Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
KE-PGRI-AN
STKIP PGRI Sumatera Barat

KE-PGRI-AN

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

WAHYUDI RAHMAT

STKIP PGRI Sumatera Barat
AREAS:
Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

Course Description

Nama Wahyudi Rahmat, M.Hum Tempat/Tanggal Lahir Mungka, 19 Juni 1990 Jenis Kelamin Laki-laki Email wahyudirahmat24@gmail.com WhatsApp 085664494180 Riyawat Pendidikan - S1 : Universitas Andalas - S2 : Universitas Andalas - S3 : (University Malaysia Kelantan -on Progress) Matakuliah yang diampu 1. Psikolinguistik 2. Metode Penelitian Bahasa 3. Semantik 4. Sosiolingustik 5. Ke-Minangkabau-an 6. Ke-PGRI-an Link Google Scholar https://scholar.google.co.id/citations?user=_VJ2d-QAAAAJ&hl=id Link Profil Sinta http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=205652&view=overview

Course Syllabus


Course Modules
Silakan bergaung dengan GWA PGRI 13.00
Nama Wahyudi Rahmat, M.Hum Tempat/Tanggal Lahir Mungka, 19 Juni 1990 Jenis Kelamin Laki-laki Email wahyudirahmat24@gmail.com WhatsApp 085664494180 Riyawat Pendidikan - S1 : Universitas Andalas - S2 : Universitas Andalas - S3 : (University Malaysia Kelantan -on Progress) Matakuliah yang diampu 1. Psikolinguistik 2. Metode Penelitian Bahasa 3. Semantik 4. Sosiolingustik 5. Ke-Minangkabau-an 6. Ke-PGRI-an Link Google Scholar https://scholar.google.co.id/citations?user=_VJ2d-QAAAAJ&hl=id Link Profil Sinta http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail?id=205652&view=overview
Course Modules
Selamat datang mahasiswa yang mecerdaskan dan menginspirasi anak bangsa, dunia yang sesungguhnya untuk generasi pembelajar. Baiknya sebuah nilai, kemantapan dalam beretika serta mencari tahu kecacatan logika para pengajar adalah tugas mahasiswa. Hidup Anda tidak pernah diambil oleh orang lain, jadi pilihlah jalan Anda dan dapatkan secepat mungkin. Generasi pembelajar harus mampu menjawab tantangan zaman. Sebab, hidup adalah rangkaian tanya. Sehingga mahasiswa adalah generasi yang harus selalu mencari jawabannya. Kuliah itu memahami, bukan menghapal" Selamat datang dalam perkulihan ini Jangan Lupa Subscribe dan Follow Sosial Media Saya Youtube: www.youtube.com/c/WahyudiRM Instagram: https://www.instagram.com/wahyudirm19/?hl=en Twitter: https://twitter.com/WahyudiRM19
Course Modules
Matakuliah Kode Matakuliah Jenjang SKS
Course Modules
Mata kuliah Ke-PGRI-an dikategorikan sebagai mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat, yang bertujuan mengkaji tentang seluk beluk organisasi PGRI yang meliputi: (1) Latar belakang organisasi PGRI; (2) Organisasi PGRI dan motivasi guru berorganisasi; (3) Dasar, landasan dan tujuan PGRI;(4) Visi, Misi dan kepemimpinan organisasi; (5) Jati diri, sifat-sifat dan semangat PGRI; (6) Profesi, status, guru professional dan Perlindungan hukum terhadap guru; (7) Keanggotaan, Struktur dan Keuangan PGRI; (8) Organisasi PGRI dan Serikat Pekerja (Trade Union); (9) Hubungan PGRI dengan EI (Education International); (10) Perjuangan PGRI terhadap Mitra Kerja; (11) Hasil Perjuangan Guru bersama PGRI; (12) Kode etik, atribut dan Hymne Guru; (13) Peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan Nasional dan desentralisasi pendidikan.
Course Modules
A. Aspek Sikap S.1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; S.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama moral dan etika ; S.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila; S.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki- nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; S.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain; S.6 Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial, serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan ; S.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara ; S.8 Menginternisasikan nilai, norma, dan etika akademik ; S.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri ; S.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan ; B. Aspek Pengetahuan P.1 Menguasai konsep mengenai latar belakang, arti, makna dari organisasi PGRI serta motivasi guru berorganissai. P.2 Memahami konsep mengenai dasar, tujuan, misi, visi, strategi, jati diri, sifat dan semangat PGRI. P.3 Memahami konsep mengenai profesi guru , status guru dan guru profesional. P.4 Menguasai konsep mengenai keanggotaan, struktur, dan Organisasi PGRI serta Serikat Pekerja. P.5 Memahami konsep hubungan PGRI dengnan education international (EI.) P.6 Memahami konsep strategi dan hasil perjuangan PGRI. P.7 Memahami konsep kode Etik Guru, Atribut Guru dan Hymne Guru. P.8 Memahami konsep peranan PGRI dalam pembanguan pendidikan nasional dan desentralisasi pendidikan. C. Aspek Keterampilan Umum KU.1 Mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur. KU.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah dibidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data. KU.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, teman sejawat, baik di dalam maupun di luar negeri. KU.7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya serta tindak lanjut dari aplikasi dan dampaknya tehadap kebijakan. D. Aspek Keterampilan Khusus KK.1 Mampu menganalisis masalah-masalah kebijakan pendidikan yang terkait dengan kemasyarakatan, sosial budaya, kebangsaan dan kenegaraan, dalam bidang organisasi PGRI seperti latar belakang lahirnya PGRI, sejarah PGRI, jati diri PGRI, tujuan PGRI, PGRI sebagai organisasi serikat pekerja. CAPAIAN MATA KULIAH (LO MATA KULIAH) M.1 Mampu memahami latarbelakang, arti, makna dari organisai PGRI serta motivasi guru berorganisasi. M.2 Mampu memahami konsep dasar, landasan, tujuam, misi visi, strategi, jati diri, sifat dan semangat PGRI. M.3 Mampu mengungkap konsep profesi guru, status guru dan guru profesional berdasarkan kebijakan pemerintah. M.4 Mampu menjelaskan keanggotaan, struktur PGRI, organisasi PGRI dan Serikat Pekerja. M.5 Mampu menjelaskan hubungan PGRI dengan education International (EI.) M.6 Mampu menganalisas strategi dan hasil perjuangan PGRI. M.7 Mampu menjelaskan kode etik, Atribut dan Hymen Guru. M.8 Mampu menganalisa dan mengaplikasikan peranan PGRI dalam pembangunan pendidikan nasional dan desentralisasi Pendidikan.
Course Modules
Berikut RPS Mata Kuliah Ke-PGRI-an
Course Modules
RPS Ke-PGRI-An
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : Youtube
Course Modules
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=hu3Syf00jHI&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=pXOsBQuka0w&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=9
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=mcKC3VHddJ0&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=11
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=lCJgrAcjCmE&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=13
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=vt2fw2Erwxc&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=14
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Soal UTS akan diberikan dalam video pengayaan Dosen melalui Youtube: ..............................
Course Modules
Unggah jawaban disini
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=d1oA-WjzXKs&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=16
Course Modules
unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=r55k0Z0vjc4&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=18
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=Y1mDnMYFOyA&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=20
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=Gk8tfYAajvc&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=22
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=n1MOfBFO7s4&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=24
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=vUf-MQ02zzw&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=26
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=93-CR8I3wB4&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=28
Course Modules
Unggah tugas disini
Diskusi Mingguan
Instruksi: Silakan simak Video pembelajaran, setelah itu, ambil absen di komentar video dengan menyertakan Nama, NPM dan Prodi. Caranya klik kanan pada video dan klik Open New Tab Video pembelajaran : https://www.youtube.com/watch?v=Q9GH6X8eyQA&list=PLOnYubmC3FeGLQOHC9YDtf22qQqQSR-It&index=30
Course Modules
Unggah tugas disini
A. Buku Wajib Husen, Basri, Hasan, (2015), KePGRIan Cetakan ke 3, Sekretariat PGRI Prov. Sumbar. Padang ______ (2008) Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta Murwaningsih, Tri, (2004) : "Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Dalam Upaya Peningkatan M. Rusli Yunus. (2003) Perjalanan PGRI (1945 - 2003). PB PGRI bekerjasama dengan Depdiknas, Jakarta. PB PGRI (2006) Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. PB PGRI, Jakarta PB PGRI Kongres XXII (2019). Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (ADART). PB PGRI, Jakarta PB PGRI dan EI (2000) Serikat Pekerja ( Trade Union). PB PGRI, Jakarta. Sudarwan Danim dan H. Khaidir, (2010). Profesi Kependidikan, Bandung: Alfabeta. ______ (1988) Reformasi Pendidikan dan PGRI memasuki era baru abad XXI. PB PGRI, Jakarta. _______ (1973) Profesionalisme PGRI. PB PGRI, Jakarta. _______ (1988) Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008 tentang Guru. PB PGRI, Jakarta. _______ (1988) Risalah dan Keputusan Kongres XVIII PGRI di Lembang tahun 1988. PB PGRI, Jakarta. _______ (2008) Risalah dan Keputusan Kongres XX PGRI di Palembang tahun 2008. PB PGRI, Jakarta. _______ (2008) Seratus Tahun Perjuangan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta. _______ (2008) Kopendium, Kumpulan Peraturan Organisasi, Bagian I. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta. _______ (2008) Laporan Pertanggung jawaban Pengurus PGRI masa bhakti XIX (2003-2008). PB PGRI, Jakarta. ______(2008) Kode Etik Guru Indonesia dan Dewan Kehornatan Guru Indonesia. PB PGRI dan Depdiknas RI. Jakarta _______ (2009) Sejarah Singkat PGRI. PB PGRI, Jakarta. ______ (2013) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah TanggaPGRI serta Kode Etik Guru Indonesia. PB PGRI, Jakarta. ______ (2013) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah TanggaPGRI serta Kode Etik Guru Indonesia. PB PGRI, Jakarta B. Buku Penunjang A. Soedomo Hadi. (2005). Pengantar Pendidikan, UNS Press, Surakarta Ana Suhainah Suparno. (2008) Menjadi Guru Profesional dan Aktivis Serikat Pekerja Guru. Penerbit PB PGRI. Jakarta. Anwar Arifin. (2007) Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia. Penerbit Pustaka Indonesia. Jakarta. Arni Muhammad. (2009) Komunikasi Organisasi, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta. Bambang Sudibyo. (2009). Problematika dan arah kebijakan Pendidikan Nasional 2010-2014, Depdiknas RI. Jakarta. Dakniel Adnani, dkk (terjemahan). 1967. Status Guru-Dokumen Resmi Internasional Hasil Konferensi antar Pemerintah yang diselenggarakan oleh UNESCO dan ILO tanggal 21 September - 5 Oktober 1966 di Paris. Panitia Nasional Kongres XI PGRI. Jakarta Henawanto, Anton . (2014),"Persepsi Guru Terhadap Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru:. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol.2 No.1 Januari 2014:1-6. Malang Nurhizrah Gustituati. (2009) Manajemen Pendidikan, Budaya dan Kepemimpinan Organisasi. Penerbit UNP Press, Padang. Profresonalisme Guru". Jurnal Ilmiah "Cope", No. 01/Tahun VIII/Februari 2004. Rachmad Syafa'at, (2008), Gerakan Buruh dan Pemenuhan Hak Dasarnya, In-TRANS Publishing, Malang Sandra, (2007), Sejarah Pergerakan Buruh Indonesia, TURC, Jakarta. Surya,Moh. (2000). Paradigma PGRI dalam Era Reformasi. Sekrtariat PB PGRI. Jakarta. Yunus, Rusli, M. (2003) Perjalanan PGRI (1945 - 2003). PB PGRI bekerjasama dengan Depdiknas, Jakarta Tri Muwasih.2014.Peranan Persatuan Guru Republik Indonesia (Pgri) Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal COPE. No.1 Volume 8. Yuniastutik, Lilik (2013). Implementasi Kebijakan Organisasi PGRI dalam MengembangkanProfesionalisme Guru Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang.Jurnal Pendidikan; Vol. 1, No. 1; Januari 2013; 30-36
Course Modules
Soal UTS dapat klik pada tautan berikut
Course Modules
Unggah tugas disini
UAS

Course Modules