Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENGEMBANGAN KURIKULUM SD
Universitas Negeri Makassar

PENGEMBANGAN KURIKULUM SD

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

BHAKTI PRIMA FINDIGA HERMUTTAQIEN

Universitas Negeri Makassar
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Course Description

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa ProgramStudi PGSDuntuk menguasai pengetahuan yang komprehensif tentang kurikulum dan pembelajaranbeserta pengembangannyaditingkat makro maupun mikro. Pada tingkat makro mahasiswa diberi wawasan tentang kurikulum secara umum dan langkah-langkah pengembanganannya serta bagaimana melakukan evalausinya, sedangkan pada tingkat mikro mahasiswa dituntut untuk mengembangkan perangkat pembelajaran.

Course Syllabus

Youtube Selamat belajar dan tetap semangat rekan-rekan mahasiswa !! Tim Pengampu Mata Kuliah : Pengembang Modul : Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien , S.Pd., M.Pd. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa ProgramStudi PGSDuntuk menguasai pengetahuan yang komprehensif tentang kurikulum dan pembelajaran beserta pengembangannyaditingkat makro maupun mikro. Pada tingkat makro mahasiswa diberi wawasan tentang kurikulum secara umum dan langkah-langkah pengembanganannya serta bagaimana melakukan evalausinya, sedangkan pada tingkat mikro mahasiswa dituntut untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Bobot Penilaian Bobot penilaian akan ditentukan berdasarkan beberapa komponen dibawah ini : Membaca meteri (10%) Menonton video (10%) Forum Diskusi (15%) Latihan Soal per Pokok Bahasan (15%) UTS (20%) Projek UAS (30%) Buku Rujukan Taba, Hilda. 1962.Curriculum Development, Theory and Practice. New York : Harcourt, Brace & World, Inc, Tyler, Ralph W. 1949.Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago : The University of Chicago Press. Sanjaya, Wina.2009.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana PrenadaMediaGroup . Sudjana, N. 2008.Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah. Bandung: Sinar baru algesindo. Sukmadinata, N.S. 2005.Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Bandung: Remaja rosdakarya. Abd. Rahim Hamdan. 2007.Pengajian Kuriukulum. Johor Darul Ta'zim Universiti Teknologi Malaysia. Hamalik, O. 2007.Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja rosdakarya. Kelly, A.V.The Curriculum Theory and Practice.Fifth Edition.London: Sage Publications. Miller J. P. and Seller, W. 1985.Curriculum perspective and practice.London: Longman. Nasution, S. 2006.Asas-asas kurikulum. Jakarta: Bumi aksara. Tim Pengembang MKDK Kurikulum dan Pembelajaran. 2011.Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada. RPS PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD
Course Modules
Announcements
RPS Pengembangan Kurikulum
Youtube > Setelah mempelajarimodul ini, secara umum Anda diharapkan dapat memahami hakikat kurikulum, dan secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat: Menjelaskan pengertian kurikulum yang berkembang hinggasaat ini; Menjelaskan peranan dan fungsi kurikulum bagi pihak-pihak yangterlibat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah dasar; serta Mengidentifikasi komponen-komponen yang harus ada dalampengembangan kurikulum sekolah dasar. Modul 1 ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1disajikan mengenai pengertian, fungsi, dan peranan kurikulum, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai komponen-komponen dalam mengembangkan kurikulum. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian tujuan/kompetensi nomor 1 dan 2, sedangkan Kegiatan Belajar 2 untuk pencapaian tujuan/kompetensi nomor 3. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Andamemahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimanamempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya.Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci darikata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Baca materi ppt sampat tuntas untuk memperkaya pemahaman anda tentang materi yang dipelajari Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melaluipemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain melalui Forum diskusi yang telah tersedia. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lainyang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber,termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
Pada materi Pengertian, Fungsi dan Peran Kuri...
Materi Pengertian, Fungsi dan Peran Kurikulum
Materi dalam Bentuk Video
Materi dalam bentuk ppt Hakikat kurikulum from...
Label
Label
Test Formatif 1
...
Pada materi komponen-komponen kurikulum terdi...
Materi Komponen-komponen Kurikulum
Komponen-komponen kurikulum Komponen komponen p...
Label
Label
Tes Kegiatan Belajar 2
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...
Youtube Setelah mempelajarimodul ini, secara umum Anda diharapkan dapat memahami Landasan, Model dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum, dan secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat menguasai Sub CPMK : Menjelaskan landasan filosofis pengembangan kurikulum Menjelaskan landasan Psikologis pengembangan kurikulum Menjelaskan landasan sosial budayapengembangan kurikulum Menjelaskan landasan IPTEK pengembangan kurikulum Menjelaskan beberapapendekatan pengembangan kurikulum Mengklasifikasikanberbagai pendekatan pengembangan kurikulum Menjelaskan pengertianmodel-model pengembangan kurikulum Menganalisis model-model pengembangan kurikulum Membandingkan kelebihan dan kelemahanmodel-model pengembangan kurikulum Modul 2 ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1 disajikan mengenai landasan pengembangan kurikulum, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai pendekatan dan model-model pengembangan kurikulum. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian Sub CPMK nomor 1 sampai 4, sedangkan Kegiatan Belajar 2 untuk pencapaian Sub CPMK nomor 5 sampai 9. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Andamemahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimanamempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya.Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci darikata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Baca materi ppt sampat tuntas untuk memperkaya pemahaman anda tentang materi yang dipelajari Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melaluipemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain melalui Forum Diskusi yang telah tersedia. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lainyang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber,termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
Pada materi landasan-landasan pengembagan kur...
Materi Landasan Pengembangan Kurikulum
Video Landasan Pengembangan Kurikulum
Landasan Pengembangan Kurikulum Landasan Pengem...
Label
Label
Tes Formatif 1
...
Pada materi pendekatan dan model-model pengembanga...
Materi Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum
Video Pendekatan dan Model Pengembangan Kurikulum ...
Pendekatan Pengembangan Kurikulum Pendekatan Pe...
Model-model Pengembangan Kurikulum Model-model ...
Label
Label
Tes Formatif 2
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...
Youtube Setelah mempelajari modul ini, secara umum anda diharapkan menguasai CPMK menganalisis prinsip-prinsip dan menentukan langkah-langkah pengembangan kurikulum, dan secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat menguasai Sub CPMK : Menganalisis prinsip umum pengembangan kurikulum Menganalisis prinsip khusus pengembangan kurikulum Menentukan langkah-langkah pengembangan kurikulum Modul 3 ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1disajikan mengenai prinsip-prinsip pengembangan kurikulum, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai langkah-langkah pengembangan kurikulum. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian Sub CPMK nomor 1 sampai 2, sedangkan Kegiatan Belajar 2 untuk pencapaian Sub CPMK nomor 3. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Anda memahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimana mempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci dari kata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-kata kunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Baca materi ppt sampat tuntas untuk memperkaya pemahaman anda tentang materi yang dipelajari Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melalui pemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lain yang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber, termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
...
Pada materi prinsip-prinsip pengembangan kuri...
Materi Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum
Video Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum ...
Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Prinsip-... (copy)
Label
Label
Tes Formatif 1
...
Pada materi langkah-langkah Pengembagnan Kuri...
Materi Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
Video Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum ...
 
Label
Tes Formatif 2
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...

Course Modules
Youtube Setelah mempelajarimodul ini, secara umum Anda diharapkan dapat menganalisis implementasi dan menentukan menentukan langkah-langkah evaluasi kurikulum.Secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat menguasai Sub CPMK : Menganalisis prinsip-prinsip implementasi kurikulum Menentukan tahapan implementasi kurikulum Menganalisis model-model evaluasi kurikulum Menganalisis kriteria evaluasi kurikulum Menentukan langkah-langkahevaluasi kurikulum Modul 4 ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1disajikan mengenai implementasi kurikulum, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai evaluasi kurikulum. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian tujuan/kompetensi nomor 1 dan 2, sedangkan Kegiatan Belajar 2 untuk pencapaian tujuan/kompetensi nomor 3 sampai 5. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Andamemahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimanamempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya.Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci darikata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Baca materi ppt sampat tuntas untuk memperkaya pemahaman anda tentang materi yang dipelajari Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melaluipemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain melalui Forum diskusi yang telah tersedia. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lainyang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber,termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
Pada materi implementasi kurikulum terdiri da...
Materi Implementasi Kurikulum
Implementasi Kurikulum Video Implementasi Kurikul...
Label
Label
Tes Formatif 1
Pada materi evaluasi kurikulum terdiri dari 3...
Materi Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum Evaluasi Kurikulum from B...
 
Label
Tes Formatif 2
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...
Youtube Setelah mempelajarimodul ini, secara umum Anda diharapkan dapat menjelaskan landasan pengembangan Kurikulum 2013 di SD, danmenganalisis komponenpenyempurnaan Kurikulum 2013 di SD, secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat menguasai Sub CPMK : Menjelaskan landasan pengembangan Kurikulum 2013 di SD; Menganalisis komponenpenyempurnaan Kurikulum 2013 di SD Modul 5 ini terdiri dari dua kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1disajikan mengenai pengembangan kurikulum 2013 di SD, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai penyempurnaan kurikulum 2013 di SD. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian sub CPMK nomor 1, sedangkan Kegiatan Belajar 2 untuk pencapaian sub CPMK nomor 2. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Andamemahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimanamempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya.Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci darikata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melaluipemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain melalui Forum Diskusi yang telah tersedia. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lainyang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber,termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
Pada materi landasan pengembangan kurikul...
Materi Kurikulum 2013
 
Label
Tes Formatif 1
Pada materi komponen penyempurnaan kuriku...
Komponen Penyempurnaan Kurikulum 2013
 
Label
Tes Formatif 2
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...
Youtube Setelah mempelajarimodul ini, secara umum Anda diharapkan dapat memahami hakikat kurikulum, dan secara lebih khusus, Anda diharapkan dapat: Mengembangakan RPP Kurikulum2013SD Mengembangakan LKPD Kurikulum2013SD Mengembangakan media pembelajaran kurikulum2013SD Mengembangakan perangkat penilaian kurikulum2013SD Modul 6 ini terdiri dari 4 kegiatan belajar. Dalam Kegiatan Belajar 1 disajikan mengenai pengembangan RPP, Kegiatan Belajar 2 disajikan mengenai pengembangan LKPD, Kegiatan Belajar 3 disajikan mengenai pengembangan Media Pembelajaran, sedangkan dalam Kegiatan Belajar 4 disajikan mengenai Perangkat Penilaian Pembelajaran. Kegiatan Belajar 1 dirancang untuk pencapaian untuk pencapaian Sub CPMK 1, Kegiatan Belajar 2 dirancang untuk pencapaianuntuk pencapaian Sub CPMK 2, Kegiatan Belajar 3 dirancang untuk pencapaianuntuk pencapaian Sub CPMK 3, sedangkan Kegiatan Belajar 4 untuk pencapaian Sub CPMK 4. Untuk membantu Anda dalam mempelajari modul ini, ada baiknya diperhatikan beberapa petunjuk belajar berikut ini. Bacalah dengan cermat bagian pendahuluan modul ini sampai Andamemahami secara tuntas tentang apa, untuk apa, dan bagaimanamempelajari modul ini. Putar video Apersepsi yang tersedia di awal kegiatan belajar sebagai pengantar sebelum melakukan kegiatan belajar. Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan Putar video interaktif materi sampai tuntas dan jawablah pertanyaan yang terdapat didalamnya.Setelah selesai jangan lupa checklist kolom disebelah kanan. Baca materi hypercontent dalam bentuk pdf bagian demi bagian dan temukan kata-kata kunci darikata-kata yang dianggap baru. Carilah dan baca pengertian kata-katakunci tersebut dalam kamus yang Anda miliki. Baca materi ppt sampat tuntas untuk memperkaya pemahaman anda tentang materi yang dipelajari Tangkaplah pengertian demi pengertian dari isi modul ini melalui pemahaman sendiri dan tukar pikiran dengan mahasiswa lain melalui Forum diskusi yang telah tersedia. Untuk memperluas wawasan , baca, dan pelajari sumber-sumber lainyang relevan. Anda dapat menemukan bacaan dari berbagai sumber,termasuk dari internet. Jangan dilewatkan untuk mencoba menjawab soal-soal tes formatif yang tersedia pada setiap akhir kegiatan belajar. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah Anda sudah memahami dengan baik isi modul ini. -SELAMAT BELAJAR-
Course Modules
Pada materi pengembangan RPP terdiri dari...
Label (copy)
Evaluasi Kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa kin...
Pada materi pengembangan LKPD di SD ter...
Label (copy)
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ...
Pada materi media pembelajaran di SD te...
Evaluasi Kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa kin... (copy)
Label
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ... (copy)
...
Pada materi pengembangan perangkat peni...
Evaluasi Kurikulum dimaksudkan untuk memeriksa kin... (copy) (copy)
Label
Arifin, Zainal. 2011.  Konsep dan Model ... (copy)
Akhirnya kita telah sampai pada pertemuan akhir perkuliahan pengembangan kurikulum, pada pertemuan akhir ini teman-teman mahasiswa harus menyelesaikan proyek pengembangan perangkat pembelajaran.Silahkan teman-teman mahasiswa mengembangkan perangkat pembelajaran lengkap yang terdiri dari RPP, LKPD, Media, Bahan Ajar dan Penilaian. Format perangkat pembelajaran mengacu pada format yang tersedia pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. selamat mengerjakan proyek anda selamat bekerja salam sukses.
Course Modules