I. Identitas Mata Kuliah Kode : KBI1A3 Nama : Pengantar Administrasi Bisnis SKS : 3 SKS Prodi : Administrasi Bisnis Fakultas : Komunikasi dan BIsnis Jenis MK : Mata Kuliah Wajib II. Profil dan Sejarah MK (Deskripsi MK) Mata kuliah ini memang sengaja disusun untuk Prodi Administrasi Bisnis karena menyesuaikan dengan arahan dari Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) sejak awal dibentuknya Prodi ini. Sehingga secara skala nasional. universitas mana pun yang memiliki prodi yang sama, pasti akan menyusun mata kuliah PIAB sebagai mata kuliah utama di jenjang awal perkuliahan. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep Administrasi Bisnis dalam pengelolaan organisasi bisnis (perusahaan) secara profesional. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan mempunyai gambaran dan pemahaman yang komprehensif tentang pengelolaan perusahaan, mulai dari perumusan kebijakan perusahaan sampai dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Perusahaan sukses yang dibangun dengan pemahaman pengelolaan perusahaan yang baik dan profesional, pada gilirannya akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. III. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Mata kuliah ini merupakan pengetahuan mendasar (basic Knowledge) yang harus dipahami oleh mahasiswa yang mengambil bidang keilmuan Administrasi Bisnis. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari tentang konsep Administrasi Bisnis dalam pengelolaan organisasi bisnis (perusahaan) secara profesional. IV. Kaitan Mata Kuliah dengan Mata Kuliah lainnya Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa akan mempunyai gambaran dan pemahaman yang komprehensif tentang pengelolaan perusahaan, mulai dari perumusan kebijakan perusahaan sampai dengan tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Perusahaan sukses yang dibangun dengan pemahaman pengelolaan perusahaan yang baik dan profesional, pada gilirannya akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Maka setelah mengikuti perkuliahan ini, maka mahasiswa akan memiliki basic untuk mata kuliah selanjutnya, antara lain : MK Praktek Bisnis di Indonesia, Teori Organisasi, Kepemimpinan dan Manajemen Sumber Daya Manusia, dan lainya. V. Peta (Struktur) Kemampuan Akhir Tahapan Pembelajaran (PEta CP) Program Learning Outcome (PLO): Area Bisnis Fungsional : lulusan menunjukan pemahaman dan penerapan fungsi bisnis dasar pada semua bidang fungsional dalam administrasi bisnis. Course Learning Outcomes (CLO) PLO yang di dukung CLO 01 Mahasiswa mampu memahami konsep dan teori Ilmu Administrasi Bisnis, PLO 01 CLO 02 Mahasiswa mampu memahami penerapan teori dan konsep administrasi bisnis terkini untuk membuat keputusan-keputusan bisnis dengan memperhatikan keterkaitan bisnis, PLO 01 CLO 03 Mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep dan teori Administrasi Bisnis dalam pengelolaan bisnis secara profesional. PLO 01 VI. Peta Materi (Kajian) atau Pokok Bahasan a. Overview Konsep Ilmu Administrasi : Arti Administrasi secara etimologis, secara sempit, dan secara luas Hakekat Pentingnya Administrasi dalam Arti Luas Pentingnya Peran Administrasi Dalam Kehidupan & Perkembangan Masyarakat Pentingnya peran Administrasi bagi kehidupan sosial dan perkembangan kemasyarakatan. b. Overview Sejarah Pemikiran Ilmu Administrasi dan perkembangannya di Indonesia : Administrasi ada bersama-sama dengan timbulnya Peradaban Manusia. Sekuensi perkembangan pemikiran Administrasi: 1) Perkembangan pemikiran Administrasi sebagai SENI; 2) Perkembangan Administrasi sebagai ILMU; 3) Perkembangan pemikiran Administrasi & Manajemen di Indonesia c. Overview Kedudukan Ilmu Administrasi sebagai seni, ilmu, bidang studi dan profesi, serta hubungan antara Ilmu Administrasi dengan ilmu lainnya : Kedudukan Ilmu Administrasi: 1) Administrasi sebagai seni; 2) Administrasi sebagai ilmu; 3) Administrasi sebagai "Bidang Studi" atau "Disiplin Akademik", 4) Administrasi sebagai "Profesi". Hubungan Ilmu Administrasi dengan Ilmu-ilmu lain. d. Overview Dimensi-dimensi Ilmu Administrasi, dan perbedaan antara Administrasi, Manajemen, dan Organisasi : Berbagai Pandangan tentang Dimensi- Dimensi Ilmu Administrasi, Dimensi-dimensi Ilmu Administrasi Suatu Perspektif, Pandangan Tentang Administrasi dan Manajemen. e. Overview Pengertian, Tujuan, dan Fungsi Bisnis : Pemahaman Masyarakat, Pengertian dan Definisi Bisnis, Sejarah Bisnis, Tujuan Bisnis, Fungsi Bisnis. f. Overview Hubungan Bisnis dengan Politik, Perekonomian, dan Pemerintah: Bisnis dan Politik Bisnis dan Perekonomian Bisnis dan Pemerintah. g. Overview Administrasi Bisnis s ebagai Fenomena Sosial : Perkembangan interaksi manusia dalam kelompok dan lingkungannya, Perkembangan Administrasi sebagai sebuah sistem, Perkembangan Administrasi Bisnis modern, Administrasi bisnis pendukung Sustainable Competitive Advantage (sca), Aspirasi Administrasi Bisnis dalam pembangunan di Indonesia. h. Overview Organisasi Bisnis dan Bentuk-bentuk Perusahaan : Dimensi Konsepsional Administrasi: Organisasi & Manajemen, Aspek Manajerial sebagai Fungsi dari Administrasi Bisnis, Organisasi Sebagai Struktur Dari Administrasi Bisnis, Bentuk-Bentuk Organisasi Bisnis (Perusahaan). i. Overview K egiatan Bisnis dan Lingkungannya : Jenis-jens Kegiatan Bisnis Lingkungan Bisnis Tantangan & Peluang Dalam Lingkungan Bisnis j. Overview Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan : Konsep kepemimpinan, Teori kepemimpinan, Pengambilan, keputusan sebagai salah satu dimensi ilmu administrasi, Proses pengambilan keputusan. k. Penerapan Kebijakan Administrasi Bisnis dan Manajemen Stratejik : Pemahaman tentang kebijakan, Alur kebijakan dan strategi bisnis, Berpikir skenario, Membangun skenario, Dimensi-dimensi strategi l. Overview Konsep Kewirausahaan dan M emulai Bisnis Mandiri : Pemahaman Kewirausahaan Memulai Bisnis Baru m. Overview Etika Bisnis : Konsep Etika Unethical behavior Membangun Etika Bisnis n. Overview Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR): Konsep tanggung jawab sosial perusahaan, Evaluasi kinerja tanggung jawab sosial perusahaan, Mengelola reaksi terhadap tuntutan sosial, Budaya, tanggung jawab sosial dan citra. VII. Rencana Pemblejaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning (Navigasi Belajar Mandiri Online untuk Satu Mata Kuliah) Mata kuliah berbasis e-learning akan diberikan pada semua pertemuan dengan masing-masing diwakili oleh 1 sub topik. VIII. Best Practice Untuk menguasai Mata Kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis adalah memperbanyak sumber bacaan dan mengikuti rencana pembejaran mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis. IX. Diberikan informasi terkait sertifikasi yang berkaitan Tidak ada sertifikasi khusus karena ini MK yang basic. X. Referensi Mata Kuliah Buku Utama Silalahi, Ulbert., Studi tentang Ilmu Administrasi, Sinar Baru Algensindo, Bandung 2007. Greenber, Jerald and Robert A Baron, Behavior in Organization, Pearson Education, New Jersey, 2003. Boone, Gene & Dave Kurtz, Contemporary Business, 2008, Salemba Empat. Poerwanto: New Business Administration, Pustaka Pelajar Offset, 2006 Buku Pendukung Alma, Buchari. 2009. Pengantar Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta. Siagian, Sondang: Filsafat Administrasi, Bumi Aksara, 2008. Rudito Bambang, Melia Famiola, Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Indonesia, Rekayasa Sains, Bandung, 2007. No Bentuk Assessment CLO yang dinilai Nama Asessment Bobot Asessment Total Bobot Per Bentuk Assement 1 QUIZ CL0 01 QUIZ 01 5% 25% CLO 02 QUIZ 02 10% CLO 03 QUIZ 03 10% 2 Exam CLO 01, CLO 02 Mid Exam 30% 30% 3 Exam CLO 02, CLO 03 Final Exam 30% 30% 3 TUGAS CLO 02-02, CLO 03-03 TUGAS Kelompok 15% 15% TOTAL 100% 100% XII. Identitas Dosen Pengampu Dosen Kordinator : Cut Irna Setiawati, S.AB., MM. Dosen Pengampu 1 : Dr. Ida Nurnida, MM.
Course Modules