IDENTITAS MATA KULIAH IDENTITAS PENGAMPU Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Biologi Dosen : 1. Dr. Lilan Dama, S.Pd.,M.Pd 2. Dr. Elya Nusantari, S.Pd.,M.Pd 3. Dr. Hartono D. Mamu, M.Pd 4. Nurrijal, S.Pd.,M.Pd Kode MK : 431430453 NIP/NIDN : 1. 0011017701 2. 0017097206 3. 0009046505 4. 0906038801 SKS : 3 Semester : V MK Prasyarat : Pengantar Pendidikan Biologi, Belajar dan Pembelajaran Biologi Mata kuliah ini adalah mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan konsep pengertian dan kegunaan tes, etika tes, perencanaan tes, taxonomy pendidikan, tes standar dan tes buatan guru, teknik dan bentuk evaluasi, menulis tes, assesmen alternatif, menskor dan menilai hasil tes, mengolah nilai, menganalisis hasil tes dan menguji validitas dan reliabilitas tes. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pengantar mata kuliah, mengkaji pembelajaran, dan mengaplikasikan; latihan menyusun instrument tes, latihan menyusun soal buatan guru, menganalisis soal. Mahasiswa juga menggunakan ICT untuk mencari informasi, presentasi, komunikasi dalam belajar. Cara Belajar: Kegiatan pembelajaran pada kelas ini dilakukan secara daring dengan konsep Blended Learning. Dosen dan mahasiswa tidak bertemu secara tatap muka langsung (face to face). Media pembelajaran yang disediakan pada setiap Kegiatan Belajar terdiri dari: Modul digital Video pembelajaran Media presentasi Sumber bacaan lain Pertama-tama, Anda harus mempelajari semua media pembelajaran secara mandiri. Apabila ada materi yang belum dipahami, silakan bertanya melalui FORUM . Setiap Kegiatan Belajar diakhiri dengan evaluasi, yang terdiri dari TUGAS dan TES . Apabila nilai tes mencapai standar 70%, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Belajar berikutnya. Jika nilai tes belum mencapai standar tersebut, silakan Anda pelajari lagi MATERI Kegiatan Belajar tersebut dan kerjakan lagi TES tersebut, sampai nilai minimal tercapai. Daftar Referensi yang digunakan: 1. Utama : Anderson, Lorin W, David R. Karthwohl. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching and Assesing. Arikunto, S. Cepi S Abd. J. 2004. Evaluasi Program Pendidikan; Pedoman Teoritik bagi Praktisi Pendidikan. Penerbit; Bumi Aksara Hayat, Bahrul. 2008. Assesmen Berbasis Kelas; Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian & Pengembangan DepDikNas Karthwohl, David R, Benjamin S. Bloom, Bertram B. Masia, 1979. Taxonomy of Educational Objektives. Previously Publised Marzano Robert. J, John S. Kendall. 2007. The New Taxonomy of Educational Objectives. Second Edition. Corwin Press A SAGE Publications Company Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Penerbit; PT. Remaja Rosdakarya 2. Pendukung : Naga, Dali S, Sugiarto. 2009. Item Response Theory Psikometrika Djaali, 2008. Desain Eksperimen; Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Rossett, Allison, Joseph W. Arwady. First Painting; 1987. Training Needs Assessment. Printed in the United State of America Soekamto, Toeti. 2008. Kawasan Penelitian Evaluasi Pendidikan dan Soal-soal Evaluasi; Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Tayipnapis Farida Y. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Prog Pendidikan dan Penelitian. Penerbit; Rineka Cipta Patton, Michael Quinn. 2009.Qualitative Evaluation and Research Methods. Soekamto, Toeti. 2008. Keefektifan Strategi Instruksional; Suatu Meta- Analisis. Penelitian dan Evaluasi pendidikan Prog. Pascasarjana Univ. Negeri Jakarta Glass, Gene V, Barry McGaw and Mary Lee Smith. 1981. Meta Analysis in Social Research. SAGE Publication Beverly hills London DOWNLOAD RPS
Course Modules