Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MK. PILIHAN: BOARD GAME
Universitas Telkom

MK. PILIHAN: BOARD GAME

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DIMAS KRISNA ADITYA

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Desain Komunikasi Visual

Course Description

1. IDENTITAS MATA KULIAH Nama Mata Kuliah: Mata Kuliah Pilihan :Board Game Kode Mata Kuliah: GDH3P3 Dosen Pengampu/ Pengajar: Dimas Krisna Aditya, S.IP., M.Sn. Jumlah SKS: 3 SKS 2. DESKRIPSI PROFIL MATA KULIAH BOARD GAME Mata kuliah ini berisi pengetahuan, perencanaan dan perancangan media permainan papan/ boardgame. Dengan menganalisa budaya lokal (kearifan lokal) indonesia sebagai konten dan pesan dalam permainan board game yang akan di rancang, diharapkan mata kuliah ini mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam menciptakan media baru. 3 . RELEVANSI MATA KULIAH Board game merupakan bentuk permainan yang cukup unik, ia bisa hadir sebagai permaianan yang sederhana dan juga bisa sangat kompleks. Permainan model board game bahkan sudah sejak zaman mesir Kuno. Board game sendiri merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki fungsi dan sistem yang kompleks. Merancang sebuah board game berarti tidak merancang suatu bentuk media komunikasi visual secara estetis, namun ia melibatkan sistem dan mekanis tertentu. Board game sendiri berfungsi tidak hanya sebagai alat bermain, namun juga bisa bersifat edutainment, mendidik sekaligus menghibur. Dalam media komunikasi visual dikaitkan dengan peminatan yang ada pada Desain Komunikasi Visual, Board Game bisa tampil secara digital, bisa digunakan sebagai adver game, untuk mempromosikan produk atau jasa, serta bisa digunakan sebagai permainan simulasi manajemen dan bisnis. Keberadaan board game sendiri kini juga terkait dengan mulaimunculnya kompetisi T-Sport (Tabletop Sport) yang menjadi alternatif baru bagi cabang ketangkasan otak. 4. KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAINNYA Mata kuliah Board Game ini merupakan mata kuliah pilihan peminatan yang bertujuan untuk memberikan pengayaan atau penambahan wawasan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual tentang bagaimana mengaplikasikan beberapa komponen desain dalam membuat sebuah media permainan. Board Game sendiri dipelajari pada peminatan Desain Grafis sebagai bagian dari mata kuliah Desain Grafis 4: Etno Identity, sehingga tidak terlalu terkait dengan mata kuliah lainnya. 5. CAPAIAN MATA KULIAH Mahasiswa menjelaskan tentang tujuan mempelajari boardgame sebagai sebuah desain sistem dan permainan simulasi Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah boargame dan menjelaskan genre-genre board game yang ada Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek serta unsur-unsur yang terdapat pada boardgame secara konseptual dan visual Mahasiswa mampu mengadaptasi dan mengembangkan sendiri konsep board game-nya sendiri dengan mengamati board game yang ada Mahasiswa mampu membuat dan mengembangkan konsep boardgame secara mandiri Mahasiswa mampu mennyelesaikan perencanaan dan perancangan boardgame sesuai dengan konsep awal Mahasiswa bisa mengaplikasikan hasil perancangan dan perencanaan board game ke dalam peminatannya Mahasiswa mampu merancang board game Bagan berikut ini adalah capaian pembelajaran program studi terkait mata kuliah pilihan board game: 6. PETA MATERI / POKOK BAHASAN 7. RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING 8. SASARAN MUTU PERKULIAHAN oKelulusan dengan nilai A, AB, B, BC, dan C tinggi (min. 85%) oKesesuaian materi kuliah dengan RPS (min. 90%) oKehadiran mahasiswa dalam pengajaran (min 75%) 9. PENUGASAN / PROYEK proyek board game yang reliable & playable Proyek membutuhkan 3-4 orang dalam satu kelompok kecil Tema game bebas, disesuaikan dengan Visi dan Misi Prodi usahakan memuat kearifan lokal Boleh mengadaptasi board game yang sudah ada [ATM= Amati, Tiru, Modifikasi] Contoh karya mahasiswa: 10. EVALUAS PEMBELAJARAN Evaluasi hasil belajar mahasiswa merupakan gabungan dari 2 (dua) macam penilaian yaitu: Ujian Tengah Semester (UTS) : 15% Nilai tugas UAS 10% Nilai Tugas : 75 % (RATA-RATA NILAI TUGAS 1-3 Komponen Penilaian Mata Kuliah Board Game TUGAS 1: PRESENTASI KONSEP GAME TUGAS UTS: PRESENTASI MIND MAPPING GAME TUGAS 2: PRESENTASI PROTOTYPE DAN ATURAN PERMAINAN TUGAS 3: HASIL PRODUKSI FINAL TUGAS UAS: LAPORAN PROYEK 15% 15% 40% 20% 10% 11. BEST PRACTICE/ TIPS & TRICKS MEMPELAJARI MATA KULIAH PILIHAN BOARD GAME 12. DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH Berikut ini adalah identitas dari dosen pengampu mata kuliah: Nama: Dimas Krisna Aditya, SIP., M.Sn. Kelompok Kealhlian: Grafis dan Media Kreatif Bidang pengajaran: Ilustrasi Dasar, Ilustrasi Lanjut, Desain Grafis 4: Etno Identity, MK Pilihan Komik, MK Pilihan Board Game,

Course Syllabus

1. IDENTITAS MATA KULIAH Nama Mata Kuliah: Mata Kuliah Pilihan :Board Game Kode Mata Kuliah: GDH3P3 Dosen Pengampu/ Pengajar: Dimas Krisna Aditya, S.IP., M.Sn. Jumlah SKS: 3 SKS 2. DESKRIPSI PROFIL MATA KULIAH BOARD GAME Mata kuliah ini berisi pengetahuan, perencanaan dan perancangan media permainan papan/ boardgame. Dengan menganalisa budaya lokal (kearifan lokal) indonesia sebagai konten dan pesan dalam permainan board game yang akan di rancang, diharapkan mata kuliah ini mampu dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam menciptakan media baru. 3 . RELEVANSI MATA KULIAH Board game merupakan bentuk permainan yang cukup unik, ia bisa hadir sebagai permaianan yang sederhana dan juga bisa sangat kompleks. Permainan model board game bahkan sudah sejak zaman mesir Kuno. Board game sendiri merupakan bentuk komunikasi visual yang memiliki fungsi dan sistem yang kompleks. Merancang sebuah board game berarti tidak merancang suatu bentuk media komunikasi visual secara estetis, namun ia melibatkan sistem dan mekanis tertentu. Board game sendiri berfungsi tidak hanya sebagai alat bermain, namun juga bisa bersifat edutainment, mendidik sekaligus menghibur. Dalam media komunikasi visual dikaitkan dengan peminatan yang ada pada Desain Komunikasi Visual, Board Game bisa tampil secara digital, bisa digunakan sebagai adver game, untuk mempromosikan produk atau jasa, serta bisa digunakan sebagai permainan simulasi manajemen dan bisnis. Keberadaan board game sendiri kini juga terkait dengan mulaimunculnya kompetisi T-Sport (Tabletop Sport) yang menjadi alternatif baru bagi cabang ketangkasan otak. 4. KAITAN DENGAN MATA KULIAH LAINNYA Mata kuliah Board Game ini merupakan mata kuliah pilihan peminatan yang bertujuan untuk memberikan pengayaan atau penambahan wawasan bagi mahasiswa Desain Komunikasi Visual tentang bagaimana mengaplikasikan beberapa komponen desain dalam membuat sebuah media permainan. Board Game sendiri dipelajari pada peminatan Desain Grafis sebagai bagian dari mata kuliah Desain Grafis 4: Etno Identity, sehingga tidak terlalu terkait dengan mata kuliah lainnya. 5. CAPAIAN MATA KULIAH Mahasiswa menjelaskan tentang tujuan mempelajari boardgame sebagai sebuah desain sistem dan permainan simulasi Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah boargame dan menjelaskan genre-genre board game yang ada Mahasiswa mampu menjelaskan aspek-aspek serta unsur-unsur yang terdapat pada boardgame secara konseptual dan visual Mahasiswa mampu mengadaptasi dan mengembangkan sendiri konsep board game-nya sendiri dengan mengamati board game yang ada Mahasiswa mampu membuat dan mengembangkan konsep boardgame secara mandiri Mahasiswa mampu mennyelesaikan perencanaan dan perancangan boardgame sesuai dengan konsep awal Mahasiswa bisa mengaplikasikan hasil perancangan dan perencanaan board game ke dalam peminatannya Mahasiswa mampu merancang board game Bagan berikut ini adalah capaian pembelajaran program studi terkait mata kuliah pilihan board game: 6. PETA MATERI / POKOK BAHASAN 7. RENCANA PEMBELAJARAN MATA KULIAH BERBASIS E-LEARNING 8. SASARAN MUTU PERKULIAHAN oKelulusan dengan nilai A, AB, B, BC, dan C tinggi (min. 85%) oKesesuaian materi kuliah dengan RPS (min. 90%) oKehadiran mahasiswa dalam pengajaran (min 75%) 9. PENUGASAN / PROYEK proyek board game yang reliable & playable Proyek membutuhkan 3-4 orang dalam satu kelompok kecil Tema game bebas, disesuaikan dengan Visi dan Misi Prodi usahakan memuat kearifan lokal Boleh mengadaptasi board game yang sudah ada [ATM= Amati, Tiru, Modifikasi] Contoh karya mahasiswa: 10. EVALUAS PEMBELAJARAN Evaluasi hasil belajar mahasiswa merupakan gabungan dari 2 (dua) macam penilaian yaitu: Ujian Tengah Semester (UTS) : 15% Nilai tugas UAS 10% Nilai Tugas : 75 % (RATA-RATA NILAI TUGAS 1-3 Komponen Penilaian Mata Kuliah Board Game TUGAS 1: PRESENTASI KONSEP GAME TUGAS UTS: PRESENTASI MIND MAPPING GAME TUGAS 2: PRESENTASI PROTOTYPE DAN ATURAN PERMAINAN TUGAS 3: HASIL PRODUKSI FINAL TUGAS UAS: LAPORAN PROYEK 15% 15% 40% 20% 10% 11. BEST PRACTICE/ TIPS & TRICKS MEMPELAJARI MATA KULIAH PILIHAN BOARD GAME 12. DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH Berikut ini adalah identitas dari dosen pengampu mata kuliah: Nama: Dimas Krisna Aditya, SIP., M.Sn. Kelompok Kealhlian: Grafis dan Media Kreatif Bidang pengajaran: Ilustrasi Dasar, Ilustrasi Lanjut, Desain Grafis 4: Etno Identity, MK Pilihan Komik, MK Pilihan Board Game,
Course Modules
Referensi Buku
Board Game Geek
Forum Seputar Mata Kuliah Board Game
Kemampuan Yang Dicapai Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan sejarah board game dan menjelaskan genre-genre board games yang ada Garis Besar Perkuliahan Penjelasan SAP matakuliah, sistem evaluasi dan bobot penilaian serta aturan main perkuliahan. Pembentukan kelompok, capaian akhir pembelajaran, dan apa yang akan dicapai mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan Mahasiswa mengamati contoh permainan boardgame sebagai pengenalan ruang lingkup proyek tugas yang akan mereka kerjakan
Course Modules
1. DEFINISI DAN PENGENALAN RUANG LINGKUP BOARD GAME
Board Game Terms: Explained
Quiz Review: Pengenalan Board Game [I]
2. PENGEMBANGAN BOARD GAME DALAM MEDIA LAINNYA
Frisan's Flag Promo Board Game Incredibles II
Quiz Review: Pengenalan Board Game [II]
"The Board Game Boom" Documentary
Workshop 1: Sejarah Board Game
Forum Definisi dan Sejarah Board Game
Kemampuan Yang Dicapai Mahasiswa mempelajari board game sebagai sebuah desain sistem yang kompleks, sehingga mahasiswa memahami bahwa mendesain sebuah board game sama dengan menciptakan sebuah sistem sederhana. Garis Besar Perkuliahan Mahasiswa mengamati contoh permainan boardgame sebagai pengenalan ruang lingkup proyek tugas yang akan mereka kerjakan. Mahasiswa mengenenali sistem yang ada pada pada board game secara komprehensif dengan cara membedah permainan board game yang paling populer di dunia yaitu monopoli
Course Modules
Board Game Sebagai Sebuah Sistem
How Board Game Matter
Quiz Review: Board Game Sebagai Sebuah Sistem
Game Sebagai Sistem Matematika
The rebirth of board games and the new social revolution | Drew Blas | TEDxTopeka
Quiz Review: Board Game Sebagai Sebuah Sistem [II]
Workshop 2 : Merancang Game Sederhana
Diskusi Board Game Sebagai Sebuah Sistem dan Simulasi
Kemampuan Yang Dicapai Mahasiswa mampu membedakan jenis dan genre board game, table top game, card game dan genre permainan lain yang termasuk di dalamnya. Hal ini diperlukan untuk mengetahui genre apa yang akan dibuat pada proyek akhir pembuatan board game Garis Besar Perkuliahan Dalam perkuliahan ini mahasiswa diajak untuk melihat berbagai macam genre yang ada pada board game secara umum, sehingga ketika masuk pada perancangan board game, mahasiswa mengetahui genre yang akan dikembangkannya
Course Modules
Klasifikasi Board Game
Our HUGE Board Game & Card Game Collection! 250+ Games! | Board Game Night
Quiz Review: Klasifikasi Board Game
Workshop 3: Menentukan Genre Board Game
Diskusi Klasifikasi Board Game
Kemampuan Yang Dicapai Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa elemen-elemen dasar yang terdapat pada perancangan board game sama dengan elemen-elemen dasar yang pada perancangan game secara umum seperti: elemen estetis, elemen narasi / story, elemen mekanik dan teknologi yang digunakan Mahasiswa mulai membuat proposal perancangan board game Garis Besar Perkuliahan Mengenal Empat elemen dasar pada perancangan board Game Pengaplikasian elemen-elemen dasar tersebut pada perancangan Pembuatan proposal perancangan board game
Course Modules
Elemen Dasar: Narasi
Elemen Dasar: Elemen Estetis
Elemen Dasar: Elemen Mekanis
Board Game 's Mechanics
Elemen Dasar: Elemen Teknologi
Made for Play: Board Games & Modern Industry
Quiz Review: Elemen-elemen Dasar Dalam Pembuatan Board Game
Workshop 4: Penempatan 4 Elemen Dasar Pada Game
Diskusi Elemen-elemen Dasar Dalam Pembuatan Board Game
Kemampuan yang akan dicapai Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa aspek-aspek yang ada pada board game seperti: Aturan permainan, sistem gameplay, Reward & Punishment, Goal dari permainan, konsep serta aset2 visual yang ada dalam sebuah board game Garis Besar Perkuliahan Melalui praktek sederhana, mahasiswa diajak untuk memahami tentang perancangan board game, memahami tiap aspek-aspek yang dibutuhkan dalam sebuah purwa rupa board game. Nantinya game sederhana yang dibuat pada penugasan akan dikembangkan menjadi purwa rupa board game yang lebih kompleks
Course Modules
Mengapa Mempelajari Perancangan dan Pembuatan Board Game?
Memahami Apek-aspek Dasar Perancangan Game Dengan Membuat Game Sederhana
Quiz Review: Aspek Dasar Dalam Perancangan Board Game
Workshop 5 : Peletakan Aspek Dasar
Diskusi Elemen-elemen Dasar Dalam Pembuatan Board Game
DESAIN GRAFIS untuk Board Games 2020
Kemampuan Yang Akan Dicapai Mahasiswa mampu membuat konsep board game mereka sendiri dengan mengadaptasi board game yang sudah ada dengan mempelajari elemen-elemen formal yang terdapat pada board game terkenal. Garis Besar Perkuliahan Mahasiswa akan mempelajari bahwa elemen-elemen formal ini merupakan faktor penting dan menentukan bentuk dan genre board game yang akan mereka kembangkan pada proyek akhir semester mereka. Preview Materi : Di dalam Board Game terdapat beberapa elemen formal yaitu: Player (Pemain) Objective (Tujuan Permainan) Procedures Rules Resources Conflict Boundaries Outcomes
Course Modules
1. Elemen Formal: Pemain (Player)
2. Elemen Formal: Objectives/ Tujuan Permainan
3. Elemen Formal: Prosedur Permainan
4. Elemen Formal: Peraturan Permainan
5. Elemen Formal: Resources
Quiz Review: Materi Elemen Formal Pada Board Game 1
6. Elemen Formal: Konflik
7. Elemen Formal: Boundaries/ Batasan
8. Elemen Formal: Outcomes / Hasil Akhir
Quiz Review: Materi Elemen Formal Pada Board Game 2
Workshop 6: Asistensi Pembuatan Konsep Board Game 1
Sumber Buku
Peraturan permainan Go
Diskusi Pembahasan Elemen Formal
Kemampuan Yang Akan Dicapai Mahasiswa mampu membuat konsep board game mereka sendiri dengan mengadaptasi board game yang sudah ada dengan mempelajari elemen-elemen dramatis yang terdapat pada board game terkenal. Garis Besar Perkuliahan Mahasiswa akan mempelajari bahwa elemen-elemen formal ini merupakan faktor penting yang memberikan aspek pengalaman (experience) pada perancangan board game yang akan mereka kembangkan pada proyek akhir semester mereka. Preview Materi Dramatic elements, memberikan konteks pada gameplay, ia meletakkan dan mengintegrasikan elemen formal ke dalam sistem. Dramatic elements membangun pengalaman dan emosi pemain dalam sebuah game. Dramatic elements terdiri dari: oChallenge (tantangan) oPlay oPremis oCharacters oStory oWorld Building oDramatic Arc
Course Modules
1. Elemen Dramatis: Tantangan
2. Elemen Dramatis: Playing / Game Play
3. Elemen Dramatis: Premis
4. Elemen Dramatis: Karakter
Quiz Review: Elemen Dramatis Pada Board Game 1
5. Elemen Dramatis: Story
6. Elemen Dramatis : World Building
7. Elemen Dramatis: Dramatic Arc
Workshop 7:
Quiz Review: Elemen Dramatis Pada Board Game 2
D&D 5th Edition Character Creation Guide
Sumber Buku
Sumber Buku
Diskusi Pembahasan Elemen Dramatis Pada Board Game
Kemampuan Yang Akan Dicapai Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mengembangkan purwarupa dari proyek board game mereka serta mengadakan pengujian purwarupa board game yang mereka kerjakan secara mandiri. Garis Besar Perkuliahan Mahasiswa membuat perancangan purwarupa dari konsep boardgame yang mereka kerjakan. Testplay, uji kelayakan permainan, apa masih ada bug atau kelemahan dalam uji purwarupa board game tersebut. Perancangan proyek akhir boardgame tahap akhir
Course Modules
Alur Pembuatan Purwa Rupa Board Game
Quiz Review: Pembuatan Purwarupa Board Game
Workshop 8 : Pembuatan Purwarupa Board Game
10 Steps to Design a Tabletop Game (2020 version)
Diskusi Pembuatan Purwarupa Board Game
Kemampuan Yang AKan Dicapai: Mahasiswa mampu merancang, membuat dan mengembangkan purwarupa dari proyek board game mereka serta mengadakan pengujian purwarupa. Garis Besar Perkuliahan: Pembuatan perancangan purwarupa dari konsep board game yang dikerjakan sebelumnya Testplay, uji kelayakan permainan, apa masih ada bug atau kelemahan dalam uji purwarupa board game tersebut
Course Modules
Persiapan Praktek Pembuatan Purwa Rupa Board Game
How to Make a Professional Looking Board Game Prototype
Quiz Evaluasi Perkuliahan
Workshop 9: Praktek Pembuatan Purwa Rupa Board Game
Diskusi Praktek Pembutan Purwa Rupa Board Game