PEMASARAN JASA Identitas Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran pada semester 3 kurikulum 2016, merupakan mata kuliah wajib yang mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah pemasaran jasa membahas materi mengenai perspektif baru pemasaran dalam ekonomi jasa, perilaku konsumen dalam kontek jasa, positioning jasa di dalam pasar yang kompetitif, mengembangkan produk jasa, pendistribusian layanan, penetapan harga, mempromosikan layanan dan mengedukasi pelanggan, sumber daya manusia dalam pemasaran jasa, merancang & mengelola proses jasa, merancang lingkungan layanan, service quality, perkembangan teknologi internet pada pemasaran jasa dan e-service quality. Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan mengenai perkembangan industri jasa baik di Indonesia maupun di dunia. Sekarang, jasa sudah mendominasi ekonomi dunia dan semakin berkembang pesat. Teknologi berkembang secara dramatis. Perusahaan Industri mungkin akan semakin menurun dengan munculnya model bisnis yang lebih mengarah ke jasa. Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) sudah ada sejak pertama program studi D3 Manajemen Pemasaran didirikan, sesuai dengan perkembangan industri yang lebih mengarah ke bisnis jasa. Materi pada mata kuliah pemasaran jasa terus diupdate sesuai dengan perkembangan teknologi, dan kasus-kasus selalu diupdate. Pada kurikulum 2016, mata kuliah pemasaran jasa terdiri dari 3 SKS yang mana 2 SKS merupakan sks teori dengan durasi 2 x 50 menit, dan 1 SKS merupakan sks praktikum dengan durasi 120 menit (2 jam). Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah pemasaran jasa (DMH2E3) merupakan mata kuliah wajib atau inti yang harus diambil oleh mahasiswa dan mempunyai mata kuliah prasyarat yaitu Manajemen Pemasaran. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar pada program studi ini. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Adapun kaitan mata kuliah pemasaran jasa dengan mata kuliah lainnya dapat dilihat pada tabel organigram kurikulum di bawah ini: Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahap Pembelajaran (Peta CP) Mata kuliah Pemasaran Jasa memiliki capaian pembelajaran (CP) sebagai berikut : Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan Pokok bahasan pada mata kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) terdiri dari 12 Pokok Bahasan: Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Adapun Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Pemasaran Jasa (DMH2E3) Berbasis e-Learning seperti yang dipetakan di bawah ini: Dosen (Tutor) Pengampu Dosen : Widya Sastika, ST., MM NIP/NIDN : 08850040/0422058503 NO HP : 08117302423 Email : wiedyasastika@tass.telkomuniversity.ac.id/wiedyasastika@telkomuniversity.ac.id Prodi/Fakultas : D3 Manajemen Pemasaran/Fakultas Ilmu Terapan Referensi Mata Kuliah Pemasaran Jasa ? Buku Utama Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner and Dwayne D Gremler, (2013), Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, Sixth Edition, Mc. Graw Hill Lovelock, Christopher and Lauren Wright, (2010), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 7th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Wright, Lauren and Christopher Lovelock, (2016), Service Marketing: People, Technology and Strategy, 8th Edition, World Scientific Publishing Co. Inc Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz dan Jacky Mussry, (2010). Pemasaran Jasa "Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia", Edisi Ketujuh, Erlangga ? Buku Pendukung Douglas, Hoffman K and John E. G. Bateson, (2015), Service Marketing: Concepts, Strategies and Cases, 5th Edition, Cengage Learning Lupiyoadi,Rambat,(2013), Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi, Salemba Empat Tjiptono, Fandy, (2014), Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Edisi Pertama, ANDIOFFSET
Course Modules