Welcome to Spada Indonesia
Courses Images

PENGEMBANGAN E-LEARNING

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

MUHIBUDDIN FADHLI

Universitas Muhammadiyah Ponorogo
AREAS:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Course Description

Mata kuliah membahas tentang konsep dasar e-learning dengan sistem synchronous dan asyncronous mode, pengelolaan proses pembelajaran dengan Komputer dan E-learning di era disrupsi, aplikasi proses pembelajaran melalui e-learning dengan pemanfaatan LMS (Moodle, Edmodo), Blogging, setting dan editing e-learning, penilaian dan diskusi pada e-learning serta evaluasi program pembelajaran e-learning.

Course Syllabus

Assalamualaikum w.w Selamat datang di mata kuliah Komputer dan E-learning . Revolusi industri 4.0 membuat kita harus menyiapkan dan menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan generasi. Mata kuliah ini diharapkan mampu untuk menjembantani para calon guru dalam mempersiapkan media dan sumber belajar dalam kelas yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Sehingga para murid akan menikmati sajian pembelajaran yang disajikan oleh guru dengan senang, nyaman dan up-to-date . Mata kuliah Komputer dan E-learning membahas tentang konsep dasar Pengembangan dan Pemanfaatan TIK,Internet Sehat, Pendampingan Orang Tua, Generasi Native Digital dan Immigrant Digital dan aspek psikologis pemanfaatan TIK utamanya dalam fase pandemi Covid 19 Wassalamualaikum w.w Salam dari Saya Muhibuddin Fadhli WA: 085649600820 email : muhib.fadhli@umpo.ac.id
Course Modules
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. Deskripsi Topik Pertemuan peratama ini kita akan membahas Konsep Dasar E-Learning. Pembahasannya meliputi: a) pengertian, manfaat, dan fungsi e-learning; b) Teori Belajar pendukung e-learning; c) Komponen e-learning; dan d) Fasilitas dan Lingkungan E-Learning. B. Capaian Pembelajaran Pertemuan I Mahasiswa memahami konsep dasar pengembangane-learning. C. Materi E-Learning merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang melibatkan jaringan (Smaldino, Lowther, dan Russel, 2012), meliputi jaringan intranet, internet, dan extranet. Sebelum kita merancang dan mengembangkan e-learning untuk setiap tingkatan pendidikan baik pada pendidikan formal, informal dan non formal. Konsep dasar e-learning akan dipresentasikan di bawah ini (Presentasi Konsep Dasar E-Learning), silahkan baca dan pahami. Selanjutnya tulis esai dengan 1000 kata yang diungkapkan dengan bahasa sendiri dan submit ke tugas esai konsep dasar e-learning pada pertemuan ini. Selanjutnya perhatikan video berikut. Youtube Untuk lebih mempertajam pemahaman, silahkan belajar dari modul yan sudah saya siapkan dibawah ini. MODUL PERTEMUAN 1 (Konsep Dasar E-learning) Setelah mempelajari materi dan video tersebut, silahkan diskuikan dengan teman kalian tentang 1. Konsep Dasar E-learning 2. Komponen E-learning 3. Fasiltas dan Pendukung terlakasananya E-learning Tugas tersebut berupa Essai yang nantinya dikumpulkan pada pertemuan pertama ini, maksimal 3 hari setelah pertemuan berlangsung. Selamat belajar, ingat pembelajaran ini adalah zona 0 plagiarism " against plagiarism " Terimakasih dan selamat belajar Referensi : 1.E-learningmethodologies: A guide for designing anddeveloping e-learning courses 2. New Media And Learning Wassalamualaikum w.w
Course Modules
Rencana Pembelajaran Semester dan Kontrak Perkuliahan
Pengumuman
Upload Tugas Essai Disini
Mengerjakan Soal
Kuis Pertemuan 1
Review Jurnal Pemanfaatan E-learning di Negara Maju atau Berkembang
Upload Link Kahoot
Tugas pertemuan 3
Evaluasi Mingguan
Membuat kelas dan menambahkan siswa di Edmodo
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah dan mendapat keberkahan dan kebermanfaatan..aamin. A. Deskripsi Topik Setelah membahas konsep Dasar E-Learning. Pembahasannya meliputi: a) pengertian, manfaat, dan fungsi e-learning; b) Teori Belajar pendukung e-learning; c) Komponen e-learning; dan d) Fasilitas dan Lingkungan E-Learning pada pertemuan pertama, pada pertemuan kedua kali ini kita akan berdiskusi tentang best practice dan aplikasi e-learning di beberapa negara. B. Capaian Pembelajaran Pertemuan II Mahasiswa memahami sejarah e-learning dan aplikasi di berbagai negara. C. Materi 1. Sejarah e-learning (sumber wikipedia dengan gubahan) E-pembelajaran/Elearning atau pembelajaran elektronik pertama kali diperkenalkan oleh universitas Illinois di Urbana-Champaign dengan menggunakan sistem instruksi berbasis komputer (computer-assisted instruction) dan komputer bernama PLATO. Sejak itu, perkembangan E-learning dari masa ke masa adalah sebagai berikut: (1) Tahun 1990: Era CBT (Computer-Based Training) di mana mulai bermunculan aplikasi e-learning yang berjalan dalam PC standlone ataupun berbentuk kemasan CD-ROM. Isi materi dalam bentuk tulisan maupun multimedia (Video dan AUDIO) DALAM FORMAT mov, mpeg-1, atau avi. (2) Tahun 1994: Seiring dengan diterimanya CBT oleh masyarakat sejak tahun 1994 CBT muncul dalam bentuk paket-paket yang lebih menarik dan diproduksi secara massal. (3) Tahun 1997: LMS (Learning Management System). Seiring dengan perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai terkoneksi dengan internet. Kebutuhan akan informasi yang dapat diperoleh dengan cepat mulai dirasakan sebagai kebutuhan mutlak, dan jarak serta lokasi bukanlah halangan lagi. Dari sinilah muncul LMS. Perkembangan LMS yang makin pesat membuat pemikiran baru untuk mengatasi masalah interoperability antar LMS yang satu dengan lainnya secara standar. Bentuk standar yang muncul misalnya standar yang dikeluarkan oleh AICC (Airline Industry CBT Commettee), IMS, SCORM, IEEE LOM, ARIADNE, dsb. (4) Tahun 1999 sebagai tahun Aplikasi E-learning berbasis Web. Perkembangan LMS menuju aplikasi e-learning berbasis Web berkembang secara total, baik untuk pembelajar (learner) maupun administrasi belajar mengajarnya. LMS mulai digabungkan dengan situs-situs informasi, majalah, dan surat kabar. Isinya juga semakin kaya dengan perpaduan multimedia, video streaming, serta penampilan interaktif dalam berbagai pilihan format data yang lebih standar, dan berukuran kecil. Slogan yang selalu diangkat dalam penerapan e-learning, yaitu "Content is King, Conversation is Queen" . Sudah sepantasnya bagi Penggiat e-learning, untuk selalu berusaha menyajikan konten yang bisa diterima dengan baik, bisa diakses dengan mudah, dan bisa diiikuti dengan menyenangkan. [2] 2. Implementasi E-learning di Negara Maju 1. Amerika Dikenal dengan sistem yang bernama Open Courseware (OCW), "is a free and open digital publication of high quality college and university-level educational materials". OCW ini merupakan sebuah terobosan dalam dunia pembelajaran dimana para tutor bisa melakukan pembelajaran baik secara tatap muka, maupun tatap maya, baik secara asynchronous maupun synchronous. Salah satu OCW tekemuka adalah OCW milik MIT University yang beralamatkan di https://ocw.mit.edu/courses/find-by-department/ . Kalian bisa memanfaatkan laman tersebut untuk belajar apapun, mulaid ari ilmu sosial, science, matematika, fisika dll. OCW MIT memiliki ribuan tutorial dan video, silahkan bisa dilihat di https://www.youtube.com/user/MIT/videos 2. Inggris Di negara Inggris, pemanfaatan e-learning dimulai dari jenjang usia dini sampai dengan perguruan tinggi, setiap perguruan tinggi mempunyai sebuah portal e-learning yang dimanfaatkan oleh setiap mahasiswa untuk mengakses informasi dan perkuliahan, Rata-rata mahasiswa di sana menghabiskan waktu untuk mencari literatur di perpusatakaan serta kuliah di e-learning sekitar 9-10 jam setiap hari. Contoh perguruan tinggi di Inggris yang memanfaatkan e-learning seperti Ox Uni, Cambridge, Coventry, The Open University dll contoh web yang bisa diakses adalah https://www.open.edu/openlearn/ . Setiap tahun mereka mealakukan perkumpulan untuk membahas tentang pengembangan e-learning di kampus/lembaga mereka dengan sebuah asosiasi bernamaLearning on/with the Open Web Conference.
Course Modules
Upload Link VIdeo Kalian Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. Deskripsi Topik Pada pertemuan ketiga ini kita akan berdiskusi tentang level e-learning, dengan materi tentang apa itu level elearning, terdapat berapa level dan bagaimana penerpannya. B. Capaian Pembelajaran Pertemuan III Mahasiswa memahami level e-learning C. Materi Ketika berbicara tentang e-learning. Perkembangan metode pembelajaran ini sangatlah menarik untuk diperbincangkan, setelah kalian mempelajari konsep dasar e-learning dan perkembangan e-learning di beberapa negara, tentunya kalian sudah memiliki wawasan dasar bagaimana perkembangan e-learning diimplementasikan. Pada pertemuan ketiga ini kalian akan berdiskusi tentang level-elearning. Terdapa 4 level e-learning, pengelompokan atau leveling e-learning ini didasarkan atas waktu/durasi pegembangan e-learning, pengalaman belajar yan dihasilkan dan interaktifitas. Untuk itu secara lebih detail akan kita diskusikan pada pertemuan ketiga ini. Level Pertama (Basic/Passive) Level pertama dalam e-learning adalah passive e-learning atau istilah lain dalam level ini adalah (page-turner) atau pembalik halaman. pada level ini tidak terjadi interaksi antara murid/mahasiswa dengan portal e-learning, mereka hanya membaca dan membolak-balik materi yang terdapat pada portal e-learning tersebut. Tidak ada penugasan dan feedback yang terjadi dalam e-learning tersebut. Murid/mahasiswa hanya bisa untuk menekan tombolnextatau previous,sehingga pola penegmbangan e-learning pada level ini hanya sebatas untuk mengupload materi dan pengguna hanya bisa melihat dan mendownload materi tersebut. Istilah lain E-materi. Contoh elearning dalam level ini: Seorang dosen mengupload materi di blognya, dan mahasiswa diminta untuk membaca blog tersebut. contoh video Youtube Level Kedua (Intermediate/Interaksi terbatas) Level kedua tidak jauh berbeda dengan level pertama, namun pada level kedua ini pengguna e-learning memiliki lebih banyak keleluasaan dalam mengakses materi. Peserta didik dapat mengakses lebih banyak tools, seperti zoom, navigasi link eksternal (konek ke youtube), terdapat animasi-animasi yang menarik, drag and drop. Contoh e-learning dalam level ini adalah seorang pengajar menugaskan kalian untuk bermain sebuah permainan drag and drop setelah mendapatkan materi contoh video Youtube Level ketiga (Complex/Highly Interactive) Pada level ini peserta didik dapat mengakses dan memberikan kustomisasi/pengubahan pada portal e-learningnya, selain itu interaksi antara e-learning dan peserta didik sangatlah tinggi dan dinamis. Selanjutnya, level ini menjadi lebih canggih karena kompleksitas dan interaktivitasnya. Dlaam e-learning ini terdapat animasi yang kompleks (audio visual), simulasi yang canggih dan interaksi virtual lainnya. Dalam level ini bertujuan untuk membekali peserta didik untuk bisa mengaplikasikan konten di e-learning dengan kompetensinya di dunia nyata. Contoh elearning dalam level ini, seorang dosen ppkn ingin mengaplikasikan konsep pemilu yang jurdil, dia memberikan sebuah animasi dan video agar mahasiswa mampu mengaplikasikannya dalam dunia nyata contoh video Youtube Level Keempat (Gamifikasi dan Simulasi) Level keempat merupaka tingkatan terkahir dalam pengembangan e-learning, level ini selain menambahkan fitur yang super canggih, mereka juga memanfaatkan teknologi seperti Augmented Reality, Simulasi 3D dan teknologi lainnya. Pengguna dimanjakan dengan interaktifitas yang tinggi dan kompleks. Sehingga pengalaman belajar yang didapatkan mendekati aslinya. Contoh seorang dosen sedang memberikan informasi tentang jalanya sidang MPR dengan video, dalam e-elearning tersebut mahasiswa menggunakan kacamata virtual untuk mengalami situasi sidang MPR secara virtual namun mereka seakan-akan berada pada sebuah sidang yang nyata. contoh video Youtube Referensi : 1.E-learningmethodologies: A guide for designing anddeveloping e-learning courses 2. New Media And Learning Wassalamualaikum w.w
Course Modules
Ruang DIskusi Untuk Level-Elearning
Assalamaualaikum w.w Sebelum memulai pembelajaran pada level ini, silahkan kerjakan soal-soal di aktifitas ini untuk mengukur kesiapan kalian mengikuti materi pada sesi selanjutnya Wassalamualaikum w.w
Course Modules
Assalamualaikum w.w Rekan-rekan silahkan pelajari...
Upload LINK MIRO Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. Deskripsi Topik Pada pertemuan ketiga ini kita akan berdiskusi tentang pengembangan e-learning, tentang synconous dan asyncornous. MAri kita refresh sejenak dengan membuat soal sederhana berbasis platform kahoot. B. Capaian Pembelajaran Pertemuan V Mahasiswa dapat mempraktekkan membuat soal dengan kahoot C. Materi E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain (Darin E. Hartley, 2001:1). Silahkan menggunakan materi berikut untuk merancang soal dengan kahoot Materi E-Elearning Rekaman Perkuliahan Minggu Lalu
Course Modules
Membuat Soal di kahoot

Course Modules
Kisi-Kisi UTS

Course Modules

Course Modules
Upload Tugas UTS disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. Deskripsi Topik Pertemuan ke delapan setelah UTS, kalian akan praktik penanfaatan LMS, untuk pertemuan ini kalian akan belajar menggunakan Edmodo. B. Capaian Pembelajaran Pertemuan 8 Mahasiswa mampu mempraktekkan enggunaan edmodo dengan baik dan benar C. Materi Edmodo adalah platform education network berbasis Learning Management System (LMS) yang akan menghubungkan antara guru dan siswa (bahkan sampai orang tua) untuk melakukan pembelajaran secara online yang bisa diakses secara gratis. Platform atau Aplikasi edmodo dicipkan oleh tiga orang yakni Nic Borg, Jeff O'Hara, Crystal Hutter pada 1 september 2008. Tidak hanya berkomunikasi, melalui platform ini guru bisa melakukan pembelajaran dengan membagikan konten (baik berupa teks atau video) latihan soal, sampai dengan PR (pekerjaan Rumah). Berbeda dengan platform lain seperti ruangguru dan zenius yang lebih memfokuskan diri pada siswa yang ingin belajar, Edmodo didesain untuk lebih fokus pada kebutuhan guru. Diaplikasi ini, terlebih dahulu guru akan membuat kelas online, lalu siswa maupun orang tua akan ikut didalamnya jika mendapatkan undangan dari pembuat kelas tersebut. Sederhananya, Edmodo adalah sebuah kelas maya yang berbentuk website dan aplikasi yang akan memudahkan guru dalam mengatur pembelajaran secara online dengan berbagai tools serta fitur yang dihadirkan. Untuk lebih memahami penggunaan edmodo, saya sudah merekam bagaimana cara registrasi, membuat kelas dan membuat tugas pada aplikasi edmodo pada pertemuan ini. Silahkan menyimak video tutorial berikut https://drive.google.com/file/d/117KPz7TbrI98VnKwpvKlRhnPWniEyH8n/view?usp=sharing
Course Modules
Tempel Link Edmodo Kalian Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. DESKRIPSI TOPIK Pertemuan ke delapan setelah UTS, kalian akan praktik penanfaatan LMS, untuk pertemuan ini kalian akan belajar menggunakan Edmodo. B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN 9 Mahasiswa mampu mempraktekkan penggunaan edmodo dengan baik dan benar Mahasiswa mampu membuat kuis pada aplikasi edmodo dengan baik dan benar Silahkan simak video tutorial pada pertemuan 9 berikut. https://drive.google.com/file/d/1wOk7rRXztY9YVX2Et5tiFzdVe13PAIfq/view?usp=sharing
Course Modules
Copikan Link Quiziz Kalian Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. Deskripsi Topik Pada pertemuan ketiga ini kita akan berdiskusi tentang pengembangan e-learning, tentang synconous dan asyncornous. MAri kita refresh sejenak dengan membuat soal sederhana berbasis Canva B . Capaian Pembelajaran Pertemuan IX Mahasiswa dapat mempraktekkan membuat materi presentasi dengan Canva C. Materi Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafik, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual media sosial lainnya. Aplikasi sudah menyertakan template untuk digunakan pengguna. Pada pertemuan kali ini, rekan-rekan diharapkan mampu mempraktekkan bagaimana pemanfaatan aplikasi ini dan menerapkannya dalam pembelajaran. Silahkan simak video perkuliahan ini untuk lenih memperdalam pemahaman kalian tentang penggunaan aplikasi Canva ini. Terimakasih Wassalamualaikum w.w https://drive.google.com/file/d/1Dcax4ymczfTwjBlVf9eryGbo25W_q53t/view?usp=sharing
Course Modules
Upload Link GC Kalian Disini

Course Modules
Upload Link Canva Materi PPKN Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. DESKRIPSI TOPIK Pertemuan ke delapan setelah UTS, kalian akan praktik penanfaatan LMS, untuk pertemuan ini kalian akan belajar menggunakan Edmodo. B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN 13 Mahasiswa mampu mempraktekkan penggunaan Wordwall dengan baik dan benar C. MATERI Wordwall adalah sebuah aplikasi yang menarik pada browser. Aplikasi khusus yang bertujuan sebagai sumber belajar, media, dan alat penilaian yang menyenangkan bagi murid. Ada banyak model permanian yang bisa dikreasikan karena disediakan templatenya. Selain itu juga gratis penggunaannya dapat dishare langsung melalui facebook, google classroom, twitter, atau melalui link ke grup WA. Dalam halaman wordwall juga disediakan contoh-contoh hasil kreasi guru sehingga pengguna baru mendapatkan gambaran akan berkreasi seperti apa.Video di atas adalah salah satu contoh dari model permainan yang dibuat oleh Lilikwahjuni dengan judul Pilihlah Jawaban Menurut Pendapatmu Sendiri. Silahkan pelajari tutorial wordwall dengan video berikut https://drive.google.com/file/d/1cQv_HOOpqCN37s5eyqm-l9hc4o72LCVN/view?usp=sharing
Course Modules
Upload Link Worldwallmu disini!!!!
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. DESKRIPSI TOPIK Pertemuan ke delapan setelah UTS, kalian akan praktik penanfaatan LMS, untuk pertemuan ini kalian akan belajar menggunakan aplikasi pixton edu untuk membuat komik pembelajaran B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN 14 Mahasiswa mampu mempraktekkan penggunaan pixton Edu dengan baik dan benar C. MATERI Pixton adalah aplikasi pembuat komik berbasis web yang bisa kalian manfaatkan sebagai pembuatan media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Kalian bisa melakukan kustomisasi sesuai dengan selera dan tema yang kalian sendiri bisa membuatnya secara gratis. Silahkan pelajari tutorial pixton dengan video berikut https://drive.google.com/file/d/1mjN-Jud-a6Ou-cR-g3pMeRSZGwK0oiCH/view?usp=sharing
Course Modules
Upload Tugas Disini
Assalamualaikum w.w Sebelum kita belajar dan memulai aktifitas mari kita berdoa agar ilmu yang akan kita cari dipermudah, dan mendapat keberkahan..aamin. A. DESKRIPSI TOPIK Pertemuan ke 15 setelah UTS, kalian akan praktik penanfaatan LMS, untuk pertemuan ini kalian akan belajar menggunakaan Fliphtml5 untuk membuat modul digital B. CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN 15 Mahasiswa mampu mempraktekkan penggunaan fliphtml5 dengan baik dan benar C. MATERI Fliphtml5 adalah aplikasi flipbook berbasis web yang dapat digunakan untuk mengubah file PDF ke bentuk flipbooks. Dengan Fliphtml5, kalian dapat membuat majalah, katalog, e-brosur, eBook atau e-surat kabar menakjubkan berbentuk 3D..dengan kata lain dengan software ini kita dapat membuat majalah online atau epaper dengancara menjadikan file flash lalu embed ke page html halaman web ataublog.Software ini sangat bagus menurut saya bagi sobat yang inginmembuat majalah untuk toko online maupun katalog product, selainitu juga bisa membuat buku dari file office dengan tampilan 3Ddengan template yang keren selain itu kita bisa memasukkan filevideo yang bisa kita tautkan kedalamnya. Silahkan pelajari tutorial wordwall dengan video berikut https://drive.google.com/file/d/1JUlFSPRfqY--Ie38KjoQO4vgB_FPVYkS/view?usp=sharing
Course Modules
Copikan LInk Modul Kalian DIsini

Course Modules
Ujian Akhir Semester