Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MATEMATIKA 1
Universitas Muhammadiyah Jember

MATEMATIKA 1

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ILHAM SAIFUDIN

Universitas Muhammadiyah Jember
AREAS:
Program Studi Teknik Informatika

Course Description

Mata kuliah ini berisi tentang topik-topik diantaranya: Sistem Bilangan Kompleks; Fungsi; Fungsi Transenden; Vektor; Limit Fungsi; Turunan dan Aplikasinya; dan Integral dan Aplikasinya.

Course Syllabus

Assalamualaikum Wr Wb...halo...Salam hangat...apa Kabar? perkenalkan saya Ilham Saifudin dosen pengampu mata kuliah Matematika Teknik. nah..Sebelum mengikuti perkuliahan akan dijelaskan mengenai Profil Mata Kuliah, Profil Dosen Pengampu, Deskripsi Mata Kuliah Matematika Teknik dan Capaian Pembelajaran dari perkulaiahan ini. Tetap Semangat demi masa depan yang akan kita raih bersama.
Course Modules
Announcements
A. Profil Mata Kuliah
B. Profil Dosen Pengampu
C. Deskripsi Mata Kuliah
D. Capaian Pembelajaran
E. Daftar Referensi
F. Rencana Pelaksanaan dan Rencana Babakan
ABSENSI PERTEMUA PERTAMA
Assalamualaikum Wr Wb...Halo...pada bagian ini, anda akan diberikan penjelasan mengenai Kontrak Perkuliahan Matematika Teknik. Di dalamnya berisi seputar: tujuan perkuliahan, topik-topik yang diberikan, sistematika penilaian, dan lain-lain. Hal ini dilakukan agar peserta didik yang mengikuti perkuliahan mengetahui gambaran perkuliahan dan sekaligus memahami aturan-aturan yang telah disepakati bersama. Terimakasih... Topik-topik yang aakan dipelajari diantaranya: Sistem Bilangan Kompleks. Fungsi. Fungsi Transenden. Vektor. Limit Fungsi. Turunan dan Aplikasinya. Intergral dan Aplikasinya.
Course Modules
Kontrak Perkuliahan
Diskusi Seputar Kontrak Perkuliahan
File Sosialisasi Perkuliahan Daring Matematika Teknik
Assalamualaikum semua..salam hangat.. Nah..pada bab pertama ini yaitu Sistem Bilangan Kompleks. Dalam Matematika, bilangan kompleks adalah bilangan berbentuk \( a+bi \). Dimana \( a \) dan \( a \) adalah bilangan Riil dan \( i \) adalah bilangan imajiner tertentu yang memiliki sifat \( i^{2}=-1 \) . Bilangan riil a disebut juga bagian riil dari bilangan kompleks dan bilangan riil b disebut bagian imajiner. Sebagai contoh: \( 2+3i \). Bagaimana? Sudah jelaskan ya...
Course Modules
01. Bilangan Riil
02. Bilangan Kompleks
03. Pertidaksamaan
04. Koordinat Kartesius
Latihan Soal1 Sistem Bilangan Kompleks
Slide Materi Sistem Bilangan Kompleks
ABSENSI PERTEMUA KE 2
Assalamualaikum Wr. Wrb Semua..apa kabar?mudah-mudahan selalu diberi kesehatan dan semangat oleh Allah dalam menuntut ilmu..amin..Baik..kali ini kita akan belajar mengenai Fungsi. Bagaimana..adakah yang tau Fungsi itu apa? Nah untuk lebih jelasnya mari simak penjelesan di bawah ini.
Course Modules
1. Definisi Fungsi
2. Fungsi Beberapa Variabel
3. Bentuk Fungsi
4. Macam-Macam Fungsi
5. Fungsi-Fungsi Khusus
Video Tutorial Menentukan Fungsi Invers
Latihan Soal2 Fungsi
Forum Diskusi
Slide Materi Fungsi
ABSENSI PERTEMUAN KE-3
Assalamualaikum Wr Wb...Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari pokok bahasan Fungsi Transenden..ada yang tau itu Fungsi Transenden?jika masih belum tahu, mari kita bahas ya...tetap semangat.. Pengertian Fungsi Transenden adalah Fungsi yang terdiri dari Fungsi eksponensial, fungsi logaritam, fungsi trigonometri dan fungsi hiperbol. Namun pada perkuliahan kali ini akan membahas fungsi eksponesial dan fungsi logaritma.
Course Modules
1. Fungsi Logaritma
2. Fungsi Eksponensial
Video Penyelesaian Logaritma Alami
Latihan Soal3 Fungsi Transenden
Slide Materi Fungsi Transenden
FORUM DISKUSI
Latihan Soal
ABSENSI PERTEMUAN KE 4
ABSENSI PERTEMUAN 5
Assalamualaikum Wr Wb...Halo...Bagaimana kabarnya? mudah-muhan selalu sehat dan tetap semangat dalam menuntu ilmu...Pada kesempatan ini, kita memasuki bab 4 Vektor. Di dalamnya berisi mengenai definisi vektor itu sendiri, operasi penjumlahan pada vektor dan operasi perkalian pada vektor. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini. ..
Course Modules
1. Definisi Vektor
2. Operasi Penjumlahan pada Vektor
3. Operasi Perkalian pada Vektor
Video Menentukan Hasil Operasi 2 Vektor yang Saling Tegak Lurus
Latihan Soal4 Vektor
Slide Materi Vektor
ABSENSI PERTEMUAN KE 6
ABSENSI PERTEMUAN 7
Video Conference

Course Modules
Soal UTS Matematika Teknik
ABSENSI PERTEMUAN 8
Assalamualaikum Wr Wb...Salam semangat..bagaimana..masih semangat kan..mudah2han selalu diberikan semangat dalam setiap langkah dalam menuntut ilmu. Kali ini, kita akan membahas tentang Limit Fungsi. Tahukah kalian, bahwa dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar kata-kata hampir/mendekati. Sebagai contoh: Kecepatan pesawat terbang jet hampir mendekati kecepatan 1200 km/jam, jika pada sepakbola Mohamed Salah hampir saja mencetak gol ke lawannya, dan lain-lain. Kata-kata hampir atau mendekati dalam matematika disebut sebagai Limit. Pada Bab ini akan dibahas mengenai: definisi limit secara matematis, limit-limit satu, presisi limit, teorema limit, penyelesaian limt fungsi, limit tak hingga, dan limit fungsi trigonometri. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan di bawah ini!
Course Modules
1. Definisi Limit
2. Limit-limit Satu Sisi
3. Presisi Limit
4. Teorema Limit
5. Penyelesaian Limit
6. Limit Tak Hingga
7. Limit Fungsi Trigonometri
Video Mencari Nilai Limit Menggunakan Turunan
Quiz Soal5 Limit Fungsi
Slide Materi Limit Fungsi
ABSENSI PERTEMUAN KE-9
ABSENSI PERTEMUAN 10 dan 11
Assalamualaikum Wr Wb...halo...Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas topik Turunan. Dimana di dalam topik ini, mengandung sub pokok bahasan: konsep turunan, definisi turunan, aturan turunan, dan aplikasi turunan. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ya...
Course Modules
1. konsep Turunan
2. Definisi Turunan
3. Aturan Turunan
4. Aplikasi Turunan
Video Cara Menentukan Turunan Pertama Menggunakan Aturan Rantai
Diskusi Materi
Latihan Soal6 Turunan
Slide Materi Turunan
ABSENSI PERTEMUAN 12
ABSENSI PERTEMUAN 13 DAN 14
Assalamualaikum Wr Wb..Hai..Bagaimana kabar? Mudah2han dalam keadaan sehat wal afiat..Nah pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari Bab Terakhir dari perkuliahan daring yaitu Bab Integral. Di bawah ini akan dibahas beberapa sub pokok bahasan, diantaranya: pengertian integral, rumus dasar, sifat integral, teknik pengintegralan dan penerapan integral.
Course Modules
1. Pengertian Integral
2. Rumus Dasar
3. Sifat Integral
4. Teknik Pengintegralan
5. Penerapan Integral
Video Cara Mencari Nilai Integral Menggunakan Cara Subtitusi
Diskusi Materi Integral
Latihan Soal7 Integral
Slide Materi Integral
ABSENSI PERTEMUAN 15
ABSENSI PERTEMUAN 16

Course Modules
UAS Matematika Teknik
Assalamualaikum Wr. Wb...Pada sesi terakhir mahasiswa disempatkan untuk mengisi form evaluasi perkuliahan demi perbaikan dan terus berkembangnya kuliah daring ini ke arah yang lebih baik. Klik untuk mulai mengisi form evaluasi perkuliahan. Terimakasih sudah berpartisipasi pada kuliah daring Matematika Teknik dengan harapan ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dikemudian hari...Terus semangat dan berkarya...Salam semangat untuk kalian semua... Open docs.google.comMemuat...
Course Modules
VIDEO KEGIATAN KULIAH DARING 2018