Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Perilaku Konsumen
Universitas Lambung Mangkurat

Perilaku Konsumen

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

AHMAD YOUSUF KURNIAWAN

Universitas Lambung Mangkurat
AREAS:
Program Studi Agribisnis

Course Description

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PERILAKU KONSUMEN Deskripsi Mata Kuliah Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini membahas tentang aktivitas konsumen dalam memilih, mengambil keputusan, membeli, menggunakan dan mengevaluasi produk yang dibutuhkannya. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang meliputi lingkungan/eksternal yaitu sosial, budaya, kelompok, refernsi dan keluarga, faktor dalam diri individu, yaitu sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi dan persepsi, serta faktor psikologis yaitu pengetahuan informasi, pembelajaran dan perubahan sikap perilaku. Juga dipelajari tentang bagaimana tahapan-tahapan terjadinya penyebaran penggunaan produk (difusi dan inovasi) Standar Kompetensi Pemberian mata kuliah ini dimaksudkan antara lain : Mahasiswa mampu memahami perilaku konsumen, bagaimana konsumen memutuskan pembelian Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori teori dalam studi perilaku konsumen untuk menarik konsumen supaya melakukan pembelian serta memuaskan konsumen Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan maksud dan pentingnya pemahaman Perilaku Konsumen. Indikator Mahasiswa mampu memakai dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi konsumen, mengapa perlu mempelajarinya dan bagaimana serta mengapa segmentasi konsumen dipengaruhi lingkungan sosial budaya. Mahasiswa memberikan gambaran umum bagaimana organisasi dapat menerapkan prinsip-prinsip segmentasi konsumen untuk pemasaran strategis Dapat memahami bagaimana prinsip-prinsip proses pengambilan keputusan konsumen dan menyediakan kerangka, konsep dan arahan strategis bagi strategi pemasaran Dapat memahami bagaimana model sikap perilaku konsumen dan menggunakannnya dalam penelitian perilaku konsumen Subtansi Kajian ? Perspektif Perilaku Konsumen ? Pola pengambilan keputusan konsumen dan perencanaan strategis. ? Model Perilaku Konsumen /proses pengambilan keputusan ? Pengatahuan Konsumen ? Pengolahan Informasi ? Model sikap Konsumen ? Pandangan Kognitif dan Pendekatan Perilaku ? Kepuasan dan Loyalitas Konsumen ? pengaruh Lingkungan Sosial Makro terhadap periaku konsumen ? Pengaruh Lingkungan Sosial Mikro ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Produk ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Promosi ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Harga ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Saluran Distribusi Dosen Pengasuh Ir. Djoko Santoso, M.Sc email: djokosantosobjb@gmail.com Ahmad Yousuf Kurniawan, SP, M.Si email: yousuf_kurniawan@ulm.ac.id

Course Syllabus

SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PERILAKU KONSUMEN Deskripsi Mata Kuliah Mata Kuliah Perilaku Konsumen ini membahas tentang aktivitas konsumen dalam memilih, mengambil keputusan, membeli, menggunakan dan mengevaluasi produk yang dibutuhkannya. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan yang meliputi lingkungan/eksternal yaitu sosial, budaya, kelompok, refernsi dan keluarga, faktor dalam diri individu, yaitu sikap, kepribadian, gaya hidup, motivasi dan persepsi, serta faktor psikologis yaitu pengetahuan informasi, pembelajaran dan perubahan sikap perilaku. Juga dipelajari tentang bagaimana tahapan-tahapan terjadinya penyebaran penggunaan produk (difusi dan inovasi) Standar Kompetensi Pemberian mata kuliah ini dimaksudkan antara lain : Mahasiswa mampu memahami perilaku konsumen, bagaimana konsumen memutuskan pembelian Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori teori dalam studi perilaku konsumen untuk menarik konsumen supaya melakukan pembelian serta memuaskan konsumen Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan maksud dan pentingnya pemahaman Perilaku Konsumen. Indikator Mahasiswa mampu memakai dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi konsumen, mengapa perlu mempelajarinya dan bagaimana serta mengapa segmentasi konsumen dipengaruhi lingkungan sosial budaya. Mahasiswa memberikan gambaran umum bagaimana organisasi dapat menerapkan prinsip-prinsip segmentasi konsumen untuk pemasaran strategis Dapat memahami bagaimana prinsip-prinsip proses pengambilan keputusan konsumen dan menyediakan kerangka, konsep dan arahan strategis bagi strategi pemasaran Dapat memahami bagaimana model sikap perilaku konsumen dan menggunakannnya dalam penelitian perilaku konsumen Subtansi Kajian ? Perspektif Perilaku Konsumen ? Pola pengambilan keputusan konsumen dan perencanaan strategis. ? Model Perilaku Konsumen /proses pengambilan keputusan ? Pengatahuan Konsumen ? Pengolahan Informasi ? Model sikap Konsumen ? Pandangan Kognitif dan Pendekatan Perilaku ? Kepuasan dan Loyalitas Konsumen ? pengaruh Lingkungan Sosial Makro terhadap periaku konsumen ? Pengaruh Lingkungan Sosial Mikro ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Produk ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Promosi ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Harga ? Analisa Perilaku Konsumen dan Strategi Saluran Distribusi Dosen Pengasuh Ir. Djoko Santoso, M.Sc email: djokosantosobjb@gmail.com Ahmad Yousuf Kurniawan, SP, M.Si email: yousuf_kurniawan@ulm.ac.id
Course Modules
Announcements
Announcements
Pokok Bahasan ini mencoba untuk memaparkan perlunya memahami perilaku konsumen dan cara menelaah perilaku tersebut
Course Modules
Perilaku dan Riset Konsumen

Course Modules
Strategi Pemasaran untuk Pelanggan

Course Modules
Keputusan Pelanggan

Course Modules
Proses Pembelian

Course Modules
Analisis Perilaku Konsumen
Kuis 1. Perilaku Konsumen

Course Modules
Konsumen sebagai Individu

Course Modules
UTS PERILAKU KONSUMEN 2020

Course Modules
Aspek Sosial Dalam Perilaku Konsumen
Google Meet 2020.11.24
Quiz (Topic 7)

Course Modules
Kontak dengan Konsumen
Quiz (Topic 8)
Link Gmeet 2020.12.08

Course Modules
Link Google Meet 2020.12.22
Pembentukan Opini
Quiz (Topic 9)

Course Modules
Link Gmeet 2020.12.29
Memory Konsumen
Quiz (Topic 10)

Course Modules
Ujian Akhir Semester