Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
PENDIDIKAN AGAMA-AGAMA DUNIA
Universitas Pelita Harapan

PENDIDIKAN AGAMA-AGAMA DUNIA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

JUNRY JAN ALOW

Universitas Pelita Harapan
AREAS:
Program Studi Ilmu Keperawatan

Course Description

Orientasi Silabus/RPS dan Penjelasan Mata Kuliah dan RPS dan Aneka Model Pendekatan Studi PAAD SESI 1 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1.Memahami gambaran mata kuliah secara umum dan aturan perkuliahan di kelas 2. Memahami kewajiban dan tanggung jawab, secara khusus terkait dengan KAT dan UTS-UAS 3. Memahami sanksi-sanksi terkait penegakan keadilan (disiplin) perkuliahan 1. Tutorial 2. Konstruksi alur komunikasi efektif 3. Penunjukkan PIC atau ketua kelas dan penetuan grup SESI 2 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami orientasi umum tentang studi Agama-agama 2. Memahami aneka pendekatan studi agama-agama 3. Memahami pendekatan framework worldview sebagai sebuah model dalam studi agama-agama dunia 1. Pembacaan reading material 2. Video rujukan dan laporan 3. Interaksi, ceramah dan diskusi

Course Syllabus


Course Modules
PENDIDIKAN AGAMA-AGAMA DUNIA  Bobot : 4 ...
Label
Tim Pengembang :Aloysius Prasetya AdiseputraJunry ...
Peta Kompetensi_Pendidikan Agama Dunia
Announcements
RPS PAAD 2019-2020
Orientasi Silabus/RPS dan Penjelasan Mata Kuliah dan RPS dan Aneka Model Pendekatan Studi PAAD SESI 1 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1.Memahami gambaran mata kuliah secara umum dan aturan perkuliahan di kelas 2. Memahami kewajiban dan tanggung jawab, secara khusus terkait dengan KAT dan UTS-UAS 3. Memahami sanksi-sanksi terkait penegakan keadilan (disiplin) perkuliahan 1. Tutorial 2. Konstruksi alur komunikasi efektif 3. Penunjukkan PIC atau ketua kelas dan penetuan grup SESI 2 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami orientasi umum tentang studi Agama-agama 2. Memahami aneka pendekatan studi agama-agama 3. Memahami pendekatan framework worldview sebagai sebuah model dalam studi agama-agama dunia 1. Pembacaan reading material 2. Video rujukan dan laporan 3. Interaksi, ceramah dan diskusi
Course Modules
Label
Label
01. Orientasi RPS-Kontrak Kuliah Studi PAAD
02. Sejarah Perkembangan studi PAAD
Aspek Epistimologi Agama: Signifikansi Waw. Dunia Sebagai Model Pendekatan Studi PAAD; Elemen-elemen Waw. Dunia dan Evaluasi SESI 3 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami apa itu worldview (Weltanscahuung) 2. Memahami kesejarahan dari worldview 3. Memahami gagasan Pancasila sebagai worldview (Weltanscahuung), dan korelasinya dengan agama-agama di Indonesia Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramah dan diskusi Refleksi SESI 4 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami elemen-elemen dari worldview 2. Memahami prinsip-prinsip dalam menguji dan mengevaluasi sebuah worldview 3. Memahami denganjernihdan mampu meletakkan posisi dan ketegangan antara justifikasi dari akal budi dan iman/kepercayaan Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramah dan tanya jawab Think - Pair - Share models
Course Modules
 
Label
Label
03. Signifikansi Worldview sebagai Model Studi PAAD
04. Elemen Evaluasi Worldview
KAT 1 : KUIS 1
KAT 2 : FORUM 1
Aspek Epistemologi Agama : Eksistensi Agama-agama, Sejarah dan perkembangan SESI 5 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami hakekat (konteks) dari kesejarahan agama Hindu, Buddha Konghucu dan Tao 2. Mengidentifikasi kesejarahan dan perkembangan agama-agama (kontemporer) 3. Mensintesa aspek-aspek tradisi sejarah dan tantangan zaman Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramah tanya jawab Refleksi SESI 6 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami hakekat dari kesejarahan agama Yudaisme, Islam dan Kristen 2. Mampu mengidentifikasi kesejarahan dan perkembangan agama-agama (kontemporer) 3. Mensintesa aspek-aspek tradisi sejarah dan tantangan zaman Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramahi Refleksi
Course Modules
Label
Label
05. Hindu, Buddha, Konfusianisme - Sej, Perkm
06. Yudaisme, Kristen dan Islam
Forum Diskusi Tuhan dalam Agama-agama
Aspek Apistemologi : Konsep Allah (ultimate reality) dan Kitab Suci SESI 7 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami signifikansi konsep Allah dalam setiap agama 2. Memahami berbagai cara termasuk argumen-argumen, metode dan sifat-sifat yang menegaskan konsep Allah (realitas ultimat) 3. Merumuskan dan menegaskan sikap dan respons yang sepadan terhadap konsep Allah Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramah dan tanya jawab Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi SESI 8 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami hakekat dan fungsi dari kitab-kitab (teks suci) 2. Memahami signifikansi kitab suci sebagai pesan dalam bahasa tulisan (teks) 3. Memahami prinsip-prinsip dalam memahami teks suci dan peran bahkan sikap reader terhadap teks Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Ceramah dan diskusi/forum Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi
Course Modules
Label
Label
Forum Week 4 : konsep Tuhan dalam Agama-Agama dan implikasi teologisnya
08. Konsep Sacred Texts dalam Agama-agama
07. Konsep Allah dalam Agama-agama
KAT 2 FORUM 2
Aspek Penciptaan: Konsep Manusia dan Alam Semesta SESI 9 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami asal-usul manusia dan perkembangannya 2. Memahami signifikansi bahkan esensi konsep manusia dari agama-agama 3. Mampu secara bertanggungjawab melihat perbedaan konsep manusia berdasarkan agama dan sains modern Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari SESI 10 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami asal-usul, letak, posisi dan relasi dengan alam semesta 2. Mampu melihat setiap mitologi tentang asal-usul dan transformasi alam semesta 3. Memahami pemahaman fundamen tentang alam semesta berdasarkan agama Hindu, Buddha, Konghucu, Tao, Yudaisme, Islam dan Kristen Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
Course Modules
http:// 
Label
Label
Label
Label
09. Konsep Manusia dalam Agama-agama
10. Konsep Alam Semesta dalam Agama-agama
Tuhan dalam agama Hindu dan Budha
KAT 1 : KUIS 2
KAT 2: FORUM 2
Aspek Etis: Tinjauan dan Konsep Kejahatan/dosa Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao SESI 11 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami eksistensi kejahatan secara faktual objektif 2. Memahami asal usul kejahatan dan perkembangan kejahatan (universa) 3. Memahami esensi kejahatan sehingga dapat dikorelasikan secara integratif dengan perspektif sains Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari SESI 12 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao 2. Memahami asal-usul dan penyebaran kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao 3. Memahami implikasi-implikasi dari kejahatan/dosa dalam agama Hindu, Buddha, Konghucu dan Tao Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
Course Modules
Label
Label
11. Isu-isu Kejahatan-dosa dalam Agama-agama
12. Konsep Kejahatan-dosa dalam Agama Hindu, Buddha ..
Forum Week 6
Kejahatan/dosa dalam Yahudi, Islam dan Kristen Interest Group : Forum dan Diskusi Akademis SESI 13 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1.Memahami konsep kejahatan/dosa dalam agama Yahudi, Islam dan Kristen 2.Memahami asal-usul dan penyebaran kejahatan/dosa dalam agama agama Yahudi, Islam dan Kristen 3.Mahasiswa memahami implikasi-implikasi dari kejahatan/dosa dalam agama agama Yahudi, Islam dan Kristen Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari SESI 14 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mengidentifikasi realitas dan fakta-fakta kejahatan/dosa dalam dunia 2. Mendeskripsikan sikap dari agama-agama terhadap setiap kejahatan/dosa dalam persepketif sejarah 3. Merumuskan pilihan moral dan spritual yang memadai dengan mengakomodasi konsep-konsep fundamen dari setiap agama-agama Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari
Course Modules
Label
Label
13. Konsep Kejahatan-dosa dalam Agama Yahudi, Islam .
14. Topik-topik Pilhan Diskusi Agama-agama
Forum Week 7
KAT 2 : FORUM 3
KAT 3 : SUBMIT TUGAS PILIHAN TOPIK
Format Penulisan Artkel atau makalah pendek
UTS SESI 15-16 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu memaparkan secara desktriptik model-model pendekatan studi PAAD. 2. Mampu memaparkan secara argumentatif, keunikan dan signifikansi pendekatan worldview dalam studi PAAD 3. Mampu mempresentasikan kerangka worldview secara epistemologis, antropologis dan etis, dengan mengakomodasi agama-agama, keilmuan dan keluasan dalam kehidupan praksis 4. Pada akhirnya mampu memaparkan pemikiran-pemikiran reflektif demi mengaskan korelasi aspek teoritis, praksis dan holistik.
Course Modules
UTS
Usaha-usaha Manusia Mengatasi Kejahatan/dosa (Overview) Keselamatan dalam Agama: Hindu, Buddha dan Konghucu SESI 17 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami bahwa manusia selalu ingin meloloskan diri dari setiap kesalahannya 2. Memahami bahwa manusia tidak dapat mengelak dari dosa, kejahatan, penderitaan bahkan kematian 3. Menjabarkan setiap pilihan-pilihan sikap dalam mengatasi dosa/kejahatan Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 18 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep keselamatan dari dosa dan kejahatan berdasarkan agama Hindu, Buddha dan Konghucu 2. Memahami Peran dan tanggungjawab manusia dalam realisasi keselamatan/kelepasan 3. Mengimplementasikan konsep keselamatan tersebut (khususnya umat terkait) dalam kehidupan praksis Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
WR - Ses 09 - The Cosmologic Creation - Dosen Junry Alow
18. a. Keselamatan dalam Hindu
18. b. Keselamatan dalam Buddha
Week 9
Keselamatan dalam Agama: Yahudi, Islam dan Kristen Ritus Agama-agama SESI 19 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 2. Memahami Peran dan tanggungjawab manusia dalam realisasi keselamatan/kelepasan 3. Mengimplementasikan konsep keselamatan tersebut (khususnya umat terkait) dalam kehidupan praksis 1. Memahami konsep keselamatan dari dosa dan kejahatan berdasarkan agama Yahudi, Islam dan Kriste n Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 20 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami pengertian dan hakikat ritus dalam agama-agama 2. Memahami korelasi ritus dan penegasan etis dalam agama-agama 3. Menerima dan menghargai setiap ritus agama-agama yang memiliki perbedaan-perbedaan Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
19. Keselamatan Yahudi, Islam dan Kristen
WR - Ses 10 - The Doctrine of Man - JA
Tuhan dan Wahyu dalam Agama Taois dan New Age.
KAT 2 : FORUM 4
KAT 1 : KUIS 3
Agama dan Etika dan Ethos Global: SESI 21 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami pengertian etika secara umum dan korelasinya dengan agama 2. Memahami penegasan hukum-hukum normatif agama dengan pertimbangan konteks utuh yang dihadapi dalam keputusan etis 3. Menghadirkan prinsip-prinsip etis dalam menghadapi problematika-problematika etis termasuk dalam bidang profesi Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 22 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami keseriusan dampak dari kejahatan/dosa terhadap manusia dan alam semesta 2. Memahami peran dan tanggungjawab agama terhadap eksistensi dan kontinuitas alam semesta dan manusia yang mendiaminya 3. Menegaskan pilihan-pilihan bahkan konsensus bersama berdasakan golden rule yang membangun keadaban, keadilan dan kesejahteraan Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
Label
WR - Ses 11_Moral and Ethics dosen Junry Alow
22. Agama dan Etik Global
Forum Week 11
KAT 2 : FORUM 5
Interest Group (Forum) dan Pengantar Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya SESI 23 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya 2. Memahami pandangan-pandangan umum tentang kematian dan kehidupan sesudahnya 3. Memahami dan mengembangkan pemikiran tersebut secara integrative dan eksitensial Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 24 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya (Overview) 2. Memahami konsep tersebut berdasarkan Agama Hindu, Buddha dan Konghucu 3. Mengimplementasikan penghayatan konsep tersebut dalam kehidupan praksis khususnya agama terkait Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
WR - Ses 12 - Manusia dan Dosa The Doctrine of Sin - JA
Forum Week 12
KAT 3: ARTKEL/MAKALAH PENDEK - TOPIK PILIHAN
Format Penulisan Artkel atau makalah pendek
Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya dalam Hindu, Buddha dan Konghucu (Bagian 1-2) SESI 25 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya 2. Memahami perspektif Agama Hindu, Buddha dan Konghucu tentang kematian dan kehidupan sesudahnya 3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 26 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya 2. Memahami perspektif Agama Hindu, Buddha dan Konghucu tentang kematian dan kehidupan sesudahnya 3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
WR - Ses 13 - Issues&Challenges - Junius Hardy
Forum Week 13
Konsep Kematian dan Kehidupan Sesudahnya menurut Agama Yahudi, Islam dan kristen (Bag 1-2) SESI 27 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya 2. Memahami perspektif Agama Yahudi, Islam dan Kristen tentang kematian dan kehidupan sesudahnya 3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 28 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep kematian dan kehidupan sesudahnya 2. Memahami perspektif Agama Yahudi, Islam dan Kristen tentang kematian dan kehidupan sesudahnya 3. Mengeksten konsep tersebut dalam penghayatan secara substantif dalam kehidupan praksisnya, secara khusus bagi penganutnya Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
Forum 14
KAT 1 : KUIS 4
KAT 2 : FORUM TERAKHIR
Presentasi KAT 3 Dialog Tokoh Tokoh Agama dan Refleksi Akhir Semester SESI 29 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami konsep dialog lintas agama 2. Memahami signifikansi manfaat dan tujuan dari dialog lintas agama 3. Menyajikan dan mempresentasikan hasil dialog lintas agama (wawancara) sekaligus sebagai sarana berbagi pengalaman beragama yang berbeda-beda Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum SESI 30 Pada Topik ini mahasiswa diharapkan dapat: 1. Memahami kembali keutuhan perkuliahan dengan pendekatan framework worldview 2. Menyampaikan dan memberikan kesimpulan-kesimpulan afirmatif secara tertulis atau secara lisan 3. Berpartisipasi dalam transformasi holistik dengan menegaskan iman dalam agamanya, pengetahuannya yang sejati dan karya profesionalitas yang membebaskan dan memberikan kesejahteraan bagi semua manusia dan alam lingkungannya Belajar mandiri materi Video dan sumber materi lainnya Mahasiswa menuliskan refleksi pribadi mengenai materi pembelajaran yang sudah dipelajari Mahasiswa bersama dosen melakukan evaluasi pembelajaran di dalam forum
Course Modules
Label
Label
Forum 15
KAT 2: WAWANCARA/DIALOG VIDEO DAN LAPORAN
UAS Mahasiswa dapat mengerjakan tugas untuk Ujian Akhir. Mahasiswa menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh Dosen
Course Modules
UAS