Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PEMASARAN JASA
Universitas Telkom

PEMASARAN JASA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WIDYA SASTIKA

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Manajemen Pemasaran

Course Description

PEMASARAN JASA Identitas Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 3 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah pemasaran jasa membahas materi mengenai perspektif baru pemasaran dalam ekonomi jasa, perilaku konsumen dalam kontek jasa, positioning jasa di dalam pasar yang kompetitif, mengembangkan produk jasa, pendistribusian layanan, penetapan harga, mempromosikan layanan dan mengedukasi pelanggan, sumber daya manusia dalam pemasaran jasa, merancang & mengelola proses jasa, merancang lingkungan layanan, service quality, perkembangan teknologi internet pada pemasaran jasa dan e-service quality. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan industri jasa baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, jasa sudah mendominasi ekonomi dunia dan semakin berkembang pesat. Teknologi berkembang secara dramatis. Perusahaan Industri mungkin akan semakin menurun dengan munculnya model bisnis yang lebih mengarah ke jasa. Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan industri yang lebih mengarah ke bisnis jasa. Materi pada mata kuliah pemasaran jasa terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah pemasaran jasa terdiri dari 3 SKS yang mana 2 SKS merupakan sks teori dengan durasi 2 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam). Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Adapun kaitan mata kuliah pemasaran jasa dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini: Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP) Mata kuliah Pemasaran Jasa memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut : Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan Pokok bahasan pada mata kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) terdiri dari 12 Pokok Bahasan: Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini: Dosen (Tutor) Pengampu Dosen : Widya Sastika, ST., MM NIP/NIDN : 08850040/0422058503 NO HP : 08117302423 Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id/wiedyasastika@telkomuniversity.ac.id Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/Fakultas Ilmu Terapan Referensi Mata Kuliah Pemasaran Jasa ? Buku Utama Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner and Dwayne D Gremler, (2013), Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, Sixth Edition, Mc. Graw Hill Lovelock, Christopher and Lauren Wright, (2010), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 7th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Wright, Lauren and Christopher Lovelock, (2016), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 8th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry, (2010). Pemasaran Jasa "Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia", Edisi Ketujuh, Erlangga ? Buku Pendukung Douglas, Hoffman K and John E. G. Bateson, (2015), Service Marketing: Concepts, Strategies and Cases, 5th Edition, Cengage Learning Lupiyoadi,Rambat,(2013), Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat Tjiptono, Fandy, (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Edisi Pertama, ANDIOFFSET

Course Syllabus

PEMASARAN JASA Identitas Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 3 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah pemasaran jasa membahas materi mengenai perspektif baru pemasaran dalam ekonomi jasa, perilaku konsumen dalam kontek jasa, positioning jasa di dalam pasar yang kompetitif, mengembangkan produk jasa, pendistribusian layanan, penetapan harga, mempromosikan layanan dan mengedukasi pelanggan, sumber daya manusia dalam pemasaran jasa, merancang & mengelola proses jasa, merancang lingkungan layanan, service quality, perkembangan teknologi internet pada pemasaran jasa dan e-service quality. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan industri jasa baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, jasa sudah mendominasi ekonomi dunia dan semakin berkembang pesat. Teknologi berkembang secara dramatis. Perusahaan Industri mungkin akan semakin menurun dengan munculnya model bisnis yang lebih mengarah ke jasa. Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan industri yang lebih mengarah ke bisnis jasa. Materi pada mata kuliah pemasaran jasa terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah pemasaran jasa terdiri dari 3 SKS yang mana 2 SKS merupakan sks teori dengan durasi 2 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam). Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Adapun kaitan mata kuliah pemasaran jasa dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini: Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP) Mata kuliah Pemasaran Jasa memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut : Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan Pokok bahasan pada mata kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) terdiri dari 12 Pokok Bahasan: Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini: Dosen (Tutor) Pengampu Dosen : Widya Sastika, ST., MM NIP/NIDN : 08850040/0422058503 NO HP : 08117302423 Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id/wiedyasastika@telkomuniversity.ac.id Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/Fakultas Ilmu Terapan Referensi Mata Kuliah Pemasaran Jasa ? Buku Utama Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner and Dwayne D Gremler, (2013), Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, Sixth Edition, Mc. Graw Hill Lovelock, Christopher and Lauren Wright, (2010), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 7th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Wright, Lauren and Christopher Lovelock, (2016), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 8th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry, (2010). Pemasaran Jasa "Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia", Edisi Ketujuh, Erlangga ? Buku Pendukung Douglas, Hoffman K and John E. G. Bateson, (2015), Service Marketing: Concepts, Strategies and Cases, 5th Edition, Cengage Learning Lupiyoadi,Rambat,(2013), Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat Tjiptono, Fandy, (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Edisi Pertama, ANDIOFFSET
Course Modules
Announcements
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 1 E - Learning Perspektif Baru Pemasaran Jasa CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami industri utama dalam sektor jasa Mahasiswa mampu memahami kekuatan besar dalam mentransformasi pasar jasa Mahasiswa mampu memahami karakteristik jasa Mahasiswa mampu memahami empat kategori jasa Mahasiswa mampu memahami tantangan pemasaran jasa MATERI PEMBELAJARAN Industri utama dalam sektor jasa Kekuatan besar dalam mentransformasi pasar jasa Karakteristik jasa Empat kategori jasa Tantangan pemasaran jasa
Course Modules
PPT Perspektif Baru Pemasaran dalam Ekonomi Jasa
Modul Perspektif Baru Pemasaran Jasa
Diskusi 1
Tugas 1
Quiz 1
Sektor Jasa Industri Dipetakan
Industri Jasa dan Pergudangan Dongrak Ekonomi RI 5,27%
Pertumbuhan Sektor Jasa Kalahkan Industri Manufaktur
Sektor jasa bisa jadi pendorong ekonomi Indonesia, ini syaratnya
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 2 E - Learning P erilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai model tiga tahap mengenai konsumsi jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai Tahap Prapembelian Mahasiswa mampu memahami mengenai Tahap Pelayanan Mahasiswa mampu memahami mengenai Tahap Pascapelayanan MATERI PEMBELAJARAN Model tiga tahap mengenai konsumsi jasa Tahap Prapembelian Tahap Pelayanan Tahap Pascapelayanan
Course Modules
PPT Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Modul Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Diskusi 2
Tugas 2
Quiz 2
Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Sembilan Tren Perilaku Konsumen
Analisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian akses internet telkomsel flash
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Jasa Pegadaian
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 3 E - Learning Positioning Jasa di dalam Pasar yang Kompetitif CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai raih keunggulan kompetitif melalui fokus Mahasiswa mampu memahami mengenai atribut dan tingkat jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai mengembangkan strategi positioning yang efektif Mahasiswa mampu memahami mengenai peta positioning MATERI PEMBELAJARAN Raih keunggulan kompetitif melalui fokus Atribut dan tingkat jasa Strategi positioning yang efektif Peta positioning
Course Modules
PPT Positioning Jasa di dalam Pasar yang Kompetitif
Modul Positioning Jasa di dalam Pasar yang Kompetitif
Diskusi 3
Tugas 3
Quiz 3
Marketing : Segmentation - Targeting - Positioning
Marketing: Positioning, Differentiation, and Value Proposition
Marketing: The Market Positioning Map
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 4 E - Learning B auran Pemasaran Jasa CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Product) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Price) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Place) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Promotion) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (People) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Process) Mahasiswa mampu memahami mengenai bauran pemasaran jasa (Physical Evidence) MATERI PEMBELAJARAN Bauran pemasaran jasa (Product) Bauran pemasaran jasa (Price) Bauran pemasaran jasa (Place) Bauran pemasaran jasa (Promotion) Bauran pemasaran jasa (People) Bauran pemasaran jasa (Process) Bauran pemasaran jasa (Physical Evidence)
Course Modules
PPT Bauran Pemasaran Jasa
Modul Bauran Pemasaran Jasa
Diskusi 4
Tugas 4
Quiz 4
Bauran Pemasaran Perusahaan Jasa PDAM
Bauran Pemasaran Bank Central Asia
Marketing: Extended Marketing Mix (7P's)
Service marketing mix explained with Example
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 5 E - Learning P engembangan Produk Jasa CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai merencanakan dan menciptakan produk layanan Mahasiswa mampu memahami mengenai The Flower of Service Mahasiswa mampu memahami mengenai Branding produk dan pengalaman jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai Pengembangan Layanan Baru MATERI PEMBELAJARAN Merencanakan dan menciptakan produk layanan The Flower of Service Branding produk dan pengalaman jasa Pengembangan Layanan Baru
Course Modules
PPT Pengembangan Produk Jasa (Product)
Modul Pengembangan Produk Jasa
Diskusi 5
Tugas 5
Quiz 5
Produk Jasa Bank Syariah
Karakteristik Produk Barang dan Jasa
The Marketing Mix - The product concept
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 6 E - Learning P endistribusian Layanan Melalui Saluran Fisik dan Elektronik CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai menentukan jenis kontak jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai Keputusan tempat dan waktu Mahasiswa mampu memahami mengenai Peran Perantara Mahasiswa mampu memahami mengenai Tantangan distribusi dalam pasar domestik yang besar MATERI PEMBELAJARAN Jenis kontak jasa Keputusan tempat dan waktu Peran Perantara Tantangan distribusi dalam pasar domestik yang besar
Course Modules
PPT Pendistribusian Layanan Melalui Saluran Fisik dan Elektronik (Place)
Modul Distribusi Layanan
Diskusi 6
Tugas 6
Quiz 6
Memahami Saluran Promosi & Distribusi
Analisis Distribui GOJEK
Place in Service marketing mix - Service location and transactions in services
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 7 E - Learning P enetapan Harga (Price) CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai Penentapan harga yang efektif Mahasiswa mampu memahami mengenai Strategi penetapan harga didasarkan pada Tiga Fondasi Mahasiswa mampu memahami mengenai Persoalan etika dalam penetapan harga jasa MATERI PEMBELAJARAN Penentapan harga yang efektif Strategi penetapan harga didasarkan pada Tiga Fondasi Persoalan etika dalam penetapan harga jasa
Course Modules
PPT Penetapan Harga (Price)
Modul Penetapan Harga
Diskusi 7
Tugas 7
Quiz 7
Strategi Penetapan Harga
Pricing Strategy An Introduction
Marketing: Pricing
Marketing Mix: Pricing Strategies
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 8 E - Learning Mempromosikan Layanan dan Mengedukasi Pelanggan (Promotion) CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai Peran Komunikasi Pemasaran Mahasiswa mampu memahami mengenai Tantangan dalam Komunikasi Jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai Perencanaan Komunikasi Pemasaran Mahasiswa mampu memahami mengenai Bauran Komunikasi Pemasaran Mahasiswa mampu memahami mengenai Langkah Pengembangan Promosi dan komunikasi yang efektif Mahasiswa mampu memahami mengenai Mengintergrasikan komunikasi pemasaran MATERI PEMBELAJARAN Peran Komunikasi Pemasaran Tantangan dalam Komunikasi Jasa Perencanaan Komunikasi Pemasaran Bauran Komunikasi Pemasaran Langkah Pengembangan Promosi dan komunikasi yang efektif Mengintergrasikan komunikasi pemasaran
Course Modules
PPT Mempromosikan Layanan dan Mengedukasi Pelanggan (Promotion)
Modul Promosi Layanan
Diskusi 8
Tugas 8
Quiz 8
Promotions Mix
Promotion
Pengertian Promosi dan Komunikasi Pemasaran - Tahap-tahapnya
The Marketing Mix - Marketing Promotion
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 9 E - Learning Merancang Proses (Process) & Merancang Lingkungan Layanan (Physical Evidence) CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai cara menyusun diagran alir proses layanan (Flowchart) Mahasiswa mampu memahami mengenai perancangan ulang proses jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai tujuan dari lingkungan layanan Mahasiswa mampu memahami mengenai respon pelanggan terhadap lingkungan layanan Mahasiswa mampu memahami mengenai dimensi-dimensi lingkungan layanan MATERI PEMBELAJARAN Cara menyusun diagran alir proses layanan (Flowchart) Perancangan ulang proses jasa Tujuan dari lingkungan layanan Respon pelanggan terhadap lingkungan layanan Dimensi-dimensi lingkungan layanan
Course Modules
PPT Merancang Proses Jasa (Process) dan Merancang Lingkungan Layanan (Physical Evidence)
Modul Flowchart & Servicescape
Diskusi 9
Tugas 9
Quiz 9
Service blueprint & Service process explained with example
Flowchart JNE Tugas Pemasaran Jasa
Flowchart pembelian tunai
Physical Evidence in Service Marketing mix
Physical evidence part 2 - Servicescape and tangibles in Services Marketing
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 10 E - Learning Sumber Daya Manusia (People) CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai peran SDM dalam perusahaan jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai pengelolaan SDM dalam perusahaan jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai membangun layanan pelanggan Mahasiswa mampu memahami mengenai proses MSDM dalam operasi jasa MATERI PEMBELAJARAN Peran SDM dalam perusahaan jasa Pengelolaan SDM dalam perusahaan jasa Membangun layanan pelanggan Proses MSDM dalam operasi jasa
Course Modules
PPT Sumber Daya Manusia (People)
Modul Sumber Daya Manusia
Diskusi 10
Tugas 10
Quiz 10
People in services marketing - How to manage your employees in service marketing
Marketing Mix People, Process and Physical evidence
Pengaruh People
Strategi Bauran Pemasaran (People)
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 11 E - Learning Service Quality CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai kualitas pelayanan Mahasiswa mampu memahami mengenai mengidentifikasi dan memperbaiki permasalahan kualitas pelayanan Mahasiswa mampu memahami mengenai mengukur dan meningkatkan kualitas pelayanan MATERI PEMBELAJARAN Kualitas pelayanan Mengidentifikasi dan memperbaiki permasalahan kualitas pelayanan Mengenai mengukur dan meningkatkan kualitas pelayanan
Course Modules
PPT Service Quality
Modul Service Quality
Diskusi 11
Tugas 11
Quiz 11
Five Dimensions of Service Quality
Service Gap model - Gap analysis explained
How to provide good Service quality - Determinants of Good quality of service
CUSTOMER SATISFACTION AND SERVICE QUALITY
Service Quality in Hotels
Selamat Datang Selamat Bertemu di Pokok Bahasan 12 E - Learning Perkembangan Teknologi Internet pada Pemasaran Jasa & E - Service Quality CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu memahami mengenai fenomena e-business Mahasiswa mampu memahami mengenai teknologi dalam pemasaran jasa Mahasiswa mampu memahami mengenai self service technology Mahasiswa mampu memahami mengenai electronic service quality MATERI PEMBELAJARAN Fenomena e-business Teknologi dalam pemasaran jasa Self service technology Electronic service quality
Course Modules
PPT Perkembangan Teknologi Internet pada Pemasaran Jasa & E - Service Quality
Modul E - Service Quality
Diskusi 12
Tugas 12
Quiz 12
Customer Satisfaction and Service Quality
Eā€service quality: a model of virtual service quality dimensions
E-Service Quality Dimensions and Their Effects on E-Customer Satisfaction in Internet Banking Services
E-Service Quality: A Conceptual Model