Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
CUSTOMER SERVICE & PUBLIC RELATION
Universitas Telkom

CUSTOMER SERVICE & PUBLIC RELATION

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

RENNYTA YUSIANA

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Manajemen Pemasaran

Course Description

Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan masuk pada semester 4 Kurikulum 2016 dan merupakan salah satu mata kuliah wajib diantara 38 mata kuliah wajib lainnya, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan ciri khas agar mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan spesifik dalam bidang pelayanan sebagai bagian dari kegiatan pemasaran perusahaan dan public relations yang baik dalam rangka peningkatan citra perusahaan. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan tentang customer service dan public relation. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa profesi customer service, Introduction customer service, Service Culture, Komunikasi verbal dan nonverbal, Mendengarkan pelanggan, Customer service dan perilaku pelanggan, Service breakdown dan recovery, Customer Service in a diverse world, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service dan Peningkatan loyalitas pelanggan. Mahasiswa akan memperoleh materi public relation mengenai cara Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations, Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image, Proses dan aspek manajemen Public Relations dan Metode Public Relation Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini dirancang agar lulusan Prodi D3 Manajemen Pemasaran; 1) mampu melayani kebutuhan pelanggan, dapat memberikan solusi atas permasalahan pelanggan, dapat membina baik hubungan dengan pelanggan dan mampu mempromosikan serta menjual produk-produk perusahaan; 2) mampu memberi identitas perusahaan dengan tepat dan benar, serta mampu mengkomunikasikannya kepada public sehingga public memiliki kepercayaan dan pengertian yang benar terhadap perusahaan. Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini mengalami pembaharuan pada kurikulum 2016. Dahulu nama mata kuliah ini adalah Customer Service Management (AM411173), diberikan pada semester 4 dengan 3 sks dan tanpa praktikum. Pembahasan di mata kuliah terdahulu hanya untuk konsep customer service management. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Urgensi mata kuliah Customer Service dan Public Relations karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dari program studi Manajemen Pemasaran, dimana mata kuliah ini merupakan fundamental atau dasar dan wawasan spesifik dalam kegiatan pemasaran dan merupakan mata kuliah wajib mendasar yang menjiwai dari program studi ini. Mahasiswa memahami nilai-nilai dan kemampuan seorang Customer Service dan Public Relations yang diwujudkan dalam kreasi dan inovasi yang bersifat fleksibel sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha. Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya Prasyarat mata kuliah Customer Service dan Public Relations sudah sesuai dengan organigram Kurikulum 2016 adalah Manajemen Pemasaran. Peta Capaian Pembelajaran (CP) Pokok Bahasan Secara garis besar , konten terbagi menjadi: 11 pokok bahasan yang akan dilaksanakan sebanyak 13 minggu pertemuan, diantaranya: Pokok bahasan 1 : Introduction Customer Service Pokok bahasan 2 : Service Culture Pokok bahasan 3 : Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pokok bahasan 4 : Mendengarkan pelanggan Pokok bahasan 5 : Customer service dan perilaku pelanggan Pokok bahasan 6 : Service Breakdown and Recovery Pokok bahasan 7 : Customer Service in a diverse world & teknologi informasi Pokok bahasan 8 : Customer Service in a diverse world & teknologi informasi Pokok bahasan 9 : Peningkatan loyalitas pelanggan Pokok bahasan 10 : Konsep Public Relations dan Corporate Image Pokok bahasan 11 : Konsep Public Relations dan Corporate Image Pokok bahasan 12 : Proses dan aspek manajemen Public Relations Pokok bahasan 13 : Metode Public Relations Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Best Practice (Tips dan Trick) Untuk menjadi Customer Service dan Public Relations yang sukses, kuasai diantaranya :: 1. Menanamkan keinginan membantu orang lain 2. Dapat membina hubungan baik dengan pelanggan 3. Mampu berkomunikasi dengan baik 4. Mampu memberikan solusi yang tepat 5. Mampu mempromosikan dan menjual produk Sertifikasi Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Customer Service dan Public Relations : 1. BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI (BNSP) Customer Service dan Public Relations (Kehumasan) 2. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service - LSP Koperasi 3. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service - Edukatama 4. Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI) Referensi Mata Kuliah 1. Lucas, Robert W, Customer Service: Skills for success, 6th edition, McGraw Hill, 2017 2. Kaufman, Ron, Up Your Service, Ron Kaufman Pte Ltd, 2012 3. Harris, Elaine K, Customer Service: A Practical Approach, 6th Edition, Prentice Hall , New Jersey, 2012 4. Elvinaro, Ardianto (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media 5. Anggoro, M Linggar (2005). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasnya di Indonesia, Bumi Aksara. 6. Black, Sam (2004). Practical Public Relations. New Delhi. Universal Book Stall 7. Center, Alen H dan Patrick C Jackson (2002). Public Relations : Managerial Case Study and Problem. New Delhi. Prentice Hall India 8. Elvinaro, Ardianto (2011). Handbook of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media. 9. Elvinaro, Ardianto (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitati dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media

Course Syllabus

Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) di Program Studi D3 Manajemen Pemasaran Fakultas Ilmu Terapan masuk pada semester 4 Kurikulum 2016 dan merupakan salah satu mata kuliah wajib diantara 38 mata kuliah wajib lainnya, mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan ciri khas agar mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan spesifik dalam bidang pelayanan sebagai bagian dari kegiatan pemasaran perusahaan dan public relations yang baik dalam rangka peningkatan citra perusahaan. Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan wawasan tentang customer service dan public relation. Mahasiswa akan memperoleh materi berupa profesi customer service, Introduction customer service, Service Culture, Komunikasi verbal dan nonverbal, Mendengarkan pelanggan, Customer service dan perilaku pelanggan, Service breakdown dan recovery, Customer Service in a diverse world, Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service dan Peningkatan loyalitas pelanggan. Mahasiswa akan memperoleh materi public relation mengenai cara Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations, Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image, Proses dan aspek manajemen Public Relations dan Metode Public Relation Profil dan Sejarah Mata Kuliah Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini dirancang agar lulusan Prodi D3 Manajemen Pemasaran; 1) mampu melayani kebutuhan pelanggan, dapat memberikan solusi atas permasalahan pelanggan, dapat membina baik hubungan dengan pelanggan dan mampu mempromosikan serta menjual produk-produk perusahaan; 2) mampu memberi identitas perusahaan dengan tepat dan benar, serta mampu mengkomunikasikannya kepada public sehingga public memiliki kepercayaan dan pengertian yang benar terhadap perusahaan. Mata kuliah Customer Service dan Public Relations (DMH2I4) ini mengalami pembaharuan pada kurikulum 2016. Dahulu nama mata kuliah ini adalah Customer Service Management (AM411173), diberikan pada semester 4 dengan 3 sks dan tanpa praktikum. Pembahasan di mata kuliah terdahulu hanya untuk konsep customer service management. Relevansi (Urgensi) Mata Kuliah Urgensi mata kuliah Customer Service dan Public Relations karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dari program studi Manajemen Pemasaran, dimana mata kuliah ini merupakan fundamental atau dasar dan wawasan spesifik dalam kegiatan pemasaran dan merupakan mata kuliah wajib mendasar yang menjiwai dari program studi ini. Mahasiswa memahami nilai-nilai dan kemampuan seorang Customer Service dan Public Relations yang diwujudkan dalam kreasi dan inovasi yang bersifat fleksibel sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia usaha. Kaitan dengan Mata Kuliah lainnya Prasyarat mata kuliah Customer Service dan Public Relations sudah sesuai dengan organigram Kurikulum 2016 adalah Manajemen Pemasaran. Peta Capaian Pembelajaran (CP) Pokok Bahasan Secara garis besar , konten terbagi menjadi: 11 pokok bahasan yang akan dilaksanakan sebanyak 13 minggu pertemuan, diantaranya: Pokok bahasan 1 : Introduction Customer Service Pokok bahasan 2 : Service Culture Pokok bahasan 3 : Komunikasi Verbal dan Non Verbal Pokok bahasan 4 : Mendengarkan pelanggan Pokok bahasan 5 : Customer service dan perilaku pelanggan Pokok bahasan 6 : Service Breakdown and Recovery Pokok bahasan 7 : Customer Service in a diverse world & teknologi informasi Pokok bahasan 8 : Customer Service in a diverse world & teknologi informasi Pokok bahasan 9 : Peningkatan loyalitas pelanggan Pokok bahasan 10 : Konsep Public Relations dan Corporate Image Pokok bahasan 11 : Konsep Public Relations dan Corporate Image Pokok bahasan 12 : Proses dan aspek manajemen Public Relations Pokok bahasan 13 : Metode Public Relations Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis e-Learning Best Practice (Tips dan Trick) Untuk menjadi Customer Service dan Public Relations yang sukses, kuasai diantaranya :: 1. Menanamkan keinginan membantu orang lain 2. Dapat membina hubungan baik dengan pelanggan 3. Mampu berkomunikasi dengan baik 4. Mampu memberikan solusi yang tepat 5. Mampu mempromosikan dan menjual produk Sertifikasi Sertifikasi yang berkorelasi dengan mata kuliah Customer Service dan Public Relations : 1. BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI (BNSP) Customer Service dan Public Relations (Kehumasan) 2. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service - LSP Koperasi 3. Pelatihan dan Sertifikasi Customer Service - Edukatama 4. Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSPPRI) Referensi Mata Kuliah 1. Lucas, Robert W, Customer Service: Skills for success, 6th edition, McGraw Hill, 2017 2. Kaufman, Ron, Up Your Service, Ron Kaufman Pte Ltd, 2012 3. Harris, Elaine K, Customer Service: A Practical Approach, 6th Edition, Prentice Hall , New Jersey, 2012 4. Elvinaro, Ardianto (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media 5. Anggoro, M Linggar (2005). Teori dan Profesi Kehumasan Serta Aplikasnya di Indonesia, Bumi Aksara. 6. Black, Sam (2004). Practical Public Relations. New Delhi. Universal Book Stall 7. Center, Alen H dan Patrick C Jackson (2002). Public Relations : Managerial Case Study and Problem. New Delhi. Prentice Hall India 8. Elvinaro, Ardianto (2011). Handbook of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media. 9. Elvinaro, Ardianto (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Kuantitati dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media
Course Modules
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Introduction Customer Service. CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa dapat memahami Profesi customer service Mahasiswa dapat memahami pertumbuhan sektor jasa Mahasiswa dapat memahami Faktor-Faktor Terkait Organisasi yang berfokus pada Pelanggan Mahasiswa dapat memahami Peralihan perilaku konsumen Mahasiswa dapat memahami Lingkungan customer service MATERI PEMBELAJARAN Profesi customer service Pertumbuhan sektor jasa Faktor-Faktor Terkait dengan Organisasi yang berfokus pada Pelanggan Peralihan perilaku konsumen Lingkungan customer service
Course Modules
Quiz Review 1 CSPR
Tugas Mingguan Bab 1 CSPR
Lecture Note Bab 1 INTRODUCTION CUSTOMER SERVICE
1. INTRODUCTION CUSTOMER SERVICE
2. What is Customer Service
3. Customer Service is Important
PPT Perspektif Baru Pemasaran dalam Ekonomi Jasa
Modul Perspektif Baru Pemasaran Jasa
Tugas 1
Quiz 1
Sektor Jasa Industri Dipetakan
Industri Jasa dan Pergudangan Dongrak Ekonomi RI 5,27%
Pertumbuhan Sektor Jasa Kalahkan Industri Manufaktur
Sektor jasa bisa jadi pendorong ekonomi Indonesia, ini syaratnya
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Service Culture CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan mengenai service culture Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan mengenai cara meningkatkan Strategi pelayanan MATERI PEMBELAJARAN Definisi service culture Cara meningkatkan Strategi pelayanan Sistem ramah pelanggan 12 strategi pendukung service culture Keinginan pelanggan
Course Modules
Quiz Review 2 CSPR
Tugas Mingguan Bab 2 CSPR
Lecture Note Bab 2. Service Culture
1. Creating an "At Your Service" Culture
2. How to create a customer service culture
3. What is a Service Culture?
PPT Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Modul Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Tugas 2
Quiz 2
Perilaku Konsumen Pada Pemasaran Jasa
Sembilan Tren Perilaku Konsumen
Analisis perilaku konsumen dalam proses keputusan pembelian akses internet telkomsel flash
Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Jasa Pegadaian
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Komunikasi Verbal dan Non Verbal CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan mengenai komunikasi verbal Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan mengenai komunikasi non verbal MATERI PEMBELAJARAN Komunikasi Verbal; Pentingnya komunikasi efektif/positif Komunikasi dua arah Negatif Komunikasi Komunikasi efektif/positif Umpan balik Pelayanan tegas dan agresif Komunikasi NonVerbal Definisi komunikasi nonverbal Cakupan perilaku nonverbal Peranan gender dalam komunikasi nonverbal Pengaruh budaya terhadap komunikasi nonverbal Perilaku kontra produktif Strategi peningkatan komunikasi nonverbal Manfaat perilaku berfokus pada pelanggan
Course Modules
Quiz Review 3 CSPR
Tugas Mingguan Bab 3. Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Lecture Note Bab 3. Komunikasi Verbal dan Non Verbal
1. KOMUNIKASI NON-VERBAL DAN VERBAL
PPT Positioning Jasa di dalam Pasar yang Kompetitif
Modul Positioning Jasa di dalam Pasar yang Kompetitif
2. Non Verbal Communication
Tugas 3
Quiz 3
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Mendengarkan Pelanggan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan karakteristik pendengar yang baik Mahasiswa mampu mengetahui, memahami penyebab terhambatnya proses mendengar MATERI PEMBELAJARAN Mengapa mendengar itu penting? Apakah mendengar itu? Karakteristik pendengar yang baik Penyebab terhambatnya proses mendengar Strategi peningkatan kemampuan mendengar Teknik pengumpulan informasi
Course Modules
Quiz Review Bab 4. CSPR
Lecture Note Bab 4. Mendengarkan Pelanggan
Tugas Mingguan Bab 4. CSPR
Forum Bab 4. Mendengarkan Pelanggan
PPT Bauran Pemasaran Jasa
Modul Bauran Pemasaran Jasa
Diskusi 4
Tugas 4
Quiz 4
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Customer Service dan perilaku pelanggan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan gaya perilaku Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan berkomunikasi dengan orang dengan gaya komunikasi berbeda Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan MATERI PEMBELAJARAN Apakah gaya perilaku? Mengidentifikasi gaya perilaku Berkomunikasi dengan orang dengan gaya komunikasi berbeda Membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan Persepsi
Course Modules
Quiz Review 5 CSPR
Lecture Note Bab. 5 Customer Service dan Perilaku Pelanggan
Tugas Mingguan Bab 5. CSPR
Forum Bab 5. Customer Service dan Perilaku Pelanggan
PPT Pengembangan Produk Jasa (Product)
Modul Pengembangan Produk Jasa
Diskusi 5
Tugas 5
Quiz 5
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Service Breakdown dan Service Recovery CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Service Breakdown Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Service Recovery MATERI PEMBELAJARAN Service Breakdown; Apa yang dimaksud dengan pelayanan yang cacat? Peran gaya perilaku Menangani emosi Alasan pelanggan pindah ke perusahaan lain Service Recovery Strategi menanggulangi ketidakpuasan pelanggan dan pemecahan masalah Proses pemecahan masalah Implementasi strategi pemulihan layanan
Course Modules
Quiz Review Bab 6. CSPR
Lecture Note Bab 6 Service Breakdown & Recovery
Tugas Mingguan Bab 6 CSPR
Forum Bab 6. Service Breakdown & Recovery
3. Communication Breakdowns in Customer Service
PPT Pendistribusian Layanan Melalui Saluran Fisik dan Elektronik (Place)
Modul Distribusi Layanan
Diskusi 6
Tugas 6
Quiz 6
Memahami Saluran Promosi & Distribusi
Analisis Distribui GOJEK
Place in Service marketing mix - Service location and transactions in services
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan CUSTOMER SERVICE IN A DIVERSE WORLD CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Ruang lingkup keanekaragaman Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Nilai budaya Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Quality service pada diverse grup MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dibahas mengenai; 1. Ruang lingkup keanekaragaman 2. Nilai budaya 3. Quality service pada diverse grup (languange differences) 4. Quality service pada diverse grup (Disabilities) 5. Quality service pada diverse grup (Elderly customers) 6. Quality service pada diverse grup (Younger customers) 7. Positive global service
Course Modules
Lecture Note Bab 7 Customer Service In a Diverse World
Tugas Mingguan bab 7 CSPR
Forum Bab 7. Customer Service In a Diverse World dan Teknologi Informasi
Quiz Review Bab 7 CSPR
1. Diversity in Workplace and Customer Service
2. Customer Service and Diversity
3. Diversity in Customer Service Environments by Bob Lucas
PPT Penetapan Harga (Price)
Modul Penetapan Harga
Diskusi 7
Tugas 7
Quiz 7
Strategi Penetapan Harga
Pricing Strategy An Introduction
Marketing: Pricing
Marketing Mix: Pricing Strategies
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Perkembangan teknologi dan Peningkatan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan pelanggan Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Jenis teknologi yang digunakan dalam Customer Service Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Keuntungan dan kerugian menggunakan teknologi Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan mengenai Etika pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dibahas mengenai; 1. Perkembangan teknologi 2. Peningkatan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam pelayanan pelanggan 3. The call center or help desk 4. Jenis teknologi yang digunakan dalam Customer Service 5. Keuntungan menggunakan teknologi 6. Kerugian menggunakan teknologi 7. Etika pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi
Course Modules
Lecture Note Bab 8. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service
Tugas Mingguan Bab 8. CSPR
Forum Bab 8. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service
Quiz Review Bab 8 CSPR
1. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam customer service
2. Bagaimana Cara Memanfaatkan Teknologi Informasi Dengan Baik
3. Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari - hari
PPT Mempromosikan Layanan dan Mengedukasi Pelanggan (Promotion)
Modul Promosi Layanan
Diskusi 8
Tugas 8
Quiz 8
Promotions Mix
Promotion
Pengertian Promosi dan Komunikasi Pemasaran - Tahap-tahapnya
The Marketing Mix - Marketing Promotion
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Peningkatan Loyalitas Pelanggan CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Peranan kepercayaan dan Pentingnya manajemen hubungan pelanggan (CRM) Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Karakteristik penyedia yang mempengaruhi loyalitas pelanggan Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan cara meningkatkan kualitas MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dibahas mengenai; 1. Peranan kepercayaan 2. Pentingnya manajemen hubungan pelanggan (CRM) 3. Karakteristik penyedia yang mempengaruhi loyalitas pelanggan 4. Bertanggung jawab terhadap hubungan dengan pelanggan 5. Mengutamakan pelanggan 6. Meningkatkan kepuasan pelanggan 7. Peningkatan kualitas
Course Modules
Lecture Note Bab 9. Peningkatan Loyalitas Pelanggan
Tugas Mingguan Bab 9. CSPR
Forum Bab 9. Peningkatan Loyalitas Pelanggan
Quiz Review Bab 9 CSPR
1. Menciptakan Nilai, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
2. Cara Memenangkan Hati Customer - Coach Hendra Hilman
3. Cara untuk membangun loyalitas pelanggan, Membuat Pelanggan Setia
PPT Merancang Proses Jasa (Process) dan Merancang Lingkungan Layanan (Physical Evidence)
Modul Flowchart & Servicescape
Diskusi 9
Tugas 9
Quiz 9
Service blueprint & Service process explained with example
Flowchart JNE Tugas Pemasaran Jasa
Flowchart pembelian tunai
Physical Evidence in Service Marketing mix
Physical evidence part 2 - Servicescape and tangibles in Services Marketing
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Pentingnya keterampilan komunikasi dan Efek komunikasi Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Konsep, Fungsi, dan Elemen Public Relations Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Eksternal dan Internal Public Relations serta Pembentukan opini publik MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dibahas mengenai; 1. Pentingnya keterampilan komunikasi 2. Efek komunikasi 3. Konsep Public Relations 4. Fungsi Public Relations 5. Elemen Public Relations 6. Eksternal dan Internal Public Relations 7. Pembentukan opini publik
Course Modules
Lecture Note BAB 10• Menjalin Hubungan Internal Dan Eksternal Dalam Public Relations
Tugas Mingguan Bab 10 CSPR
Forum Bab 10 Menjalin Hubungan Internal dan Eksternal Dalam Public Relations
Quiz Revies Bab 10 CSPR
1. What is Public Relations?
2. Membangun citra positif
3. Memahami Reputasi Perusahaan
PPT Sumber Daya Manusia (People)
Modul Sumber Daya Manusia
Diskusi 10
Tugas 10
Quiz 10
People in services marketing - How to manage your employees in service marketing
Marketing Mix People, Process and Physical evidence
Pengaruh People
Strategi Bauran Pemasaran (People)
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Tolak ukur mencapai citra positif dan Media yang digunakan untuk membentuk citra Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Corporate Communications, Identitas, Citra dan Reputasi Perusahaan MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini akan dibahas mengenai; 1. Tolak ukur mencapai citra positif 2. Media yang digunakan untuk membentuk citra 3. Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image 4. Corporate Communications 5. Identitas Perusahaan 6. Citra Perusahaan 7. Reputasi Perusahaan
Course Modules
Lecture Note BAB 11. Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image
Tugas Bab 11 CSPR
Forum BAB 11. Peran Public Relations dalam membangun Corporate Image
Quiz Review Bab 11 CSPR
1. Public Relations and Corporate Image
2. Membangun Citra Diri Perusahaan
3. Public Relations and Corporate Communications
PPT Service Quality
Modul Service Quality
Diskusi 11
Tugas 11
Quiz 11
Five Dimensions of Service Quality
Service Gap model - Gap analysis explained
How to provide good Service quality - Determinants of Good quality of service
CUSTOMER SATISFACTION AND SERVICE QUALITY
Service Quality in Hotels
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan PROSES DAN ASPEK MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Fact Finding, Planning, Comunicating, dan Evaluating. Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Peran PR dalam Bisnis dan Pemerintahan dan Perekayasaan Opini Public MATERI PEMBELAJARAN Pada Bab ini dibahas mengenai Proses dan aspek manajemen Public Relations; a. Fact Finding b. Planning c. Comunicating d. Evaluating e. Peran PR dalam Bisnis dan Pemerintahan f. Perekayasaan Opini Public
Course Modules
Lecture Note Bab 12. Proses dan Aspek Manajemen Public Relations
Tugas Mingguan Bab 12. CSPR
Forum Bab 12. Proses dan Aspek Manajemen Public Relations
Quiz Review Bab 12 CSPR
1. Public Relations Management
2. Public Relation, Fungsi dan Peranannya Bagi Perusahaan
3. Digital PR
PPT Perkembangan Teknologi Internet pada Pemasaran Jasa & E - Service Quality
Modul E - Service Quality
Diskusi 12
Tugas 12
Quiz 12
Customer Satisfaction and Service Quality
E‐service quality: a model of virtual service quality dimensions
E-Service Quality Dimensions and Their Effects on E-Customer Satisfaction in Internet Banking Services
E-Service Quality: A Conceptual Model
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat bertemu pada pokok bahasan METODE PUBLIC RELATIONS CAPAIAN PEMBELAJARAN Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Media Relations, Media Public relations kontemporer, Marketing public relations, dan Marketing communications Mahasiswa mampu mengetahui, memahami dan menjelaskan Public relations dan advertising, Public relations dan marketing serta Penulisan Public Relations MATERI PEMBELAJARAN Pada bab ini dibahas mengenai Metode Public Relations; a. Media Relations b. Marketing public relations c. Marketing communications d. Public relations dan advertising e. Public relations dan marketing f. Media Public relations kontemporer g. Penulisan Public Relations
Course Modules
Lecture Note Bab 13. Metode Public Relations
Tugas Mingguan Bab 13. Metode Public Relations
Forum Bab 13. Metode Public Relations
Quiz Review Bab 13. CSPR
1. Public Relations Tools
2. Difference Between Advertising and Public Relations
3. Media PR Kontemporer