Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
MANAJEMEN PEMASARAN I
Universitas Andalas

MANAJEMEN PEMASARAN I

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ARES ALBIRRU AMSAL

Universitas Andalas
AREAS:
Program Studi Manajemen

Course Description

Pertemuan 1 | Pertemuan 2 | Pertemuan 3 | Pertemuan 4 | Pertemuan 5 | Pertemuan 6 | Pertemuan 7 | UTS Pertemuan 9 | Pertemuan 10 | Pertemuan 11 | Pertemuan 12 | Pertemuan 13 | Pertemuan 14 | Pertemuan 15 | UAS Salam dan Selamat Datang di Mata Kuliah MANAJEMEN PEMASARAN 1 (EKM 203 - 3 SKS) Dosen Pengampu: Berri Brilliant Albar, S.E., M.M . *Dr. Yulia Hendri Yeni, S.E., M.T., Ak. Ares Albirru Amsal, S.E., M.S.M. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah manajemen pemasaran membahas konsep dan prinsip pemasaran modern yang berorientasi pada konsumen. Pembahasan ini meliputi perencanaan, strategi pemasaran, mengumpulkan wawasan/informasi pemasaran, memahami pentingnya hubungan konsumen, serta membangun merek yang kuat untuk memenangkan persaingan. JOIN WA GROUP: bit.ly/mp1spada Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip manajemen pemasaran Mahasiswa mampu memahami, menganalisa, dan mengelola perencanaan dan strategi pemasaran Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa hubungan konsumen Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa merek dan strategi menghadapi persaingan Materi Pembelajaran Memahami pemasaran dalam realita baru Mengumpulkan data/wawasan pemasaran, merencanakan, dan melakukan riset pemasaran Pemasaran sasaran Berhubungan dengan konsumen Membangun merek yang kuat dan memenangkan persaingan Prinsip-prinsip pemasaran Referensi Utama Kotler, P.and Keller, K.L. 2016, Marketing Management 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.Kotler, P and Amstrong, G. 2018, Principles of Marketing, 17th edition, International Edition, Prentice Hall, New Jersey. Referensi Pendukung Kartajaya, H. 2011. Hermawan Kartajaya on Marketing, Gramedia, JakartaMaholtra, N. and Birks, D. 2007, Marketing Research: An Applied Orientation 3rd edition, Pearson EducationAcademic Journal, koran, majalah, website dan blog, serta sumber lainnya yang relevan dengan Manajemen Pemasaran

Course Syllabus

Pertemuan 1 | Pertemuan 2 | Pertemuan 3 | Pertemuan 4 | Pertemuan 5 | Pertemuan 6 | Pertemuan 7 | UTS Pertemuan 9 | Pertemuan 10 | Pertemuan 11 | Pertemuan 12 | Pertemuan 13 | Pertemuan 14 | Pertemuan 15 | UAS Salam dan Selamat Datang di Mata Kuliah MANAJEMEN PEMASARAN 1 (EKM 203 - 3 SKS) Dosen Pengampu: Berri Brilliant Albar, S.E., M.M . *Dr. Yulia Hendri Yeni, S.E., M.T., Ak. Ares Albirru Amsal, S.E., M.S.M. Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah manajemen pemasaran membahas konsep dan prinsip pemasaran modern yang berorientasi pada konsumen. Pembahasan ini meliputi perencanaan, strategi pemasaran, mengumpulkan wawasan/informasi pemasaran, memahami pentingnya hubungan konsumen, serta membangun merek yang kuat untuk memenangkan persaingan. JOIN WA GROUP: bit.ly/mp1spada Capaian Pembelajaran Mahasiswa mampu memahami konsep dan prinsip manajemen pemasaran Mahasiswa mampu memahami, menganalisa, dan mengelola perencanaan dan strategi pemasaran Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa hubungan konsumen Mahasiswa mampu memahami dan menganalisa merek dan strategi menghadapi persaingan Materi Pembelajaran Memahami pemasaran dalam realita baru Mengumpulkan data/wawasan pemasaran, merencanakan, dan melakukan riset pemasaran Pemasaran sasaran Berhubungan dengan konsumen Membangun merek yang kuat dan memenangkan persaingan Prinsip-prinsip pemasaran Referensi Utama Kotler, P.and Keller, K.L. 2016, Marketing Management 15th edition. Pearson Prentice Hall, New Jersey.Kotler, P and Amstrong, G. 2018, Principles of Marketing, 17th edition, International Edition, Prentice Hall, New Jersey. Referensi Pendukung Kartajaya, H. 2011. Hermawan Kartajaya on Marketing, Gramedia, JakartaMaholtra, N. and Birks, D. 2007, Marketing Research: An Applied Orientation 3rd edition, Pearson EducationAcademic Journal, koran, majalah, website dan blog, serta sumber lainnya yang relevan dengan Manajemen Pemasaran
Course Modules
News forum
RPS Manajemen Pemasaran 1
Lecturer in Charge: Mam Yeni yuliayeni@yahoo.com.au back to GREETINGS Understanding Marketing Management I Target Pembelajaran Mahasiswa memahami tata tertib perkuliahan serta memahami metode pembelajaran dan mengetahui apa yang menjadi capaian pembelajaran dari materi perkuliahan Mahasiswa mampu memahami konsep dasar pemasaran Video Pembuka: Apa itu Pemasaran? Youtube Slide: Cobalah pahami slide berikut: Open www.slideshare.net Introduction to marketing management from Sagar Gadekar
Course Modules
Lecturer in Charge: Mam Yeni yuliayeni@yahoo.com.au back to GREETINGS Pemasaran dalam Realita Baru Kemampuan akhir yang diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan situasi pemasaran pada realita terkini Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pemasaran Assalamualaikum Wr. Wb. Halo selamat pagi semua, hari ini adalah pertemuan pertama kita yang dilaksanakan secara online. Pada pertemuan pertama ini kita akan belajar mengenai topik Pemasaran dalam Realita Baru. Sebagai pengingat, ananda diharapkan bisa melakukan aktifitas pembelajaran daring berupa: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Membaca slide sebagai bahan acuan video 3. Melakukan resume berdasarkan video 4. Melakukan diskusi pada forum yang telah disediakan 5. Mengunggah resume yang telah dilakukan pada Assignment. Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Pemasaran dalam Realita Baru Youtube
Course Modules
1. Pemasaran dalam Realita Baru
Forum Pemasaran dalam Realita Baru
Tugas Resume Pertemuan 1
Lecturer in Charge: Mr. Berri berribet@gmail.com back to GREETINGS Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran Kemampuan akhir yang diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pemasaran Mahasiswa mampu menganalisa dan merancang rencana pemasaran Assalamualaikum w.w. Halo selamat pagi semua, hari ini kita lanjut belajar online Manajemen Pemasaran I ya. Pertemuan ketiga ini kita akan belajar mengenai topik Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran. Sama seperti pekan lalu, adik-adik diharapkan bisa melakukan aktifitas pembelajaran daring berupa: 1. Menyimak video dibawah ini 2. Membaca slide sebagai bahan acuan video 3. Melakukan resume berdasarkan video 4. Melakukan diskusi pada forum yang telah disediakan 5. Mengunggah resume yang telah dilakukan pada Assignment. Semoga dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran Youtube
Course Modules
2. Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran
Forum Mengembangkan Rencana dan Strategi Pemasaran
Tugas Resume Pertemuan 3
Lecturer in Charge: Mr. Ares Albirru Amsal aresalbirruamsal@eb.unand.ac.id back to GREETINGS Mengumpulkan Informasi dan Meramalkan Permintaan Kemampuan akhir yang diharapkan Mahasiswa mampu menganalisa kebutuhan informasi pemasaran Mahasiswa mampu menjelaskan peramalan permintaan Assalamualaikum w.w. Hai adik-adik, hari ini agak beda aktifitas kita. Selain videonya yang panjang, juga akan ada QUIZ!. Tapi tugas resume tidak perlu dikumpulkan hari ini. Hari ini kalian fokus untuk kegerjakan QUIZ ya. Nilai akan d i p a j a n g. Enjoy learning! 1. Menyimak video dibawah ini 2. Membaca slide sebagai bahan acuan video (Resume Sabtu 7 Septermber 2019) 3. QUIZ (BAB 1 dan 2) Semoga dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Mengumpulkan Informasi dan Meramalkan Permintaan (Part 1). Youtube Lanjutkan dengan Part 2 dan Part 3
Course Modules
Quiz TRY OUT
Quiz 1 (Bab 1 dan Bab 2)
Tugas Resume Pertemuan 4
3. Mengumpulkan Informasi dan Meramalkan Permintaan
Lecturer in Charge: Mam Yeni yuliayeni@yahoo.com.au back to GREETINGS Riset Pemasaran Kemampuan Akhir yang Diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan dan melakukan riset pemasaran Assalamualaikum w. w. Halo selamat pagi menjelang siang. Hari ini kita lanjutkan belajar kita dengan topik Riset Pemasaran. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Melakukan resume berdasarkan video 3. Mengunggah resume yang telah dilakukan pada Assignment. Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Riset Pemasaran Youtube
Course Modules
Tugas Resume Pertemuan 5
4. Riset Pemasaran
Lecturer in Charge: Mr. Berri berribet@gmail.com back to GREETINGS Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen Mahasiswa mampu menganalisa dan menjelaskan konsep hubungan jangka panjang dengan konsumen Assalamualaikum w. w. Selamat pagi menjelang siang. Hari ini kita lanjutkan belajar kita dengan topik Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Melakukan resume berdasarkan video 3. Mengunggah resume yang telah dilakukan pada Assignment. Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Membangun Hubungan Jangka Panjang dengan Konsumen https://www.youtube.com/watch?v=-K_-c5IL7z0&feature=youtu.be
Course Modules
Tugas Resume Pertemuan 6
DISKUSI VIDEO Assalamu'alaikum w.w. Pada pertemuan 7 ini kita akan mendiskusikan masing-masing video yang telah dibuat oleh tiap-tiap kelompok. Harap setiap peserta kelas dapat memberikan pertanyaan dan komentar pada setiap Forum diskusi yang telah dibuat. Satu forum untuk diskusi satu video. Seperti biasa, nilai keaktifan akan dilihat dari sana. Terima kasih.
Course Modules
1.Ilham Fried chicken (kelompok 5)
2. Thaitea ban ban (kelompok 4)
3. Telkomsel Simpati (kelompok 3)
4. Rokok Sampoerna A Mild (kelompok 2)
5. Ayam takapik (kelompok 1)
Pertemuan tatap muka. Ujian on-line on the spot.
Course Modules
Ujian Tengah Semester
back to GREETINGS Perilaku Konsumen Materi Tambahan: Menganalisa Pasar Bisnis Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa konsep perilaku konsumen hingga proses pada keputusan pembelian Assalamualaikum w. w. Selamat pagi menjelang siang. Hari ini kita lanjutkan belajar dengan topik Perilaku Konsumen. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak dua video yang telah kami rancang 2. Melakukan resume berdasarkan video 'Perilaku Konsumen' 3. Mengunggah resume 'Perilaku Konsumen' yang telah dilakukan pada Assignment. 4. Berdiskusi di forum 'Menganalisa Pasar Bisnis' Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Perilaku Konsumen Youtube Video Menganalisa Pasar Bisnis Youtube
Course Modules
Tugas Resume Pertemuan 9 (Perilaku Konsumen)
Forum Menganalisa Pasar Bisnis
Lecturer in Charge: Mr. Ares Albirru Amsal aresalbirruamsal@eb.unand.ac.id Memanfaatkan Pasar Global Mahasiswa mampu menganalisa pasar global Mahasiswa mampu menjelaskan cara memasuki pasar global Assalamualaikum w. w. Selamat pagi menjelang siang. Hari ini kita lanjutkan belajar dengan topik Memanfaatkan Pasar Global. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Melakukan resume berdasarkan video 'Memanfaatkan Pasar Global' 3. Mengunggah resume 'Memanfaatkan Pasar Global' yang telah dilakukan pada Assignment. 4. Berdiskusi di forum Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Memanfaatkan Pasar Global Youtube
Course Modules
Tugas Resume Pertemuan 10 (Memanfaatkan Pasar Global)
Forum Memanfaatkan Pasar Global
Lecturer in Charge: Mam Yeni yuliayeni@yahoo.com.au Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar Mahasiswa mampu menjabarkan dan menganalisa dasar-dasar segmentasi. Mahasiswa mampu menjelaskan dan menganalisa target pasar Assalamualaikum w. w. Selamat pagi para mahasiswa. ini kita lanjutkan belajar dengan topik ke sembilan yaitu Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Melakukan resume berdasarkan video 3. Mengunggah resume 'Memanfaatkan Pasar Global' yang telah dilakukan pada Assignment. 4. Berdiskusi di forum Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar Youtube
Course Modules
Tugas Resume Pertemuan 11 (Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar)
Forum Mengidentifikasi Segmen dan Target Pasar
Lecturer in Charge: Mam Yeni yuliayeni@yahoo.com.au Positioning Target Pembelajaran Mengembangkan positioning merek Assalamualaikum w. w. Hari ini kita akan melanjutkan belajar dengan topik ke sepuluh yaitu Positioning. Aktifitas yang akan dilakukan mahasiswa ialah: 1. Menyimak video yang telah kami rancang 2. Mengikuti Quiz 3. Mengunggah quiz di tempat yang telah disediakan Semoga ananda dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Positioning Youtube
Course Modules
Quiz STP
Lecturer in Charge: Mr. Berri berribet@gmail.com back to GREETINGS BRAND Kemampuan akhir yang diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan peran merek dan ekuitasnya Assalamualaikum w.w. Halo selamat sore semua, hari ini kita lanjut belajar online Manajemen Pemasaran I mengenai topik BRAND. Aktifitas pembelajaran daring berupa: 1. Menyimak video dibawah ini 2. Melakukan resume berdasarkan video 4. Melakukan diskusi pada forum yang telah disediakan 5. Mengunggah resume yang telah dilakukan pada Assignment. Semoga dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Brand Youtube
Course Modules
Assignment Brand
Forum Brand
Lecturer in Charge: Mr. Ares Albirru Amsal aresalbirruamsal@eb.unand.ac.id back to GREETINGS Mengatasi Persaingan dan Mendorong Pertumbuhan Kemampuan akhir yang diharapkan Mahasiswa mampu menjelaskan strategi pertumbuhan Mahasiswa mampu menjabarkan berbagai strategi dalam menghadapi persaingan Mahasiswa mampu menganalisa dan menjelaskan Assalamualaikum w.w. Hai semua, ini adalah materi terakhir dalam matakuliah ini. Aktifitas yang dilakukan: 1. Menyimak video dibawah ini 2. Membuat dan menggunggah resume 3. Menjawab pertanyaan saya di Forum Semoga dapat mengikuti kuliah ini dengan baik. :) Video Mengatasi Persaingan dan Mendorong Pertumbuhan Youtube
Course Modules
Resume Pertemuan 14
Forum Pertemuan 14
back to GREETINGS
Course Modules
Tugas Video
back to GREETINGS
Course Modules