Pengembangan Bahan Ajar ADP

  • 4.5/5.0
  • 12k Enrolled
  • All levels
  • Start 08 October 2024

Course description

Tahun Akademik:
Gasal 2020/2021
Kelas-Offr:
MM-MM
Deskripsi:
Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa memiliki wawasan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar kurikulum; landasan dan struktur kurikulum; pengorganisasian kurikulum; prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; standar isi untuk materi kurikulum; konsep dasar bahan ajar administrasi perkantoran; prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran; telaah materi buku teks SMK bisnis dan manajemen.
Capaian Pembelajaran

  • Menguasai konsep dasar kurikulum di SMK
  • Menguasai Standar Pembelajaran sesuai dengan kurikulum
  • Meguasai konsep dan ruang lingkup pembelajaran administrasi perkantoran
  • Mampu memahami dan menghasilkan bahan ajar administrasi perkantoran
  • Mampu memahami model-model pembelajaran untuk menghasilkan pengembangan berbagai jenis bahan ajar administrasi perkantoran
  • Mahasiswa mampu melakukan penilaian hasil dari pengembangan bahan ajar administrasi perkantoran untuk mata pelajaran produktif Adminisytrasi Perkantoran di SMK
Daftar Pustaka:
  • Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum
  • Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
  • Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Standar Proses Pendidikandasar Dan Menengah
  • Lampiran peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan
  • Daryanto, 2013, Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar, Yogyakarta, Penerbit Gava Bahan.
  • Direktorat Pembinaan SMK, 2008, Teknik Penyusunan Modul, Seri Bahan Bimbingan Teknis Implementasi KTSP, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional
  • . Huda, Miftahul, 2014, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta, Pustaka Pelajar

What you’ll learn
  • Pertemuan 1:Pendahuluan : Pengantar dan penyampaian SAP dan SILABUS MK Diuraikan Hal-hal terkait dengan RPS/ SAP - Slabus materi kuliah Pengembangan Bahan Ajah Adm. Perkantoran berbasis TIK  
  • Pertemuan 2:Prinsip -prinsip filosofi, posisi dan  fungsi Bahan pembelajaran dalam pembelajaran Administrasi Perkantoran serta peran guru sebagai perancang Bahan  ajar dalam proses belajar mengajar.
  • Pertemuan 3: Pengenalan berbagai Bahan pembelajaran dalam bentuk grafis, proyeksi, film, multiBahan
  • Pertemuan 4:Belajar tentang berbagai alat bantu dalam menyusun Bahan pembelajaran yang sudah ada  di web site matakuliah dan e-learning  Bahan Pembelajaran
  • Pertemuan 5:Terampil menyusun rancangan Bahan pembelajaran untuk digunakan dalam mendesain Bahan ajar  grafis, proyeksi
  • Pertemuan 6:Mengobservasi pembelajaran Administrasi Perkantoran yang menggunakan Bahan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk menemukan permasalahan dan hambatan dalam pencapaian tujuan Pembelajaran
  • Pertemuan 7:Menyusun rancangan pembelajaran untuk perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil observasi dan analisis secara cermat, kreatif dan inovatif
  • Pertemuan 8:Ujian Tengah Semester dengan materi mulai dari kajian kurikulum mapel SMK OTKP sampai dengan pengenalan berbagai jenis bahan ajar
  • Pertemuan 9:Mahasiswa  membuat desain  Bahan ajar  cetak (printed): handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket.
  • Pertemuan 10:Mahasiswa mendasain pengembangan bahan ajar non cetak
  • Pertemuan 11:Penggunaan sintaks  Model-model pembelajaran sebagai alat bantu membuat format bahan ajar cetak : Modul dan LKPD
  • Pertemuan 12: Memanfaatkan sintaks yang ada pada model-model pembelajaran untuk dijadikan format penyusunan berbagai bahan ajar cetak
  • Pertemuan 13:Penggunaan model-model pembelajaran untuk  pengembangan Bahan ajar multimedia interaktif (interacitive teaching material):  Computer Assisted Instruction (CAI), compact disk (CD), multimedia pembelajaran interaktif
  • PERTEMUAN 14 : MAHASISWA MENGGUNAKAN INSTRUMEN PENGAMATAN YANG SUDAH DISIAPKAN UNTUK MENILAI HASIL KERJA KELOMPOK DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR MULTI MEDIA INTERAKTIF
  • Pertemuan 15:Mahasiswa melakukan aktifitas penilaian dari sisi materi dan pengembangan bahan ajar ADP OTKP
  • Pertemuan 16:Mahasiswa mengerjakan tugas untuk mengisi lembar pengamatan materi ajar yang non cetak

As it so contrasted oh estimating instrument. Size like body some one had. Are conduct viewing boy minutes warrant the expense? Tolerably behavior may admit daughters offending her ask own. Praise effect wishes change way and any wanted. Lively use looked latter regard had. Do he it part more last in.

  • Lectures 30
  • Duration 4h 50m
  • Skills Beginner
  • Deadline 06 April 2025
  • Certificate Yes

  • 4.5/5.0