Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Malang

Teknologi Pendidikan

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SULTON

Universitas Negeri Malang
AREAS:
Program Studi Teknologi Pembelajaran

Course Description

Tahun Akademik: Gasal 2020/2021 Kelas-Offr: A2C-TEP Deskripsi: Matakuliah Teknologi Pendidikan merupakan matakuliah yang memiliki konten pengetahuan keuilmuan Teknologi Pendidikan. Keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan keilmuan yang mendasari untuk menciptakan, menggunakan, mengakses (assess) dan mengelola aplikasi dan implementasi Teknologi Pendidikan dalam bidang pembelajaran secara teoritik. Secara teoritis keilmuan Teknologi Pendidikan merupakan konstruksi pengambangan, pemanfaatan, pengelolaan dan dan bagaimana mengevaluasi secara teoritis yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara faktual, konseptual dan prosedural terhadap keilmuan Teknologi Pendidikan Capaian Pembelajaran Mahasiswa mengkontruksi pengetahuan berbagai pendekatan sistem, pemilihan sumberdaya yang terkandung dalam keilmuan teknologi pendidikan, bagaimana secara keilmuan melakukan evaluasi dan pengelolaan yang terkait dengan memfasilitasi belajar dan peningkatan performa. Mahasiswa memiliki sikap menghargai keilmuan teknologi pendidikan, kepekaan terhadap masyarakat sebagai lingkungan belajar dalam etika akademik yang responsif dan adaptif Mahasiswa memiliki kemampuan dalam berpikir logis, kritis dan inovatif terhadap kemandirian berpikir dan bertanggung jawab baik secara pribadi maupun secara berkelompok, sehingga secara khusus mampu mengeimplementasikan pengetahuan secara efektif dan sesuai etika profesi Teknologi Pendidikan. Daftar Pustaka: Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge. Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer. Miarso, Y. (2004). Menyemai benih teknologi pendidikan. Kencana. Praherdhiono, H., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., Slamet, T. I., Surahman, E., Adi, E. P., ... & Abidin, Z. (2019). Teori dan Implementasi Teknologi Pendidikan: Era Belajar Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0. Seribu Bintang

Course Syllabus

Matakuliah ini termasuk matakuliah wajib bagi jurusan / Prodi Teknologi Pendidikan. Melalui perkuliahan ini diharapkan mampu membuka wawasan mahasiswa tentang teknologi pendidikan. Wawasan tersebut terkait dengan konsep, serta aplikasi konsep, dalam bentuk kegiatan pendidikan yang menerapkan konsep teknologi pendidikan. Sebagai mahasiswa baru peserta matakuliah ini masih belum banyak kenal dengan seluk beluk teknologi pendidikan, untuk itu dengan matakuliah ini diharapkan memiliki wawasan tentang teknologi pendidikan baik secara konseptual maupun operasional serta organisasi profesi Teknologi Pendidikan. Teknologi pendidikan sebagai suatu kajian teori, kawasan bidang garapan dan profesi telah mengalami perkembangan, baik secara konseptual maupun aplikasi dalam berbagai bidang garapan. Dari sisi paradigma teknologi pendidikan telah mengalami perkembangan dari paradikma 1974, paradikma 1994, paradikma 2004, dan seterusnya. Dari sisi landasan teori juga mengalami perkembangan yang dulunya banyak berpijak pada teori behavioristik menuju pada teori kontruktivistik. Merupakan perubahan yang lebih memberikan penghargaan pada harkat dan martabat manusia. Berbagai perkembangan konsep tersebut perlu dipahami oleh mahasiswa teknologi pendidikan. Dengan perkuliahan ini diharapkan anda tidak hanya mengenal teknologi pendidikan secara konseptual, tetapi juga menumbuhkan kecintaan pada profesi dalam bidang Teknologi Pendidikan. Pengenalan lingkup keilmuan teknologi pendidikan akan menumbuhkan berbagai pilihan profesi yang akan anda tekuni sebagai Teknolog Tendidikan. Hal ini akan menumbuhkan cita-cita anda yang akan dicapai melalui perkuliahan pada Prodi Teknologi Pendidikan. General news and announcements
Course Modules
Rekan-rekan mahasiswa dimanapun anda berada, Perke...
Announcements
saudara mahasiswa baru Teknologi Pendidikan, kita akan berjumpa dalam perkulihan ini selama 16 kali pertemuan dan dilakukan sedara daring, karena dalam situasi saat ini tidak dimungkinkan untuk melakukan perkuliahan secara tatap muka kelas (LURING). beberapa capaian pembelajaran yang diharapkan anda capai dalam perkuliahan tersebut adalah: Mendeskripsikan pengertian konsep dan perkembangan teknologi pendidikan sebagai proses kerja maupun produk teknologi pendidikan.. Mendeskripsikan karakteristik teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin kerja dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan/pembelajaran Mennganalisis definisi teknologi pendidikan berdasarkan paradikma tahun 1994, 2004,dan 2012. Menjelaskan berbagai teori atau ilmu yang mendasari perkembangan teknologi pendidikan/pengajaran Menjelaskan berbagai praktek teknologi pendidikan/pembelajaran yang mencakup elemen-elemen praktek teknologi pendidikan/pembelajaran, standar dan etika praktek bidang TP. Menganalisis berbagai contoh penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran dalam pemecahan masalah Pendidikan, sebagai gambaran praktek kerja teknologi Pendidikan. Bahan kajian kajian yang akan menjadi bahasan dalam satu semester ini adalah sebagai berikut: Pengertian dan Perkembangan konsep teknologi pendidikan/pembelajaran mencakup Konsep pendidikan Konsep teknologi pendidikan dan pembelajaran Tahapan sejarah perkembangan konsep teknologi pendidikan/pembelajaran. 2. Karakteristik teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin kerja yang mencakup orientasi pada pebelajar (learner) orientasi pada sumber belajar. menggunakan pendekatan sistem Kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran berdasarkan paradikma definisi bidang tahun 1994, mencakup Kawasan 1) Desain, 2) pengembangan, 3) pemanfaatan, 4) pengelolaan dan 5) penilaian. Kawasan Teknologi Pendidikan berdasarkan definisii tahun 2008, Berbagai teori atau ilmu yang berpengaruh dalam bidang teknologi pendidikan/pengajaran mencakup teori sistem teori psikologi teori sosiologi teori komunikasi terkait dengan perkembangan pada tiap-tiap kawasan teknologi pendidikan/pembelajaran Praktek teknologi pendidikan/pembelajaran yang mencakup elemen-elemen praktek teknologi pendidikan/pembelajaran etika praktek dan. pengaruh praktek terhadap evaluasi teknologi TP. Berbagai contoh penerapan teknologi pendidikan/pembelajaran dalam pemecahan masalah pendidikan baik dalam cakupan makro masalah pendidikan secara nasional atau regional dan kelembagaan, mikro system pembelajaran Penilaian hasil perkuliahan Penilaian hasil perkuliahan di dasarkan pada hasil unjuk kerja siswa yang meliputi: Proses Penilaian dilakukan selama mahasiswa terlibat dalam berbagai interaksi perkuliahan yang berlangsung. Penilaian ini mencakup partisipasi mahasiswa(kehadiran) penyampaian pendapat, argumen, gagasan dan lain-lain yang terkait Hasil/Produk Penilaian dikenakan pada hasil kerja baik individu maupun kelompok, yang disampaikan melalui diskusi kelas, dan tugas akhir, serta bentuk produk lain yang relevan Tes tengah semester dan akhir semester Penilaian dilakukan secara tertulis sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Nilai akhir mahasiswa didasarkan perbandingan 1:2:3 antara tiga penilaian tersebut di atas.
Course Modules
Mapping Program Belajar merupakan panduan alur keg...
Perkenalan Anggota Keluarga Baru
Kajian meliputi: definisi teknologi, dan tenologi pendidikan / pembelajaran, pandangan terhadap teknologi pendidikan, karakteristik kerja teknologi pendidikan.
Course Modules
Definisi Teknologi Pendidikan era 1970/1980 an
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemiliha...
Realitas Topik
Tiga pandangan teknologi pendidikan; sebagai teori, bidang garapan, dan profesi kerja. Tiga karakteristik kerja teknolog pendidikan dalam pemecahan masalah belajar: menggunakan pendekatan sistem, berorientasi pada peserta didik, dan pendayagunaan sumber belajar.
Course Modules
Kajian Teknologi Pendidikan dalam pemecahan masalah
Perkuliahan kita memerlukan konten Topik. Pemiliha...
Kajian Topik
Media Presentasi
Presentasi
Pada pertemuan ini anda fokuskan pada belajar Pendayagunaan sumber balajar dan Orientasi pada peserta didik dalam pemecahan masalah belajar. acuan materi tetap pada power point pada pertemuan 3
Course Modules
pada pertemuan kali ini anda saya ajak fokus pada ...
pendayagunaan sumber belajar dan orientasi pada peserta didik
Tugas Pemecahan Masalah Belajar dengan Pendekatan Sistem
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Memberi Tanggapan Pengalaman Pribadi
Pada pertemuan ini diharapkan mahasiswa mampu mengkaji definisi teknologi pendidikan tahun 1994, untuk memahami 5 kawasan teknologi pendidikan, serta unsur-unsur dari lima domain tersebut.
Course Modules
Lima kawasan teknologi pembelajaran
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Media Presentasi Bedah Buku
Media Presentasi Bedah Jurnal
Presentasi Bedah Buku
Presentasi Bedah Jurnal
Kajian definisi teknologi pembelajaran 1994, diarahkan pada pemahaman definisi teknologi pembelajaran, dari sisi lima domain tersebut, serta unsur-unsur dari lima domain tersebut. disisi lain 5 domamain tersebut merupakan proses kerja teknolog pendidikan dalam menghasilkan produk teknologi pendidikan.
Course Modules
lima kawasan teknologi pendidikan
Kegiatan belajar kali ini lebih menekankan mahasis...
Memberi Tanggapan Bedah Buku
Memberi Tanggapan Bedah Jurnal
Kajian definisi teknologi pendidikan / pembelajaran tahun 2012 merupakan orientasi baru kerja teknologi pendidikan dalam memecahkan masalah belajar. Terdapat beberapa komponen yang harus dipahami terkait definisi tersebu. tiap komponen dalam definisi akan menghasilkan kerja dan produk kerja teknologi. Bandingkan definisi pada tahun 2012 dengan tahun-tahun sebelumnya, apa hal berbeda dari definisi tersebut.
Course Modules
Definisi teknolgi pembelajaran tahun 2012
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menci...
Visi Proyek

Course Modules
Ujian tengah semester matakuliah teknologi pendidikan
Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam rangka menci...
Memberi Tanggapan Bedah Jurnal
Teknologi pendidikan/teknologi pembelajaran sebagai suatu bidang kerja memiliki obyek dan sasaran kerja dalam menerapkan teori untuk memecahkan berbagai persoalan pembelajaran. Dibidang apasaja dan dalam lingkup apasaja yang bisa dilakukan oleh teknolog pembelajaran dalam mengaplikasikan pengetahuannya perlu dipahami oleh para calon teknolog pendidikan. kajian ini akan memberikan wawasan pada anda terkait sasaran kerja teknolog pendidikan dalam menerapkan ilmunya, atau berkarir dalam bidang teknologi pendidikan.
Course Modules
Lingkup kerja penerapan teknologi pendidikan
kajian terhadap berbagai sasaran kerja teknologi p...
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Analisis Proyek
Media Presentasi Analisis Proyek
Presentasi Analisis Proyek
dalam kajian ini anda saya harapkan mampu menentapkan aktifitass apa sajja yang bisa dilakuknan oleh Teknolog pendidikan beberapa tempat tersebut. masing-masing kelompok mengkaji apa yang bisa dilakukan oleh teknolog pendidikan dalam membantu peningkatan efektifitas dan sefisiensi pelaksanaa pendidikan.
Course Modules
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Desain Sistem
Media Presentasi Desain Proyek
Presentasi Desain Proyek
Selamat Datang Saudara Mahasiswa. semoga kita selalu diberi kesehatan. pada pertemuan kali ini kita akan membuat sebuah project tentang perkembangan Teknologi Pendidikan dari masa ke masa. silahkan rekan-rekan nanti membuat sebuah video yang menampilkan slide presentasi yang menjelaskan tentang: Apa sih pandangan rekan-rekan tentang teknologi pendidikan? Bagaimana perkembangan teknologi pendidikan dari masa ke masa mulai dari definisi dan aplikasi Jika rekan-rekan menjadi seorang teknolog pendidikan, langkah apa yang rekan-rekan akan lakukan untuk dunia pendidikan? Profesi apakah yang cocok bagi rekan-rekan ketika lulus dari Jurusan Teknologi Pendidikan. Silahkan rekan-rekan membuat rekaman video dengan menggunakan software Screen capture (salah satunya dapat menggunakan Screen Cast O Matic) dengan durasi maksimal 7 Menit. Berikut adalah contoh video presentasinya Youtube Silahkan rekan-rekan mengumpulkan video tersebut pada form Proyek Mandiri Perkembangan TEP di bawah ini
Course Modules
Form Pengumpulan Proyek Perkembangan TEP
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Produk Pengembangan
Media Presentasi Pengembangan Proyek
Presentasi Pengembangan Proyek
Teknologi Pendidikan sebagai salah satu profesi dalam bidang pendidikan memiliki empat kompetensi yang harus dimilki: A. KOMPETENSI PROFESIONAL : Keahlian bidang ilmu yang dijadikan dasar untuk kerja sesuai bidang ilmunya (Teknologi Pendidikan) B. KOMPETENSI PEDAGOGIK : Keahlian sebagai pendidik yang harus memiliki dasar keilmuan dan praktek mendidik. C. KOMPETENSI SOSIAL : Keahlian dalam berhubungan antar sesasama sebagai mahluk social terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik. D. KOMPETENSI KEPRIBADIAN : Keahlian dalam mengendalikan diri sebagai pribadi yang dewasa dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik. Dalam kajian berikut kita akan mengenal masing masing kemampuan tersebut.
Course Modules
Label
Analisis profesi teknlogi pendidikan di sekolah, pelatihan dan masyarakat.....
Kegiatan belajar yang kita lakukan merupakan ...
Evaluasi Proyek
Media Presentasi Instrumen Evaluasi Proyek
Presentasi Pengembangan Instrumen Proyek
setelah anda menganalisi kompetensi profesional, terkait dengan kemampuan teoritik dan praktik apa yang harus dikuasai teknologi pendidikan, anda sekarah saya ajak menganalisis kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik adalah kemampuan teoritik dan praktik yang harus dimiliki oleh seorang tenaka kependidikan terkait pelaksanaan pendidikan atau pembelajaran. sebagai seorang teknolog pendidikan dalam bekerja anda harus tahu bagaimana melakukan pendidikan atau pembelajaran yang bagus. sehingga anda akan mampu mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengeloladan mengefaluasi pembelajaran dengan baik pula. ssilahkan ada lakukan analisis berdasarkan kemampuan yang ada pada lima kawasan dan atau pada kurikulum kita mana yang termasuk kemampuan (kompetensi) pedagogik itu.
Course Modules
Analisis kemampuan paedagogik teknologi pendidikan
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Memberi Tanggapan Analisis Proyek
Memberi Tanggapan Desain Proyek
sebagai tenaga kependidikan, teknolog pendidikan harus menguasai empat kompetensi utama yaitu profesional, paedagogik yang sudah kita analisis; dan selanjutnya saya berharap anda bisa menganalisis kompetensi sosial dan kompetensi personal. kompetensi sosial berarti kemampuan sosial apa saja yang harus dimiliki oleh seorang teknolog pendidikan agar kerjanya bisa berjalanan dengan baik, demikian juga kemampuan personal apa yang harus dimiliki oleh seorang teknolog pendidikan. berikut anda diminta untuk melakukan analisis sosial dan personal dalam tugas berikut.
Course Modules
analisis kemampuan sosial dan kemampuan personal
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Memberi Tanggapan Pengembangan Proyek
Memberi Tanggapan Pengembangan Instrumen Proyek
Evaluasi Online
setelah satu semester anda mengkaji teknologi pendidikan dari sisi keilmuan, bidang kerja, serta sebagai suatu profesi kerja, saya berharap anda mempunyai pendangan terhadap kerja teknolog pendidikan, dan berbagai bidang kerja yang akan menjadi pilihan anda sebagai teknolog pendidikan.
Course Modules
Refleksi terhadap bidang kerja Teknologi Pendidikan.
Diakhir sesi pembelajaran mari kita melihat implem...
Rekap Evaluasi Teman Sejawat
kerjakan ujian akhir ini dengan penuh percaya pada diri anda sendiri tanpa bantuan orang lain.
Course Modules
Ujian Akhir Matakuliah Teknologi Pendidikan
Naskah Artikel