkk. 2009. Media Pembelajaran IPA. Jakarta. Pendukung: Barba, RH. 1995. Science in the Multicultural Classroom. Boston: Allyn and Bacon. Crain, W. 1992. Theories of Development. Englewood Cliffs: Printce-Hall. Depdiknas. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 5 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual. Jakarta. Depdiknas.;2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kebijaksanaan Umum (Buku I-A). Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional. Depdiknas.;2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kebijaksanaan Umum (Buku I-A). Jakarta: Direktorat Pendidikan Nasional.
Course Modules
Strategi belajar menggunakan peta konsep, analogi, outlining dan catatan-catatan pinggir: Kelebihan dan kelemahan strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman Langkah-langkah strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman Bentuk penerapan strategi belajar: Peta konsep, Outlining dan Rangkuman Capaian Pembelajaran: Mahasiswa secara mandiri dapat mengaplikasikan berbagai strategi-strategi belajar ke dalam proses pembelajaran Sains/Biologi.
Course Modules
INSTRUKSI
videovideo
FORUM DISKUSI
UPLOAD HASIL DISKUSI ANDA
TUGAS MANDIRI STRATEGI BELAJAR
Model pembelajaran direct instruction, kooperatif, pemerolehan konsep (Deduktif & Induktif) dan problem base learning (PBL): Kelebihan dan kelemahan pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep) Unsur-unsur pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep) Aktivitas pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep) Rancangan pembelajaran konstruktivisme (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep) Capaian Pembelajaran: Mahasiswa secara kelompok dapat mendesain pembelajaran kedalam model-model pembelajaran konstruktivisme: (Model siklus belajar, problem-based learning (PBL), belajar kooperatif, pembelajaran inquiri, direct instruction, pemerolehan konsep).
Course Modules
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yan...
Berdasarkan video di atas diskusikanlah masing-mas...
FORUM DISKUSI
UPLOAD RINGKASAN HASIL DISKUSI
TUGAS MANDIRI MODEL PEMBELAJARAN
Desain pendekatan saintifikk pada pembelajaran Sains/Biologi: Aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifikk Capaian Pembelajaran: Mahasiswa secara mandiri dapat merancang pembelajaran menggunakan pendekatan saintifikk pada pembelajaran Sains/Biologi.
Course Modules
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pe...
SLIDE PRESENTASI
Anda mungkin masih merasa kesulitan dalam menerapk...
FORUM DISKUSI
TUGAS MANDIRI PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran: ceramah, diskusi, simulasi dan bermain peran: Aktivitas penerapan metode ceramah, diskusi, simulasi dan bermain peran Capaian Pembelajaran: Mahasiswa secara mandiri dapat memilih metode pembelajaran Sains/Biologi sesuai materi materi perkuliahan yang akan dibelajarkan.
Course Modules
Pendidik adalah seseorang yang memiliki peran untu...
Berdasarkan video di atas diskusikanlah karakteris...
FORUM DISKUSI
UPLOAD TUGAS MAKALAH
TUGAS MANDIRI METODE PEMBELAJARAN
Jenis-jenis media pembelajaran: Media pembelajaran berbasis TIK Media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar Capaian Pembelajaran: Mahasiswa secara kelompok dapat mendesain media pembelajaran Sains/Biologi.
Course Modules
Media pembelajaran merupakan bagian penting yang t...
Media pembelajaran berbasis TIK
Media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar
VIDEO
Berdasarkan slide dan video di atas klasifikasikan...
FORUM DISKUSI
UPLOAD TUGAS MANDIRI MEDIA PEMBELAJARAN
Sebagai bahan latihan anda dalam merancang media p...
EVALUASI