Welcome to Spada Indonesia
Courses Images
Preservasi Informasi Digital
Universitas Telkom

Preservasi Informasi Digital

COURSE INSTRUCTOR

Teachers Images

IDOLA PERDINI PUTRI

Universitas Telkom
AREAS:
Program Studi Ilmu Komunikasi

Course Description

Preservasi Informasi Digital

Course Syllabus

SKS: 2 Jurusan: Ilmu Komunikasi Jenjang: S1 Capaian Pembelajaran: Mahasiswa dapat memahami konsep dasar preservasi, konservasi dan restorasi media informasi baik yang bersifat analog maupun digital. Deskripsi Mata Kuliah: Selamat datang di mata kuliah Preservasi informasi digital. Mata kuliah Preservasi Informasi Digital merupakan mata kuliah yang memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami konsep dasar preservasi, konservasi dan restorasi media informasi baik yang bersifat analog maupun digital. Pokok bahasan pada mata kuliah ini adalah tentang informasi analog dan informasi digital, teknologi pembuatan dan karakteristik media rekam informasi, faktor--faktor internal dan eksternal yang mampu merusak dan menghilangkan informasi digital pada media rekam, bentuk preservasi, konservasi dan restorasi media informasi, menyiapkan antisipasi kehilangan data informasi digital, serta mengetahui praktik preservasi informasi digital pada institusi. Mata kuliah ini mengajak mahasiswa untuk memahami pentingnya melestarikan informasi baik dalam bentuk analog maupun digital, menghindari kerusakan informasi digital pada media rekam informasi digital dan melakukan strategi preservasi digital. Mahasiswa juga mempelajari berbagai hal yang dapat mengancam kelestarian produk digital, baik itu berupa perubahan teknologi perangkat keras dan lunak yang sangat cepat, maupun ketidakpastian dalam hal keaslian dan tanggungjawab kebenaran isinya. Tujuan dari mata kuliah ini sendiri adalah mahasiswa diharapkan mampu memahami nilai penting dari penjagaan nilai--nilai informasi, intelektual dan karya cipta pada sebuah informasi, baik digital maupun analog. Bobot Penilaian: Tugas (40%), UTS(30%), UAS (30%) Profil Dosen Pengampu: Idola Perdini Putri, S.Sos., M.Si Info Kontak Dosen: email: idolaperdiniputri@telkomuniversity.ac.id mobile phone: 085294258565 Ayub Ilfandy Imran., B.Sc., M.Sc Info Kontak Dosen: email: a_ilfandy@yahoo.com mobile phone: 081214767234 Kalender Akademik Universitas Telkom Semester Ganjil 2015-2016
Course Modules
News forum
Rencana Perkuliahan Semester (RPS) Preservasi Informasi Digital
Format Rancangan Tugas Preservasi Informasi Digital
Curriculum Vitae Idola Perdini Putri
Curriculum Vitae Ayub Ilfandy Imran
News forum
Selamat datang pada kuliah 01: Kajian Revolusi Digital. Kajian revolusi digital membahas mengenai perkembangan teknologi digital, revolusi digital dan perkembangan teknologi informasi digital. Pokok bahasan pada kajian Revolusi Digital adalah: Perkembangan Teknologi Digital Digital Native vs Digital Immigrant Perkembangan Internet Revolusi Digital Teknologi Informasi Digital Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami: Konsep revolusi digital Perbedaan digital native dan digital immigrant Perkembangan teknologi informasi digital Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Diskusi dan tanya jawab mengenai materi difasilitasi dalam menu diskusi kajian revolusi digital, yang dapat dipergunakan pada saat perkuliahan berlangsung. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Revolusi Digital dan Penyelenggaraan...
Materi Video Revolusi Digital
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Revo...
Youtube Computer History
Youtube Digital Natives vs Digital Immigrants
Slideshare The Digital Revolution
Slideshare The Internet Revolution
Diskusi Kajian Revolusi Digital
Evaluasi Perkuliahan Kajian Revolusi Digital
Selamat datang pada Kuliah 02: Kajian Informasi Digital. Kajian Informasi Digital membahas mengenai dasar-dasar informasi digital. Pokok bahasan pada kajian informasi digital adalah: Definisi Informasi Digital Karakteristik Perkembangan Informasi Digital Ragam Bentuk Informasi Digital Revolusi Informasi Bagaimana Informasi Digital Mengubah Dunia Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami: Pengertian dan konsep informasi digital Bentuk informasi digital Revolusi Informasi Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Diskusi dan tanya jawab mengenai materi difasilitasi dalam menu diskusi kajian informasi digital, yang dapat dipergunakan pada saat perkuliahan berlangsung. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Informasi Digital dan Penyelenggaraa...
Materi Video Informasi Digital
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Info...
Youtube A Brief History of Digital Data
Youtube Information Overload
Diskusi Kajian Informasi Digital
Evaluasi Perkuliahan Kajian Informasi Digital
Selamat datang pada Kuliah 03: Kajian Media Rekam Informasi Digital dan Data Loss. Kajian Media Rekam Informasi Digital dan Data Loss membahas tentang konsep dan macam media rekam informasi digital, serta faktor-faktor penyebab kerusakan dan hilangnya informasi digital. Pokok bahasan pada kajian Media Rekam Informasi Digital dan Data Loss adalah: Pengertian dan konsep Media Rekam Informasi Digital Perkembangan Media Rekam Informasi Digital Macam Media Rekam Informasi Digital: Magnetic Media dan Optical Media Kelebihan dan kekurangan macam-macam media penyimpanan informasi digital Pengertian Data Loss Faktor-faktor penyebab hilang dan rusaknya informasi digital Kegiatan preventif, responsif serta recovery Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan: Pengertian dan konsep media rekam informasi digital Perkembangan media rekam informasi digital Macam-macam media rekam informasi digital serta kelebihan dan kekurangan media rekam informasi digital Pengertian dan konsep data loss Kegiatan preventif, responsif serta recovery terhadap informasi digital Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Diskusi dan tanya jawab mengenai materi difasilitasi dalam menu diskusi kajian media rekam informasi digital dan data loss, yang dapat dipergunakan pada saat perkuliahan berlangsung. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Media Rekam Informasi Digital dan Da...
Materi Video Media Rekam Digital
Materi Pdf Media Rekam Informasi DIgital
Data Loss Pdf File
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Medi...
Youtube A Brief History of Data Storage (1)
Youtube A Brief History of Data Storage (2)
Youtube Data Loss Prevention (Product Overview)
Digital Storage Media
Diskusi Kajian Media Rekam Informasi Digital dan Data Loss
Evaluasi Perkuliahan Kajian Informasi Digital
Selamat datang pada kuliah 04: Kajian Preservasi Informasi Digital. Kajian Preservasi Informasi Digital membahas mengenai konsep preservasi, konservasi dan restorasi informasi yang bersifat analog dan digital. Pokok bahasan pada kajian Preservasi Informasi Digital adalah: Pengertian dan konsep preservasi, restorasi dan konservasi Perbedaan preservasi, restorasi dan konservasi Perkembangan kegiatan preservasi informasi digital Preservasi jangka pendek dan jangka panjang Strategi dalam preservasi informasi digital Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami dan membedakan: Kegiatan preservasi, restorasi dan konservasi Strategi dalam preservasi informasi digital Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Diskusi dan tanya jawab mengenai materi difasilitasi dalam menu diskusi kajian preservasi informasi digital , yang dapat dipergunakan pada saat perkuliahan berlangsung. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber. Pada pertemuan ini juga diberikan deskripsi tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya, yaitu tugas analisis artikel atau bab buku mengenai kajian Hak Cipta dan Plagiarism. Keterangan teknis pengerjaan tugas, pembagian kelompok dan pembagian artikel dan bab buku, diberikan secara langsung di akhir pertemuan kajian preservasi informasi digital, melalui fasilitas diskusi kajian preservasi informasi digital .
Course Modules
Materi Kajian Preservasi Informasi Digital dan Pen...
Materi Video Preservasi Informasi Digital
Materi Pdf Preservasi Informasi Digital
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Pres...
Youtube Di Balik Tembok Arsip Nasional (1)
Youtube Di Balik Tembok Arsip Nasional (2)
Youtube Preservation Lab at the National Archives St. Louis
Youtube Why Digital Preservation is Important for Everyone
Slideshare Digital Preservation
Diskusi Kajian Preservasi Informasi Digital
Evaluasi Perkuliahan Kajian Informasi Digital
Tugas Pertemuan Selanjutnya (Kajian Hak Cipta dan ...
Tugas analisis artikel Kajian Hak Cipta dan Plagiarism
Materi artikel dan buku untuk dianalisis pada pemb...
Plagiarism: Misconduct Awareness On Novice Research Within The Cyberworld
Rethinking Plagiarism in the Digital Age
The Plagiarism Panic: Digital Policing in the New Intellectual Property Regime
Revisiting Plagiarism In An Internet Era : How Modern Technology Contributes To The Problem And Solutions
Diskusi Tugas Hak Cipta dan Plagiarism Kuliah 05
Selamat datang pada Kuliah 05: Kajian Hak Cipta dan Plagiarism. Kajian Hak Cipta dan Plagiarism membahas mengenai bagaimana Hak Cipta dan Plagiarism dalam era informasi digital. Pokok bahasan pada kajian Hak Cipta dan Plagiarism adalah: Pengertian dan perbedaan Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual Pengertian Plagiarism Jenis-jenis Plagiarism Konsep Hak Cipta dan Plagiarism dalam era informasi digital Capaian Pembelajaran pada kajian ini adalah: Mahasiswa mampu memahami: Konsep Hak Cipta, Hak Kekayaan Intelektual dan Plagiarism Materi perkuliahan disampaikan melalui kegiatan aktif mahasiswa dalam bentuk presentasi kelompok mahasiswa, hasil dari tugas analisis artikel atau bab buku mengenai Hak Cipta dan Plagiarism yang diberikan pada pertemuan sebelumnya. Presentasi kelompok mahasiswa dilakukan secara live (video conference) menggunakan aplikasi Skype. Sementara itu, diskusi dan tanya jawab mengenai materi dilakukan menggunakan menu diskusi hak cipta dan plagiarism, yang dapat digunakan bersamaan dengan pelaksanaan presentasi kelompok. Sebelum perkuliahan dimulai, masing-masing kelompok wajib mengumpulkan tugas analisis artikel dalam bentuk makalah yang diunggah ke dalam menu tugas pada aplikasi ini, bentuk presentasi yang diunggah pada aplikasi slideshare, dan bentuk gabungan video presentasi dari masing-masing anggota kelompok yang diunggah pada aplikasi youtube. Syarat teknis untuk melakukan video conference: Aplikasi Skype, koneksi internet berkecepatan minimal 256 kbps, Audio Out atau Earphone. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber. Pada pertemuan ini juga diberikan deskripsi tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya, yaitu tugas analisis artikel atau bab buku mengenai kajian Disaster Preparedness Plan. Keterangan teknis pengerjaan tugas, pembagian kelompok dan pembagian artikel dan bab buku, diberikan secara langsung di akhir pertemuan kajian hak cipta dan plagirism, melalui fasilitas diskusi kajian hak cipta dan plagiarism.
Course Modules
Tugas analisis artikel Kajian Hak Cipta dan Plagiarism
Materi artikel dan buku untuk dianalisis pada pemb...
Plagiarism: Misconduct Awareness On Novice Research Within The Cyberworld
Rethinking Plagiarism in the Digital Age
The Plagiarism Panic: Digital Policing in the New Intellectual Property Regime
Revisiting Plagiarism In An Internet Era : How Modern Technology Contributes To The Problem And Solutions
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Hak ...
Youtube What is Plagiarism in the Digital Age?
Youtube Plagiarism
Youtube What is plagiarism and how to avoid it
Youtube What is copyright?
Diskusi Kajian Hak Cipta dan Plagiarism
Evaluasi Perkuliahan Kajian Hak Cipta dan Plagiari...
Tugas Pertemuan Selanjutnya (Kajian Disaster Prepa...
Tugas Analisis Artikel dan Buku Disaster Preparedness Plan
Materi artikel dan buku untuk dianalisis pada pemb...
Disaster Planning Prevention, Preparedness, Response, Recovery
Building an Emergency Plan
Guidelines For Small Museums For Writing A Disaster Preparedness Plan
The University System of Georgia Records Manangement Policy
Diskusi Tugas Disaster Preparedness Plan Kuliah 06
Selamat datang pada kuliah 06: Kajian Disaster Preparedness Plan.Kajian Disaster Preparedness Plan membahas mengenai bagaimana menganalisis dan merancang konsep disaster preparedness plan pada arsip. Pokok bahasan pada kajian Disaster Preparedness Plan adalah: Pengertian Disaster preparedness plan Konsep disaster preparedness plan pada arsip Rancangan disaster preparedness plan pada arsip Capaian Pembelajaran pada Kajian Disaster Preparedness Plan adalah: Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang konsep disaster preparedness plan pada arsip Pada kajian ini terdapat dua tugas, yang dikerjakan secara kelompok dan secara individu. Tugas yang pertama, tugas ini dikerjakan secara kelompok, adalah tugas menganalisis konsep perencanaan dan pelaksanaan kegiatan disaster preparadness plan institusi pada artikel. Tugas yang kedua, tugas ini dikerjakan secara individu, adalah tugas merancang konsep kegiatan disaster preparadness plan pada institusi. Tugas analisis artikel disaster preparedness plan dibahas pada pertemuan kuliah 06, sementara tugas rancangan konsep disaster preparedness plan disampaikan pada pertemuan kuliah 07. Materi perkuliahan pada pertemuan ini disajikan dengan menterjemahkan, membahas dan menganalisis makalah yang berkaitan dengan kegiatan disaster preparedness plan, baik di Indonesia maupun di dunia. Pada perkuliahan, masing-masing kelompok akan mengemukakan pendapat yang telah dirumuskan dari hasil analisis makalah, untuk kemudian didiskusikan dengan kelompok yang lain. Presentasi kelompok mahasiswa dilakukan secara live (video conference) menggunakan aplikasi Skype. Sementara itu, diskusi dan tanya jawab mengenai materi dilakukan menggunakan menu diskusi disaster preparedness plan, yang dapat digunakan bersamaan dengan pelaksanaan presentasi kelompok. Sebelum perkuliahan dimulai, masing-masing kelompok wajib mengumpulkan tugas analisis artikel dalam bentuk makalah yang diunggah ke dalam menu tugas pada aplikasi ini, bentuk presentasi yang diunggah pada aplikasi slideshare, dan bentuk gabungan video presentasi dari masing-masing anggota kelompok yang diunggah pada aplikasi youtube. Syarat teknis untuk melakukan video conference: Aplikasi Skype, koneksi internet berkecepatan minimal 256 kbps, Audio Out atau Earphone. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber. Pada pertemuan ini juga diberikan deskripsi tugas untuk dikumpulkan pada pertemuan berikutnya, yaitu tugas rancangan konsep kegiatan Disaster Preparedness Plan pada institusi. Keterangan teknis pengerjaan tugas, pembagian kelompok dan pembagian institusi, diberikan secara langsung di akhir pertemuan kajian hak cipta dan plagirism, melalui fasilitas diskusi disaster preparedness plan.
Course Modules
Tugas Analisis Artikel dan Buku Disaster Preparedness Plan
Materi artikel dan buku untuk dianalisis pada pemb...
The University System of Georgia Records Manangement Policy
Guidelines For Small Museums For Writing A Disaster Preparedness Plan
Building an Emergency Plan
Disaster Planning Prevention, Preparedness, Response, Recovery
Diskusi Kajian Disaster Preparedness Plan
Evaluasi Perkuliahan Kajian Disaster Preparedness ...
Tugas Pertemuan Selanjutnya (Kajian Disaster Prepa...
Tugas Rancangan Kegiatan Disaster Preparedness Plan pada Institusi
Diskusi Tugas Disaster Preparedness Plan Kuliah 07
Selamat datang pada kuliah 07:Presentasi Rancangan Kegiatan Disaster Preparedness Plan. Perkuliahan Presentasi Rancangan Kegiatan Disaster Preparedness Plan di Institusi merupakan pertemuan lanjutan dari pembelajaran Disaster Preparedness Plan. Pada pertemuan ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana menganalisis dan merancang konsep disaster preparedness plan pada arsip. Pokok bahasan pada kajian Disaster Preparedness Plan adalah: Konsep disaster preparedness plan pada arsip Rancangan disaster preparedness plan pada arsip Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu merancang konsep disaster preparedness plan pada arsip Materi perkuliahan disajikan dengan presentasi individu mengenai rancangan kegiatan disaster preparedness plan pada Institusi. Pada perkuliahan, masing-masing mahasiswa akan mengemukakan pendapat yang telah dirumuskan mengenai rancangan kegiatan disaster preparedness plan, untuk kemudian didiskusikan dalam kelas. Presentasi mahasiswa dilakukan secara live (video conference) menggunakan aplikasi Skype. Sementara itu, diskusi dan tanya jawab mengenai materi dilakukan menggunakan menu diskusi disaster preparedness plan, yang dapat digunakan bersamaan dengan pelaksanaan presentasi mahasiswa. Sebelum perkuliahan dimulai, masing-masing mahasiswa wajib mengumpulkan tugas rancangan konsep kegiatan disaster preparedness plan dalam bentuk makalah yang diunggah ke dalam menu tugas pada aplikasi ini, bentuk presentasi yang diunggah pada aplikasi slideshare, dan bentuk gabungan video presentasi yang diunggah pada aplikasi youtube. Syarat teknis untuk melakukan video conference: Aplikasi Skype, koneksi internet berkecepatan minimal 256 kbps, Audio Out atau Earphone.
Course Modules
Tugas Rancangan Kegiatan Disaster Preparedness Plan pada Institusi
Diskusi Kajian Disaster Preparedness Plan

Course Modules
Soal Ujian Tengah Semester
Selamat datang pada kuliah 09: Kajian preservasi naskah atau manuskrip kuno. Kajian preservasi naskah atau manuskrip kuno membahas mengenai kegiatan dan proses dari preservasi naskah atau manuskrip kuno, mulai dari pelestarian bentuk fisik naskah, perbaikan pada kerusakan bentuk fisik naskah hingga pemindahan konten dalam naskah ke dalam bentuk digital, baik dalam bentuk aslinya maupun setelah dialihbentukkan. Pokok bahasan pada kajian preservasi naskah atau manuskrip kuno adalah: Pengertian Manuskrip dan Naskah Media Penulisan Manuskrip Filologi Kodikologi Pelestarian Fisik Naskah Pelestarian Teks dalam Naskah Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami proses kegiatan preservasi naskah dan/atau manuskrip kuno. Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi, video kunjungan dan materi presentasi dalam bentuk pdf. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Preservasi Naskah/Manuskrip Kuno dan...
Materi Video Preservasi Naskah /Manuskrip Kuno
Materi Pdf Preservasi Naskah/Manuskrip Kuno
Tindakan Preservasi Manuskrip di BAPUSIPDA
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran Pres...
Youtube Restoring Ancient Manuscripts
Youtube Digital Preservation of the Iraqi Jewish Archive
Youtube Preserving material at The Morgan Library in New York | Cultural Heritage Photography
Diskusi Kajian Preservasi Naskah/Manuskrip Kuno
Evaluasi Perkuliahan Kajian Preservasi Naskah/Manu...
Selamat datang pada Kuliah 10: Kajian preservasi audio. Kajian preservasi audio membahas mengenai kegiatan preservasi audio atau rekaman kuno. Pokok bahasan pada kajian preservasi audio adalah: Jenis media rekam audio atau suara Perkembangan media rekam audio atau suara Cara kerja media rekam audio atau suara Audio analog vs audio digital Proses preservasi audio Software dalam preservasi audio Perkembangan industri musik di era informasi digital Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami: Perkembangan, jenis dan cara kerja media rekam audio Proses kegiatan preservasi audio Software media rekam audio Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Preservasi Audio dan Penyelenggaraan...
Materi Video Preservasi Audio
Materi tambahan (link eksternal) pembelajaran pres...
Media Storage and Handling of Long Term and Permanent Records Guidelines
Diskusi Kajian Preservasi Audio
Evaluasi Perkuliahan Kajian Preservasi Audio
Selamat datang pada kuliah 11: Kajian preservasi film dan video. Kajian preservasi film dan videomembahas mengenai pengertian dan perbedaan film dan video, perkembangan media rekam audio-visual, dan kegiatan preservasi film dan video di Indonesia. Pokok bahasan pada kajian preservasi film dan video adalah: Pengertian dan perkembangan film dan video Perkembangan dan jenis-jenis media rekam film dan video Kegiatan preservasi film dan video: restorasi, balancing, digitalisasi Kegiatan preservasi film dan video di Indonesia Software preservasi film dan video Industri film Indonesia Perkembangan industri film di era digital Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami: Perkembangan, jenis dan cara kerja media rekam film dan video Proses kegiatan preservasi film dan video Cara kerja software preservasi film dan video Industri film Indonesia Materi perkuliahan disajikan dalam bentuk video animasi. Syarat teknis untuk membuka video materi: Aplikasi Quick Time Player dan/atau Aplikasi VLC Player, Audio Out atau Earphone. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Materi Kajian Preservasi Film dan VIdeo dan Penyel...
Materi Video Preservasi Film dan Video
Materi Pdf Preservasi Film dan Video
Materi tambahan (links eksternal) pembelajaran Pre...
Youtube Library of Congress Audio Video Preservation
Pdf Book The Film Preservation Guide
Slideshare Preservation of born digital commercial films
Diskusi Kajian Preservasi Film dan Video
Evaluasi Perkuliahan Kajian Preservasi Film dan Vi...
Kajian Model Preservasi Digital membahas mengenai model-model yang digunakan dalam kegiatan preservasi digital. Pokok bahasan pada kajian Model Preservasi Digital adalah: OAIS DSEP Metadata Library Congress Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami model preservasi digital. Materi perkuliahan disajikan dengan menterjemahkan, membahas dan menganalisis makalah yang berkaitan dengan penjabaran model preservasi digital, baik di Indonesia maupun di dunia. Pada perkuliahan, masing-masing kelompok akan mengemukakan pendapat yang telah dirumuskan dari hasil analisis makalah, untuk kemudian didiskusikan dengan kelompok yang lain. Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber.
Course Modules
Tugas analisis artikel dan buku Kajian Model Preservasi Digital
Materi makalah untuk dianalisis pada pembelajaran ...
Preserving our Folktales, Myths and Legends in the Digital Era
Digital Preservation Strategies
Reality TV in the digital era: a paradox in visual culture?
Beyond Newspapers: News Consumption among Young People in the Digital Era
The Music Industry in the Digital Era: Toward New Contracts
E-Government in Digital Era: Concept, Practice, and Development
Preservation Metadata and the OAIS Information Model
KajianAnalisis Penyelenggaraan Kegiatan Preservasi Informasi Digital di Indonesia membahas mengenai bagaimana penyelenggaraan kegiatan preservasi informasi digital di Indonesia, akibat dari perkembangan teknologi informasi pada kondisi di Indonesia dan bagaimana masyarakat Indonesia merespon konsep informasi digital Pokok bahasan pada kajian Model Preservasi Digital adalah: Penyelenggaraan Kegiatan Preservasi Informasi Digital di Indonesia Perkembangan Teknologi Informasi pada Kondisi di Indonesia Respon Masyarakat Indonesia pada Konsep Informasi Digital Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami penyelenggaraan kegiatan preservasi informasi digital di Indonesia, akibat dari perkembangan teknologi informasi pada kondisi di Indonesia dan bagaimana masyarakat Indonesia merespon konsep informasi digital. Materi perkuliahan disajikan dengan memberikan tugas pada mahasiswa berbentuk makalah, dengan tema yang telah ditentukan, Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber rujukan tambahan.
Course Modules
Analisis Penyelenggaraan Kegiatan Preservasi Informasi Digital di Indonesia
Kajian Analisis Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia membahas mengenai bagaimana penyelenggaraan kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia Pokok bahasan pada kajian Model Preservasi Digital adalah: Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami penyelenggaraan kegiatan kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Materi perkuliahan disajikan dengan memberikan tugas pada mahasiswa berbentuk video perjalanan dan materi presentasi, dengan tujuan perusahaan/institusi yang telah ditentukan, Terdapat pula link eksternal yang dapat dijadikan sumber rujukan tambahan.
Course Modules
Analisis Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia
Contoh Video Perjalanan Kelas Terdahulu
Museum Asia Afrika (1)
Museum Asia Afrika (2)
Museum Al-Quran Taman Mini Indonesia Indah
Museum Sri Baduga
Museum Geologi
Kajian Presentasi Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia merupakan pertemuan lanjutan dari pertemuan Analisis Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Pada pertemuan ini mahasiswa akan mempresentasikan tugas mengenai penyelenggaraan kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Pokok bahasan pada kajian Model Preservasi Digital adalah: Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Capaian Pembelajaran: Mahasiswa mampu memahami penyelenggaraan kegiatan kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia. Materi perkuliahan disajikan dengan memberikan waktu pada mahasiswa untuk mempresentasikan video perjalanan dan materi presentasi, dengan tujuan perusahaan/institusi yang telah ditentukan. Terdapat pula video perjalanan kelas terdahulu yang dapat dijadikan sumber rujukan tambahan.
Course Modules
Analisis Praktek Kegiatan Preservasi, Restorasi, Konservasi dan Preservasi Informasi Digital di Indonesia
Ujian Akhir Semester
Course Modules
Ujian Akhir Semester