Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI
Universitas Negeri Gorontalo

EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

LILAN DAMA

Universitas Negeri Gorontalo
AREAS:
Program Studi Pendidikan Biologi

Course Description

Mata kuliah iniadalah mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konseppengertian dan kegunaan tes, etika tes, perencanaan tes, taxonomy pendidikan, tes standar dan tes buatan guru, teknik dan bentuk evaluasi, menulis tes, assesmen alternatif, menskor dan menilai hasil tes, mengolah nilai, menganalisis hasil tes dan menguji validitas dan reliabilitas tes.Kegiatan pembelajaran diawali dengan pengantar mata kuliah, mengkaji pembelajaran, dan mengaplikasikan; latihan menyusun instrument tes, latihan menyusun soal buatan guru, menganalisis soal. Mahasiswajugamenggunakan ICT untuk mencari informasi, presentasi, komunikasi dalam belajar.

Course Syllabus

IDENTITAS MATA KULIAH IDENTITAS PENGAMPU Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Biologi Dosen : 1. Dr. Lilan Dama, S.Pd.,M.Pd 2. Dr. Elya Nusantari, S.Pd.,M.Pd 3. Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd 4. Nurrijal, S.Pd.,M.Pd Kode MK : 431430453 NIP/NIDN : 1. 0011017701 2. 0017097206 3. 0009046505 4. 0906038801 SKS : 3 Semester : V MK Prasyarat : Pengantar Pendidikan Biologi, Belajar dan Pembelajaran Biologi Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep pengertian dan kegunaan tes, etika tes, perencanaan tes, taxonomy pendidikan, tes standar dan tes buatan guru, teknik dan bentuk evaluasi, menulis tes, assesmen alternatif, menskor dan menilai hasil tes, mengolah nilai, menganalisis hasil tes dan menguji validitas dan reliabilitas tes. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pengantar mata kuliah, mengkaji pembelajaran, dan mengaplikasikan; latihan menyusun instrument tes, latihan menyusun soal buatan guru, menganalisis soal. Mahasiswa juga menggunakan ICT untuk mencari informasi, presentasi, komunikasi dalam belajar. Cara Belajar: Kegiatan pembelajaran pada kelas ini dilakukan secara daring dengan konsep Blended Learning. Dosen dan mahasiswa tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face). Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar terdiri dari: Modul digital Video pembelajaran Media presentasi Sumber bacaan lain Pertama-tama, Anda harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM . Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi, yang terdiri dari TUGAS dan TES . Apabila nilai tes mencapai standar 70%, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai standar tersebut, silakan Anda pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES tersebut, sampai nilai minimal tercapai. Daftar Referensi yang digunakan: 1. Utama : Anderson, Lorin W, David R. Karthwohl. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assesing. Arikunto, S. Cepi S Abd. J. 2004. Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritik bagi Praktisi Pendidikan. Penerbit; Bumi Aksara Hayat, Bahrul. 2008. Assesmen Berbasis Kelas; Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian & Pengembangan DepDikNas Karthwohl, David R, Benjamin S. Bloom, Bertram B. Masia, 1979. Taxonomy of Educational Objektives. Previously Publised Marzano Robert. J, John S. Kendall. 2007. The New Taxonomy of Educational Objectives. Second Edition. Corwin Press A SAGE Publications Company Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Penerbit; PT. Remaja Rosdakarya 2. Pendukung : Naga, Dali S, Sugiarto. 2009. Item Response Theory Psikometrika Djaali, 2008. Desain Eksperimen; Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Rossett, Allison, Joseph W. Arwady. First Painting; 1987. Training Needs Assessment. Printed in the United State of America Soekamto, Toeti. 2008. Kawasan Penelitian Evaluasi Pendidikan dan Soal-soal Evaluasi; Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Tayipnapis Farida Y. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Prog Pendidikan dan Penelitian. Penerbit; Rineka Cipta Patton, Michael Quinn. 2009.Qualitative Evaluation and Research Methods. Soekamto, Toeti. 2008. Keefektifan Strategi Instruksional; Suatu Meta- Analisis. Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Glass, Gene V, Barry McGaw and Mary Lee Smith. 1981. Meta Analysis in Social Research. SAGE Publication Beverly hills London DOWNLOAD RPS
Course Modules
Announcements
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menganalisis kemampuan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pendidikan Subcapaian Pembelajaran: Mampu mengorganisasi dan menganalisis cara mengukur kemampuan ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik menggunakan taksonomi Blom revisi Anderson Mampu membuat soal yang mengukur kemampuan kognitif,afektif dan psikomotor berdasarkan jenjang kemampuan pada taksonomi Bloom revisi Anderson Mampu merancang skala penilaian kemampuan ranah kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik Mampu menganalisis soal-soal tes standar berdasarkan jenjang taksonomi Pengantar: Dalam pendidikan, taksonomi dibuat untuk mengklasifikasikan tujuan pendidikan. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain, yaitu: kognitif, afektif, dan psikomotor. Dari setiap ranah tersebut dibagi kembali menjadi beberapa kategori dan subkategori yang berurutan secara hirarkis (bertingkat), mulai dari tingkah laku yang sederhana sampai tingkah laku yang paling kompleks. Tingkah laku dalam setiap tingkat diasumsikan menyertakan juga tingkah laku dari tingkat yang lebih rendah. Taksonomi berasal dari bahasa Yunani taxis yang berarti pengaturan dan nomos yang berarti ilmu pengetahuan. (1) Taksonomi adalah sistem klasifikasi. (2) Taksonomi berarti klasifikasi berhierarki dari sesuatu atau prinsip yang mendasari klasifikasi atau juga dapat berarti ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi. Taksonomi merupakan suatu tipe sistem klasifikasai yang berdasarkan data penelitian ilmiah mengenai hal-hal yang digolongkan-golongkan dalam sistematika itu.
Course Modules
Materi 1: Karakterstik Taksonomi PendidikanUntuk d...
Materi 2: Taksonomi Ranah Kognitif, Afektif d...
Buku Ajar
Forum Diskusi
Tugas Mandiri
Tes Formatif
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menyusun tes standar dengan tes buatan guru dengan baik Subcapaian Pembelajaran: Mampu menjelaskan pengertian tes standar dan tes buatan guru Mampu membedakan kegunaan tes standar dengan tes buatan guru Mampu memberikan contoh tes standar dan tes buatan guru dengan baik Pengantar: Tes standar dapat digunakan untuk menilai dan membandingkan kemampuan atau kemajuan belajar siswa dengan siswa di kelas atau kelas lain. Di sisi lain, tes standar juga dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap jenis-jenis kemampuan yag secara normatif telah menjadi standar, seperti tes kemampuan intelektual atau bakat.
Course Modules
Materi 1: Pengertian dan Prinsip Umum Tes Standar ...
Buku Ajar
Perbandingan Tes Standar dan Tes Buatan Guru
Materi 2: Contoh Tes Standar dan Tes Buatan GuruMa...
Contoh Tes Standar
Contoh Tes Buatan Guru
Materi 3: Langkah-langkah Pengembangan Tes Standar...
Pengembangan Tes Standar
Pengembangan Tes Buatan Guru
Forum Diskusi
Tugas Mandiri
Tes Formatif
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan assesmen autentik Subcapaian Pembelajaran: Mampu menjelaskan konsep penilaian otentik Mampu menjelaskan jenis-jenis perangkat penilaian otentik Mampu mendiskusikan strategi penilaian otentik Mampu menyusun teknik dan instrumen penilaian otentik Pengantar: Salah satu tuntutan kurikulum 2013 adalah meminta peserta didik untuk mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Melalui pendekatan saintifik peserta didik diharapkan memahami beragam fenomena atau gejala dan hubungannya satu sama lain secara mendalam, serta mengaitkan apa yang dipelajari dengan dunia nyata di luar sekolah. Di sini guru dan peserta didik memiliki tanggung jawab atas apa yang terjadi. Peserta didik pun tahu apa yang mereka ingin pelajari, memiliki parameter waktu yang fleksibel dan bertanggung jawab untuk tetap pada tugas-tugas yang diembannya. Guna memperoleh penggambaran yang lebih objektif terhadap pencapaian peserta didik terhadap berbagai kegiatan tersebut, maka dituntut diterapkannya penilaian otentik dan kinerja. Penilaian dengan model seperti ini diperkirakan mampu memberikan gambaran mengenai hasil belajar peserta didik, baik dalam rangka membangun jejaring, dan lain-lain. Penilaian otentik dan kinerja lebih terfokus pada tugas-tugas kompleks atau kontekstual yang memberi kemungkinkan bagi peserta didik untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam pengaturan yang lebih nyata. Bahkan penilaian tersebut dipandang relevan dengan pendekatan tematik terpadu dalam pembelajaran, khususnya untuk jenjang sekolah dasar atau untuk mata pelajaran yang sesuai. Berikut adalah ruang lingkup tentang penilaian otentik, simaklah dengan baik-baik video berikut ini; https://www.youtube.com/watch?v=4O8SVVVVwJg
Course Modules
Materi 1: Konsep penilaian otentikSilakan pelajar...
Konsep penilaian otentik
Selain itu, untuk dapat lebih memahami apa dan bag...
Konsep penilaian otentik
Materi 2: Jenis-jenis perangkat penilaian otentik...
Buku Ajar
Materi 3: Strategi penilaian otentikDalam  k...
Buku Ajar
Video cara penulisan kisi-kisiSetelah mencermati v...
Menulis Tes Hasil BelajarSilakan pelajari modul be...
Buku Ajar
Materi 4: Teknik dan instrumen penilaian otentikP...
Buku Ajar
Sebagai bahan tambahan pengetahuan anda simaklah v...
Forum Diskusi
Tugas Mandiri
Tes Kinerja
RANGKUMANSetelah mempelajari materi diatas, dapat ...
Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu menerapkan uji validitas dan relibilitas tes; jenis-jenis validitas, cara mengetahui validitas ukur, reliabilitas tes bentuk uraian dan objektif. Subcapaian Pembelajaran: Mampu untuk menjelaskan perbedaan uji validitas dan relibilitas tes Mampu menjelaskan jenis-jenis validitas dan relibilitas tes Mampu melakukan uji validitas alat ukur serta reliabilitas bagi sebuah tes Mampu melakukan uji reliabilitas tes objektif dan mencari reliabilitas tes uraian Pengantar: Validitas Materi ini menyajikan konsep tentang validitas suatu tes dan cara mengukur validitas suatu tes. Validitas merupakan derajat ketepatan antara tes sebagai alat ukur dengan apa yang hendak diukur. Data yang valid adalah data "yang tidak berbeda" antara data yang dilaporkan dengan keadaan sesungguhnya dari subyek atau obyek penelitian. Dalam pendidikan, tes sebagai ukuran prestasi siswa harus memiliki tingkat kevalidan tinggi. Artinya tes yang digunakan bisa mengukur kemampuan sebenarnya dari siswa. Mengukur validitas tes bisa dilakukan melalui validitas logis secara kualitatif dan validitas empirik secara kuantitatif melalui perhitungan yang memanfaatkan statistik. Validitas berdasarkan cara pengujiannya: Validitas internal dan Validitas eksternal. Validitas berdasarkan cara menetapkannya: Validitas logis dan Validitas empiris. Validitas berdasarkan tujuannya: Validitas isi (content validity), Validitas konstruk (construc validity), Validitas konkuren (concurrent validity), Validitas prediksi (predictive validity) Reliabilitas Meteri ini menyajikan secara mendalam tentang reliabilitas mulai dari konsep, perhitungan dengan menggunakan statistic yang cukup sederhana dan interpretasi reliabilitas yang diperoleh.
Course Modules
Validitas tes
Materi 1: Prinsip validitas tesKetentuan penting ...
Buku Ajar
Materi 2: Jenis-jenis validitas tesDalam menguji v...
Buku Ajar
Materi 3: Langkah-langkah menguji validitas tesLan...
Buku Ajar
Materi 4: Contoh cara menguji validitas tesAnda te...
Buku Ajar
Untuk lebih memahami bagaimana cara melakukan perh...
Tugas Mandiri
Forum Diskusi
Reliabilitas
Materi 1: Prinsif reliabilitas tesTeori tentang r...
Buku Ajar
Materi 2: Teknik Pengujian Reliabilitas Tes Hasil ...
Materi 3: Teknik Pengujian Reliabilitas Tes Hasil ...
Tugas Mandiri
Forum Diskusi
Tes Formatif

Course Modules
Tugas Akhir Mandiri

Course Modules
Ujian Akhir Semester