Nama: AgusMilus Susetyo, M.Pd No Wa: 081615119422 Alamat Surel : agusmilus@unmuhjember.ac.id Assalamualaikum Wr, Wr Selamat berbahagia untuk mahasiswa, calon guru khususnya mahasiswa FKIP dilingkungan UM Jember. Semoga tidak bosan saat ketemu lagi dengan saya. Kali ini saya membina mata kuliah Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Sedikit cerita sebelum pada poin utama di mata kuliah ini. Profesi guru dipandang sebagi profesi yang sulit oleh beebrapa orang bahkan banyak artikel, blog, tulisan lepas yang bertebaran di sekiling kita. Guru harus berangkat pagi, pulang menjelang sore bahkan sore belum lagi menjelaskan materi kemudian memberi tugas kepada muridnya. Belum lagi ketemu dengan siswa dengan karakter atau sikap yang "super" yang bikin guru emosi. Namun semua anggapan di atas adalah keliru. Kegiatan mendidik dan mengajar merupakan profesi yang mudah, tidak sulit malah menyenangkan asal guru harus paham prosedurnya. Salah satunya adalah seorang guru yang akan mengajar harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang tidak sedikit dan disusun secara sistematis agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh muridnya, ibarat seorang pekerja bangunan yang akan melakukan pekerjaannya dia harus menyiapkan segala perangkat yang dibutuhkan baik itu palu, gergaji, meteran, bor dan lain-lain. Apalagi seorang guru sebagai pendidik yang akan melakukan tugas mulianya tentu tidak sedikit perangkat yang disiapkan, karena setiap tingkatan pendidikan memiliki target Standar Kompetensi (Kompetensi Inti) dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai. Untuk mengatur distribusi Standar Kompetensi (Kompetensi Inti) dan Kompetensi dasar dalam 2 semester dibutuhkan kalender pendidikan yang mengatur minggu efektif dan minggu tidak efektif, dalam kalender pendidikan juga diatur tanggal ujian semester, ujian tengah semester dan lain-lain. Guru sebagai pendidik juga harus memiliki RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dimana di dalam RPP dijelaskan langkah-langkah proses pembelajaran yang akan dilakukan dalam sebuah tatap muka atau pertemuan mulai dari pembukaan sampai dengan penutupan proses belajar-mengajar. Selain itu, ada beberapa jenis perangkat pembelajaran yang harus diperlukan sebelum guru masuk kelas. Keberadaan mata kuliah ini tidak lain adalah untuk membantu kalian (Mahasiswa) agar bisa membuat program pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran. Semua perangkat ini sangat untuk memperlancar proses pembelajaran. Mata kuliah ini didesain secara blended atau hybrid artinya terdapat pertemuan di mata kuliah ini harus dilakukan secara tatap muka di kelas dan juga ada pertemuan yang menggunakan model daring (online). Hal ini tentunya sesuatu hal yang baru untuk kalian. Untuk lebih jelasnya kalian perhatian penjelasan di bawah ini. icon by: https://duniapendidikan.co.id/ Identitas Mata Kuliah Mata Kuliah : Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kode : BIND 016 Bobot SKS : 4 Semester : 5 Program Studi : Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah Fakultas : FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia Dosen : Agus Milu Susetyo M.Pd Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini berisi topik bahasan antara lain pengembangan program PBSI mencakup RPE, jadwal pelajaran, prota, promes, silabus dan RPP. Selain itu terdapat juga materi tentang KKM, Remedial dan Pengayaan. Hal yang harus disusun atau dikerjakan oleh mahasiswa dalam mata kuliah ini adalah menyusun semua perangkat pembelajaran layaknya guru yang ada di sekolah. Penguasaan materi dalam mata kuliah ini menggunakan metode diskusi, ceramah dan tanya jawab serta tugas protofolio. Sistem perkuliahan dilakukan dengan tatap muka dikelas dan dikombinasi dengan sistem perkuliahan daring (online) dengan web milik kampus. Penilaian akhir dari mata kuliah ini diambil dari absensi, keaktifan di kelas, tugas dan penampilan saat presentasi materi. Tujuan umum dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa PBSI mampu merancang dan menyembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangn jaman. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dari kurikulum KKNI (Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)) yang dipakai prodi Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UM Jember. Perubahan ke KKNI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruaan tinggi khususnya calon pendidik terkait kompetensi membuat perangkat pembelaaran. Materi Pertemuan 1 Penjelasan Kontrak Kuliah Penjelasan Mata Kuliah Penjelasan tugas pokok dan fungsi profesi guru serta kompetensi yang dibutuhkan saat menjalankan tugasnya 8 standar pendidikan pada kurikulum 2013 4 macam kompetensi Guru yang profesional Macam-macam bahan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Kompetensi Dasar Memahami dan mengidentifikasi tugas pokok dan fungsi profesi guru serta kompetensi yang dibutuhkan saat menjalankan tugasnya Indikator Mahasiswa mampu memahami 4 macam karakteristik kompetensi profesi guru Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengumpulkan bahan untuk menyusun perangkat pembelajaran PBSI Mampu memahami 8 jenis standar pelaksanaan pendidikan Estimasi waktu Tatap Muka, 4 x 60 menit Belajar Mandiri 4 x 60 menit Tugas 4 x 60 menit Petunjuk untuk mahasiswa pada pertemuan ini Membaca kontak perkuliahan Membaca artikel tentang kondisi guru dan kompetensi wajib dari seorang guru. Mengunduh Modul dan memahami bab pengantar di mata kuliah ini Mencari, mengunduh dan memahami 8 standar pendidikan K13 Mengidentifikasi bahan yang dibutuhkan untuk membuat perangkat pembelajaran (browsing internet dan membaca buku) Hal yang dikerjakan mahasiswa. Mahasiswa membuat dan mengumpulkan tugas berupa rangkuman ke estudy kampus. Mahasiswa mengumpulkan bahan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Mahasiswa memahami 8 jenis standar pelaksanaan pendidikan
Course Modules Kontrak perkuliahan (mode Blended)
Modul Mata Kuliah Program Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Empat Kompetensi Yang Harus Dimiliki Seorang Guru Profesional
Permendikbud 8 Standar Pendidikan di Kurikulum 2013
Diskusilah dengan teman sekelas untuk memecahkan permasalah berikut ini.
Tugas Dipertemuan Awal