Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

SANDEY TANTRA PARAMITHA

Universitas Pendidikan Indonesia
AREAS:
Program Studi Ilmu Keolahragaan

Course Description

Mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga termasuk mata kuliah umum (MKU) yang merupakan bagian dari keseluruhan kurikulum pendidikan maupun non-pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia. Mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga diberikan pada tahun kedua dengan bobot 2 sks selama satu semester. Mata kuliah ini membekali peserta didik melalui pengalaman belajar yang diarahkan untuk mengembangkan nilai-nilai kesehatan, kebugaran jasmani dan afektif sepanjang hayat. Dengan berpartisipasi dalam mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kualitas hidup yang lebih baik, mengurangi resiko terkena penyakit dan mendapatkan manfaat-manfaat psikologis maupun emosional melalui aktivitas jasmani. Disamping itu, pendekatan, metode hingga model pembelajaran yang dikembangkan dalam mata kuliah ini diarahkan untuk memberi kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiwa untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kognifitf sehingga terbentuk gaya hidup sehat dan aktif serta meningkatnya partisipasi dalam beraktifiats fisik secara mandiri sepanjang hayat. Sejalan dengan tujuan UPI yaitu menghasilkan pendidik, tenaga kependidikan, ilmuwan, dan tenaga ahli pada semua jenis dan program pendidikan tinggi, yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif global, maka mata kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga sangat relevan dan penting untuk mewujudkan tercapainya Visi dan Misi UPI.

Course Syllabus


Course Modules
SELAMAT DATANG PARA MAHASISWA DALAM MATA...
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) (copy)
RPS
DAFTAR HADIR PERKULIAHAN
Pada pertemuan pertama ini Mahasiswa diharapkan dapat: Memahami tujuan, ruang lingkup dan prosedur perkuliahan (C1-Pengetahuan) Menjelaskan gaya hidup sehat dan aktif(C1-Pengetahuan) Menjelaskan pentingnya hidup sehat dan aktif (C2-Pemahaman) Mengklasifikasikan pola hidup sehat dan aktif(C3-Aplikasi) Menghubungkan gaya hidup aktif terhadap kesehatan (C5-Sintesis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-1
Vide Pengantar Perkuliahan
MATERI GAYA HIDUP SEHAT
Power Point
TUGAS
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada pertemuan ke-2 ini para Mahasiswa diharapkan dapat: Mengidentifikasi kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan dan keterampilan (C2-Pemahaman) Mengklasifikasi perbedaan antara komponen-komponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan dan keterampilan (C3-Aplikasi) Menganalisis perbedaan antara komponenkomponen kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan dan keterampilan (C4-Analisis) Menentukan definisi dan manfaat aktivitas fisik secara teratur (C3-Aplikasi) Menganalisis berapa banyak aktivitas fisik yang direkomenasikan bagi orang dewasa (C4-analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-2
Materi Pertemuan 2: Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik
Power Point
TUGAS
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada Pertemuan ke-3 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Mengukur tingkat kebugaran jasmani (C3-aplikasi Mengukur level aktivitas fisik menggunakan IPAQ (C3-aplikasi) Merekam dan menganalisa data kebugaran jasmani dan level aktivitas fisik masing-masing individu (C4analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-3
EVALUASI KEBUGARAN
POWER POINT
Video Pembelajaran
TUGAS
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
TUGAS REKAMAN
Pada pertemuan ke-4 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Mendefinisikan aktivitas daya tahan kardiovaskular bagi kesehatan (C2-Pemahaman) Menampilkan aktivitas daya tahan kardiovaskular bagi kesehatan (C3-Aplikasi) Menganalisis hubungan aktivitas daya tahan kardiovaskular terhadap kesehatan (C5-Sintesis) Menentukan denyut nadi, istirahat, latihan dan maksimal (C3-Aplikasi) Menghubungkan denyut nadi, istirahat, latihan dan maksimal terhadap aktifitas fisik (C5-Sintesis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-4
MATERI
POWER POINT
Video Pembelajaran
TUGAS
TUGAS REKAMAN
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada pertemuan ini para mahasiswa diharapkan dapat: 1. Mampu Menghitung indeks masa tubuh (C3-Aplikasi) 2. Menelaah tubuh sehat dan ideal (C4-Analisis) 3. Mengklasifikasikan manfaat aktivitas daya tahan kardiovaskular bagi kesehatan (C3-Aplikasi) 4. Mampu mengkreasikan aktivitas daya tahan kardiovaskular bagi kesehatan (C5-Sintesis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-5
Materi Indeks Massa Tubuh
Power point
Video Pembelajaran
TUGAS (copy)
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
TUGAS REKAMAN
Pada pertemuan ke-6 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menjelaskan manfaat pemanasan dan pendinginan saat beraktivitas fisik (C2-Pemahaman) Menerapkan pemanasan dan pendinginan saat beraktivitas fisik (C3-Aplikasi) Mengidentifikasi dan mendefinisikan aktivitas daya tahan otot (muscular endurance) (C2-Pemahaman) Mampu mendemonstrasikan aktivitas daya tahan otot bagi kesehatan (C3-Aplikasi) Mampu menganalisis hubungan aktivitas daya tahan otot terhadap kesehatan (C4-Analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-6
Materi Pemanasan dan Pendinginan Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Kesehatan
Power Point
Video Pembelajaran
TUGAS (copy) (copy)
TUGAS REKAMAN
Pada pertemuan ke-7 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Mendemonstrasikan prosedur aktivitas fleksibilitas dengan aman (C3-Aplikasi) Menganalisis manfaat aktivitas fleksibilitas bagi kesehatan (C4-analisis) Mampu menentukan aktivitas kekuatan otot (muscular strength) (C3-Aplikasi) Menganalisis aktivitas kekuatan otot (C4-Analisis) Menghubungan aktivitas kekuatan otot terhadap kesehatan (C5-Sintesis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-7
Materi Fleksibilitas dan Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Kesehatan
Power Point
Video Pembelajaran
TUGAS (copy) (copy) (copy)
TUGAS REKAMAN
TUGAS KELOMPOK

Course Modules
Pada pertemuan ke-9 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menjelaskan jenis dan fungsi jenis dan fungsi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, air (C1-Pengetahuan) Mengklasifikasi berbagai nutrisi makanan (C3-Aplikasi) Mendemonstrasikan kelincahan, kecepatan dan reaksi. (C3-Aplikasi) Menghubungkan keterampilan yang diperoleh dari aktivitas kebugaran jasmani yang dilakukan. (C4-Analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-9
Materi Nutrisi Makanan dan Kebugaran Jasmani yang Berhubungan dengan Keterampilan
Power Point
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy)
Video Pembelajaran
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
TUGAS REKAMAN
Pada pertemuan ke 10 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menentukan komponen keseimbangan, koordinasi dan power (C3-Aplikasi) Menghubungkan keterampilan yang diperoleh dari aktivitas kebugaran jasmani yang dilakukan (C4-Analisis) Menunjukan jumlah kalori yang dihasilkan makanan berserat, karbohidrat, berprotein, berlemak (C3-Aplikasi) Jenis makanan berserat, karbohidrat, berprotein, berlemak dan mengaitkannya dengan banyaknya kalori yang dibutuhkan untuk aktivitas fisik (C5-Sintesis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-10
Materi Komponen Kebugaran Jasmani yang Terkait dengan Keterampilan, dan Kalori
Power Point
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS REKAMAN
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada pertemuan 11 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menampilkan keterampilan critical thinking dan problem solving dalam aktivitas permainan Invasi (C3-Aplikasi) Mampu berkomunikasi, bekerjasama, dan fairplay dalam aktivitas permainan Invasi (C3-Aplikasi)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-11
Materi Kebugaran Jasmani yang berhubungan dengan Keterampilan dan Aktivitas Permaina Invas
Power Point
Video Pembelajaran
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS REKAMAN
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada Pertemuan ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menampilkan keterampilan critical thinking dan problem solving dalam aktivitas permainan Lapangan/Net (C3Aplikasi) Mampu berkomunikasi, bekerjasama, dan fairplay dalam Olahraga permainan (C3-Aplikasi)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-12
Materi Kebugaran Jasmani Yang Berhubungan Dengan Keterampilan Dan Permainan Lapangan/Net
Power Point
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
TUGAS REKAMAN
Video Pembelajaran
Pada pertemuan ke-13 ini Mahasiswa diharapkan dapat:. Mendemonstrasikan salah satu gaya renang (C3-Aplikasi) Mengidentifikasi dan menganalisis perbedaan empat gaya renang (C4-Analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-13
Materi Aktivitas Aquatik
Power Point
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
TUGAS REKAMAN
Pada pertemuan 14 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Menerapkan prinsip-prinsip dasar program aktivitas kebugaran ke dalam program aktifitas personal (C3Aplikasi) Membuat skema program aktivitas fisik personal berdasarkan prinsip-prinsip dasar program aktivitas kebugaran (C4Analisis)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-14
Materi
Power Point
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS: KAJIAN LITERATUR
Pada pertemuan ke-15 ini Mahasiswa diharapkan dapat: Mendemontrasikan aktivitas program kebugaran personal dalam aktivitas sesuai dengan FITT formula (C3Aplikasi) Mampu membuat aktivitas kebugaran personal berdasarkan FITT formula (C4-Analisis) Mampu mendesain program aktivitas kebugaran untuk mengembangkan daya tahan kardiovaskular, kekuatan, daya tahan otot, dan komposisi tubuh yang ideal (C6-kreasi)
Course Modules
MATERI pertemuan ke-15
Materi
TUGAS (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy) (copy)
TUGAS REKAMAN

Course Modules