Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

E-BUSINESS / E-SERVICE

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

RANGGA FIRDAUS

Universitas Lampung
AREAS:
Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi

Course Description

Matakuliah E-Business (Electronic Business) bukanlah merupakan sebuah istilah yang asing di telinga para manajer dan praktisi bisnis di era moderen. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang disertai dengan berbagai perubahan paradigma dalam mengelola bisnis di era globalisasi telah menempatkan internet sebagai medium berinteraksi yang sangat menjanjikan. Keberadaannya tidak hanya menawarkan kemudahan-kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas usahanya sehari-hari, namun lebih jauh lagi karakteristiknya mampu untuk memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan industri dimana perusahaan terkait berada. Lihatlah bagaimana implementasi pertukaran barang dan jasa melalui medium elektronis (E-Business) tidak saja telah membantu perusahaan dalam menurunkan total biaya pengeluaran untuk keperluan operasional sehari-hari, namun lebih jauh lagi adalah bahwa banyak sekali potensi sumber pendapatan baru yang ditawarkan oleh konsep tersebut. Alasan lain mengapa konsep E-Business menjadi primadona di dalam kerangka bisnis moderen adalah karena adanya berbagai data statistik yang memperlihatkan semakin tingginya nilai bisnis yang terjadi di dunia maya, yang perlahan-lahan tumbuh menyaingi yang terjadi di dunia nyata.

Course Syllabus


Course Modules
SALAM PEMBUKA
DESKRIPSI
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PETA PROGRAM
STRUKTUR PELAKSANAAN
MODEL ASESMEN
BOBOT PENILAIAN
TEST AWAL / PRE TEST

Course Modules
Tutorial Penggunaan Vmeet
Contoh Implementasi VMEET

Course Modules
Dosen Pengampu Matakuliah
Daftar Riwayat Hidup Dosen Pengampu

Course Modules
Materi Utama Konsep dan Strategi Electronic Business
E-Book Konsep dan Strategi E-Business
Video Pengantar 1
Video Pengantar 2
Video Pengantar 3
SELAMAT MENGIKUTI PERKULIAHAN E-BUSINESS

Course Modules
1A: E-Business dan Dunia Maya
1B: Ekonomi Digital di Dunia Maya
1C: Evolusi E-Marketplace
Diskusi 1

Course Modules
2A: Spektrum Value E-Business
2B: Evolusi E-Business di Dunia Maya
2C: Diagram Relasi E-Business
Diskusi 2

Course Modules
3A: E-Business Driving Forces
3B: Keunggulan Kompetitif dalam Konsep E-Business
3C: Tujuh Jalan Menuju Nirwana
Diskusi 3

Course Modules
4A: Empat Tahap Evolusi E-Business
4B: Membandingkan Pasar Konvensional dan Digital
4C: Ruang Lingkup Electronic Commerce
Diskusi 4
1. Bandingkan dan kemukakan perbedaan model bisnis antara detik.com dan kompas.com 2. Bagaiamana pandangan saudara terhadap bebagai Aplikasi Online yang marak berkembang saat ini, seperti aplikasi online GOJek, Grab, Uber , Traveloka, Bukalapak dan sejenisnya? apakah berdampak baik ? Berikan penjelasan dan pandangan saudara. 3. Bagaimana mengelola sebuah Smart City ? dan berikan contoh yang telah menerapakna Smart City? 4. Bagaiamana keamanan dan pandangan saudara untuk situs Pelelangan di Indonesia (LPSE) apakah termasuk dalam kategori E-Business ? Selamat mengerjakan tugas, dan ikuti aturan yang telah ditentukan dalam mengerjakan tugas ini. Terima kasih
Course Modules
Upload Tugas
Tugas keberapa

Course Modules
5A: Extraprise Value Network
5B: Mitra Kerjasama E-Business
5C: B-To-B Landscape di Dunia Maya
Diskusi 5
Diskusi 5.2

Course Modules
6A: Konsep Proses Terpadu
6B: Peranan Kanal Akses dalam Manajemen E-Services
6C: Pervasive Content dan Pengelolaannya
Diskusi 6
Jelaskan secara detail langkah-langkah mengembangkan bisnis jual beli barang bekas berbasis internet dari mulai tahap konseptual ide hingga pembangunan situs yang siap pakai !
Course Modules
UTS

Course Modules
7A: Digital Interactive Services
7B: Peranan Strategis Teknologi Informasi
7C: Sistem Bisnis Terintegrasi
Diskusi 7

Course Modules
8A: Formula 40/40
8B: Strategi Perusahaan Memasuki Netphase-II
8C: Physco Versus Knowco
Diskusi 8
1. Analisalah dan jelaskan dari mana saja situs agoda.com memperoleh pendapatan dan keuntungannya !
Course Modules

Course Modules
9A: The War Room
9B: Linear Supply Chains Versus Networked Supply Chains
9C: Model Arsitektur Aplikasi E-Business
9D: Anatomi Infrastruktur Icorp
Diskusi 9

Course Modules
10A: Konsep Marketing di Internet
10B: Mengukur Pontensi Pelanggan pada Website
10C: Metode RFM untuk Menentukan Best Customers
10D: Teknik Merepresentasi-kan Model Bisnis
Diskusi 10

Course Modules
11A: Menyatukan Physical Value Chain dengan Virtual Value Chain
11B: Membangun Komunitas Virtual
11 C: X - Economy
11 D: Kriteria Desain Website yang Efektif
Diskusi 11

Course Modules
12 A: Kebijakan E-Commerce Amerika Serikat
12 B: Mengukur Potensi Pasar E-Commerce di Suatu Daerah
12 C: Menguasai Dunia Melalui Teknologi Informasi
12 D: Email bukan Sekedar Surat Elektronik
Diskusi 12
Berikan 1 contoh implementasi E-Business yang gagal dan kemukakan penyebab kegagalannya !
Course Modules
Jelaskan isi dokumen rencana E-Business seperti apa yang tepat dipergunakan untuk mendapatkan investor utama ! Berikan penjelasan bagaimana membuat salah satu dari penerapan E-Business yang dianggap berhasil. !
Course Modules
UAS

Course Modules
DAFTAR PUSTAKA
Lisensi Creative Commons adalah beberapa lisensi hak cipta yang diterbitkan pada 16 Desember 2002 oleh Creative Commons , suatu perusahaan nirlaba Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2001 . Banyak di antara lisensi-lisensi tersebut, terutama lisensi original, yang memberikan "hak dasar", seperti hak untuk mendistribusikan karya berhak cipta tanpa perubahan, tanpa biaya apapun. Beberapa lisensi yang lebih baru tidak memberikan hak tersebut. Lisensi Creative Commons saat ini tersedia dalam 34 yurisdiksi yang berbeda di seluruh dunia, dengan sembilan lainnya dalam tahap pengembangan. Semua lisensi original memberikan "hak dasar". Detail masing-masing lisensi ini bergantung pada versi, dan terdiri dari pilihan empat kondisi: Atribusi (attribution, A , "BY"): Mengizinkan orang lain untuk menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya jika orang tersebut memberikan penghargaan pada pencipta atau pemberi lisensi dengan cara yang disebutkan dalam lisensi. Nonkomersial (noncommercial, NK , "NC"): Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, menampilkan, serta membuat karya turunan berdasarkan suatu karya hanya untuk tujuan nonkomersial. TanpaTurunan (no derivative works,noderivs, TKT , "ND"): Mengizinkan orang lain menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan hanya salinan sama persis (verbatim) suatu karya, bukan karya turunan yang berdasarkan karya tersebut. BerbagiSerupa (share-alike, BS , "SA"): Mengizinkan orang lain untuk mendistribusikan suatu karya turunan hanya di bawah suatu lisensi yang identik dengan lisensi yang diberikan pada karya aslinya. (Lihat pula copyleft .) Adapun lisensi yang dipergunakan untuk mata kuliah ini adalah: "Pencipta diberi kredit dan boleh diturunkan dengan lisensi yang identik untuk tujuan non komersial saja".
Course Modules
Survei adalah pemeriksaan atau penelitian secara komprehensif.Survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan menyebarkankuesioneratauwawancara, dengan tujuan untuk mengetahui: siapa mereka, apa yang mereka pikir, rasakan, atau kecenderungan suatu tindakan. Survei lazim dilakukan dalampenelitiankuantitatif maupun kualitatif.
Course Modules
Evaluasi Mata Kuliah
Semua Informasi perkuliahan dapat di akses di alamat : vclass.unila.ac.id
Course Modules
Rangga Firdaus Jurusan Ilmu Komputer FMIPA UNIL...

Course Modules