Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

NUR ENDAH JANUARTI

Universitas Negeri Yogyakarta
AREAS:
Program Studi Pendidikan Sosiologi

Course Description

Belajar Sosiologi Semakin Menyenangkan Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta Semester Gasal 2019/2020 Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi dengan model Flipped Learning, e-learning yang dilakukan secara full asinkron. Perkuliahan ini akan mengeksplorasi penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Video conference digunakan sebagai sarana tatap muka secara langsung. Perkuliahan ini dilaksanakan selama 16 pertemuan. Semangat, kemandirian dan motivasi untuk terus belajar diperlukan untuk menyelesaikan mata kuliah ini. Nah bagi kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Indormasi dapat mencermati informasi berikut ini! Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran guna mendukung tujuan pembelajaran. Perkuliahan didominasi oleh kerja mandiri untuk membuat media pembelajaran yang variatif, inovatif dan mampu diterapkan dalam pembelajaran sosiologi guna menciptakan suasana yang menyenangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi media sederhana berbasis pada benda/barang tangible (ecomedia) dan media kekinian berbasis informasi dan teknologi Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome) Mahasiswa mampu membuat, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran ecomedia dan media pembelajaran teknologi informasi untuk mendukung tujuan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman materi sosiologi Sub Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat: Mampu memahami guna, fungsi dan pentingnya media dalam proses pembelajaran Mampu menguasai pengembangan media, teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Mampu mengembangkan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara kreatif, variatif dan inovatif sesuai kebutuhan sekolah Mampu merancang media pembelajaran (sederhana, slide dan berbasis IT) Mampu memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran Memiliki rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam proses belajar dan produksi media Skema Pembelajaran Peta Kompetensi Cara Belajar Perkuliahan ini menggunakan model flipped learning dimana perkuliahan dilakukan sepenuhnya dengan pembelajaran dalam jaringan, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Bebeapa kali pertemuan juga akan dilaksanakan video conference. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi kondisi sekolah, karakteristik peserta didik dan pengalaman belajar anda untuk memahami media pembelajaran dan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini. Komponen Penilaian Referensi Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2013). Handbook Teaching and Learning Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Zanafa Publishing. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J., & Smaldino, S. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th edition ed.). New Jersey: Prentice Hall. Hendrastomo, Grendi & Januarti, Nur Endah. (2018). Ecomedia Pembelajaran, Ragam Media Sederhana untuk Pembelajaran Sosiologi. Yogyakarta: UNY Press Naidu, S. (2003). Learning and Teaching with Technology Pronciples and Practices. London: Kogan Page Limited. Sadiman, A., Rahardjo, Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press. Sahlberg, P. (2014). Finnish Lessons, Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Bandung: Kaifa. Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. SELAMAT BELAJAR SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS

Course Syllabus

Belajar Sosiologi Semakin Menyenangkan Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta Semester Gasal 2019/2020 Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi dengan model Flipped Learning, e-learning yang dilakukan secara full asinkron. Perkuliahan ini akan mengeksplorasi penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Video conference digunakan sebagai sarana tatap muka secara langsung. Perkuliahan ini dilaksanakan selama 16 pertemuan. Semangat, kemandirian dan motivasi untuk terus belajar diperlukan untuk menyelesaikan mata kuliah ini. Nah bagi kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Indormasi dapat mencermati informasi berikut ini! Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran guna mendukung tujuan pembelajaran. Perkuliahan didominasi oleh kerja mandiri untuk membuat media pembelajaran yang variatif, inovatif dan mampu diterapkan dalam pembelajaran sosiologi guna menciptakan suasana yang menyenangkan. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi media sederhana berbasis pada benda/barang tangible (ecomedia) dan media kekinian berbasis informasi dan teknologi Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome) Mahasiswa mampu membuat, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran ecomedia dan media pembelajaran teknologi informasi untuk mendukung tujuan pembelajaran dan meningkatkan pemahaman materi sosiologi Sub Capaian Pembelajaran Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat: Mampu memahami guna, fungsi dan pentingnya media dalam proses pembelajaran Mampu menguasai pengembangan media, teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran Mampu mengembangkan materi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran secara kreatif, variatif dan inovatif sesuai kebutuhan sekolah Mampu merancang media pembelajaran (sederhana, slide dan berbasis IT) Mampu memproduksi media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran Memiliki rasa tanggung jawab dan kemandirian dalam proses belajar dan produksi media Skema Pembelajaran Peta Kompetensi Cara Belajar Perkuliahan ini menggunakan model flipped learning dimana perkuliahan dilakukan sepenuhnya dengan pembelajaran dalam jaringan, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Bebeapa kali pertemuan juga akan dilaksanakan video conference. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas. Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi kondisi sekolah, karakteristik peserta didik dan pengalaman belajar anda untuk memahami media pembelajaran dan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini. Komponen Penilaian Referensi Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press. Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2013). Handbook Teaching and Learning Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pekanbaru: Zanafa Publishing. Heinich, R., Molenda, M., Russell, J., & Smaldino, S. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th edition ed.). New Jersey: Prentice Hall. Hendrastomo, Grendi & Januarti, Nur Endah. (2018). Ecomedia Pembelajaran, Ragam Media Sederhana untuk Pembelajaran Sosiologi. Yogyakarta: UNY Press Naidu, S. (2003). Learning and Teaching with Technology Pronciples and Practices. London: Kogan Page Limited. Sadiman, A., Rahardjo, Haryono, A., & Harjito. (2014). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press. Sahlberg, P. (2014). Finnish Lessons, Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Bandung: Kaifa. Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. SELAMAT BELAJAR SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS
Course Modules
FORUM PENGUMUMAN
Announcements
Selamat datang di Perkuliahan Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang pokok-pokok bahasan dan pertemuan selama perkuliahan Media Pembelajaran dan Teknologi Indormasi berlangsung. Supaya lebih jelas, silahkan anda unduh terlebih dahulu Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi berikut ini.
Course Modules
RPS Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
Untuk lebih jelasnya, yuk simak video pembel...
Q&A tentang Rencana Perkuliahan Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
Feedback Orientasi Perkuliahan
Youtube SmartSociologyUNY
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 1 Hi teman-teman, kali ini kita ketemu lagi untuk memulai pembahasan tentang pengembangan media. Kegiatan Belajar 1 ini akan membahas tentang Mengapa kita perlu mengembangkan Media Pembelajaran. Nah sudah siapkah anda belajar? Yuk kita mulai kegiatan Belajar 1 untuk memulai aktivitas kali ini silahkan anda lihat video berikut ini! Youtube Apa yang anda bayangkan setelah melihat video tersebut? Pembelajaran yang ajaib, menyenangkan? Belajar dengan teknologi? atau Teknologi yang akan mengubah cara kita belajar? Masing-masing dari kita selalu membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan. Pembelajar selalu membutuhkan cara, strategi dan media baru untuk mempermudah belajar. Beragam media dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran, mulai dari yang sederhana seperti buku, hingga media pembelajaran berbasis teknologi seperti yang telah anda lihat di video. Penggunaan media merangsang daya pikir siswa, memberi pemahaman jauh lebih konkret dan membuat belajar menjadi menyenangkan. Berikut penjelasan kenapa kita belajar media pembelajaran, yuk simak video pembelajaran berikut ini Youtube Nah menarik bukan belajar dengan menyenangkan. Media pembelajaran menjadi penting dan perlu dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik peserta didik dan kemajuan teknologi. Sebagai sumber belajar tambahan, silahkan anda unduh materi/artikel berikut ini
Course Modules
Pengantar Media Pembelajaran
Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran
Sudah mengertikah manfaat penggunaan media dalam p...
Diskusi Media Pembelajaran
Nah bagaimana diskusinya, sudah menemukan alasan y...
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 2 Pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Guru Inovatif dan Kreatif Apa yang anda bayangkan tentang guru ketika melihat gambar berikut ini ... Apa yang anda lihat dari gambar diatas??? Tepat sekali. Guru mendidik siswanya dengan beragam cara untuk bisa menarik minat dan motivasi sehingga siswa paham akan materi yang disampaikan. Nah seperti apa cara guru menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar siswa, kalian dapat melihat video talkshow tentang kreativitas guru dalam mengembangkan media dan model pembelajaran berikut ini Youtube Luar biasa bukan, melihat bagaimana guru-guru bergitu energik, inspiratif untuk berkreasi membuat media pembelajaran. Dewasa ini tantangan guru dalam pengajaran di kelas semakin kompleks. Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk mengubah model pembelajaran untuk membekali peserta didik dengan kompetensi abad 21. Apa saja tantangan guru dan seperti apa kompetensi abad 21, Anda dapat mengikuti penjelasanya melalui video pembelajaran berikut ini Youtube Dari penjelasan tersebut semoga kalian mulai mengerti tantangan guru masa depan. Tantangan ini perlu dihadapi dengan semangat untuk memberikan yang terbaik melalui kreasi media pembelajaran yang mendorong peserta didik menyenangi materi yang diajarkan. Nah bagaimana, semakin terinspirasi untuk menjadi guru inovatif dan kreatif. Silahkan unduh materi berikut ini tentang guru inovatif dan kreatif
Course Modules
Guru Kreatif
Guru dan Media
Diskusi 'Guru dan Media'
Apabila anda sudah paham, silahkan isi evaluasi (q...
Uji Kompetensi #1: Guru dan Media
Tetap semangat, menginspirasi dan semakin kreatif ...
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 3 Halo teman-teman semua, ketemu kembali pada kegiatan belajar 3. Pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan tentang mengapa kita mempelajari media pembelajaran, dan guru kreatif. Dari apa yang sudah anda pelajari kita akan coba untuk mensitesiskan dalam wujud konsep media. Pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Media Pembelajaran, Apa itu media dan kenapa pembelajaran membutuhkan media. Sebagai langkah awal coba anda amati gambar berikut ini Apa yang anda lihat? Beberapa peserta didik sedang belajar. Lihat lebih detail lagi, mereka juga memainkan permainan monopoli. Belajar sambil bermain merupakan cara untuk memotivasi peserta didik untuk belajar. Nah materi yang dirangkai dalam permainan monopoli ini merupakan media pembelajaran, digunakan oleh guru untuk mempermudah memberi pemahaman kepada peserta didik. Guru menggunakan alat/media yang kreatif yang dapat dibuat dengan bahan-bahan bekas pakai dan tersedia di lingkungan sekitar untuk membantu peserta didik memahami materi secara lebih mudah. mengkonkretkan yang abstrak dan mendorong pembelajaran menjadi jauh lebih menyenangkan. Nah menurut anda media pembelajaran itu apa? coba kita diskusikan terlebih dahulu melalui forum dibawah ini
Course Modules
Apa itu Media Pembelajaran?
Anda juga dapat mengunduh materi berikut ini
Media Pembelajaran
Ternyata anda sudah mampu menjelaskan tentang apa ...
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 4 Halo teman-teman, bagaimana perkuliahan media pembelajaran dan teknologi informasi sampai saat ini? menarik bukan! Nah kali ini kita akan belajar tentang Perkembangan, Ragam dan Jenis Media Pembelajaran. Apa yang anda lihat dari gambar diatas merupakan sedikit dari banyak media yang biasa digunakan dalam pembelajaran, beberapa diantaranya jarang digunakan akibat perkembangan teknologi yang cepat. Dinamika masyarakat yang berkembang, termasuk didalamnya peserta didik, Teknologi yang semakin canggih mendorong penggunaan media menjadi semakin beragam. Lebih lengkapnya, simak video berikut ini Youtube Nah bagaimana menurut anda apakah perkembangan, ragam dan jenis media-media tersebut masih relevan pada saat ini? Apakah setiap periode/jaman berganti maka media yang lama akan selalu tergantikan dengan media yang baru? Apakah guru/calon guru juga perlu mempertimbangkan ragam dan jenis media media? Yuk kita diskusikan melalui forum dibawah ini
Course Modules
Diskusi Perkembangan Media Pembelajaran
Berbagai pendapat anda yang dikemukakan dalam disk...
Ragam Media Pembelajaran
Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis TI
Melalui diskusi dan membaca artikel diatas semoga ...
Refleksi Pembelajaran Daring 1-4
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 5 Bagaimana kabar kalian? tetap semangat untuk belajar ya.. Kali ini kita akan melanjutkan kembali bahasan media pembelajaran. Materi kegiatan belajar ini akan membahas tentang Urgensi Penggunaan Media dalam Pembelajaran Sosiologi. Coba pikirkan seperti apa urgensi guna media dalam mengajarkan sosiologi? kemukakan pendapat anda melalui forum diskusi berikut ini ...
Course Modules
Diskusi 'Urgensi Penggunaan Media untuk Sosiologi'
Kalian semua telah mengemukakan pendapat tentang u...
Media dalam Pembelajaran Sosiologi
Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran
Inspiratif bukan, ternyata kita dapat membuat bera...
Q&A Diskusi 'Urgensi Media Pembelajaran'
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 6 Apa kabar teman-teman semua? tetap semangat ya.. Pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan tentang bagaimana membuat dan mengembangkan media pembelajaran. Sebelum memulai membuat dan mengembangan media pembelajaran, teman-teman perlu mengetahui tantangan dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Selengkapnya mari kita simak video berikut ini Youtube Sudah anda catat hal-hal yang penting diketahui dan dipikirkan sebelum memulai membuat media pembelajaran. Sudah siapkah anda membuat media pembelajaran? Harus siap dan pasti siap ... Nah untuk memastikan bahwa anda telah memahami langkah-langkah awal memulai membuat dan mengembangkan media, silahkan jawab pertanyaan quiz berikut ini
Course Modules
Analisis Situasi Pra Pembuatan Media Pembelajaran
Nah saat ini anda telah siap membuat dan mengemban...
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 7 Halo teman-teman, jumpa kembali pada Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi. Pada pertemuan sebelumnya, kita telah membahas tentang urgensi media dalam pembelajaran sosiologi. Secara garis besar telah dipaparkan pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran sosiologi serta beberapa persyaratan untuk memulai membuat media pembelajaran. Untuk lebih mendalami penggunaan media, pilihan media berdasarkan kebutuhan peserta didik maka pada pertemuan kali ini kalian akan terjun ke lapangan untuk melihat Realitas Permasalahan Pembelajaran Sosiologi di Sekolah. Berbeda daripada pertemuan-pertemuan sebelumnya, kali ini kalian akan berkunjung ke sekolah untuk melihat, mengamati, mencatat, segala proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah, sebagai bagian dari melihat realitas, sekaligus untuk melakukan analisis kebutuhan dimana data-data hasil observasi ini akan digunakan untuk merancang media pembelajaran di akhir perkuliahan. Pelaksanaan kegiatan observasi ini akan dilakukan secara berkelompok. Berikut kelompok-kelompoknya:
Course Modules
Kelompok Observasi Media Pembelajaran dan TI Daring UNNES
Kelompok Observasi Media Pembelajaran dan TI UNY Kelas A
Kelompok Observasi Media Pembelajaran dan TI UNY Kelas B
Masing-masing kelompok menentukan satu sekolah seb...
Instrumen Observasi
Jangan lupa hasil observasi silahkan diupload mela...
Hasil Observasi
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 7 (2) Bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan tetap semangat. Bagaimana cerita dengan Bapak/Ibu guru sosiologi di sekolah? Semoga kalian diterima dengan hangat dan mendapatkan banyak informasi tentang pembelajaran sosiologi. Tidak sabar kami ingin mendengar cerita anda. Masih satu rangkaian dari pertemuan sebelumnya, kali ini kita akan mendengarkan dan mencermati Paparan Kebutuhan Pembelajaran Sosiologi sesuai dengan apa yang anda peroleh di sekolah. Pertemuan kali ini kita akan melakukan teleconference untuk berinteraksi tatap muka secara daring. Sudah siapkah kalian.. Yuk kita mulai diskusi kita...
Course Modules
Mendengar cerita kalian tentang permasalahan-perma...
Pemecahan Masalah/Solusi Pembelajaran Sosiologi
Wah, menarik-menarik ide anda. Nantinya kita akan ...
Mahasiswa Sosiologi Kenalkan Media Pembelajaran
Semoga apa yang sudah anda semua kemukakan dapat k...
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 8 Halo teman-teman semua, sejauh mana aktivitas kalian dikaji dalam memahami media pembelajaran? tentu sudah banyak pengalaman dan pemahaman tentang media pembelajaran yang anda dapatkan pada kegiatan belajar sebelumnya. Nah kali ini kita akan memulai kegiatan belajar 8 ini. Pada pertemuan kali ini kita akan mendiskusikan tentang beragam media pembelajaran berbasis teknologi informasi, baik berupa aplikasi-aplikasi online, quiz maupun sumber-sumber belajar yang dapat dikembangkan dan diakses secara online. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan melalui video berikut ini Youtube Semoga semakin jelas dan mengenal ragam media pembelajaran berbasis teknologi informasi.
Course Modules
Media berbasis IT ada beragam, mulai dari yang sed...
PPT 1
PPT 2
Dari 2 (dua) PowerPoint diatas, apa komentar anda?...
PowerPoint sebagai Media Pembelajaran
Pembagian Tugas PPT UNNES
Tugas PowerPoint Pembelajaran Sosiologi
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 8 (2) Halo teman-teman semua, apa kabar, sudahkah anda menyelesaikan tugas PowerPoint? pasti sudah ya.. Nah kali ini kita akan melihat dan mendiskusikan media berbasis teknologi informasi yang lainnya. Kita akan mendiskusikan dan mengenalkan tentang implementasi media teknologi informasi dalam pembelajaran. Nah bagaimana penerapan teknologi dalam pembelajaran? Yuk kita berimajinasi dengan melihat video berikut ini Youtube Apa yang anda lihat? Mengapa teknologi dan pendidikan berkembang dengan pesat? Teknologi mengubah cara belajar siswa? atau Perkembangan pendidikan mendorong memunculkan kreasi teknologi? Yuk kita diskusikan di forum berikut ini
Course Modules
Diskusi perkembangan teknologi dan media
Aplikasi Game HTML 5 dengan Construct 2 untuk Pembelajaran
Modul Kahoot! - Belajar Sosiologi itu Menyenangkan
Modul Quizizz - Belajar Sosiologi itu Menyenangkan
Modul Plickers - Belajar Sosiologi itu Menyenangkan
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 9 Halo kawan-kawan penikmat media pembelajaran, sampai sejauh ini apakah ada yang belum dimengerti tentang media pembelajaran. Apabila masih ada yang belum dipahami silahkan sampaikan pertanyaan atau diskusi melalui email yang tertera halaman utama. Pada kegiatan belajar kali ini kita akan membahas materi Ecomedia Pembelajaran. Apa itu ecomedia pembelajaran? Silahkan terlebih dahulu membaca materi melalui powerpoint berikut ini
Course Modules
Literatur Bacaan: Ecomedia Pembelajaran
Apa itu Ecomedia Pembelajaran?
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 10 Halo teman-teman, masih tetap semangat. pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas apa itu ecomedia pembelajaran. Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Perencanaan Media Pembelajaran Sebelumnya anda sudah melakukan observasi di sekolah dan telah mendapatkan data-data terkait. Nah data-data dari analisis kebutuhan tersebut akan kita tindak lanjuti dengan perencanaan pembuatan media. Sekarang diskusikan dengan teman-teman anda satu kelompok, media apa yang akan dikembangkan berdasarkan data di sekolah. Silahkan kemukakan rencana anda melalui instrumen berikut ini
Course Modules
Instrumen Perencanaan Media Pembelajaran
Tindak Lanjut/Rencana Media Pembelajaran
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 11 Halo teman-teman ketemu lagi pada mata kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi. Pada kegiatan belajar kali ini kita akan membahas tentang Praktek dan Produksi Media Pembelajaran Berikut ini ada beberapa modul tentang praktek teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas. Silahkan dicermati dan dapat menjadi referensi untuk mengembangkan media pembelajaran
Course Modules
Modul Construct 2
Modul Plickers
Modul Kahoot
Modul Quizizz
SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 12 Hi teman-teman, kini kuliah Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi telah memasuki masa-masa akhir, coba renungkan kembali apa yang sudah kalian pelajari selama ini. Kali ini kita akan melihat Implementasi Media Pembelajaran yang sudah anda kerjakan. Yuk tunjukkan dan ceritakan hasil kerja kalian, sampaikan di kolom penugasan berikut ini
Course Modules
Hasil Media pembelajaran
SELAMAT DATANG DALAM KEGIATAN REVIEW DAN EVALUASI Halo teman-teman mahasiswa semua, tidak terasa perkuliahan Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi telah selesai. Beberapa materi telah kita diskusikan bersama dan kini tiba saatnya untuk melakukan kegiatan evaluasi. Perkuliahan ini memfokuskan pada keahlian/kompetensi anda untuk mengembangkan media pembelajaran sehingga bentuk evaluasi akhir juga berkaitan dengan produk. Berikut tugas akhir yang harus dikerjakan (sesuai dengan yang sudah disampaikan pada pertemuan sebelumnya), silahkan lihat file berikut ini
Course Modules
Tugas Akhir Media Pembelajaran dan TI_Daring UNNES
Instrumen Umpan Balik Penilaian Media_Daring UNNES
Template Laporan Ecomedia dan IT Pembelajaran
Tugas Akhir Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
Ujian Akhir Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
PAT Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi
Kritik dan Saran Proses Perkuliahan