A. Aspek Sikap S.1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; S.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral dan etika ; S.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila; S.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki- nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; S.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain; S.6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ; S.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ; S.8 Menginternisasikan nilai, norma, dan etika akademik ; S.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri ; S.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ; B. Aspek Pengetahuan P.1 Menguasai konsep mengenai latar belakang, arti, makna dari organisasi PGRI serta motivasi guru berorganissai. P.2 Memahami konsep mengenai dasar, tujuan, misi, visi, strategi, jati diri, sifat dan semangat PGRI. P.3 Memahami konsep mengenai profesi guru , status guru dan guru profesional. P.4 Menguasai konsep mengenai keanggotaan, struktur, dan Organisasi PGRI serta Serikat Pekerja. P.5 Memahami konsep hubungan PGRI dengnan education international (EI.) P.6 Memahami konsep strategi dan hasil perjuangan PGRI. P.7 Memahami konsep kode Etik Guru, Atribut Guru dan Hymne Guru. P.8 Memahami konsep peranan PGRI dalam pembanguan pendidikan nasional dan desentralisasi pendidikan. C. Aspek Keterampilan Umum KU.1 Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. KU.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. KU.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, teman sejawat, baik di dalam maupun di luar negeri. KU.7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya serta tindak lanjut dari aplikasi dan dampaknya tehadap kebijakan. D. Aspek Keterampilan Khusus KK.1 Mampu menganalisis masalah-masalah kebijakan pendidikan yang terkait dengan kemasyarakatan, sosial budaya, kebangsaan dan kenegaraan, dalam bidang organisasi PGRI seperti latar belakang lahirnya PGRI, sejarah PGRI, jati diri PGRI, tujuan PGRI, PGRI sebagai organisasi serikat pekerja. CAPAIAN MATA KULIAH (LO MATA KULIAH) M.1 Mampu memahami latarbelakang, arti, makna dari organisai PGRI serta motivasi guru berorganisasi. M.2 Mampu memahami konsep dasar, landasan, tujuam, misi visi, strategi, jati diri, sifat dan semangat PGRI. M.3 Mampu mengungkap konsep profesi guru, status guru dan guru profesional berdasarkan kebijakan pemerintah. M.4 Mampu menjelaskan keanggotaan, struktur PGRI, organisasi PGRI dan Serikat Pekerja. M.5 Mampu menjelaskan hubungan PGRI dengan education International (EI.) M.6 Mampu menganalisas strategi dan hasil perjuangan PGRI. M.7 Mampu menjelaskan kode etik, Atribut dan Hymen Guru. M.8 Mampu menganalisa dan mengaplikasikan peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan nasional dan desentralisasi Pendidikan.
Course Modules