Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Dasar-dasar Penelitian
Universitas Negeri Malang

Dasar-dasar Penelitian

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SUYONO

Universitas Negeri Malang
AREAS:
Program Studi Pendidikan Dasar

Course Description

Tahun Akademik: Genap 2019/2020 Kelas-Offr: KH-KH Deskripsi: Matakuliah ini mengkaji konsep keterampilan dasar mengajar yang inovatif dan mempraktikkannya dengan mendasarkan pada kemampuan menerapkan keterampilan dasar mengajar dan menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang sesuai untuk pengajaran BSI. Capaian Pembelajaran 5.1 Mahasiswa menguasai pengertian, manfaat, dan tujuan pengajaran mikro. 5.2 Mahasiswa menguasai jenis dan teknk keterampilan dasar mengajar. 5.3 Mahasiswa mampu menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran yang tepat Daftar Pustaka: 1. Marsha, Colin. 2010. Becoming a Teacher: Knowledge, Skills, and Issues. Frenchs Forest: Pearson. 2. Brown, H. Douglas. 2007. Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Longman. 3. Namoco, Sarah. 2018. Principles Teaching 2. Internet. 4. Cooper, James M. 2006. Classroom Teaching Skills. New York: Houghton Mifflin.

Course Syllabus

Hallo, selamat pagi, Assalamu laikum wr.wb. Selamat berjumpa dalam perkuliahan Metode Penelitian Kuantitatif di S2 Keguruan Bahasa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Matakuliah ini memiliki target capaian matakuliah sebagai berikut. 1. Mampu menganalisis konsep penelitian kuantitatif untuk dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian kuantitatif. 2. Mampu menganalisis prosedur penelitian kuantitatif sehingga dapat merencanakan dan melaksanakan penelitian kuantitatif dalam berbagai jenis. 3. Mampu menyusun proposal penelitian kuantitatif yang terkait dengan penelitian pembelajaran bahasa dan sastra sesuai dengan ketentuan lembaga tertentu. 4. Terampil menerapkan konsep dan prosedur penelitian kuantitatif dalam perencanaan dan pelaksanaannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa dan sastra. Perkuliahan akan berlangsung secara daring selama satu semester ini, baik sinkron maupun asinkron. Ada berbagai fasilitas yang akan digunakan di dalam perkuliahan ini. Semua materi diunggah di sipejar, tugas-tugas ada yang dikirim ke sipejar, ditulis di padlet, atau dikirim via email. Selamat mengikuti perkuliahan, semoga sukses dan dapat selesai tepat waktu.
Course Modules
Announcements
Selamat pagi, selamat berjumpa di dalam perkuliahan pertemuan pertama. Pada pertemuan ini mahasiswa memahami filosofi penelitian. Di samping materi yang sangat singkat dari power point berikut, mahasiswa wajib membaca sumber lain tentang filosofi penelitian. Berikut materinya: Open drive.google.com Tugas untuk diskusi minggu kedua membaca 1 judul penelitian kuantitatif bisa dari tesis atau disertasi, dan membaca file tentang Philosophy of quantitative research berikut. http:// Open drive.google.com
Course Modules
Klik link ini untuk menuliskan informasi yang dipa...
Hallo, apa kabar? Apakah semuanya dalam keadaan fit? Pada pertemuan kedua ini, kita akan berdiskusi tentang hasil memahami bacaan laporan penelitian/tesis/disertasi, dan artikel tentang filsafat penelitian. Bagaimana kaitan filsafat penelitian kuantitatif dengan paradigma, konsep, dan jenis penelitian? Berikut ringkasan materinya yang disajikan dalam power point. Open drive.google.com Untuk melengkapi pemahaman tentang paradigma penelitian, khususnya penelitian kuantitatif, mahasiswa wajib memahami artikel berikut. http:// Open drive.google.com
Course Modules
Tugas untuk pertemuan minggu ke-3
Selamat pagi, apa kabar hari ini? Memasuki minggu ketiga kita akan mendiskusikan tema analisis data parametrik dan non parametrik. Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil tugas membaca di dalam bentuk Ppt atau word. Berikut materi untuk memberikan gambaran umum tentang parametrik dan nonparametrik. Open drive.google.com
Course Modules
Contoh Parametrik dan Nonparametrik
Selamat pagi, Topik pada pertemuan ke-4 ini adalah pengembangan kerangka teoritik. Kerangka teoritik diperlukan sebagai dasar pijakan peneliti dalam melakukan penelitian. Proses mengkaji teori sudah dilakukan sebelum penelitian dilakukan untuk memperoleh gambaran umum tentang permasalahan yang telah diteliti, hasil-hasil penelitian yang sudah ada, dan permasalahan yang belum diselesaikan. Referensi terbaik yang dapat digunakan untuk bahan kajian adalah artikel-artikel hasil penelitian yang terdapat di jurnal, atau dari hasil penelitian tesis/disertasi 5 tahun terakhir. Berikut disajikan contoh kerangka teoritik yang dibangun berdasarkan hasil kajian teori. Bacalah dan pahamilah teori dan contoh-contoh berikut. Open drive.google.com Contoh lain Kerangka Konseptual Open drive.google.com Contoh lain Kerangka Teoritik Open drive.google.com
Course Modules
Tugas Menyusun Kerangka Konseptual
Assalamu laikum wr.wb. Minggu ini kita akan membahas tentang topik penulisan kajian kepustakaan, perumusan dan penulisan hipotesis. Berikut materi yang dapat dijadikan bahan untuk menambah wawasan tentang topik. Open drive.google.com
Course Modules
Tugas
Hallo, apa kabar semuanya? Semoga tetap sehat dan semangat mengikuti perkuliahan. Minggu ini materi yang dipelajari adalah materi tentang variabel dan teknik pengumpulan data. Berikut materinya. Tugas untuk pertemuan ke-7: 1. Kelompok yang terdiri dari 2 orang membaca 1 artikel penelitian kuantitatif. Jelaskan apa variabel yang tercantum di dalam artikel tersebut, bagaimana pengumpulan data untuk variabel tersebut , dan bagaimana mengukurnya/menganalisisnya. 2. Presentasi setiap kelompok maksimal 10 menit.
Course Modules
Hallo, apa kabar semuanya? Memasuki minggu ke-7, saya berharap semua mahasiswa sudah mulai memiliki draft latar belakang proposal disertai dengan referensi yang memadai. Pada minggu ini kita akan mendiskusikan proses melakukan validasi instrumen. Materi ini akan masuk pada proposal bagian metode penelitian.
Course Modules
Berikut materinya:
Hari ini kita memasuki pertemuan ke-8 separuh semester. Pada pertemuan ini semua mahasiswa menyerahkan tugas individu berupa Pendahuluan dari sebuah proposal yang terdiri dari: 1. Cover: berisi judul proposal penelitian, logo UM standar, nama mahasiswa, NIM, Prodi, Tugas matakuliah, Fakultas sastra UM, bulan dan tahun 2. Latar belakang masalah (berisi informasi kesenjangan antara harapan dan fakta, dan didasarkan pada kondisi yang ada di dunia tentang topik yang diangkat sebagai masalah penelitian. Gap atau kesenjangan diambil pula dari referensi/rujukan penelitian yang sudah dilakukan peneliti lain baik di dalam maupun di luar negeri. Rujukan diambil dari 5 tahun terakhir bersumber dari jurnal sebanyak 80%, dan 20% dari sumber lain, seperti buku, ensiklopedi, dll). 3. Rumusan masalah atau tujuan penelitian 4. Manfaat penelitian 5. Asumsi dan hipotesis jika ada 6. Definisi operasional 7. Batasan Masalah 8. Daftar Rujukan. Tugas diunggah di Sipejar selambat-lambatnya tanggal 24 November jam 17.00.
Course Modules
Tugas Bab I Proposal Penelitian
Selamat pagi semua, semoga sampai hari ini tetap dalam keadaan sehat. Memasuki pertemuan ke-9, mahasiswa diharapkan sudah dapat menyusun bagian metode penelitian pada tugas proposalnya. Hari ini topik tentang teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data. Tugas minggu depan mahasiswa secara individu menyajikan informasi yang tercantum di proposal terkait teknik pengumpulan data, instrumen yang digunakan, dan analisis yang digunakan. Masing-masing mendapatkan waktu maksimal 10 menit untuk menyampaikan gambaran metode penelitian pada proposalnya. Proposal tugas yang dikumpulkan pada minggu ke-8 harus sudah direvisi sesuai petunjuk yg disampaikan pada pertemuan ke-8. Selamat menempuh studi dan salam sehat.
Course Modules
Berikut materi tentang teknik pengumpulan Data.
Hallo, selamat pagi, apa kabar? Semoga semua tetap sehat. Pada pagi ini mahasiswa menyajikan informasi rencana metode penelitian yang akan dilaksanakan sesuai rancangan penelitian pada proposal masing-masing. Waktu untuk presentasi masing-masing maksimal 10 menit. Selamat dan semoga sukses.
Course Modules
Penyajian Data Deskriptif

Course Modules
Berikut materi untuk analisis statistik inferensia...
Hallo, Assalamu laikum wr.wb. Hari ini kita akan langsung praktik menganalisis data korelasi menggunakan manual di Excel, lalu menggunakan rumus di Excel. Materi diperoleh langsung dari peragaan bersama. Siapkan excel dan contoh data yang telah dikirim via wa grup. Selamat berlatih.
Course Modules
Hallo, Assalamu laikum wr.wb. Hari ini kita akan langsung melanjutkan praktik menganalisis data korelasi menggunakan manual di Excel, lalu menggunakan rumus di Excel yang minggu lalu belum tuntas. Materi diperoleh langsung dari peragaan bersama. Siapkan excel dan contoh data yang telah dikirim via wa grup. Selamat berlatih.
Course Modules

Course Modules
Hallo, mahasiswa semua, apa kabar? Setelah libur selama 2 pertemuan karena natal dan tahun baru, hari ini minggu ke-14 kita lanjutkan materi tentang uji normalitas. Tiga minggu yang lalu Saudara telah berlatih menggunakan analisis SPSS untuk korelasi, baik yang parametrik maupun yang non parametrik. Latihan diawali dengan penggunaan rumus yang terdapat di excel, lalu lanjut ke SPSS. Berikut materi untuk uji normalitas. Selamat berlatih.
Course Modules
Label

Course Modules