Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

ENDAH ANDAYANI

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
AREAS:
Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Course Description

DESKRIPSI MATA KULIAH Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep dan prinsip-prinsip metodologi penelitian pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian dengan sistematika yang benar, serta mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip metodologi penelitian pendidikan tersebut dalam penulisan tugas akhir serta menulis artikel dalam publikasi ilmiah. PENGANTAR PERKULIAHAN Selamat datang di matakuliah "Metodologi Penelitian Pendidikan". Matakuliah ini sangat penting dan menarik bagi mahasiswa yang akan dan sedang melaksanakan tugas akhir. Matakuliah ini memerlukan waktu belajar selama 16 Minggu dengan bobot sks 3 (50 Menit x 3 setiap minggu untuk tatap muka/tatap maya). Dosen pengampu matakuliah ini Dr. Endah Andayani, MM ( endahandayani@unikama.ac.id ). Strategi pembelajaran ynag dilakukan melalui pemahaman konsep, Problem Base Learning, Project Base learning, Latihan Menyusun proposal penelitian, dan mengkaji serta menganalisis sistematika dan gaya selingkung dalam Menyusun laporan akhir dan publikasi jurnal ilmiah. Terlebih dahulu silahkan anda membaca: 1) Deskripsi; 2) Capaian Pembelajaran; dan 3) Rancangan Pembelajaran Semester. Ok mari kita belajar. PROFIL DOSEN MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN Dr . Endah Andayani, MM. Lulus S3 di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2013. Saat ini adalah sebagai dosen PNS yang diperkerjakan (DPK) pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sejak tahun 1993 pada program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Mengampu matakuliah Metodologi Penelitian, Kewirausahaan, Telaah Kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Selain itu juga mengampu matakuliah Perspektif Ekonomi, Manajemen Persekolahan, dan Bisnis Internasional pada Program Pascasarjana Unikama. Aktif meneliti pada bidang Pendidikan ekonomi dan Pendidikan IPS. Salah satu karya tulis telah di Publish pada International Proceeding yaitu "The Learning of Creative Product Entrepreneurship Course to Solve Unemployment Problems in Indonesia Vocational Schools". Aktif membimbing serta menguji skripsi dan tesis bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan membimbing mahasiswa dalam menyusun artikel dalam publikasi ilmiah. Berbagai pelatihan terkait penelitian dan artikel sering dilakukan baik dalam negeri maupun di Luar Negeri di Queensland University Brisbane Australia untuk meningkatkan kompetensi. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah CPL-Prodi yang dibebani Matakuliah CPL-1 (S8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPL-2 (P9) Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi CPL-3 (KU5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; CPL-4 (KK10) Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi; Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) CPMK-1 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK-2 Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi CPMK-3 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; CPMK-4 Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis (C4) konsep dan permasalahan tentang metodologi penelitian Pendidikan dan meyakini dengan baik (A3) bahwa ada berbagai pendekatan penelitian yang dapat digunakan untuk merancang (P2) penelitian terkait dengan pembelajaran ekonomi Sub CPMK-2 Mahasiswa dapat merumuskan (C5) penelitian tentang pembelajaran ekonomi, sehingga dapat digunakan (P4) dalam upaya pengembangan keilmuan Pendidikan ekonomi Sub CPMK-3 Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) untuk menyelesaikan persoalan (A5) pembelajaran ekonomi berbasis pada prosedur penelitian dengan tepat Sub CPMK-4 Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) pembelajaran ekonomi dengan berbagai pendekatan penelitian, sehingga dapat diklasifikasi dan dikombinasi (A4) penelitian tersebut untuk menyelesaiakn masalah penelitian dengan tepat. PETUNJUK BELAJAR Untuk mendapatkan hasil maksimal saat pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan penggunaan bahan ajar pada Spada ini, maka silahkan mengikuti beberapa petunjuk penggunaan Spada antara lain: Bacalah dan pahami dengan baik uraian materi yang disajikan pada masing-masing kegiatan pembelajaran daring. Apabila terdapat materi yang kurang jelas segera tanyakan kepada Lecture melalui kegiatan Forum. Berperan aktiflah pada setiap kegiatan forum dengan baik, kerjakan tugas di Spada sesuai dengan tengat waktu yang ditetapkan, dan perhatikan petunjuk dan arahan lain dari Lecture anda. Pastikan kuota internet Anda mencukupi dengan signyal yang bagus. Pada saat pembelajaran tatap maya dilakukan, berpakainlah yang sopan dan perilaku yang mencerminkan mahasiswa Indonesia. Selamat belajar. Sukses Untuk Anda!

Course Syllabus

DESKRIPSI MATA KULIAH Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep dan prinsip-prinsip metodologi penelitian pendidikan dengan berbagai pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan pengembangan sebagai dasar untuk menyusun proposal penelitian dengan sistematika yang benar, serta mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip metodologi penelitian pendidikan tersebut dalam penulisan tugas akhir serta menulis artikel dalam publikasi ilmiah. PENGANTAR PERKULIAHAN Selamat datang di matakuliah "Metodologi Penelitian Pendidikan". Matakuliah ini sangat penting dan menarik bagi mahasiswa yang akan dan sedang melaksanakan tugas akhir. Matakuliah ini memerlukan waktu belajar selama 16 Minggu dengan bobot sks 3 (50 Menit x 3 setiap minggu untuk tatap muka/tatap maya). Dosen pengampu matakuliah ini Dr. Endah Andayani, MM ( endahandayani@unikama.ac.id ). Strategi pembelajaran ynag dilakukan melalui pemahaman konsep, Problem Base Learning, Project Base learning, Latihan Menyusun proposal penelitian, dan mengkaji serta menganalisis sistematika dan gaya selingkung dalam Menyusun laporan akhir dan publikasi jurnal ilmiah. Terlebih dahulu silahkan anda membaca: 1) Deskripsi; 2) Capaian Pembelajaran; dan 3) Rancangan Pembelajaran Semester. Ok mari kita belajar. PROFIL DOSEN MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN Dr . Endah Andayani, MM. Lulus S3 di Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang tahun 2013. Saat ini adalah sebagai dosen PNS yang diperkerjakan (DPK) pada Universitas PGRI Kanjuruhan Malang sejak tahun 1993 pada program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis. Mengampu matakuliah Metodologi Penelitian, Kewirausahaan, Telaah Kurikulum dan perencanaan pembelajaran. Selain itu juga mengampu matakuliah Perspektif Ekonomi, Manajemen Persekolahan, dan Bisnis Internasional pada Program Pascasarjana Unikama. Aktif meneliti pada bidang Pendidikan ekonomi dan Pendidikan IPS. Salah satu karya tulis telah di Publish pada International Proceeding yaitu "The Learning of Creative Product Entrepreneurship Course to Solve Unemployment Problems in Indonesia Vocational Schools". Aktif membimbing serta menguji skripsi dan tesis bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan membimbing mahasiswa dalam menyusun artikel dalam publikasi ilmiah. Berbagai pelatihan terkait penelitian dan artikel sering dilakukan baik dalam negeri maupun di Luar Negeri di Queensland University Brisbane Australia untuk meningkatkan kompetensi. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah CPL-Prodi yang dibebani Matakuliah CPL-1 (S8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPL-2 (P9) Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi CPL-3 (KU5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; CPL-4 (KK10) Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi; Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) CPMK-1 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK-2 Mengembangkan dan mengelola penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi CPMK-3 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; CPMK-4 Mampu menerapkan penelitian pendidikan dan pembelajaran ekonomi Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis (C4) konsep dan permasalahan tentang metodologi penelitian Pendidikan dan meyakini dengan baik (A3) bahwa ada berbagai pendekatan penelitian yang dapat digunakan untuk merancang (P2) penelitian terkait dengan pembelajaran ekonomi Sub CPMK-2 Mahasiswa dapat merumuskan (C5) penelitian tentang pembelajaran ekonomi, sehingga dapat digunakan (P4) dalam upaya pengembangan keilmuan Pendidikan ekonomi Sub CPMK-3 Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) untuk menyelesaikan persoalan (A5) pembelajaran ekonomi berbasis pada prosedur penelitian dengan tepat Sub CPMK-4 Mahasiswa dapat merancang penelitian (C5) pembelajaran ekonomi dengan berbagai pendekatan penelitian, sehingga dapat diklasifikasi dan dikombinasi (A4) penelitian tersebut untuk menyelesaiakn masalah penelitian dengan tepat. PETUNJUK BELAJAR Untuk mendapatkan hasil maksimal saat pembelajaran dalam jaringan dengan memanfaatkan penggunaan bahan ajar pada Spada ini, maka silahkan mengikuti beberapa petunjuk penggunaan Spada antara lain: Bacalah dan pahami dengan baik uraian materi yang disajikan pada masing-masing kegiatan pembelajaran daring. Apabila terdapat materi yang kurang jelas segera tanyakan kepada Lecture melalui kegiatan Forum. Berperan aktiflah pada setiap kegiatan forum dengan baik, kerjakan tugas di Spada sesuai dengan tengat waktu yang ditetapkan, dan perhatikan petunjuk dan arahan lain dari Lecture anda. Pastikan kuota internet Anda mencukupi dengan signyal yang bagus. Pada saat pembelajaran tatap maya dilakukan, berpakainlah yang sopan dan perilaku yang mencerminkan mahasiswa Indonesia. Selamat belajar. Sukses Untuk Anda!
Course Modules
Announcements
Pertemuan 1 : Tatap Maya Pada Pertemuan 1 ini membicarakan tentang kontrak Perkuliahan, yang menjelaskan Tentang Capaian Pembelajaran dan Capaian Pembelajaran Matakuliah (CPMK) dan mensepakati tentang sistem perkuliahan yang 100% menggunakan SPADA dan memanfaatkan Googlemeet dan media sosial yang lain (WA) untuk mempermudah proses pelaksanaan pembelajaran selama 1 semester. Materi Kontrak kuliah juga menjelaskan tentang RPS, Kedisiplinan pembelajaran, Penilaian dan evaluasi, tugas, dan pembagian kelompok kerja/tugas. Apa yang diputuskan dalam kontrak perkuliahan akan menjadi pedoman bagi dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan PBM Terimakasih Alamat meeting: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe
Course Modules
PERTEMUAN 1: RPS
Petunjuk: 1. Mahasiswa Presentasi rencana judul skripsi (Mengapa, alasan apa, jurnal bagaimana) 2. Membahas Materi Tentang "Perspektif metode penelitian pendidikan" 3. Mahasiswa mengungkap state of the Art dari judul yang ditetapkan 4. Alamat Meeting: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 5. Terima kasih
Course Modules
Pert 2. Materi Metode Penelitian & Peenelitian Pendidikan
Pert 2. Tugas Metode Penelitian & Penelitian Pendidikan
Silahkan menonton video di bawah ini dan berikan k...
Petunjuk: Pertemuan ke 3 dilakasanakan pada Hari jum'at tanggal 12 Maret 2021 (Pengganti Tanggal Merah 11 Maret 2021) pada pukul 15.30 WIB. Perkuliahan menggunakan media Spada dikolaborasikan dengan googlemeet dengan alamat: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Pelajari materi tentang pendekatan dalam penelitian kuantitatif yang sudah di upload di SPADA (Proses Penelitian Kuantitatif, Pennetuan masalah, Rumusan Masalah, Variabel Penelitian, dan Paradigma Peenelitian) dengan seksama sehingga mahasiswa dapat memahami materi dengan sangat baik Mahasiswa harap masuk di googlemeet paling akhir Pukul 15.45 WIB Terima kasih
Course Modules
Pert 3: Materi Pendekatan Kuantitatif (Proses, Penentuan Masalah, Variabel, Definisi Operasional0,
Pert 3. Tugas Membuat akar Masalah penelitian
Tonton Video ini sampai tuntashttps://www.youtube....
Forum Diskusi: Penyusunan latar Belakang Masalah Penelitian
Petunjuk: Pelajari materi yang sudah di upload di SPADA Pembelajaran hari ini mengunakan diskusi, silahkan anda berkomentar di forum. Langkahg-langkah: a) Dosen membuat soal untuk didiskusikan; 2) Mahasiswa memberikan komentar; 3) Mhs boleh menanggapi jawaban dari mahasiswa yang lain; 4) Mhs boleh bertanya di group dan Mhs yang lainnya silahkan memberikan tanggapan Aktifitas mahasiswa akan terekam sebagai penilaian Pertemuan ke-4 dilaksanakan hari jum'at tanggal 19 Maret 2021 Pukul 15.30 s.d 17.30 WIB Perhatikan soal yang sudah diuplod di SPADA Terima kasih
Course Modules
Pert 4. Landasan teori, kerangka berpikir dan pengajuan hipotesis
Pert 4. Forum Diskusi
Petunjuk: 1. Pelajari dan pahami SPADA 2. Diskusikan dengan menggunakan googlemeet 3. Pertemuan dilaksanakan secara daring Hari Kamis, 25 Maret 2021 Pukul 09.30 WIB - selesai 4. Alamat googlemeet: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 5. Terima kasih
Course Modules
Pert 5. Materi Metode Penelitian
Petunjuk: Pertemuan ke-6 dilaksanakan hari kamis Pukul 10.00 s.d 12.00 WIB Tanggal 8 April 2021 secara virtual dengan menggunakan googlemeet dengan alamat: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Pembahsaan materi tentang skala pengukuran (lihat matrei di SPADA) Kegiatan ceramah dan diskusi Terima kasih
Course Modules
Pert 6: Skala Pengukuran
Forum Diskusi: Skala Pengukuran
Petunjuk: 1. Pertemuan ke 7 Tanggal 15 April 2021 Pukul 10.00 s.d 11.30 WIB 2. Mahasiswa Presentasi Proposal Penelitian yang telah disusun 3. Diskusi Kelas yang dibimbing oleh Dosen 4. Pembelajaran melalui virtual dengan aplikasi googlemeet alamat: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 5. Penilaian dilakukan atas proses presentasi yang dilakukan 6. Terimakasih
Course Modules
Forum: Penyusunan Proposal Skripsi
Petunjuk: UTS dilaksanakan tanggal 22 April 2021 Pukul 08.00 s.d 11.40 WIB UTS berbentuk takehomen (Menyusun san membuat proposal skripsi) kemudian wajib mempresentasikan di Kelas, jadi pada pertemuan ke 8 ini, mhs wajib presentasi proposal. Produk proposal dan kemampuan memahami dalam menjelaskan menjadi UTS Gunakan googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Proposal hasil akhir dikirim/diupload ke aplikasi Spada Terima kasih
Course Modules
Pert 8: Soal UTS
Petunjuk: 1. Pertemuan 9 dilaksanakan tanggal 27 April 2021 Pukul 10.00 s.d 11.30 WIB 2. Alamat googlemeet: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 3. Pelajari Materi di aplikasi Spada dan diskusikan yang meliputi : a) Interview/wawancara b) Kuesioner c) Observasi d) Uji Statistik/ Analisis Data e) Pengujian Hipotesis 4. Terima kasih
Course Modules
Pert 9: Materi Pengumpulan Data, Hipotesis dan Analisis
Hipotesis & Analisis
Petunjuk; 1. Pertemuan 10 dilaksanakan tanggal 6 Mei 2021 Pukul 10.00 s.d 11.30 WIB 2. Metode perkuliahn menggunakan diskusi kelas (ada salah satu kelompok yang bertugas membahas materi tentang Materi tentang membuat kesimpulan penelitian 3. Sub materi yang dibahas: a) Memahami cara merumuskan simpulan; b) Memahami cara membuat saran; dan c) Memahami cara membuat rekomendasi 4. Diskusi menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 5. Penilaian diambil dari kemampuannya dalam mempresentasikan matrei dan menjawab persoalan mahasiswa yang lain, sedangkan untuk audiens, nilai diambil dari aktivitasnya dalam disksui. 6. Terima kasih
Course Modules
Pert 10 : Materi Menyusun Kesimpulan, Saran, dan Rekomendasi
Petunjuk: 1. Pertemuan 11 dilaksanakan tanggal 7 Mei 2021 Pukul 12.30 s.d 14.00 WIB 2. Metode perkuliahn menggunakan review materi penyusunan proposal penelitian oleh dosen, yang membahas tuntas untuk strategi penyusunan proposal 3. Pembahasan menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe 4. Penilaian diambil hasil penyusunan proposal oleh masing-masing mahasiswa dan aktivitasnya dalam disksui. 5. Terima kasih
Course Modules
Pertemuan 12 dilaksanakan tanggal 21 Mei 2021 Pukul 15.30 s.d 17.30 WIB Metode perkuliahn menggunakan diskusi kelas (ada salah satu kelompok yang bertugas membahas materi "Penelitian kualitatif Sub materi yang dibahas: a) Masalah, Fokus, Judul, dan teori; b) Populasi dan Sampel; c) Instrumen dan Teknik Pengumpulan data; d) teknik Analisis Data; dan e) Validitas dan Reliabilitas dalam penelitian kualitatif Diskusi menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Penilaian diambil dari kemampuannya dalam mempresentasikan matrei dan menjawab persoalan mahasiswa yang lain, sedangkan untuk audiens, nilai diambil dari aktivitasnya dalam disksui. Terima kasih
Course Modules
Pert 12. Materi metode Penelitian Kualittaif
Tonton Video ini dan simpulkan dengan tepathttps:/...
Materi Kualitatif
Contoh : Hasil Penelitian Eksperimen
PETUNJUK: Pertemuan 13 dilaksanakan tanggal 27 Mei 2021 Pukul 10.20 s.d 12.30 WIB Metode perkuliahn menggunakan diskusi kelas (ada salah satu kelompok yang bertugas membahas materi " Penelitian case study dan action research" Sub materi yang dibahas: a) Action research; b) Penelitian Tindakan Kelas; dan c) Metode Penelitian Studi Kasus Diskusi menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Penilaian diambil dari kemampuannya dalam mempresentasikan matrei dan menjawab persoalan mahasiswa yang lain, sedangkan untuk audiens, nilai diambil dari aktivitasnya dalam disksui. Terima kasih
Course Modules
Pertemuan 13. CAR dan studi kasus
PETUNJUK: Pertemuan 14 dilaksanakan tanggal 3 Juni 2021 Pukul 10.30 s.d 12.30 WIB Metode perkuliahn menggunakan diskusi kelas (ada salah satu kelompok yang bertugas membahas materi " Penelitian Pengembangan" Sub materi yang dibahas: a) Pengertian; b) Langkah-Langkah dalam Penelitian Pengembangan; c) Makalah dalam Penelitian Pengembangan. Diskusi menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Penilaian diambil dari kemampuannya dalam mempresentasikan matrei dan menjawab persoalan mahasiswa yang lain, sedangkan untuk audiens, nilai diambil dari aktivitasnya dalam disksui. Terima kasih
Course Modules
Pertemuan 14: Materi Penelitian Pengembangan
Pert 14. Materi Tugas
Silahkan diperhatikan dan dicermati video berikut ...
Contoh Penelitian Pengembangan
Petunjuk: Pertemuan 15 dilaksanakan tanggal 10 Juni 2021 Pukul 15.30 s.d 17.30 WIB Metode perkuliahn menggunakan diskusi kelas (ada salah satu kelompok yang bertugas membahas materi " Sistematika Penulisan Skripsi sesuai dengan gaya Selingkung FEB Unikama" Sub materi yang dibahas: a) Format skripsi secara umum; Teknik penulisan skripsi; Penulisan kutipan, rujukan, lampiran, tabel, gambar, dan daftar pustaka (Mendeley); Sistematika penulisan skripsi hasil penelitian kuantitatif; Sistematika penulisan skripsi hasil penelitian Kualitatif; Sistematika penulisan skripsi hasil penelitian pengembangan Diskusi menggunakan media googlemeet dengan alamat sebagai berikut: https://meet.google.com/exp-cbxq-foe Penilaian diambil dari kemampuannya dalam mempresentasikan matrei dan menjawab persoalan mahasiswa yang lain, sedangkan untuk audiens, nilai diambil dari aktivitasnya dalam disksui. Terima kasih
Course Modules
Pertemuan 15. Format Sistematika Penulisan Skripsi Sesuai Gaya Selingkung FEB Unikama
Pertemuan 15. Materi Tambahan Penggunaan Bahasa (PUEBI)
Kerjakan soal berikut dengan tepat dan jelas!
Course Modules
Pert 16. UAS