Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Matematika Populasi
Universitas Udayana

Matematika Populasi

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

DESAK PUTU EKA NILAKUSMAWATI

Universitas Udayana
AREAS:
Program Studi Matematika

Course Description

Setiap negara ingin mengetahui jumlah penduduk di negara masing-masing, untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu dibuat suatu sistem pengumpulan data. Pada bagian ini dijelaskan mengenai sumber data kependudukan yaitu sensus, registrasi, dan survei penduduk. Pada bagian pendahuluan juga menyajikan materi teori-teori penduduk yang dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Thomas Robert Malthus, Karl Marx, Warren Thompson, Ansley Coale, Cadwell, Kingsley Davis, dan Easterlin.

Course Syllabus


Course Modules
Announcements
Matematika Populasi
Matematika PopulasiPeta KompetensiIdentitas Mata K...
Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Deskripsi Mata Kuliah
Peta Program Mata Kuliah Matematika Populasi
Setiap negara ingin mengetahui jumlah penduduk di negara masing-masing, untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu dibuat suatu sistem pengumpulan data. Pada bagian ini dijelaskan mengenai sumber data kependudukan yaitu sensus, registrasi, dan survei penduduk. Pada bagian pendahuluan juga menyajikan materi teori-teori penduduk yang dikemukakan oleh beberapa ahli seperti Thomas Robert Malthus, Karl Marx, Warren Thompson, Ansley Coale, Cadwell, Kingsley Davis, dan Easterlin.
Course Modules
Sumber Data Kependudukan
Slide_Sistem Pengumpulan Data Kependudukan
Untuk meningkatkan pemahaman anda mengenai sistem...
Pencarian Data Hasil Sensus Penduduk 2010 (SP 2010)
Hasil Sensus Penduduk 2010 (SP 2010) Indonesia Menurut Provinsi
Hasil Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS) 2015
Profil Penduduk Indonesia Hasil SUPAS 2015
Teori-teori Penduduk
Slide_Teori Penduduk
Video berikut dapat anda simak, untuk meningkatkan...
Data yang diperoleh dari hasil sensus penduduk, registrasi penduduk maupun survei masih belum teratur sehingga sulit diinterprestasikan. Seluruh data tersebut harus disederhanakan terlebih dahulu ke dalam bentuk yang lebih mudah untuk dibaca dan diinterprestasikan. Keseluruhan proses tersebut disebut analisis data dimana sering kali digunakan statistik dalam penyederhanaan data tersebut. Salah satu bentuk dari analisis penduduk, yaitu dengan membagi penduduk atas kelompok-kelompok tertentu atau komposisi penduduk tertentu. Demikian pula halnya dengan peristiwa-peristiwa demografis dapat diukur dengan berbagai cara, diantaranya: rasio, proporsi, dan tingkat (rates). Di dalam pengukurannya perlu diketahui hal-hal: 1) pada periode waktu mana peristiwa itu terjadi; 2) kelompok penduduk mana yang beresiko mengalami peristiwa tersebut; dan 3) peristiwa apa yang diukur. Pemilihan macam pengukuran yang dipergunakan tergantung pada perbedaan-perbedaan dari ketiga faktor yang diketahui di atas. Untuk itu, pada bagian ini kita akan belajar mengenai Komposisi Penduduk dan Ukuran-ukuran Dasar Demografi.
Course Modules
Komposisi Penduduk
Piramida penduduk merupakan penggambaran dari komp...
Umur dan Jenis Kelamin Penduduk Indonesia Hasil Sensus Penduduk 2010
Ukuran-ukuran Dasar Demografi
Slide_Ukuran-ukuran Dasar Demografi
Tugas: Komposisi Penduduk
Pokok bahasan ini kita akan belajar mengenai Pro-rating, Pemecahan kelompok umur Umur jenjang 10 tahunan menjadi umur 5 tahun, dan Pemecahan kelompok umur Umur jenjang 5 tahunan menjadi umur 1 tahunan dengan Faktor Pengali Sprague.
Course Modules
Pro-rating & Pemecahan Kelompok Umur
Slide_Pro-rating & Pemecahan Kelompok Umur
Sprague Multiplier
Pada bagian awal video tutorial berikut disajikan ...
Tugas: Pemecahan Kelompok Umur
Quiz 1_Pendahuluan
Jumlah penduduk memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi. Jumlah penduduk dalam hal ini pertumbuhan penduduk, biasanya dikaitkan dengan pertumbuhan (income per capita) negara tersebut, yang secara kasar mencerminkan kemajuan perekonomian negara tersebut. Demikian pula halnya dengan ukuran kepadatan penduduk, dipergunakan untuk mengetahui konsentrasi penduduk di suatu wilayah dan sebagai acuan dalam rangka mewujudkan pemerataan dan persebaran penduduk. Untuk itu, pada bagian ini kita akan belajar mengenai kepadatan dan pertumbuhan penduduk. Materi dapat anda pelajari pada file pdf yang ditautkan pada bagian ini.
Course Modules
Kepadatan dan Pertumbuhan Penduduk
Slide_Kepadatan & pertumbuhan penduduk
Animasi interaktif ini menjelaskan tentang pertum...
Quiz 2_Ukuran Dasar Demografi
Pada bagian ini akan disajikan mengenai Tabel Kematian (Life Table). Tabel kematian memberi gambaran tentang sejarah kehidupan suatu kohor hipotesis yang berangsur-angsur berkurang jumlahnya karena kematian. Tabel kematian mempunyai bentuk yang sangat sederhana disusun berdasarkan tingkat kematian menurut umur (age spesific death rate). Dari tabel kematian dapat diukur keadaan kematian anggota kohor, misalnya : jumlah mereka yang masih bertahan hidup pada berbagai tingkat umur, harapan hidup sejak lahir, atau umur rata-rata yang dapat dicapai dari suatu kelompok penduduk tertentu dan tabel kematian dibuat berdasarkan beberapa asumsi.
Course Modules
Tabel Kematian (Life table)
Slide_Contoh Life Table
Bagaimana tahap demi tahap pengisian kolom-kolam d...
Setelah menguasai konsep dan perhitungan kolom-kolom dalam tabel kematian (life table), pada bagian ini anda diharapkan dapat dapat mengaplikasikan table kematian sebagai gambaran kongkrit dari kegunaan table kematian dan menghitung soal-soal terapan dari table kematian. Untuk itu, anda dapat mempelajarinya lebih detail pada pokok materi ini.
Course Modules
Penerapan Tabel Kematian (Life Table)
Kematian atau mortalitas adalah salah satu dari tiga komponen proses demografi yang berpengaruh terhadap struktur penduduk. Tinggi rendahnya tingkat mortalitas penduduk di suatu daerah tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan penduduk tetapi juga merupakan barometer dari tinggi rendahnya tingkat kesehatan masyarakat di daerah tersebut. Dengan memperhatikan tren dari tingkat mortalitas dan fertilitas di masa lampau dan estimasi perkembangan di masa mendatang dapatlah dibuat sebuah proyeksi penduduk wilayah bersangkutan. Pokok materi pada bagian ini membahas mengenai mortalitas ( definisi dan konsep, penyebab kematian, dan sumber data mortalitas), ukuran tingkat mortalitas, contoh perhitungan berbagai ukuran tingkat mortalitas, dan perhitungan tingkat kematian kasar dengan standarisasi.
Course Modules
Mortalitas
Ukuran Tingkat Kematian
Standarisasi
Bagaimana tahap demi tahap perhitungan standarisa...
Angka Kematian Bayi dan Angka Harapan Hidup Penduduk Indonesia 2010
Mortalitas: Definisi, Beberapa Ukuran Tingkat Kema...
Quiz 3_Mortalitas
Brass mengembangkan metode pengukuran kematian bayi dan anak (IMR dan CMR) berdasarkan data mengenai jumlah anak lahir hidup dan anak masih hidup. Pada data sensus dan survei secara nasional tidak dipisahkan menurut jenis kelamin sehingga untuk mengetahui IMR maupun CMR menurut jenis kelamin digunakan sex ratio at birth sehingga kurang akurat apabila dibandingkan jika dihitung secara langsung dari metode yang bersangkutan. Pokok materi ini akan menyajikan tahapan perhitungan estimasi mortalitas dengan metode Brass.
Course Modules
Estimasi Mortalitas dengan Metode Brass
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kematian Bayi
Tugas: Estimasi Mortalitas dengan Metode Brass
Faktor Pengali untuk Memperoleh qx
West Model Life Table